Evolusi – Neanderthal dan Homosapiens pernah besanan


Penelitian terbaru hasil riset DNA yang dilansir BBC cukup mengagetkan. Ternyata memang Neaderthal pernah hidup berbarengan dengan Homo Sapiens. Bahkan konon menurut penelitian ada persilangan diantara keduanya yang melahirkan manusia-manusia moderen saat ini.

😦 “Whallah Pakdhe, Opo ya kita juga keturunan kethek ?”

😀 “Mereka adalah kita dan kita adalah mereka, Kita harus mencintai sesama makhluk ciptaan NYA!

Mereka pernah mengadakan pernikahan

Mereka adalah kita dan kita adalah mereka, Kita harus mencintai sesama !

Temuan ini telah mengejutkan banyak ahli, sebagai bukti genetik, karena sebelumnya para ahli banyak yang menyatakan Neanderthals hanya memberikan kontribusi yang sedikit atau bahkan diangap tidak ada pada manusia saat ini. Kenytaan baru ini menunjukkan antara 1% dan 4% dari genom manusia Eurasia tampaknya datang dari manusia Neanderthal.

Namun aneh dan mengagetkan masih ada gen manusia yang “bersih” dari Neanderthal ini yaitu San dan Yoroba.

Out of Africa

Teori yang paling luas diterima dari asal-usul manusia modern – yang dikenal sebagai Out of Africa – menyatakan bahwa nenek moyang manusia hidup (Homo sapiens) berasal dari Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu. Sebuah kelompok yang relatif kecil orang kemudian meninggalkan benua itu untuk mengisi seluruh dunia antara 50.000 dan 60.000 tahun yang lalu.

Peneliti dan moyangnya

Sementara kontribusi genetik Neanderthal – ditemukan pada orang-orang dari Eropa, Asia dan Oseania – tampaknya kecil, namun angka ini ternyata lebih tinggi dari analisis genetik sebelumnya telah diusulkan.

“Mereka tidak benar-benar punah. Dalam beberapa dari kami mereka hidup, walaupun sedikit,” demikian kata Profesor Svante Paabo, dari Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di Leipzig, Jerman.

Profesor Chris Stringer, salah satu arsitek dari teori Out of Afrika, pemimpin dalam penelitian asal-usul manusia di London’s Natural History Museum . Dia mengatakan kepada BBC News: “Dalam beberapa hal,  studi itu mengkonfirmasi apa yang sudah kita tahu, bahwa manusia Neanderthal terlihat seperti baris terpisah (dari garis Homo sapiens, rdp). Lihat gambar paling atas.

“Tapi, tentu saja, hal yang benar-benar mengejutkan bagi banyak dari kita adalah implikasi bahwa telah ada beberapa antar pembiakan antara Neanderthals dan manusia modern di masa lalu.”

Rekonstruksi DNA yang terkontaminasi.

Mengambil dan meneliti sampel sebagai bahan genetik berkualitas baik dari sisa-sisa puluhan ribu tahun tentunya mengalami banyak rintangan yang harus diatasi. Sampel-sampel yang diketemukan hampir selalu hanya berisi sejumlah kecil DNA Neanderthal di tengah sejumlah besar DNA dari bakteri dan jamur yang menjajah jasad tubuh setelah kematian.

Model evolusi

DNA Neanderthal itu sendiri dipecah menjadi segmen yang sangat pendek dan telah berubah secara kimia. Untungnya, perubahan kimia yang bersifat diprediksi, yang memungkinkan para peneliti untuk menulis perangkat lunak yang dikoreksi untuk mereka.

John Hawks, asisten profesor antropologi di University of Wisconsin-Madison di AS, mengatakan kepada BBC News: “Mereka adalah kita. Kita adalah mereka“.

“Sepertinya ini memiliki kecil peluang untuk menjadi hal yang memungkinkan, tetapi saya terkejut oleh jumlah. Aku benar-benar tidak mengharapkan untuk setinggi 4%,” katanya dari kontribusi genetik dari Neanderthal.

Urutan dari genom Neanderthal adalah tanda prestasi ilmiah dunia, produk dari upaya empat-tahun-lama memimpin dari Jerman Institut Max Planck tetapi melibatkan universitas lain di seluruh dunia.

(Sumber BBC)

Bacaan terkait soal evolusi :

19 Tanggapan

  1. kalau dari serial “Incredible Human journey”, dia bilang tidak mungkin saya naksir dan kawin dengan Homo Neanderthal.
    Dan Homo neanderthal keburu punah karena jaman es.

  2. […] Evolusi – Neanderthal dan Homosapiens pernah besanan […]

  3. siapa bilang berlawanan?

  4. wah artikelnya bagus euy..
    makasi buat infonya… n_n

  5. Gimana yang di pati ayam pak?

  6. Peradaban melayu masuk yang sebelah mana ya?

  7. Nda usah bingung sodara2, lha wong namanya juga dongeng je 🙂

  8. Wow… analisa yang bagus banget nih…

  9. Makasih, TakeOnePicture.

  10. iya… ilmu pengetahuan mengatakan adanya teori evolusi , sedang agama mengatakan manusia ya manusia kera ya kera dua jenis makhluk hidup yg berdiri sendiri…, sedang ilmu pengetahuan yg haqiqi itu sumbernya dari ayat 2 Allah Aqur’an
    tapi untuk yang ini kok berlawanan…
    jadi gmna ini pakdhe…???

    salam bloger.
    diantos kunjungan baliknya pakdhe…

  11. ck ck ck…. wah kakek2 kita ternyata begitu ya.. 🙂

  12. Bagus ceritanya, Guam Network.

  13. SALA M KENAL PAK
    ADA RUMOR TENTANG BENUA ATAU KERAJAAN ATLANTIS.
    PENELITIAN KEBERADAAN ATLANTIS DISINYALIR BERADA DI DAERAH INDONESIA.
    BAGAIMANA BENURUT ANDA PAK?

  14. Ane turunan siape ya, gan? Turunan Adam dan Hawa aja deh 😀

  15. kalo ga salah di koran kompas ada tuh beritanya… 🙂

  16. pakdhe,neardethal niku nopo njih?

  17. Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa s2

  18. Ini ada chart yang menggambarkan perjalanan evolusi “hominids”:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: