Memindahkan kota pemerintahan dari Jakarta -1: Membandingkan dengan Putrajaya.


Saat ini ini kemacetan Jakarta sedang disorot karena sangat mungkin akan “melumpuhkan” Jakarta. Jakarta semestinya menjadi ibukota pemerintahan sekaligus Ibukota negara dimana pusat pelayanan untuk kebutuhan administrasi kenegaraan serta pemerintahan harus berada. Namun kemacetan saat ini diperkirakan akan mampu melumpuhkan tugas utama Jakarta sebagai kota pemerintahan.

Memang perlu diakui bahwa Jawa masih menjadi mitos utama ibukota negara Indonesia yang paling pas. Kejayaan Majapahit merupakan salah satu bukti sejarah penguasaan Nusantara yg berpusat di Jawa. Mitos ini sangat sulit ditepis dan menjadi panutan bahwa Majapahit merupakan salah satu bukti kejayaan penguasaan Nusantara.

Infrastruktur Ibukota Pemerintahan

Kalau akan memulai proyek atau pembangunan kawasan baru selalu saja ada kata infrastruktur. Apalagi membangun ibukota pemerintahan yang baru. Ya , infrastruktur adalah struktur fisik dan sistem dasar yang diperlukan untuk operasi oleh masyarakat atau perusahaan. Seringkali juga disebut sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan untuk menjalankan fungsi sosial ekonomi.

Ada tiga infrastruktur utama yang diperlukan oleh sebuah ibukota negara yaitu :

  • Administrasi

  • Komunikasi

  • Transportasi

Tentusaja selain infrastruktur utama diatas juga ada infrastruktur lain misal perbankan, perumahan, rekreasi dll. Tapi khusus utk yang diatas merupakan aspek yang sangat vital untuk dimiliki sebuah ibukota negara.

Putrajaya

Seringkali ketika ingin membandingkan Jakarta dengan Kuala Lumpur yang memiliki Putrajaya sebagai kota pemerintahan, konsentrasi utama hanyalah Putrajaya. Padahal Putrajaya hanyalah salah satu bagian dari infrastruktur utama sebuah ibukota negara. Putrajaya hanyalah pusat administrasi. Masih ada dua lagi yang perlu diketahui yaitu kebutuhan komunikasi serta kebutuhan transportasi.

Administrasi

Tentusaja salah satu kebutuhan sebuah ibukota negara adalah mengurus administrasi di negara tersebut. Termasuk didalamnya perkantoran pemerintahan, kementrian, serta departemen sebagai pelayanan administrasi negara.

Seringkali di Indonesia melihat Ibukota negara tetangga, Putrajaya, sebagai kota satelit yang terpisah dengan Kuala Lumpur sebagai ibukota (defacto). Memang benar Putrajaya memiliki sebuah lokasi yang sangat khusus, ditata sejak awal sebagai penyokong kegiatan administrasi negeri Malaysia. Namun Putrajaya tidak dapat berdiri sendiri sebagai kota pelayan adiministrasi seluruh negeri Malaysia. Putrajaya memerlukan dukungan sektor-sektor lainnya.

Lokasi Putrajaya, Cyberjaya, KLIA serta jalan-jalan oenghubung termasuk KLIA Express.

Visi untuk memiliki Federal Administrasi Pemerintah Pusat baru untuk menggantikan Kuala Lumpur sebagai ibukota administratif muncul di akhir 1980-an, selama kepemimpinan ke 4 Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Bin Mohamad. Kota baru diusulkan menjadi bagian dari ibukota yang terletak di antara Kuala Lumpur dan baru KL International Airport (KLIA).

Pemerintah Federal bernegosiasi dengan negara bagian Selangor, pemerintah Federal membayar sejumlah besar uang untuk Selangor untuk mengganti sekitar 11 320 hektar (46 km ²) tanah di Prang Besar, Selangor. Sebagai hasil dari pembelian tanah ini, negara bagian Selangor sekarang benar-benar mengelilingi dua Federal Territories di perbatasan, yaitu Kuala Lumpur dan Putrajaya. Daerah merupakan daerah bekas tambang yang akan direklamasi.

Konstruksi dimulai pada Agustus 1995 dan itu adalah proyek terbesar Malaysia dan salah satu terbesar di Asia Tenggara dengan estimasi biaya akhir sekitar AS $ 8,1 miliar. Seluruh proyek yang dirancang dan dibangun oleh perusahaan Malaysia dengan hanya 10% dari bahan impor.

Krisis finansial Asia tahun 1997/1998 telah sedikit memperlambat pembangunan Putrajaya. Pada tahun 1999, 300 anggota staf kantor Perdana Menteri pindah ke Putrajaya dan pegawai pemerintah yang tersisa berpindah pada tahun 2005. Pada tanggal 1 Februari 2001 Tun Dr Mahathir menyatakan Putrajaya sebagai Wilayah Federal dengan upacara serah kota Putrajaya dari pemerintah negara bagian Selangor.

😦 “Wah kalau Putrajaya direncanakan visinya tahun 1980 dan pindah resmi tahun 2001. Berarti duapuluh satu tahun baru selesei. Jadi kalau Jonggol diteruskan rencananya semestinya pemindahan inukota administrasi negara lebih cepat ya, Pakdhe ?”

Putrajaya adalah sebuah korporasi.

Tahukah anda bahwa Putrajaya itu sebuah korporasi (semacam BUMN) ? di Malaysia badan usaha ini disebut Perbadanan Putrajaya, yang mengelola daerah ini termasuk menyewakan gedung-gedungnya pada pemerintahnya sendiri. Ya, Perbadanan Putrajaya adalah sebuah badan usaha pengelola gedung-gedung penyokong kegiatan administrasi negeri itu. Memang tidak hanya gedung pemerintahan yang ada di Putrajaya. Selain tempat wisata, juga terdapat kedutaan serta perkantoran lain yang disarankan untuk berpindah dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Namun masih banyak kantor-kantor kedutaan negara-negara sahabat Malaysia yang masih tetap berada di Kuala Lumpur.

😦 “Looh. Pakdhe kalau begitu Putrajaya seperti perusahaan donk ?”

😀 “Ya, Thole, Putrajaya adalah sebuah badan usaha yang juga berpikir profit sekaligus pelayanan ke pemerintah”

Putrajaya Holdings Sdn Bhd adalah pengembang utama sebagai modal administratif Malaysia dari Putrajaya, proyek pengembangan perkotaan terbesar di negeri ini. Perusahaan ini didirikan pada 19 Oktober 1995 dengan Petroliam Nasional Berhad (PETRONAS), perusahaan minyak nasional, dan Khazanah Nasional Berhad, lengan investasi pemerintah federal, sebagai pemegang saham mayoritas. Struktur kepemilikan ditentukan pada tanggal 3 Mei 2007 terdiri dari PETRONAS melalui KLCC (Holdings) Sdn. Bhd adalah pemegang saham mayoritas dengan 64,41%, sedangkan CIMB Group Nominees (Tempatan) Sdn. Bhd (untuk dan atas nama Kumpulan Wang Amanah Negara-Kwan) memiliki saham 20% dan Khazanah Nasional Berhad (“Khazanah”) memiliki 15,59%.

Komunikasi

Sebagai sebuah ibukota administrasi tentusaja Putrajaya memerlukan satu media komunikasi yang handal. CyberJaya merupakan kawasan cyber yang berada berdekatan dengan Putrajaya. Disitulah infrastruktur komunikasi utama yang mendukung keperluan pelayanan ibukota negara.

Cyberjaya adalah sebuah kota baru yang dirancang sebagai taman ilmu pengetahuan dan sebagai inti yang membentuk suatu bagian kunci dari MSC -Multimedia Super Corridor di Malaysia. Terletak di distrik Sepang, Selangor dan terletak sekitar 50 km selatan Kuala Lumpur, ibukota Malaysia. Kota ini bercita-cita menjadi kota yang diharapkan menjadi Lembah Silikon Malaysia.

Ide tentang sebuah kota bertema TI – Tehnologi Informasi, Cyberjaya, muncul dari sebuah studi oleh konsultan manajemen McKinsey untuk Multimedia Super Corridor ditugaskan oleh Pemerintah Federal Malaysia pada tahun 1995. Badan implementasi Kota & Negara Perencanaan Departemen Kementerian Perumahan dan Pemerintah Daerah. Salah satu pendukung utama adalah perjanjian dengan NTT pada tahun 1996 untuk membuat kawasan R & D center di sebuah kawasan di sebelah barat pusat pemerintahan baru Malaysia, Putrajaya.

Upacara pembukaan resmi untuk Cyberjaya diadakan Mei 1997 oleh Perdana Menteri, Mahathir bin Mohamad.

Transportasi

sumber internet

KLIA Express

Untuk menunjang jalannya pelayanan ibukota secara administratif Putrajaya didukung oleh sistim beberapa transportasi utama. Trasportasi darat ke Kuala lumpur dibangun beberapa jalur jalan tol yang dapat dipilih, juga dibangun kereta komuter cepat  KLIA Express.

KLIA-Express merupakan salah satu transportasi yang cepat. Kereta ini menjadi alternatif utama untuk menuju airport dari Kualalumpur, juga menghubungkan Kuala Lumpur dengan Putrajaya dan Cyberjaya.

KLIA

Untuk kebutuhan transportasi keluar dari Kuala Lumpur, Putrajaya didukung oleh KLIA -Kuala Lumpur International Airport. Perencanaan KLIA dimulai tahun 1990 ketika pemerintah Malaysia memutuskan bahwa Subang International Airport (sekarang Sultan Abdul Aziz Shah Airport) tidak bisa menangani permintaan di masa mendatang.  Perdana Menteri saat itu Mahathir bin Mohamad merupakan driver utama di belakang proyek, yang dipandang sebagai komponen penting dari Multimedia Super Corridor serta pembangunan Putrajaya.

Kuala Lumpur International Airport (KLIA) adalah salah satu pusat penerbangan Asia. Terletak di bagian utama koridor selatan Semenanjung Malaysia, berbatasan dengan negara bagian Selangor dan Negeri Sembilan. KLIA ini terletak di distrik Sepang, sekitar 50 km dari ibu kota, Kuala Lumpur.

Setelah pindah ke KLIA, bangunan Subang Airport Terminal 1 dibongkar. Namun Pada tahun 2007, Bandar udara Malaysia menandatangani perjanjian untuk mengembangkan kembali Terminal 3 dari Bandara Subang kemudian dan saat ini sedang mengalami transformasi besar untuk menjadi Subang Skypark, bandara terpadu untuk turboprop dan pesawat charter dikelilingi oleh taman rumah tinggal dan bisnis.

Dengan kawasan bandara yang mencakup 100 km2,  menjadikan KLIA salah satu kawasan bandara terbesar di dunia. Hal ini dibangun di sebidang tanah pertanian dan tidak membutuhkan penghancuran milik pribadi. Rencana induk dari Kuala Lumpur International Airport melibatkan pembangunan lima landasan pacu, dan dua terminal disertai oleh dua terminal satelit untuk setiap terminal lebih dari tiga fase. Tahap Satu pengembangan termasuk membangun satu terminal utama didampingi oleh satu terminal satelit yang cukup untuk menampung 25 juta penumpang dan dual landasan layanan penuh. Dengan penerapan Fase Satu, menghubungkan enam puluh dermaga, dua puluh slot parkir jauh dengan posisi parkir pesawat delapan puluh, hangar pemeliharaan empat dan pemadam kebakaran akan dibangun. Pelaksanaan tahap dua dan tiga akan merupakan perluasan dari bandara ke mencakup peningkatan jumlah penumpang. Pada akhirnya, bandara KLIA ini akan mampu menangani 100.000.000 penumpang per tahun setelah ketiga fase ini dilaksanakan.

Dengan demikian dapat terlihat bahwa untuk menjadikan kota administrasi Putrajaya menjadi ibukota pemerintahan Malaysia tidak dapat berdiri sendiri.

Nah bagaimana dengan Jakarta ? …. Tunggu dongengan selanjutnya tentang Jakarta

😦 “Wah Pakdhe bikin penasaran aja !”

😀 “Dongennya kepanjangan, Thole. Nanti kamu ketiduran kalau dongengnya panjang”

Dongengan terkait

Didongengkan dari berbagai sumber.

11 Tanggapan

  1. pakde, gk usah banyak bacot lagi lah. tukang catut. kamu putar balikkan fakta semaumu. sudah kaya kamu sekarang ya, berapa milyar dikasih lapindo tahun 2007, pakde? udah habis kah?

  2. BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
    BERMINAT?

    HUB: +6285736927001.

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

  3. Tahniah Indonesia di atas ura-ura memindahkan Ibukota ke Jonggol. Walau pun sedikit terlewat namun sudah ada permulaan yang positif. Apa agaknya nama ibukota yang baru ini?

  4. […] kendaraan bermotor saja, namun juga bisa disandingkan dengan jalan kereta MRT cepat mirip seperti KLIA-Express yang dituliskan disini […]

  5. […] Memindahkan kota pemerintahan dari Jakarta -1: Membandingkan dengan Putrajaya. […]

  6. Matur nuwun atas data dan informasinya.
    Saya minta izin meng-copy data untuk dimuat di majalah Eksplo….

  7. Rasanya sampai saat ini hanya sekedar bahasan, wacana, atau pemikiran saja, belum ada tindakan aksi pihak terkait atau yang berwenang, sementara kota Jakarta semakin macet. Kita lihat saja nanti kemacetan seminggu menjelang lebaran.

    Negara atau kota-kota yang jumlah penduduknya lebih sedikit dari Jakarta ssaja udah menggunakan kereta api rel ganda dan kereta api yang ber tingkat agar dapat mengangkut lebih banyak penumpang (MRT) . Mungkin itu terlalu mahal, tapi sebenarnya kalau kita kreatif masih banyak cara dan jalan untuk mengatasi berbagai persoalan dan masalah kita.

  8. @nahdhi: anda memang sempit dalam berpikir, DATA CENTER kan ga perlu di pindahkan, ibukota mau di Sorong kek, mau di Palangkaraya kek, mau di bulan sekalian kan DATA CENTER bisa tetep di Jakarta dan tidak perlu dipindahkan. Dalam teknologi jaringan kan mengenal teknologi FTP/SFTP, kan bisa remote access data dimanapun kita berada. Sekarang ini saya berada di Makasar, tapi data kantor/perusahaan saya (web kantor dan backup database) berada di server kantor pusat di Jakarta. Saya mau update web atau upload-download data bisa remote dari sini. Kalo anda mengenal teknologi VPN, mungkin anda akan merasa pikiran anda semakin sempiiit..

  9. Mungkin saya termasuk orang yang sempat berpikir untuk menyetujui pemindahan ibukota negara….
    Utamanya sih pemindahan pusat komunikasi, soalnya ini nanti berhubungan dengan keberlangsungan DATACENTER. Lha kalau DAtACENTER sering mati lucu dong gak bisa akses ke datacenter (servernya mati)

  10. kayaknya masih lama lagi deh nunggu jakarta bebas dari macet. Dan sepertinya harus di lakukan tata kota ulang untuk menata ibu kota kita yang semrawut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: