Video: Pesawat bila terkena abu volkanik, meluncur dari ketinggian 37 000 kaki.


Karena filem sebelumnya dihapus dibawah ini filem lengkap berjudul

British Airways Flight 9 (Jakarta incident) – Falling From The Sky

Ketika semua empat mesin di Boeing 747 yang diterbangkan oleh Captain Eric Moody mendekati ketinggian jelajah pada 37.000 kaki, dia tidak tahu mengapa ke empat mesinnya mati. Barulah kemudian, ketika Kapten Moody, kru dan 247 penumpang penerbangan, akhirnya kembali mendarat selamat. Akhirnya mereka mengerti penyebab bencana yang sebenernya sangat sulit dihindari ini yaitu – abu vulkanik.

😦 “Wah Pakdhe mendongeng tentang pesawat ya ?”

😀 “Ini hubungannya dengan letusan gunung thole”

Kisah (dalam video) penerbangan yang menegangkan.

Tidak ada masalah sedikitpun ketika penerbangan BA 009 lepas landas dari Kuala Lumpur di Malaysia pada malam tanggal 24 Juni, 1982. Pesawat ini direncanakan menuju Perth, Australia, ramalan cuaca untuk perjalanan lima jam yang baik dan awak itu mengantisipasi pesawat lancar.

Tanda pertama dari masalah yang datang pada pesawat yang telah memulai dalam posisi menjelajah dengan ketinggian 37000 feet, telah melewati Jawa berada diatas Samudera Indonesia. Kapten Moody, sangat santai dan meninggalkan kokpit untuk berjalan-jalan, tiba-tiba dipanggil kembali ke dek penerbangan. Saat dia menaiki tangga Jumbo dia melihat gumpalan “asap” mengepul dari ventilasi di lantai dan mendeteksi bau tajam.

Ketika ia membuka pintu kokpit ia melihat kaca depan kokpit terbakar dengan api St Elmo (St Elmo fire) – keluarnya listrik statis.

Penampang Mesin Jet Turbofan.

“Itu tidak biasa dalam awan tipis tinggi, Tapi mengapa itu berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari yang kita pernah lihat sebelumnya..”

“Tiga mesin mati ” …. dan tak lama kemudian “Semua mesin mati ….

Dalam beberapa saat, pesawat jet penumpang yang didukung oleh empat mesin Rolls Royce itu telah menjadi sebuah glider atau pesawat layang tanpa mesin.

Membutuhkan waktu untuk tenang ketika mempertimbangkan pilihan-Nya. Capt Moody menggunakan autopilot untuk mengatur pesawat supaya menurun secara lembut, dan memerintahkan perwira pertamanya untuk mengeluarkan panggilan mayday.

Sedangkan awak di dek penerbangan yang panik mencoba untuk mengetahui penyebab dari kegagalan aneh, banyak penumpang sebagian besar tidak menyadari bahwa sesuatu yang salah.

Tapi akhirnya, ketika masker oksigen penumpang keluar saat pesawat mengalami penurunan yang curam, berita itu harus diumumkan ke penumpang.

Selamat malam bapak dan ibu. Yang berbicara ini kapten Anda dari kokpit. Kami memiliki masalah kecil. Semua empat mesin telah mati. Kita semua melakukan sebisa kami untuk menyalakan mesin ini kembali lagi aku percaya. Anda tidak berada dalam kesulitan terlalu banyak.” Itulah kata Pak Pilot yg positip.

KARENA filem sebelumnya dihapus dibawah ini filem lengkap berjudul

British Airways Flight 9 (Jakarta incident) – Falling From The Sky

Video pertama menggambarkan ketika pesawat BA-009 ini terbang dari Kualalumpur. Matinya mesin no 4, diikuti mesin no 2 serta no 1 dan no 3. Keempat mesin mati semua n!!! . Pesawat ini akhirnya melayang (gliding) sambil turun dengan cepat.

Akhirnya, setelah seperempat jam tanpa kekuatan mesin apapun, mesin akhirnya hidup kembali. Abu telah menyumbat mesin, yang hanya cukup restart ketika abu beku yang terpadatkan ini terlepas dengan sendirinya.

“Kami meluncur dari 37.000 ft sampai 12.000 ft sebelum kita punya [mesin] menyala lagi,” kenang Capt Moody.

Video kedua menggambarkan bagaimana Pak Pilot berusaha mengarahkan pesawat kembali untuk mencoba mendarat di Jakarta. Namun kalau mesin tidak menyala, maka pesawat akan menabrak pegunungan disebelah selatan Jakarta.

Akhirnya mesin pesawat kembali menyala semua. Tetapi kaca depan kokpit sangat buram dan tidak dapat digunakan untuk mendarat. Namun kepandaian pilot akhirnya mampu melandingkan pesawat Boeing

Pesawat kembali ke Jakarta tempat mendarat dengan selamat, meskipun kemudian salah satu mesin telah gagal lagi.

Kapten Moody ini akhirnya menerima penghargaan setelah penanganan tentang krisis ini.

Video 3 menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi. Bagaimana abu vulkanik ini awalnya menutup jalannya udara dalam mesin jet turbofan ini. Namun karena membeku cepat akhirnya ketika dingin akhirnya terlepas sendirinya dan mesin kembali menyala.

Dua hari setelahnya penyelidikan ini menemukan bahwa abu vulkanik telah bertanggung jawab atas bencana yang barusaja terjadi. Pesawat itu telah terbang kedalam awan debu yang dimuntahkan oleh letusan Gunung Galunggung, 110 mil sebelah tenggara Jakarta.

Pemeriksaan kedalam mesin pesawat ini menemukan kerusakan yang diakibatkan adanya segumpal partikel-partikel kecil yang membeku dan membuat mesin pesawat mati. Temuan itu akhirnya dimasukkan ke dalam sebuah laporan tentang bahaya abu vulkanik ke pesawat.

Pengalaman yang menegangkan ini akhirnya dipakai sebagai sebuah contoh untuk melarang penerbangan ketika ada gunung mengeluarkan abu ketika meletus.

😦 “Whaddduh Pakdhe, kayaknya ini bukan pengalaman yang perlu ditiru”

😀 “Berdasarkan pengalaman inilah makanya penerbangan akan dilarang ketika gunung meletus”

Sumber cerita BBC dan Video dari Youtube.

Bacaan terkait :


7 Tanggapan

  1. Video: Pesawat bila terkena abu volkanik, meluncur dari ketinggian 37 000 kaki. Dongeng Geologi I was recommended this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You’re amazing! Thanks! your article about Video: Pesawat bila terkena abu volkanik, meluncur dari ketinggian 37 000 kaki. Dongeng Geologi Best Regards Nick Craig

  2. di natgeo channel kejadian ini sudah beberapa kali diputer dalam program “air crash investigation”

  3. wah! seru jga ya.

  4. bisa untuk dongengan buat anak dirumah… trims

  5. ceritanya seru pak de. Tambah cerita lainnya yg menegangkan.

  6. Wak Pak Dhe mesthi bar nonton NatGeo…

  7. ok juga gan,,,

    ,,,,
    yuk gan berkunjung ke blog saya sekedar melihat2,, hihihihi,,🙂
    http://wahyublog2.wordpress.com
    ,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: