Meramal gempa lagi … lagi-lagi meramal gempa (90% akurat !)


Bagaimana mungkin ramalan gempa nextearthquake bisa memiliki kepastian diatas 90% ? Bagaimana cara meramalnya ? Nah ini dia penjelasannya.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara website Nextquake membuat prediksi yang memiliki kesuksesan diatas 90%.

😦 :”Lah hiya pakdhe, kan kesuksesan prakiraan atau ramalan itu dilihat dari kesuksesan hasil prediksinya kan ?

😀 “Makanya thole ada cara yang bagus untuk membuat prediksi yang bagus.

Coba kita ulangi lagi bagaimana perkiraan gempa itu

Paling tidak ada dua jenis yaitu short term prediction dan longterm prediction. Yang satu meramalkan dalam waktu dekat, yang lain meramalkan dalam jangan panjang.

Ketiga aspek gempa yang ingin diketahui pada shorterm prediction itu adalah sebagai berikut :

  • Dimana tempatnya. Mencakup area yang cukup sempit.
    Efek bencana sangat merusak sekitar radius 10-20 Km ( di Jogja, Padang). Ramalan yang diinginkan untuk resque (penyelamatan) tentusaja yang memiliki akurasi seperti ini.
  • Seberapa besar kekuatannya. Dalam skala gempa tertentu.
    Saat ini yang diketahui besarnya “potensi” yang tersimpan dalam satu segmen. Berapa yang “bakalan” dilepaskan masih belum (susah) diketahui. Bisa sekali besar, bisa kecil-kecil banyak, atau bahkan slow quake (silent quake) !
  • Kapan terjadinya. Dalam rentang waktu yang memadai.
    Periode waktu yang diinginkan tentusaja short term (jangka pendek).

Apakah yang diatas itu dipenuhi dalam predisksi yang dilakukan nextearthquake itu ? Tentusaja bila Areanya luas, kapan terjadi dalam rentang waktunya panjang serta besar kekuatannya masuk dalam skala statistik mingguan atau bulanan.

Statistik gempa di Indonesia.

Sebagai gambaran dibawah ini kita lihat gempa-gempa besar yang memiliki magnitude diatas M5. Data gempa ini diambil dari USGS untuk periode pengukuran sejak tahun 1973-2009 (36 tahun).

EQ1973-2009_1

Selama kurun waktu 36 tahun terdapat 15 000 gempa dengan kekuatan >5M

Diatas itu gempa-gempa di Indonesia yang mempunyai kekuatan diatas 5SR. Ingat yang diatas itu gempa dengan kekuatan diatas 5 SR !

  • Sejak 1973-2009 (36 tahun) terdapat 15 000 gempa di Indonesia.
  • Artinya dalam satu tahun akan terjadi 417 kali gempa.
  • Sehingga dalam satu hari akan terjadi paling tidak satu kali gempa dengan kekuatan diatas 5 SR !

Dengan dasar diatas tentunya kita tahu bahwa secara statistik saja dapat diketahui bahsa dalam satu hari saja di Indonesia akan terjadi gempa dengan kekuatan paling tidak 5SR. Tentusaja gempa-gempa yang ukurannya lebih kecil dari 5SR akan lebih sering terjadi, namun kita tidak merasakan, karena pusat gempanya dalam atau pusat gempanya jauh dari lokasi kita berada.

Meramal dengan jitu !

Nah sekarang coba tengok bagaimana bentuk ramalan dari web yang bikin heboh itu. Dibawah ini satu ramalan untuk gempa di Sumatra. Perhatika dengan seksama besaran gempa yang diperkirakannya, dan perhatikan radius daerah yang diperkirakannya.

Nextquake

Ini dia bentuk ramalannya

Tentusaja kita tahu dalam radius 500 Km maka secara statistik saja akan memiliki gempa yang jumlahnya ratusan selama  periode 7 hari. Apalagi kekuatan yang diperkirakan memiliki rentang M3.9-M5.9 dan M4.2-M6.2. Selisih sekala 3  itu artinya 10pangkat3 kali. M6.2 = seribu kali M4.2 kekuatan gempa nya … jadi rentangnya dari ngga kerasa kalau pusatnya didalam hingga ambyarrr kalau gempa dangkal !!

Juga rentang waktu ini dikoreksi ketika gempa itu tidak terjadi, artinya kesalahannya dikoreksi ketika ramalannya meleset. Dan nantinya hanya dimasukkan yang ramalannya cocok.

EQ1973-2009

Yang diatas itu gempa dengan kekuatan >M5. Dalam radius 500 Km. Gempa kecil-besar yang terjadi selama sehari akan ratusan jumlahnya.

Radius 500 Km itu artinya mencakup lebih dari setengah dari Pulau Sumatra, dan hampir seluruh Jawa. Artinya daerah yang diperkirakan sangat luaaas. Dan dalam artian mitigasi mungkin tidak akan berarti. Walaupun untuk kewaspadaan sangatlah diperlukan mental selalu bersiap menghadapi apapun yang terjadi.

Secara global terjadinya gempa di dunia memiliki keseringan statistik seperti dibawah ini.

Seberapa sering gempa itu terjadi didunia ini.

Ya selalu tepat doonk !

Tentusaja, ramalan ini akan selalu tepat atau memiliki tingkat akurasi yang lebih dari 90%. Radiusnya lebar, besar magnitudenya bervariasi, serta jangka prediksi waktunya selalu dikoreksi !. Disinilah letak kepintaran si peramal. Melakukan koreksi terus menerus seolah-olah merupakan shorterm prediction !

😦 “Wah pakdhe, kalau gitu nenek-nenek juga tahu ya ?”

Dengan penjelasan sederhana seperti ini tentunya kita tahu bahwa ramalan itu ada batasannya, ke-akurasi-annya tergantung dari rentang yang dibuat. Salam waspada, dan jangan tunggu ramalan !

Tulisan sebelumnya memberikan gambaran cara meramal gempa, ada disini :

Bacaan lain menyangkut soal gempa :

29 Tanggapan

  1. Sdh dibaca termsuk ulasan gempa kali Opak tempo hari. Ayo tetap berkarya sebarkan pengetahuanmu

    Note : saya ex Trisakti dulu sewaktu praktek lapangan di lap. Geology Klaten pernah bareng.
    Saya juga lihat teman seangkatan anda ada yg jadi pimpinan HTI

    Salam

  2. […]  ”Katanya gempanya sudah diramalkan, Pakdhe ? ”Coba baca lagi tulisan ramal-meramal yang 90% bener ada disini“ […]

  3. […] “Coba baca lagi tulisan ramal meramal yang 90% bener ada disini“ […]

  4. Wah pakdhe bisa aja…. tiwas tak penthelengi tulisan itu saya kira beneran, ealaaaah… ternyata cuma guyon…

  5. thanks buat infonya

  6. Prediksi gempa saat ini memang masih menjadi misteri para pakar. Saya pun juga akan mempridiksi, bahwa yang akan menjadi penemu jitu pakar prediksi ahli gempa adalah dari Indonesia, sebab Indonesia merupakan negara yang paling besar frekuensi gempa besarnya jika dibandingkan dengan Jepang. Coba saja lihat data dari USGS kejadian gempa pertahun di Indonesia dibandingkan dengan Jepang, ternyata lebih banyak Indonesia. hehehe…

  7. hehehe…Pakdhe, ada-ada ajah !
    nyang namanya “ramalan” ntu pake menyan – truz ditaburin dah di atas perapian. wurrrr—wurrrr–wuurrr keluar asapnya. trus dibilangin gempa tanggal sekian di daerah anu, sekian SR. hihihi…😀
    kalau ini sih lewat analisa – lewat proses berfikir – dan kayaknya rada gimanaaa gitu kalu dibilang “ramalan”. mestinya “hipotesa” ya Pakdhe.
    tapi kalau ditulis “hipotesa”, judulnya jadi kurang menarik lagi. jadi serba salah, ya Pakdhe.
    B)

  8. mantab pak de. kasian abisan liat orang2 di indo “dipermainkan” ama peramal2 gempa yg nonsense. Belum ada org yg mampu prediksi gempa dgn akurat. Tll byk paramater2 yg blom di ketahui n model yg ada kebanyakan oversimplified. Makanya NASA ampe skrg msh jor2an biayain research di bidang ini. Yg penting saat ini mnurut gw ya program mitigasi bencana alam di jalankan dgn bnr di daerah2 rawan gempa

  9. Wah mantabz. Thanks Pak Dhe uda ngebahas nexteartquake.com
    jadi kepikir juga nih. Gimana ya cara kerja BMG kita? Cuman melaporkan gempa atau juga ikutan ngeramal?
    Jika BMG ikutan ngeramal, harusnya jauh lebih akurat ketimbang nextearthquake karena database dan pemahaman thd kontur negeri ini mereka (BMG) jauh lebih mengerti.

  10. kalo emang bener ramalan gempa itu kita wajib waspada dunkzzzzz…. yapi tetep kita gax boleh percaya 100%…..

  11. waspadalah…harus tidur dengan satu mata terbuka…

  12. kirain prediksi tanggal dan waktu serta tempat terjadi gempa.
    tapi nice info….
    thanks

    geologi

  13. kirain prediksi tanggal dan waktu serta tempat terjadi gempa.
    tapi nice info….
    thanks

  14. pak de….aku ikutan upload ke FBku yah….suwun dee

  15. Pa’ Dhe tulisannya luar biasa hebat , sederhana dan mudah dicerna kami semua masih berharap muncul Pa’ Dhe- Pa’ Dhe yang lain yang se kreatif ini, guna dapat memberikan pencerahan ilmu dalam bentuk yang tidak terlalu formal tapi tetap bermanfaat bagi semua kalangan.

    kami tunggu cerita berikutnya

  16. teman2 terlepas dari prosentase akurasi ramalan, yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya. Kesadaran bahwa kita hidup didaerah yang rawan bencana perlu kita pahami o, dan Gempa itu Pasti Akan Ada seperti yg Pak Dhe tulis……..Oleh karena itu sita harus selalu waspada dengan meningkatkan kesiapsiagaan…. Sebaiknya juga Pemerintah kita Memperbaiki manajemen penaggulangan bencana yang selama ini dilakukan…. Masa sih sejak sebelum gempa aceh hingga gempa aceh, gempa jogja, gempa padang,dan pada bencana2 yang lain…. TIDAK ada perubahan sama sekali !! masih tetap menggunakan manajemen krisis ?? yang represif….Tidak mau menggunakan manajemen risiko ! yang preventif…..

  17. Pak Roficky minta ijin untuk menyebarkan di milis jaringan kerja sama dan ilmu pengetahuan anatr 10 perguruan tinggi ya. Nuwun

  18. peramal yg pintar! he..he..he..😛

  19. Numpang mampir nggih, kalaupun ramalannya tepat, korbannya tetep banyak.

  20. Info yang mantab sob.
    Ditunggu kunjungan baliknya ya sob!
    Plus kasi komen ya, biar impas, hehehe!

  21. Kalo di modif di persempit wilayah dan dikoreksi waktunya mungkin bermanfaat untuk wilayah jawa sumatra yg padat penduduk

  22. ramalannya hampir akurat 100%

  23. PakDhe Rov yang baik,

    Kalo gempa dan juga daerah tektonik aktif, efek nya untuk penemuan hidrokarbon gimana yach, akan lebih banyak terkumpul, atau yang dulu nya terkumpul akan berpindah ke tempat lain…punya paper yang membahas hal ini gak…?

    Thanks

    Best Regards
    Sigit Ari

  24. Ok matur nuwun,,share ya…

  25. ..nek sperti kui..yo iso wae gempa diramal secara tepat! mung cakupan wilayah seluas itu, menyulitkan mitigasinya to,,,ngramal dewe wae dab!

  26. weits… hebat pak dhe.
    tulisannya mudah dicerna.

  27. Hehehe…bolehlah Pakdhe ramalannya… kayaknya bisa bikin pusat ramalan sendiri nih Pakdhe..

  28. Pak Rovicky,

    Mohon izin untuk saya terbitkan di FB saya

    salam,
    Yansen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: