Iklim dalam genggaman tangan, benarkah ?


anthromorphism

World in human hand ?

Kalau memang perubahan iklim (global warming) sekarang ini akibat manusia, bagaimana kalau dibalik ? “How to make a climate condition in purpose ?”.

Lah kalau emang manusia bisa mempengaruhi iklim global, bagaimana kalau sekarang iklim ini kita atur saja ?

Selama ini kita sering menyalahkan manusia karena telah mempengaruhi iklim global, pemanasan global (Global Warming). Perilaku manusia dianggap telah mempengaruhi iklim yang saat ini memburuk ?

😦 “Lah Pakdhe, apakah memang bener manusia mampu mempengaruhi iklim ?

climate-change2[2]Kalau memang bener bahwa manusia memiliki kemampuan mempengaruhi iklim, bagaimana kalau sekarang iklim atau bahkan cuaca kita atur saja sekalian. Manusia konon katanya memiliki kemampuan yang batasnya sampai dunia impian.

Hal ini memang akan kontroversi, karena disatu sisi manusia disalahka sebagai penyebab kerusakan iklim, namun ada yang lain mengatakan iklim global ini merupakan faktor alami (natural phenomenon).

Nah menurut anda benarkan perubahan iklim global ini akibat tangan manusia ? Kalau iya maka suatu saat nanti manusia akan mampu mengatur iklim di bumi atau bahkan planet lain.

Kalau memang manusia tidak bakalan mampu melakukannya, mengapa manusia disalahin dalam perubahan iklim (global warming) ?

19 Tanggapan

  1. memang global warming akibat kita tapi kalau manusia bisa mengatur iklim aku kurang setuju karena belum terbukti!

  2. kita mabil uangnya saja tapi uangnya msk kas negara apa kantong pribadi yah

  3. simple saja pak….
    Saya umpamakan bumi adalah tubuh….
    Jika sembarang makan, konsumsi sesuatu yg berbahaya (rokok), hidup tak teratur, apakah tubuh akan tetap sehat?
    Tentu tidak, tubuh kita akan sakit..
    Sakit itu reaksi tubuh untuk menyeimbangkan kembali atau terganggu keseimbangannya….

    JADI….
    Jika manusia seenaknya terhadap bumi…., maka bumi ini akan sakit…
    global warming salah satu contoh penyakitnya…

  4. ih….
    Saya kurang setuju nih…
    memangnya manusia itu punya kekuatan super???
    memang sebagian kerusakan dibumi ini akibat dari ulah tangan manusia. tapi perubahan iklim sendiri kan siklus alami yang memang sudah terjadi secara alami dari jaman baheula. gak semua bencana yang terjadi itu kan akibat manusia.
    tapi kalau memang manusia punya kemampuan untuk mengubah iklim, kenapa nggak tho…
    bagus juga kan.

  5. YA benar, semua memang oleh kita, dari kita dan untuk kita juga.

  6. Salam

    Mas OOT yo…

    Tulisan tentang isu Kiamat 2012 dimana ya mas?
    Aku nemunya ya cuma disini
    http://pakarfisika.wordpress.com/2008/12/05/isu-kiamat-2012-ternyata-badai-matahari/

    ama disini
    http://www.kompas.com/read/xml/2008/11/26/13072198/isu.kiamat.tahun.2012.yang.meresahkan

    Salam kompak mas

  7. wah .. nyentrik sekali bahasan kali ini … gini aja pakdhe, berhubung teori mengatur iklim ini memang belum ada pembuktiannya, bagaimana kalau kita ikut menguji teori ini … kita hijaukan kembali bumi, kita kurangi polusi, hemat energi, dsb … nah, di akhir cerita kita bisa tahu teori tersebut betul apa adanya ataupun hanya sekedar bohongan belaka ..

  8. wah bahasan yang menarik sekali pak rovicky… lebih enak lagi pake data data yang dulu pernah ditampilkan di web ini tentang peredaran global warming di bumi, udara semakin panas kalau menurut saya memang secara garis umuum manusia tidak terlalu berpengaruh langsung namun penebangan hutan secara besar besaran membuat daya serap panas oleh bumi mulai kurang sehingga saat ini kita merasakan hal yang lebih daripada 10-20 tahun lalu

  9. Tinjauan langitan: betul, manusia bisa pengaruhi iklim, bumi&langit. Manusia a/ khalifah di bumi, bumi patuh dengan Tuhan. Rasul, Nabi & wali2 Allah menjadi sahabat bumi/langit. Bumi pun taat pd Rasul/Nabi dan wali2 oleh sebab ketaqwaan beliau2. Contoh: tsunami global jaman N Nuh tidak menelan N Nuh, Api yang sunnatullah nya membakar menjadi sejuk dihadapan N Ibrahim. DLL. Global warming terjadi karena manusai2 yg serakah, merusak, melawan sunnatullah. Kalau lah cukup kuota kita para manusia u/ cinta & takutkan Tuhan maka tentunya bumi akan bersahabat dengan kita.

  10. saya setuju, global warming sebenarnya adalah hal yang natural, tetapi manusia menjadi katalisatornya…bahkan saat ini global warming menjadi bahan propaganda dan jualan.

  11. Kalau manusia ga disalahin, trus nyalahin siapa ya pak de ?
    Manusia kan diangkat jadi pemimpin di muka bumi ini.

  12. mengatur iklim….? ga sepertinya… kalo menjaga iya…
    i guess

  13. isu-isu global warming ini kan cuma untuk jualan saja. jualan di mtv, jualan di acara konferensi-konferensi, jualan sama pejabat negara biar dapet dana bantuan internasional (trusk dikorupsi).

    manusia bisa melakukan apa saja, hambatannya cuma masalah dana dan teknologi yang ada pada saat itu 😀

  14. arrrrrrrrrrrrhhhhhhhhhhh

  15. Waaakaakakak.. jadi ingat pelajaran kuliah dulu eeeeuy
    Salam ti Bandung

  16. Begini masalahnya, waktu revolusi industri orang belum sadar tentang global warming dan peningkatan entropi (derajat ketidakstabilan alam semesta) akibat konversi padatan dan cairan (kayu, minyak, batubara dll) ke gas (CO2). Setelah seratus tahun, baru kerasa akibatnya. Nah sekarang UN sdh membuat skema Clean Development Mechanism utk mengatasinya. Konggresnya yg 2 tahun lalu di Bali (UNFCCC)

  17. Sebagai seorang muslim, saya memiliki pandangan kalo apa2 yg trjadi didunia ini , adlh sebuah hukum sebab akibat. Allah membuat skenario kehidupan dzaman modrn ini, dng memunculkan issu pemanasan global pazti ada tujuan-a. Tujuan ini di arahkan pada orang2 yg mau berfikir, apakah mereka smakin mengetahui dan mengimani dng sepenuh hati bahwa Allah itu maha kuasa segala-a atau sebalek-a. Kalopun ada ilmu yg biza dipelajari manuzia tuk mengatur iklim, dan biza diterapkan dng nyata dan tetunya di imbangi pula dng semakin banyak manusia yg mendekatkan pada Allah, saya raza usia bumi mazih lama. Tapi jika sebalek-a, ternyata manuzia lebih banyak yg ingkar, saya yakin Allah akan menurunkan gejala alam yg lebih dahsyat dari issu pemanazan global.

  18. Terlalu naif kalau manusia berfikir global warming bukanlah kesalahannya..
    Kalau begitu Tebang saja semua pohon, buat “rumah kaca” sebanyak2nya, bebaskan manusia membuat pabrik tanpa pengolahan limbah yg bagus, biarkan asap pabrik dan kendaraan menyelimuti kota2 tempat tinggal manusia sepanjang hari..
    Saya yakin nggak akan lama bumi akan meleleh..

  19. Saya pikir bohong besar jika globar warming di sebabkan oleh manusia (???) ya ndak masuk akal ko…

    alam ini sangat luas saya rasa untuk membuat cuaca jadi panas hanya karena faktor manusia itu perbandingannya 100 juta triliyun rupiah : 1 rupiah atau hampir ga artinya sumbangan manusia…

    global warming penyebabnya adalah alam itu sendiri yang berubah karena sedang mendekati akhir dunia.. Jadi itu hanya skenario dari Allah tuhan semesta alam untuk membuat dunia semakin tidak sehat untuk didiami serta sebagai pelajaran dan peringatan bagi manusia itu sendiri agar mawas diri serta kembali kepada Ilahi rabbi…

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: