Memotong kuku pekerjaan yang menular


Pernah memotong kuku ?

Tentusaja rutin, paling tidak sepekan sekali … lah wong kucing saja sering mengasahnya.

Kuku kita tumbuh dengan kecepatan rata-rata 3 mm per bulan. Kalau saja kuku anda tanggal maka kuku jari tangan memerlukan 3 sampai 6 bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya, dan kuku jari kaki memerlukan 12 sampai 18 bulan. Tingkat kecepatan pertumbuhan sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, tingkat olahraga, diet, dan faktor keturunan.

Tahukah anda bahwa kuku tumbuh lebih cepat pada musim panas daripada musim lainnya.  Berbeda dengan kepercayaan pada umumnya, kuku tidak terus tumbuh setelah kematian; dehidrasi kulit dan mengencangkan. Namun kuku dan rambut tidak lebih mudah busuk sehingga membuat kuku (dan rambut) seakan-akan muncul untuk tumbuh.

Kuku dan Gempa

Kuku selalu memanjang dan kecepatan tumbuhnya secepat gerakan kerak tektonik yang hanya beberapa milimeter dalam sebulan. Dan cerita jaman dulu memang menunjukkan ada hubungan antara kuku dengan gempa.

Dahulu sewaktu kecil ada cerita kakek ketika dunia masih dikuasai raksasa. Raksasa ini tinggalnya didalam tanah bukan dipermukaan. Karena itu hidupnya selalu menganggu kerajaan semut. Semutpun sering jengkel karena raksasa ini bising dan sering menginjak-injak bala tentaranya.

Suatu ketika, ada seseorang yang memotong kuku dan membuangnya sembarangan. Akhirnya potongan kuku ini dibawa oleh seekor semut kedalam liangnya. Masuk terus ke dalam liang semut yang jauuh dibawah sana menuju kerajaan raksasa.

Maka semut dengan lantangnya mengatakan ke raksasa, “Hey raksasa, lihat aku sudah berhasil membunuh manusia diatas sana, ini kukunya aku bawa sebagai bukti. Ayo kamu keluar kepermukaan gih !”

Segerombolan raksasa yang mendengarnya ahirnya tertawa terbahak-bahak mendengar teriakan si semut.

Dan terjadilah GEMPA !!

Jadi kalau sehabis memotong kuku, potongan kukunya jangan dibuang sembarangan, ya !
Nanti ketahuan semut malah jadi gempa dweh !

Menular

Pernahkah mengamati ada yang sedikit mengherankan. Mengapa setiap ada memotong kuku dihadapan orang lain selalu saja ada yang kemudian meminjam dan ikut-ikutan memotong kukunya ? Pekerjaan yang menular !

Sudahkah memotong kuku pekan ini ?

13 Tanggapan

  1. bukan menular, tapi lebih kepada sunnah pada hari tertentu (jum’at) bagi umat Islam. jd klo ada cowok mau sholat jum’at terus potong kukunya dan ada temennya juga liat maka temennya itu akan potong kuku jg, krn tau kalo hari itu hari sunnah potong kuku dan dpt pahala jg hehe

    terus yg ke-2 kenapa semut suka potongan kuku? krn potongan kuku kita itu mengandung glukosa, dan zat glukosa cm bisa dirasakan oleh sebangsa serangga macam semut, kecoa dll.

  2. Ade2 aje dah..
    Tapi seru jga,ada yg lebih secara kedokteran gk penjelasan’a?

    Slam dri adji satria di depok
    085693827241

  3. gimana caranya memotong kuku bayi… susah kan…. dia kan banyak gerak. jarinya kecil2. salah-salah jarinya bisa ikut kepotong….

  4. hihi… iya… kalo gag ktularan bysanya malah q dipaksa potong kuku~

  5. heuheu.. Cerita yang menarik, salam.. 😀

  6. Tulisan yang menarik.. Boleh CoPas kan.. tenang aja nanti di tuliskan sumbernya kok.. hehehe..
    mampir ya ke blog Saya yang sederhana di zone2net.wordpress.com.. Mohon berikan masukan karena blog ini baru saja saya mulai..
    Terima kasih..

  7. ternyata semut juga pandai berbohong yah… cerita yang bagus…. 😀

  8. Tapi hati-hati pakdeh,,karena sikap menularnya macam nguap,,gunting kuku yang saling pinjam pakai beresiko menularkan penyakit lho..
    Mulai dari flu hingga Hepatitis..Oleh karena itu mari kita biasakan punya ptongan kuku pribadi.
    Emang mau pinjem2an kolor sama orang?makanya jangan mau pinjem2an gunting kuku juga..

  9. sudah…akhir2 ini sering banget…sampe2 kukunya g bisa buat “nyungkil” lagi..:D

  10. Wah bener sekali pak… sampai2 biasanya gunting kukunya ga dibalikin lagi sehabis dipinjem… karena keasyikan atau lupa kali yang punya… hehehe

  11. wah.. bukannya menular lagi sewaktu ada yang potong kuku malah kebiasaannya lagi habis potong kuku.. pasti kukunya digigitin lagi…. hahahaha
    🙂

  12. Waah… ceritanya menarik nih. Makasih ya… 🙂

  13. dahsyat sekali cerita ini. kalo buang permen yang disukai semut juga bakal gempa? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: