Jawa Barat selatan harus tetap waspada


earthquake1[1]Hari ini IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia ) mengeluarkan Press release tentang gempa yang terjadi di Jawa Barat Selatan sekitar Tasikmalaya yang terjadi pada tanggal 2 September 2009 lalu.

Analisa yang dilakukan oleh Dr Danny Hilman, salah satu pakar gempa yang juga menjadi Kepala Divici bencana Alam IAGI menyebutkan bahwa masih ada beberapa segmen di Indonesia yang saat ini sudah matang. Dalam artian ada daerah yang disebut SEISMIC GAP.

Rumor yang tidak benar, kata Pak Danny Hilman

Banyak beredar rumor yang menyebutkan bahwa gempa 7.0-7.3 SR ini selanjutnya akan memicu gempa lebih besar dengan kekuatan di atas 8SR (dalam waktu dekat).  Menurut Pak Danny “Tentu rumor ini tidak benar alias tidak didasarkan pada data dan analisis ilmiah yang sahih.  Meskipun demikian, untuk jangka waktu panjang  ke depan wilayah Jawabarat memang tidak akan terlepas dari ancaman bencana gempabumi.  Peta  seismisitas mengindikasikan bahwa segmen megathrust di  selatan Jawabarat dan Selat Sunda merupakan zona “seismic gap”. 

Gampa Tasik JawaBarat

Seismic Gap di Selatan Jawa Barat yang perlu diwaspadai

SEISMIC GAP adalah jalur “sepi” gempa dimana saat ini daerah yang dimaksud tersebut justru tidak terdapat gempa selama ini. Bandingkan disebelah timurnya, dimana di tempat itu tenaga gempa sudah dilepaskan pada saat terjadinya gempa Pangandaran tahun 2006 lalu.

Perlunya penelitian dan survey potensi kegempaan.

Dalam press releasenya IAGI menghimbau kepada pemerintah untuk bisa memahami dan mengantisipasi potensi bencana gempabumi di masa datang. Dengan cara harus meneliti dan memetakan dengan sebaik-baiknya patahan-patahan aktif yang berada di darat dan di bawah laut.   Hal ini mutlak diperlukan untuk membuat peta bahaya dan risiko gempabumi.  Tanpa indentifikasi bahaya dan risiko bencana yang baik maka akan sulit untuk melakukan mitigasi bencana yang efektif, termasuk  untuk rencana tata ruang, membuat peraturan bangunan tahan gempa dan melakukan pendidikan masyarakat tentang bahaya gempa di wilayah yang bersangkutan.

:( “Pakdhe, jadi bener donk ramalan bakalan akan ada gempa bumi di Jawa Barat ?”

:D “Owalah Thole, lah kalau cuman bilang gitu, aku ya bisa saja bilang, besok akan ada gempa kekuatan diatas 8 di sekitar Indonesia. Posisi dan kapan terjadinya masih belum diketahui dengan pasti!”

:( “Lah semua kejadian gempa kan begitu Pakdhe ? Ndak bisa diketahui kapan terjadinya”

:D “Gempa memang bisa diramalkan lokasinya secara kasar, tetapi waktunya ndak bakalan diketahui dengan pasti. Jadi ndak usah panik tetapi tetap waspada

Press release IAGI berkenaan dengan gempa Tasikmalaya ini dapat diunduh disini 20090907 press release iagi

About these ads

14 Tanggapan

  1. Jum’at kliwon tgl 4 bln jawa …….bertepatan dengan tgl 15 feb 2013……….semoga saja tidak terjadi sesuatu yang menggemparkan dunia

  2. ikh……… kta harus waspADA Nieh KARNA GEMPA BISA TERJADI KPN PUN DAN DI MANA PUN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. Jadikan semua itu sebagai teguran kita, gempa bumi dan bencana alam lain yang di timpakan kpd kita menjadi kita smakin peduli sesama, menghormati alam seisinya sbg makhluk Tuhan.

  4. [...] Jawa Barat Selatan Harus Tetap Waspada [...]

  5. Haloo semuanya..
    Maaf memotong sebelumnya, saya juga ada info ramalan gempa yang akan terjadi berikutnya. Suspectnya ada di sekitar Pulau Sumbawa. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi saya di:

    http://thodo.wordpress.com/2009/09/22/ramalan-gempa-bumi/

    Trims.

  6. waspadalah waspadalah gempa mengintip……

  7. Mohon ijin P. Rovicky, ikut menulis disini :

    wilayah indonesia yang berhadapan langsung dengan lokasi pertemuan lempeng tektonik adalah daerah rawan gempa tektonik, contoh bagian selatan pulau jawa. tetapi kapan dan seberapa besar kekuatan gempa tektonik akan terjadi, manusia belum bisa memprediksinya.

    Sama seperti kita tidak bisa meramal kapan pencuri masuk ke rumah kita. Yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi pencuri tadi dengan memasang teralis, memasang gembok dan kunci tambahan di rumah kita.

    Untuk Gempa Tektonik Yang bisa dilakukan adalah mengurangi kerugian akibat gempa tektonik dengan membuat bangunan tahan gempa dan memberi pendidikan tentang apa yang harus kita lakukan menghadapi gempa bumi dan melatihnya secara periodik. Sehingga kapan pun gempa tektonik terjadi kita sudah siap dan tidak panik.

    Hal yang tersebut diatas juga di lakukan di negara maju yang rawan terhadap bencana gempa tektonik, seperti di jepang, usa, china.

    Sedangkan tentang studi prediksi gempa bumi masih berupa hipotesa (dugaan ilmiah) yang belum menjadi teori atau ilmu, sehingga belum juga menjadi teknologi.

    Sehingga tidak bijak, jika para ahli ilmu kebumian menyampaikan hipotesa prediksi gempa atau dugaan ilmiah tadi ke media massa atau masyarakat umum, sesaat setelah bencana gempa terjadi. Hal tersebut justru menyebabkan kepanikan di masyarakat. Seharusnya di sampaikan di forum ilmiah untuk diuji kebenarannya secara akademis.

    @guntur : aktivis lempeng tektonik terjadi di bawah permukaan bumi, sehingga belum bisa dipantau dengan radar, yang bisa dilakukan adalah dengan monitoring GPS presisi tinggi untuk memantau gerakan relatif tiap bagian lempeng tektonik, sehingga bisa diketahui arah dan kecepatan gerakan lempeng tektonik.

    @richocean : dampak kerusakan akibat gempa tektonik tidak selalu sebanding dengan jarak terhadap pusat gempa tektonik, tergantung dengan sifat lapisan batuan daerah tersebut (Site Effect/Periode Dominan/Percepatan Tanah), mekanisme sumber gempa (focal mechanism/penyebaran energi) dan mutu bangunan.

    @auriol : Info Data Kejadian Gempa tektonik BMKG Indonesia dan USGS Amerika Serikat berbeda, karena : jenis gelombang gempa yang terekam adalah berbeda, BMKG merekam gelombang gempa indonesia dari jarak yang dekat dengan sumbernya (body wave), dan memprioritaskan penentuan sumber gempa dengan cepat untuk keperluan peringatan dini tsunami, maksimal 5 menit setelah gempa tektonik terjadi, BMKG sudah dapat memberikan informasi gempa, kejadian gempa tasikmalaya 2 sept 2009, 4 menit setelah kejadian gempa info gempa sudah dapat diakses masyarakat melalui broadcast otomatis di televisi indonesia. Karena sumber gempa tektonik di laut di indonesia yang cukup dekat dengan daratan, memerlukan informasi yang cepat untuk peringatan dini tsunami.

    Sedangkan USGS merekam gelombang gempa dengan seismograph yang tersebar di seluruh dunia, gempa indonesia direkam oleh USGS dari jarak yang cukup jauh dari sumbernya, jenis gelombang gempa yang direkam adalah gelombang permukaan (surface wave) dan waktu tempuh gelombang gempa hingga tercatat oleh seismograph cukup jauh.

    Info Data Gempa Siapa yang paling benar?, Saat pertemuan beberapa institusi seismologi dunia termasuk BMKG dan USGS, dinyatakan mutu info data gempa yang terbaik adalah data gempa yang terekam oleh seismograph yang terdekat dengan sumber gempa tersebut.

    Bahan Bacaan :
    http://bmg.go.id/dataDetail.bmkg?Jenis=Teks&IDS=5408481373414691018&IDD=8703625340715551170
    http://bmkgyogya.wordpress.com

  8. Blog yang sangat bagus…
    Mohon balasan kunjungan dan backlink nya
    Terima Kasih

  9. pakdhe, kenapa angka USGS berbeda dengan BMKG, baik lokasi episenter maupun SRnya ? Mana yg bener ?

  10. pak, apa bisa infokan tempat2 mana di pulau jawa selain Tasikmalaya dan Yogyakarta yang potensii gempa tektonik? karena gempa di tasikmalaya malah yang ramai di TV kok di Jawa Barat, sambungannya jauh sekali …

    kalau sempat mampir pak, untuk koreksi di blog saya

    http://richocean.wordpress.com/2009/09/08/awas-2012-yogyakarta-gempa/

    terima kasih :lol:

  11. Pak Vicky….gempa susulan terjadi malah di selatan Gunung Kidul Yogyakarta kemarin…Jogja kampung halaman sampeyan diguncang lagi. Nampaknya ini seperti mainan “puzzle” yang ikatan kartunya belum kuat…bergerak mulai dari Mentawai..Siberut menjalar ke selatan Tasikmalaya, bergerak ke timur di selatan G.Kidul..trus…..trus… yah..ini persis menjalar di “sabuk” tektonik selatan Nusantara. saya hanya menduga, gak lama lagi di sekitar sulawesi, entah kep Banggai Sula atau dekat Papua. Waspada saja..( bukan meramal, hanya menduga kuat sesuai dgn jalur gempa kita.. Lha sampeyan di KL, aman-aman aja to ?

    –> Gempa yang di Jogja bukan susulan. Itu gempa dalam segmen yang lain.

  12. Pakde apa sepanjang daerah seismic gap tidak sebaiknya di minitor secara berkala misal dg geofisika, biar tambah ilmu gitu

  13. Pakdhe, kakak tingkatku kmrn ada yg denger kabar ktanya sesar lembang aktif lg gara2 gempa kmrn? Memangnya ada hubungannya yaa pakdhe?
    Kl ada referensi, boleh dong saya dkasih tau pakdhe?

  14. jadi masi status quo yah..
    mas ad gak ky radar yg bisa mendeteksi pergerakan lempeng bumi…
    n patahan2nya gitu?

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.178 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: