Gerhana Matahari 22 Juli 2009


DSC_0946-1

Gerhana Matahari 26 January 2009 dilihat di Kuala Lumpur

ats_0412009[1]

Gerhana matahari 22 Juli 2009

Tanggal 22 Juli 2009 nanti bumi akan sekali lagi mengalami gerhana matahari total (GMT), namun memang tidak sepenuhnya teramati di Indonesia.  Gerhana kali ini tidak melintasi Indonesia, tetapi ini perlu dipakai sebagai pengingat bahwa nanti pada tanggal 9 Maret 2016 akan ada gerhana yang benar-benar melewati Indonesia. Indonesia perlu siap-siap menerima para wisatawan gerhana, “eclipse hunter”.

Pingin lihat ?
Bagi kawan-kawan di Sumatra bagian utara serta Kalimantan utara dan Sulwesi utara serta Papua, jangan lupa petunjuk melihat gerhana seperti yang pernah ditulis seelumnya disini

 

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan.

Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutup sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Pada tanggal 22 Juli 2009 akan terlihat seperti gambar kiri, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih. Ma’rufin pernah menuliskan tanggal-tanggal bulan purnama serta bulan mati disini :

Solareclipse22July09

Peta Lintasan Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009

Peta lintasan Gerhana Matahari Total pada tanggal 22 Juli nanti seerti disebelah ini. Gerhana Total hanya teramati pada jalur berwarna biru, sedangkan sabuk disepanjang lintasan ini tidak terlihat gerhana penuh, tetapi hanya sebagian seperti dalam foto diatas.

Ma’rufin memberikan gambaran seperti apa yang akan teramati pada tanggal 22 Juli nanti di Indonesia. Hanya Indonesia bagian utara saja yang mungkin bisa mengamati gerhana matahari sebagian ini. Sedangkan di jawa masih terang benderang.

Gerhana_22_July_09

Kenampakan gerhana matahari yang akan terlihat di Indonesia

 

😦 “Jadi yang di Jawa ndak usah takut jemurannya ngga kering ya Pakdhe ?”

😀 “Welah thole, kamu ini nyuci bajunya sendiri saja kok males toh”

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 melewati Indonesia

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 .

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur diatas itu.

Nah sekali lagi, momen penting tahun 2016 ini perlu diantisipasi pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini. Jadi semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Ayo mulai benah-benah !

Tulisan terkait :

 

Iklan

47 Tanggapan

  1. Semua teori ini tidak tepat, karena bumi ini datar…

  2. kapan di kal-sel gerhana matahari

  3. masa’ segerhana gambaran kiamat???
    tapi pengen lagi dech liatnya karna jarang banget lo gerhana itu terjadi.

  4. gerhana itu gmbrn kiamat, sblm kiamat trjd grhn slm 3 hr 3mlm

  5. Wah, bandung tempat saya tinggal kena gak ya ?

  6. taun 2016?

    masil lama dunk pak dhe 🙂

  7. haiyyah! saya ketinggalan… kelupaan, maksudnya… secara tanggal 22 kemaren saya ditenggelamkan sama urusan kerjaan, nyelip diantara daftar kerjaan yang kudu dirampungkan… trus kudu nunggu lama lagi nih biar bisa liat gerhana bulan berikutnya…

  8. ada yang liat di MAKASSAR ta???

  9. 😆
    😀

    Tahun 2016, kita siap2 menyambut gerhana.

  10. only on : http://www.fathulhidayah.cc

  11. Pak dhe, mohon ijin ngopi dongeng.. saya share link blog-nya ke facebook saya, biar bs disruput sama tmn2 yg blm tau blog ini.. tq.

  12. a href=”” title

  13. EMMMMMMMMM..AKU JG LAGI BERADA DI HONGKONG NICHHHH..MENURUT ..RAMALAN ORANG CHINA PUN SAMA GERHANA TUH ADA BURUKNYA..AKU JADI MERINDINGGG….KALAU ADA GERHANA…MATAHARI KAYAK GINI….

  14. AKU SEKARANG BERADA DI HK… TAPI GK BISA MELIHAT GERHANA….TGL 22 JULY INI

  15. …..PADAHAL MENURUT…BUKU2 JAMAN DAHULU GERHANA BISA MEMPENGARUHI ALAM..MEMPENGARUHI ISI BUMI…ATAU BISA DIKATAKAN GERHANA BUKAN SESUATU YG HARUS KITA NIKMATI KE INDAHANNYA…KARNA KEMUNCULAN DIA TELAH MERUBAH SELURUH ISI ALAM..GAK TAU ITU BAIK ATAU BURUK…

  16. YES!

  17. Huh…pingin liat!
    tapi 2016 nanti juga gak lewat jawa gimana dong…!!!

  18. iyaa..di japan kelihatan full..
    tp di kota nagoya cm terlihat spt bulan sabit…

  19. yahhh…..gw kaga tau!!

  20. ngiklan mas 😀 Foto Gerhana Matahari Total Dari Penjuru Dunia http://darmawanku.com/2009/07/22/foto-gerhana-matahari-total-dari-penjuru-dunia/

  21. yaa ampun masih percaya aj ama kiamat tahun 2012 😦 musyrik tau !!!

    Tapi, kelihatan gak klo dari lokasi Depok, jawa barat !!!

  22. kta kn gk twu apkh di dunia tgl 9 maret 2016 sudah kiamat atau blum…

  23. wah kalo 2016 mah kelamaan

  24. horee..lewat kalimantan…

  25. Sayang sekali gak kelihatan dari Sulsel…. 😦

  26. tolong jelaskan tentang sejarah gerhana
    yang ada di indonesia serta mancanegara

  27. Asslm,,
    Kebetulan ni aku pernah dapat info katanya, jika tanggal 22 juli ini terjadi gerhana matahari total maka diprediksikan akan terjadi tsunami..
    benar ngak yach tsunami bisa terjadi karena gerhana matahati??
    thaks b4…

  28. Lewat pekanbaru ya….., wah gawat… siang gelap malam tambah gelap (karna sering kali listrik mati, 12 jam/hari lagi!!!)

  29. fardhu kifayah bagi daerah yang terkena gerhana. jadi untuk wilayah jawa yang gak kena gerhana ya nggak ada kewajiban untuk sholat gerhana.

  30. Walah, ini kan pas aku ultah??? Wah malah jadi kenangan yang tak terlupakan? Tapi Jogja gak kebagian yaw?

  31. wah.. palembang nggak keliatan je

  32. sayang bgt di Pulau Jawa g bs liat. btw, itu pas taun 2016 nanti, Pulau Jawa jg g bkl dilewati gerhana y?

  33. Waduh,, riau ga dpt lht jg. . . . Huhuhu. . T.T

  34. hore..
    lewat medan..

  35. hem gerhana matahari ya…. siap-siap ngumpet dong di balik penggorengan…. wkkkkk

  36. biar tommi gerhana asal gratisji…heheheheeeh

  37. Wah, bangga dong saya sebagai warga samarinda. Hari ini saya nonton gerhana ah…

  38. iya ya pakde….
    wadew saya di Jogja ne, di bantul,sayang ya ngak bisa liat gerhana mataharinya…perlu ke malaysia dulu ya pakde..

  39. eh ah.. ups.. besok maksudnya.. (yah jadi nyampah di blog ini deh) 😦

  40. ah masa sih tadi (hari ini) terjadi gerhana matahari? gak sadar..(lha iya, orang seharian di dalam ruangan.. ^_^’)

  41. kalo gerhana matahari yg tahun 2016 tuh gerhana matahari total bukan?

  42. thanks infonya

  43. hmm,bro di tanjungpinang kenak ga ya yang tanggal 22 ini??

  44. siap2 gan 😀

  45. wah jogja nggak kena ya?

  46. Kalau kita dipulau jawa, walau tidak kebagian gerhana, mesti sholat gerhana tidak ya? (mohon dijawab). Terimakasih

  47. wakh…wakh…
    berarti kita harus mengevaluasi alias melihat apa yang akan dilakukan malaisya saat gerhana terjadi tanggal 22 besok!
    jadikan contoh waspada kita tahun 2016…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: