Abu vulkanik yg pedih dimata


Hari ini abu volkanik Gunung Merapi menyebar dimana-mana, bahkan hingga Kabupaten Bantul yang jauhnya 50Km dari puncak G Merapi. Banyak yang mengeluh pernafasan serta sakit mata.

😦 “Pakdhe, sakjane apa bedanya debu biasa dengan abu gunungapi ?”

😀 “Kita lihat saja cara terbentuknya, nanti dilihat apa perbedaanya”

Abu Volkanik

Secara geologis, abu volkanik adalah material batuan volkanik yang berasal dari magma panas dan cair yg membeku secara cepat. Batuan beku sejatinya kumpulan mineral yang membeku dan mengkristal dari magma cair. Karena membeku cepat maka magma ini tidak sempat mengkristal dengan baik. Karena tidak mengkristal dalam geologi material bekuannya disebut gelas. Ya mirip gelas kaca yang kita pakai itu.

Dibawah mikroskop abu volkanik ini memiliki bentuk yang runcing-runcing seperti dibawah ini.

Abu volkanik yang berupa butiran berujung runcing, terusun oleh mineral gelas tak berkristal.

Pedih dimata dan menganggu pernafasan.

Karena bentuknya yang runcing-runcing inilah tentunya kita tahu kalau material ini akan menganggu kesehatan. Perlu berhati-hati bila masuk ke mata, PAKAI MASKER dan kalau masuk ke mata JANGAN DIUCEK-UCEK !!

Untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan pakai kontak lens dahulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan.

Abu biasa akan berbentuk berbeda. dibawah ini abu pembakaran batubara, atau asap pembakaran batubara akan terlihat seperti ini:

Abu pembakaran batubara.

Tentunya terlihat jelas perbedaan antara abu volkanik dengan abu batubara.

Siram pakai air jangan dilap.

Tutplah barang-barang dari debu volkanik. Tutup mobil anda atau juga barang-barang yg mengkilap lainnya. Seandainya abu ini terkena bahan-bahan yang mengkilap termasuk kacamata anda  jangan langsung dilap, tetapi guyurlah dengan air segera. Gelas ini kalau dilap akan berfunsi seperti amplas. Tentusaja akan mengurangi kilapnya barang-barang milik anda yg perlu juga dilindungi, kan ?

Merapi masih belum berhenti aktifitasnya, tetaplah waspada dan berhati-hati.

Pesawat juga harus menghindari abu volkanik silahkan baca bacaan terkait disini  :

 

Iklan

35 Tanggapan

  1. […] Pesan untuk para korban abu vulkanik : selalu memakai masker dan untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan dipakai dulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan, hindari bepergian jika tidak berkepentingansekian ~ sumbersatu, dua, tiga, empat […]

  2. […] Pesan untuk para korban abu vulkanik : selalu memakai masker dan untuk pengguna contact lens sebaiknya jangan dipakai dulu untuk menghindari abrasive dari kornea mata. Gunakan kacamata yg lebih menutup supaya jangan sampai kelilipan, hindari bepergian jika tidak berkepentingansekian ~ sumbersatu, dua, tiga, empat […]

  3. Really your blog is very interesting…. it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It’s just amazing…. Thanks very much for the share

  4. wah.. mantap ni artikel… jadi yakin dengan cerita teman di yogya yang mobilnya seperti kusam gara gara abu dilap….

  5. Matur nuwun nggih …. kulo ndhereng sharing …

  6. FYI,ternyata kalo msk ke paru2 bisa menyebabkan paru2 robek jga karna bentuknya yg kya gtu loh..so..be carefull buat yg lg terkena imbas g.merapi.. big hugh n support 4 u..

  7. thx infonya,

  8. makasih infonya (:
    ijin share ya ^_^

  9. […] kembali diguyur abu volkanik Gunung Merapi sejak hari Kamis malam (4/11). Seperti yang dibilang Pakde Rovickry, kita harus hati-hati karena bentuk abu ini runcing. “Kalau masuk mata, jangan […]

  10. abu vulkanik merapi sampai juga ke tasikmalaya, padahal jaraknya lumayan jauh

  11. izin share mas

  12. Nah tuh, Indonesia harus di ruwat dunk.

  13. SALAM KENAL PAK DHE……NAMA SAYA WAHYU…..

    ARTIKEL PAK DHE BERMANFAAT DAN KEREN!!!!

    PAKDHE SAYA BOLEH IJIN COPAS UNTUK SAYA MUAT DI KASKUS.COM?

    BALESNYA DI EMAIL SAYA SAJA…….MATURNUWUN!!!!!!!!!!!!

  14. wah… makanya sakit kalo diucek. lha bentuknya saja kayak pecahan kaca. makasih bro

  15. makasi atas infonya… ini menambah kewaspadaan saya…
    salam kenal 🙂

  16. nice info…….

  17. Waw, bisa seperti amplas. Bener2 info yang penting bagi penduduk di wilayah bencana gunung api.

  18. tambah ilmu nih..Abu vulkanik ternyata runcing.

  19. […] bisa terhirup oleh pengendara yang melintas. Kalau mau tau bahaya dari Abu Volkanik klik aja disini Apalagi kalau disemproti air. niatnya si biar ga ngebul, tapi nek […]

  20. Ternyata bisa merusak ya! Tapi tajam mana antara debu vulkanik sama gelas.. Apakah bila mengenai mata akan cedera

  21. […] Abu vulkanik yg pedih dimata […]

  22. wah, kalo abu nya nempel di laptop masak diguyur pake air.
    bgmn tu solusinya?

    –> Seandainya terkena laptop gunakan penyedot debu untuk membersihkannya. Juga harus diingat, abu volkanik ini kalau tergenang air dapat menjadi semen yg keras. Jadi kalau terkena kendaraan atau barang-barang mekanis harus diguyur sampai bersih !

  23. bener ni pak de… klau boleh nanyA.. knpa aktifitas G.Merapi tiap mlam sangat tinggi sedangkan di siang harinya tampak biasa2 saja… … ….

    –> Setahu saya siang malam suhunya tidak berbeda banyak dibandingkan suhu magma yg hingga ribuan derajat C.

  24. pak de saya sdah 2 malam ni jadi relawan di posko umbulharjo…
    yang mau saya tanyakan pak de knpa aktifitas G.Merapi tiap mlam sangad tinggi sedangkan di siang harinya tampak biasa2 saja…
    apa ni ada pengaruhnya dengan suhu yg smkin dingin pada mlam hari sehingga berpengaruh terhadap suhu di dlm merapi itu sendiri?
    sekedar share,makasih…

    –> Setahu saya suhu kepundan dan magma sangat tinggi (dapat mencapai 1000 derajat. Suhu siang-malam terlampau kecil perbedaannya mempengaruhi aktifitas letusan. Tahun 2006, letusannya siang.

  25. mantap pak dhe…
    setelah beberapa minggu tak menulis sekarang always update…

    –>Ikutan prihatin soalnya kampung halamanku sendiri.

  26. Maturnuwun pakdhe…salam kenal,sangat bermanfaat bagi kita2 yg kena abu merapi nih…

  27. TANYA : apa hampir sama dengan asbes ya pakdhe?

  28. Good… Makasih infonya… Sangat berguna… Buat teman2 yg ada di jogja… Ijin share ya…

  29. noted! thanks, infonya.
    pakai masker & jgn dikucek.

  30. […] Posted on 30 Oktober 2010 by Rovicky […]

  31. Thanks Infonya Bang.. info ini sangat bermanfaat ketimbang membahas soal dunia goib, klenik, kesaktian dll khususnya yang berhubugan letusan Merapi.
    Senang membaca pembahasan abang soal geologi.. awak yang bukan bidang itu juga gampang mengerti.. penjelasanya wow.. mantapp 🙂

  32. […] tentang bentuk abu vulkanik bisa dilihat di: https://rovicky.wordpress.com/2010/10/30/abu-vulkanik-yg-pedih-dimata/ http://twitter.com/#!/celmatheautk keterangan2 lebih lanjut mengenai #hujanabu silakan klik […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: