Bahwa masih akan ada gempa lain itu PASTI !


Bahwa masih akan ada gempa lain itu PASTI !

Melentingnya patahan

earthquake.jpgKetika ada yang mengatakan bahwa gempa nantinya akan berkekuatan lebih dari 8 SR ini yang perlu diluruskan !
Gempa merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ” melenting-nya sebuah pegas alami“. Pegas alam ini memang digencet oleh gerakan tektonik pada bermacam-macam batuan yang memiliki tingkat pelentingan berbeda-beda. Disinilah perlu diperhatikan bagaimana prediksi gempa itu.

Meramal atau lebih enaknya disebut prediksi memanglah memungkinkan secara ilmiah. Khususnya untuk prediksi gempa ada tiga aspek harus ada.

Ketiga aspek gempa yang ingin diketahui  itu adalah sebagai berikut :

  • Dimana tempatnya. Mencakup area yang cukup sempit.
    Efek bencana sangat merusak sekitar radius 10-20 Km ( di Jogja, Padang). Sedangkan prediksi masih dalam segmen berukuran 300-500 Km. Lokasi ini sering menjadi krusial dalam “persiapan” atau mitigasi gempa.
  • Seberapa besar kekuatannya. Dalam skala gempa tertentu.
    Saat ini yang diketahui besarnya “potensi” yang tersimpan dalam satu segmen. Berapa yang “bakalan” dilepaskan masih belum (susah) diketahui. Bisa sekali besar, bisa kecil-kecil banyak, atau bahkan slow quake (silent quake) !
  • Kapan terjadinya. Dalam rentang waktu yang memadai.
    Saat ini hanya bisa (mungkin) rentang 5-10 tahunan. Sedangkan kejadiannya hanya dalam orde menit. Nah tergantung sejauh mana tuntutan (keinginan) yg diperlukan dalam mitigasi dan diperlukan masyarakat awam.
Lokasi dan besarnya gempa di Indonesia (1973-2009)

Lokasi dan besarnya gempa di Indonesia (1973-2009)

Lokasi yg mampu diprediksi dalam radius yang sangat luas

seismic-gap.jpg

Penumpukan tenaga Gempa (2007)

Dari hasil analisa para ahli gempa, banyak dijumpai area yang memiliki tingkat tekanan atau stress yang cukup besar di barat Sumatra ini. Kalau stress ini keluar atau terpicu secara serentak kekuatannya mampu membentuk gempa dengan skala diatas 8 SR, ada yang mengatakan 9 SR. Ingat ini hanya menunjukkan kekuatannya atau besarnya “tenaga” yang sudah terkumpul, menurut saya bukan berarti pasti akan menyebabkan gempa dengan kekuatan sebesar itu dalam waktu satu kali jegerrr.

Memang harus diingat bahwa tidak seluruh gempa ini akan terlepaskan tekanan atau stressnya dalam satu kali saja. Bisa saja beberapa kali yang lebih kecil juga. Seperti gempa Bengkulu-Mentawai telah merobek daerah berukuran 240×120 Km di Bengkulu dan setengah dari itu di Mentawai.

Coba lihat disini :

https://rovicky.wordpress.com/2007/09/15/gempa-bengkulu-mentawai-dan-gempa-aceh/ dan disini :

https://rovicky.wordpress.com/2007/09/18/gempa-bengkulu-mentawai-nias/

Kalau dibandingkan dengan gempa Aceh berkekuatan 9.3 yang memiliki panjang robekan hingga 1000 Km tentunya kita bisa lihat bahwa masih ada kemungkinan juga gempa-gempa itu tidak terrobek bersama-sama, kalau terjadi seperti gempa Bengkulu-Mentawai.

Saya berdoa semoga robeknya dikit-dikit (dibawah 6) bekali-kali ya ga papa. Walaupun tenaganya secara keseluruhan memang sekuat tenaga dengan skala 9. Sehingga nantinya tidak menyebabkan tsunami. Mari berdoa semoga saja potensi tenaga yang besarnya diatas 8SR itu tidak dilepaskan serta merta … amien.

Jadi kemungkinan ada gempa itu memang mungkin saja benar bahwa ada penumpukan tenaga disana (sebelah barat Sumatra). Silahkan lihat keterangannya disini :

https://rovicky.wordpress.com/2007/09/17/press-release-iagi-tentang-gempa-bengkulu/

Sekali lagi … waktunya tidak dapat diprediksi secara pasti …
skali lagi waktunya tidak dapat di prediksi secara pasti …

segment-gempa.jpg

Penjalaran gempa secara umum Peta dibuat tahun 2007)

Gempa itu secara garis besar memang menjalar.

Mirip seperti jalannya ular, gempa memang menjalar tetapi bukan seperti mercon rentengan. Lokasinya meloncat-loncat tetapi secara umum yang terjadi sejak gempa Aceh bergerak ke selatan-timur.

Gambar disebelah ini memperlihatkan bagaimana gempa Aceh 2004 merupakan gempa besar yang sangat mungkin memicu dan mempengaruhi kesetimbangan segment-segment gempa disebelah selatannya.

Secara umum penjalaran ini memang dapat diikuti, tetapi sekali lagi bukan sesederhana rentengan petasan.

California juga sedang “menunggu tamu agung” ini.

Kalau anda perhatikan di dunia ini juga ada tempat lain yang “menunggu” gempa besar yaitu di California. Disana diyakini akan ada gempa besar (di daratan Calofornia). Di California ini sedang menunggu gempa kekuatan besar diatas 8, yang kalau disesuaikan dengan periodenya semestinya sudah bergetar dalam tahun-tahun kemarin. Tetapi toh hingga lima tahun berlalu gempa itu juga tidak berlalu. Atau tertahan ? hal ini masih diteliti juga. Jelas preparasi terus dilakukan di California sana.

Pengungkapan prediksi gempa yang dilakukan USGS tertera dibawah ini.

peluang gempa

California berpotensi terjadi gempa mulai tahun 2003-2032, dengan kekuatan 6.7 atau lebih dengan peluang terjadinya sebesar 62%.

Gambar diatas diambil dari USGS, bagaimana USGS menggambarkan gempa-gempa yang terjadi di California. Kesimpulan yang diambil di California sana adalah. California berpotensi terjadi gempa mulai tahun 2003-2032, dengan kekuatan 6.7 atau lebih dengan peluang terjadinya sebesar 62%.

Dengan demikian kita tahu bahwa peluangnya 62% terjadi diantara tahun 2003-2032 !!

Nah bagaimana untuk Indonesia ? Ini tantangan baru pada ahli gempa untuk mampu menyampaikan dalam bentuk kualitatif seperti diatas. Mari kita bantu mereka ! Tidak perlu panik, aku sendiri selalu bilang yang penting waspada.

WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !!!!

Tiga tulisan sebelumnya memberikan gambaran cara meramal gempa, ada disini :

Iklan

23 Tanggapan

  1. teriamakasih buat infonya

  2. kata mama laurent bakal terjadi gempa yang lebih banyak dibanding 2009… ya iya lah…. orang sekarang kan apa2 ditampilin di tv. jadi kelihatannya makin banyak gempa. padahal dari dulu sudah banyak terjadi gempa. cuman orang nggak banyak tau.

  3. perlu adanya pelatihan “menghadapi gempa” ya, Pak, buat penduduk yang daerahnya memiliki potensi terjadinya gempa… agar tahu bagaimana menghadapinya.

  4. koq tidak ada komentar/ulasan pak dhe tentang gempa SR > 7 tgl 24 October 2009 di laut tenggara Maluku, apa karena tidak ada korban ?
    padahal menarik, karena sesaat ada warning bahaya tsunami lalu kemudian warning dicabut.
    Saya yg di Papua (Teluk Bintuni) merasakan guncangan yg besar, konon juga dirasakan sampai di Manado

  5. kalau begitu kita harus berdoa & berharap agar sering-sering terjadi gempa ya pak ? …. biar energi pelepasannya tidak menumpuk & sekaligus keluar

  6. katanya ada gempa di jakarta ternyata adanya di sukabumi

  7. ramalan gempa harus kita posisikan sama seperti ramalan cuaca dan lainnya, artinya bisa diprediksi secara ilmiah dengan berbagai metode.
    coba buka web, http://www.nextearthquake.com.
    bagaimana pendapat rekan-rekan mengenai ramalan gempa di web tersebut?

  8. saya sendiri jadi trauma sekarang apalagi kalau jam dah nunjukkin pukul 04 deg degan aja bawaannya

  9. Semoga gempa besar lebih besar dari gempa aceh benar2 terjadi diJakarta.
    Dan 80% kota Jakarta akan Luluh lantak ^.^

  10. assalamialaikum
    ya saya jg mendengar berita itu,, kalau itu kehendak yang maha kuasa pasti akan terjadi. kita hanya bisa berdoa dan berpasrah saja kapada ALLAH SWT semoga kita semua tetap dalam lindungan NYA(amin)
    kepada semua orang yang kenal dengan saya, saya mohon maaf yang sebesar2 nya bila saya pernah menyakiti hati dan perasaan.
    wassalam: datu moni, purwakarta

  11. katanya she gitu ada gempa lagi hari sabtu tapi kan kita gak boleh terlalu percaya ma yang kaya gitu ya kan! Allah hu Alam aja deh!

  12. mang’a benar ada gempa lagi hari sabtu, kekuatan’a 8,4/5sr ?

  13. kita tidak boleh p’rcaya ma peramal, memang kadang peramal itu benar, kita hanya boleh p’ryaca ma Allah S.W.T., KAN YG menentukan’a { mengetahui’a } hanya Allah S.W.T.

  14. pasti ada, tapi belum tau kapan. gitu kan? jadi ga ada hoax nih harusnya..

  15. pak dhe, dimanakah mencari peta seperti gambar 1 pada lokasi yogyakarta. dan peta beban gempa di yogyakarta. terimakasih.

  16. bnere jga sih…om

  17. mohon ijin tukaran link y pak..
    link blog ini udah saya add di blog saya, 😀
    thanks,

  18. Ini cuma dongeng kan pak? 🙂

  19. wah, model yang dibuat usgs mengenai potensi gempa di california informatif banget ya pakdhe… Semoga BMG bisa membuat hal yang serupa atau malah lebih baik lagi dengan membuka lagi arsip gempa nasional dan merangkumnya. Mari kita saling waspada !!!

  20. semoga saja tidak banyak korban akibat gempa.

  21. Terima kasih atas info berharga ini. Akan saya jadikan referensi

  22. Terima kasih pak Dhe penjelasannya
    ini yang perlu diketahui oleh masyarakat dan jangan lupa tetapa Waspada Temen-temen.

  23. ada baiknya kita waspada dengan adanya gempa, karena kita tak tahu kapan terjadinya…Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali hingga Papua udah merasakan getarannya sejak awal tahun ini..yang jadi pertanyaan, kok Kalimantan belum terdengar beritanya ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: