Siapakah Explorationist Si Penemu Minyak Ini ?


Apa ciri-ciri orang yang efektif dalam menemukan minyak dan gas? Apa saja yang mereka lakukan ketika menjelajahi hutan untuk mencari minyak atau gas, apa yang membedakan mereka dari orang lain? Apa hobi saja mereka? Bagaimana pendekatan mereka ketika melakukan eksplorasi? Bagaimana mereka mengatasi macetnya kreatif?

Untuk mendapatkan informasi tentang sifat-sifat dan kebiasaan kerja pencari minyak, sebuah survey dilakukan oleh AAPG (American Association of Petroleum Geologist) dengan mengamati sebuah kelompok terpilih yang terdari dari 44 explorationists yang telah menemukan minyak atau gas. Survey ini diperlukan untuk melihat apakah ada kesamaan yang muncul diantara mereka. Responden-responden ini telah menjawab pertanyaan dengan sangat antusias. Jawaban mereka pun sangat menarik dan pastinya menyenangkan untuk dibaca. Kita dapat belajar dari filosofi kerja mereka dan melihat pendekatan mereka ketika melakukan pencarian atau eksplorasi migas. Tentusaja ini juga berlaku untuk eksplorasi bahan tambang lain.

😦 “Wajib ditiru jalan mereka ya, Pakdhe ?”

😀 “Thole, mengetahui orang sukses sangat mungkin akan mempengaruhi langkah kita dalam menunjang kesuksesan menemukan minyak dan gas”

SURVEY MEMBUKTIKAN !

Mereka sangat imajinatif

Survei ini dikirim ke berbagai explorationists yang terdiri dari: perempuan dan laki-laki, karyawan perusahaan besar dan konsultan, tua dan muda, domestik dan internasional. Meskipun latar belakangnya  berbeda-beda, mereka ini kelompok explorationists pilihan yang  memiliki satu hal yang sama yaitu tidak hanya pernah menemukan minyak atau gas, tetapi mereka cukup sering menemukan.

Orang akan menyimpulkan, mereka tidak hanya sekedar beruntung. Mereka ini ternyata sesuai dengan definisi apa yang disebut sebagai si Penemu Minyak.

Pertanyaan: Apakah explorationists dapat diajar untuk menemukan minyak?

Ringkasan:  Sebagian besar mengatakan “ya.” Banyak yang mengatakan hasrat menemukan itu sangat penting dimiliki seorang oil finder.

Tanggapan:

  • “Ya, itu lebih merupakan keterampilan belajar dari pada sekedar bakat alami. Namun, pencari minyak yang baik harus menjadi seorang optimis. Dia harus percaya bahwa dia dapat menemukan, dimana orang lain mengabaikan prospek penemuan itu untuk menjadi sebuah kegiatan yang efektif. “(Jack Elam)
  • “Ya, tetapi hanya jika itu yang mereka ingin lakukan. Kebanyakan tidak mau menjadi pencari minyak, atau paling banyak itu adalah tujuan sekunder. Juga, kebanyakan explorationists pikir mereka sudah tahu bagaimana melakukannya- tetapi kenyataannya mereka tidak tahu ! “(Yakobus Lantz)
  • “1. Ya, untuk suatu hal tertentu! 2. Pencari hidrokarbon yang luar biasa, saya percaya, punya ‘kekuasaan‘ (pemahaman dan visualisasi) yang mungkin intuitif. “(Robert Sneider)

Pertanyaan: Mana yang lebih penting, keterampilan, atau keberuntungan?

Ringkasan:  Kepandaian atau skill. Banyak kata keberuntungan memainkan peran dalam sebuah penemuan, tapi keterampilan membuat perbedaan dalam jangka panjang.

Tanggapan:

  • “Seorang dokt0r yang terampil menggunakan alat, imajinatif, dan kreatif. Kemampuannya sangat tergantung pada pemanfaatan pengetahuan geologi dan geofisika serta semua data yang tersedia. Imajinasi kreatif melibatkan aplikasi yang luas, pengalaman, kemampuan dan latar belakang akademis. Saya tentusaja akan bersyukur atas keberuntungan tetapi semua itu bergantung tidak lebih baik ketimbang munculnya sebuah kesempatan. Pekerjaan eksplorasi ini seolah-olah mencoba memukul sasaran yang bergerak dengan anak panah dengan tiupan angin kencang. “(Dan Busch)
  • Meskipun banyak penemuan yang dikaitkan dengan keberuntungan, jika diselidiki lebih lanjut, maka akan ditemukan bahwa banyak usaha serta waktu yang dihabiskan untuk mempertimbangan, berpikir, merekonstruksi. Juga usaha untuk mempresentasikan data yang terlibat dalam “menciptakan keberuntungan“. Saya pikir keadaan yang melibatkan hasil yang baik atau buruk, dilandasi segudang alasan. Hal ini juga telah menjadi dasar bagi banyak diskusi filosofis selama ini. ‘Lucky‘ adalah dalam kosakata, tetapi apakah itu benar atau tidak, saya tidak tahu, dan saya rasa saya tidak ingin tahu. “(Graham Curtis)
  • Sama pentingnya dengan keterampilan dasar untuk menjadi pencari minyak. Ketrampilan ini tidak banyak menghasilkan tanpa adanya sedikit keberuntungan. Keberuntungan tidak terjadi jika Anda tidak membuka diri dan menerima perubahan. Kalau diamati orang-orang yang ikut serta dalam survei ini, sering kali mengambil risiko besar tetapi keberuntungan tidak selalu bersama mereka.(Donald Todd)
  • Skill! Keberuntungan adalah apa yang orang lain sebut keterampilan mencari minyak . Saya punya beberapa cara untuk mengatakan supaya terhindar dari ‘keberuntungan’ “.(Gerald Loucks)

Pertanyaan: Kapan masa paling produktif dalam hidup Anda?

Ringkasan: Sebagian besar responden mengatakan mereka tidak berhasil sampai mereka memiliki lima atau lebih tahun pengalaman. Banyak yang mengatakan sekarang inilah mereka paling produktif. Mereka juga menyatakan pengalaman (experience) adalah sangat penting.

Tanggapan :

  • Dari 1948 sampai 1975, ketika itu aku masih antara 30 dan 58 tahun. Aku terlibat dalam 15 penemuan antara tahun 1948 dan 1965. “(Ted Beruang)
  • Berbagai tugas lebih mudah dilakukan pada usia yang berbeda. Untungnya aku merasa aku sudah sangat produktif di semua tahap hidupku secara matang. Ketika aku kehilangan rasa itu, saya akan pensiun. “(Roy Huffington)
  • Usia 18 sampai 50, ketika aku benar-benar diizinkan untuk mengeksplorasi. Aku langsung menemukan 7 besar ladang dan berpartisipasi dalam penemuan sekitar 20 lainnya (2 raksasa). Saya juga menemukan satu hard rock tubuh bijih yang menjadi tambang komersial. “(David Powley:)
  • Antara 40 dan 70 tahun.” (Dan Busch)
  • “Saya masih produktif pada usia 89 tahun. Saya telah produktif dalam setiap dekade kehidupan profesional saya. Dalam rentang waktu 70 tahun saya telah menunjukkan bahwa saya tidak megurangi produktifitas walau selangkah. ” (Michel T Halbouty)

😦 “Wah Pakdhe tidak terlalu tua untuk menemukan minyak kok, Pakdhe”

Yang dilihat mata bukan yang ada dibenaknya

Pertanyaan: Apakah Anda suka untuk menggambar atau membuat sketsa?

Ringkasan: Ya (86%).

Tanggapan:

  • “Ya, saya menggambar dan membuat sketsa pemandangan, seascapes, orang, singkapan di lapangan. Ini membantu saya untuk memvisualisasikan, untuk melihat hal-hal lain belum pernah ada dan diketahui sebelumnya. Saya terus membuat sketsa (visual) dalam buku catatan. Menggambar dan membuat sketsa adalah cara terpenting untuk belajar berpikir secara visual. ” (Norman Foster)
  • “Ya. Walaupun saya sangat mahir dalam visualisasi 3-D, saya masih harus meletakkannya di kertas untuk mendapatkannya dengan benar dalam pikiran. Saya terus-menerus menggaris dan menggambar ulang penampang seismik bagian dalam secara 3-Dimensi. Juga saya mempertimbang kelengkungan bumi sebagai bagian untuk difikirkan. “(Jack Elam)
  • “Tentu saja. Saya yakin saya mengerti konsep, dan sebagainya. Namun setelah itu itu saya harus dapat menarik kesimpulan untuk diriku sendiri dan menjelaskannya kepada orang lain secara visual. “(Robert Sneider)
  • “Ya, sepanjang waktu-bahkan mencoba membuat sketsa dan monoprints. Mengambil cat air ketika bekerja sebagai wellsite geologist menunggu pengeboran sumur. Saya juga sering melakukan beberapa bahan untuk diukir. Biasanya saya menggunakan cat minyak dan akrilik. “(Donald Todd)
  • “Saya berimajinasi dengan halaman buku-buku saya yang terbaik,  saya paling banyak menggunakan alat bantu visual. Dari sketsa saya ini, saya menafsirkan, mengelompokkan, kadang juga membuang, dan saya menyempurnakan setiap konsep berdasarkan informasi yang tersedia. Ketika segala model pemerangkapan tersedia dan saya merasa nyaman dan aman, saya akan menjadi cukup yakin bahwa saya telah menemukan minyak atau gas, dan saya merasa telah mencapai tujuan saya. “(Gerald Loucks)

Sumber : AAPG – Treatise ini Petroleum Geology

Bacaan terkait :

26 Tanggapan

  1. Siapakah Explorationist Si Penemu Minyak Ini ? Dongeng Geologi I was suggested this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You are wonderful! Thanks! your article about Siapakah Explorationist Si Penemu Minyak Ini ? Dongeng Geologi Best Regards Yoder Rolf

  2. optimis..imaginatif…intuitif…skill menciptakan peluang datangnya keberuntungan…dan doa mendekatakan kita pada “keberuntungan”….sepanjang hasrat seseorg u/ berkarya masi ada dia adl seorg yg produktif…

  3. @ jabon,,rejeki dimakan enak juga ya,,,wkwkwkwk

  4. @Asrofi
    betul-betul
    ada yang sebut hoki, beruntung, ada juga yang bilang rejeki.

  5. @jabon
    Jangan lupa juga ada faktor keberuntungan juga ya…
    kekkeke

  6. kalo ditanya keberuntungan atau ketrampilankah yang lebih penting, tentunya semua orang tau sudah dengan jawabanya,
    bagaimana bisa kita beruntung jika tidak memiliki ketrampilan…

  7. […] Siapakah Explorationist Si Penemu Minyak Ini ? […]

  8. Bravo Mas Vic, he..he , sorry saya panggil Mas , krn mungkin saya lebih muda atau bahkan lebih tua. Lanjutkan !!!

  9. Tulisan ini memang mengenai hal yang jauh dari urusan saya, tapi tulisan ini sungguh menghipnotis saya pada urusan yang lain, saya bisnis sederhana, tapi saya rasa perlu juga menggunakan konsep dari tulisan ini.
    salam hangat

  10. Numpang mampir dan baca2. visit back ok! 07:20

  11. Posting yang menarik. Kunjungan balasan anda sangat saya nantikan di: http://beinstore.co.cc/ 08:51

  12. blog yang menarik…
    saya suka dengan gaya tulisan anda,

  13. emang hebat deh pak de kalau soal dongeng mendongeng… mantap euy pak dhe… Kapan kapan mampir lagi ya pak dhe di Geologi UNDIP

  14. Ilmu baru …

  15. nice articles……..

  16. Sepertinya pekerjaan explorationist ini keren dan elit skali ya,,yg pasti menantang & butuh insting..jadi pengen suatu hari nanti menjadi dependable oil finder..!
    smangad belajaarr..!

  17. salam kenal aja buat pak de, ni pertama kali masuk ke blognya pak de

  18. Memang dibedakan, silahkan baca selengkapnya disini :

    http://en.wikipedia.org/wiki/Tufa http://en.wikipedia.org/wiki/Tuff

  19. mas vic, maaf mau nanya mungkin tidak berkaitan dengan artikelnya.. tapi saya tidak tahu mau bertanya kemana lagi.. hehe istilah tuffa itu apa mas?? apakah itu sama dengan tuff?? beberapa sumber menyebutkan (versi inggris-inggris semua) kalo tuffa berbeda dengan tuff… sebenernya tuffa itu apa sih mas??? terima kasih sekali dengan jawabannya mas vic… I’m a big fan of yer blog posts…..

  20. seperti biasa… tulisannya pakdhe selalu menohok

  21. Pak Dhe emang sipp…
    nambah wawasan..

  22. waduh…postingannya pak dhe ini bagus2 trus…pak de saya berlanggan melalui feed pak de…biar saya bisa trus postingan terbaru pak dhe…trimakasih.Gbu

  23. nuwun mas vick, bacaan yang menambahkan wawasan. oil finder, sebenarnya itu kan tujuan setiap eksplorasionis yah.

  24. oil finder kebanyakan dari Teknik Geologi ya mas?
    pantesan aja gajinya puluhan juta, ternyata tugasnya banyak perhitungannya

  25. Score 2-0 untuk anda. Msh aktif bekerja dan kreatif dlm memberi penyuluhan. Bravo GBU.

Tinggalkan Balasan

