Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ?


Rasanya sudah lama hanya berkutet dengan buku dan pekerjaan serta terlalu bising adanya hiruk pikuk pileg dan sekarang pilpres. Tiba-tiba ada penemuan baru sebuah gunung api raksasa di dekat Bengkulu. Wah kayaknya harus balik lagi mendongeng geologi, biar nanti kalau pilpres tidak lagi ketakutan soal letusan gunung laut.

😦 “Lah hiya, Pakdhe kok ya sibuk terus nglupain mendongeng ta ?”

😀 “Nek itu, maunya pakdhe kerja profesional, Thole. Bagaimanapun tugas pekerjaan lebih utama. Tapi kan tidak harus melupakan sahabat-sahabat disini”

Penemuan Gunung Api raksasa di sebelah barat-selatan Bengkulu ini banyak yang mengagetkan apalagi dibumbui dengan kemungkinan meletus. Tapi untuk sementara yang dapat dijelaskan disni adalah bahwa yang terlihat itu saat ini disebut sebagai seamount. Tidak perlu ditakutkan tetapi perlu diperhatikan.

Setelah diplot di ArcGIS itu emang Seamount yg terlihat dari bathymetrinya. atau dari peta kedalaman

Seamount

Disebelah kiri ini adalah daerah yang diteliti oleh BPPT bersama-sama dengan instansi lainnya yang diberitakan oleh Antara dan di Kompas itu. Penelitian ini merupakan penelitian untuk tujuan mitigasi atau penelitian kebencanaan.

Terlihat disebelah barat Bengkulu ada sebuah bukit eh gunung yang menjulang ditengah laut. Gejala atau penampakan gunung-gunung ini disebut seamount.

Definisi dari tante wiki apa itu seamount

A seamount is a mountain rising from the ocean seafloor that does not reach to the water’s surface (sea level), and thus is not an island. These are typically formed from extinct volcanoes, that rise abruptly and are usually found rising from a seafloor of 1,000–4,000 meters depth. They are defined by oceanographers as independent features that rise to at least 1,000 meters above the seafloor. The peaks are often found hundreds to thousands of meters below the surface, and are therefore considered to be within the deep sea.[1] An estimated 30,000 seamounts occur across the globe, with only a few having been studied.

Jadi diperkirakan ada 30 ribu fenomena ini dibumi. Namun hanya sedikit yang diketahui. Jadi ya jangan heran kalau “baru diketemukan”. Daerah ini kebetulan jarang diteliti untuk eksplorasi atau ekstraksi. Bagaimanapun ketertarikan science selalu diiringi oleh ketertarikan materi/ekonomi. Saat ini penelitian tidak hanya untuk ekonomi tetapi untuk mitigasi. Penelitian ini sepertinya dilakukan dalam rangka mitigasi tsunami.

Jadi perlu kita acungi lima jempol untuk BPPPT yang meneliti untuk tujuan mitigasi kebencanaan (tsunami). Dalam beberapa tahun lalu ketika tsunami Aceh diperkirakan adanya longsoran bawah laut dan ternyata penelitian bathymetri masih langka. Salah satu penelitian yang dilakukan dalam berita itu adalah pengambilan data kedalaman dan pengambilan data profil seismic.  

Namun kalau menilik bahwa adanya kemungkinan meletus seperti yang di koran itu ya memang nggegirisi. Walaupun dari definisi diatas kebanyakan seamount itu dooormant volcanism (extinc volcano). Kita perlu sabar menunggu penjelasan resmi dari BPPT dan Direktorat Volcanology.

Untuk keterangan selanjutnya tentang bagaimana terbentuknya seamount ini kita teruskan besok.

😦 “Waddduh. Pakdhe mau buat laporan mingguan dulu ya ? Jangan lupa hari senin ya Pakdhe”

Artikel terkait :

  • Seamount, Si Gunung Raksasa dibawah laut (1. Proses Terbentuknya)
  • 66 Tanggapan

    1. apa siecc 3 gunung laut yang ada didunia ????

    2. […] dongeng sebelumnya tentang Seamount atau mudahnya disebut saja gunung laut. Gunung laut ini didunia ada lebih dari 30 000 gunung laut […]

    3. […] dongeng sebelumnya disini tentang Seamount atau mudahnya disebut saja gunung laut. Gunung laut ini didunia ada lebih dari 30 000 gunung laut […]

    4. […] dongeng sebelumnya disini tentang Seamount atau mudahnya disebut saja gunung laut. Gunung laut ini didunia ada lebih dari 30 000 gunung laut […]

    5. Wah jadi ikut nimbrung mas Vicky, di selatan pantai laut jawa kan juga ada seamount dari hasil penelitian seismik eskpedisi Gloria (kalau gak salah) , kebetulan aku dikasih ADB citra satelit batimetri, pertanyaanku kalau seamount itu nanti tertelan juga oleh palung Jawa, apakah akan mengakibatkan hal yang sama dengan yang Bengkulu ? padahal subduction zone jawa kan sudutnya lebih besar dari sumatra, gerakan lempengnya lebih lambat, titik titik melting pointnya lebih dalam, thx.

    6. weih….. bahaya juga tuch klo da gunung di bgkulu pa lagi disana juga merupakan pusat gempa…
      tolong dong informsinya diperjelas dan lebih detail lagi…
      seluas apa dari mana sampai mana pnjg gunung itu, dll….
      pingin tahu nich….!!!!!!
      thanx yach…..!!!

    7. ada pengaruhnya ga ya sama gempa tg sering terjadi d pinggiran sumatra??? terutama daerah padang, bengkulu dan lampung..??

    8. Pak Dhe… Kondisinya setelh Gempa di Sumatra Kemarin Gimana sekarang ??

    9. apa tuh………
      jelek banget sih………..
      jorok tau nggak? bikin aku mual….
      besok kalau mau upload informasi jangan kayak begitu dong. males baca nya tau nggak.

    10. Selain karena lempeng di sana, Sumatera pun bisa terancam gempa dan tsunami karena aktivitas gunung tersebut ya. Semoga itu tidak terjadi

    11. Gmna ya?ak khan tnggl di bklu,nnti klau mletus waduhh gmna ya?

    12. weh, iya ya.. ko munculnya di kerak samudra ya?
      sudah ada penjelasannya belum ya om?

    13. kita berharap dan berdoa terus disamping selalu merubah pola hidup kita ya sob,agar slalu menjadi kalifah yg baik.

      salam

    14. Hati2 ma gunung api krna bsa meletus sewaktu2, and hati2 buat mega kriyip ya. Oc

    15. sebenarnya penemuan ini telah ditemukan sudah lama akan tetapi pemerintah tidak begitu memperhatikan laporan dari masyarakat setempat

    16. pihak yang berwenang sudah semestinya melakukan riset,berikan informasi yang benar sehingga masarakat tidak resah…

    17. Kalau meletus gimana tuch !!

    18. mudah2an ga mletus ya tu gunung,, bpk pemerntah daerahnya ayo cepet2 cari solusi…

    19. Dengan ditemukan seamount ini,kita sbg insan cuma bisa berdoa semoga Alloh tetap melindungi kita semua.amin…

    20. Wah……….ingin liat gunungnya kaya gimana. Kata Metro TV diameternya Besar katanya

    21. yah..kita sebagai umat manusia harus selalu tetap berdoa dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. Karena hanya Dia yang punya kuasa dan kehendak, kalo memang sudah saatnya yah…mudah2an mati syahid dalam iman dan ISLAM.

    22. yah..kita sebagai umat manusia harus selalu tetap berdoa dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. Karena hanya Dia yang punya kuasa dan kehendak, kalo memang sudah saatnya yah…mudah2an mati syahid dalam iman dan ISLAM.

      d3ki78@gmail.com

    23. wah serem dong!ada gunung . kalau meletus gimana keadaan penduduk itu pak?oh ya gimana sih foto mya kok nggak ada pak?

    24. waahhhh…kota bengkulu ku…..mudah2an gag terjadi…amiinnnn

    25. kalo gunungnya meletus sumatra akn tertelan g ya?
      udah diteliyti lbh lanjut blom,,, apa ini bahaya ato ga?
      knp kok baru skrg hebohnya ya…?

    26. kalo meletus ntar gimana? kaya’ tsunami apa nggak? kalo ya, tsunaminya sampe mana? kasih tau ya kalo dah mau sampe semarang! biar cepet-cepet pada ngungsi.
      he..he..he..

    27. kandungan magmane gmana pakdhe??

    28. Pak rovicky…
      Bagaimana kabar dari CGG Veritas atau gabungan dari LIPI dkk? Apakah itu sudah jelas berasal dari hotspot seperti pd Christmas Island di masa lampau..?

      Atau karena berada di daerah subduksikah? (Klo saya tahunya yg di zona subduksi itu di island arc… a.k.a di kerak benua..Nah yg ini kan kerak samudera bukan? CMIIW)

      Atau ada penyebab lainkah?
      Oh iya..kalau sudi mampir ke sini… suaragea.com
      Di situ saya juga ikut posting dari beberapa sumber, trmasuk tulisan bapak dan Pak Awang dari milis IAGI

      Thx sebelumnya

    29. Biasa aja tuh, ngapain takut, kalo takut gak usah hidup, mati aja dari dulu, ya gak. Saya orang bengkulu asli, gak takut dgn itu semua. Hidup Bengkulu…!!!!!!! semoga tetap terkenal sampai keseluruh dunia dari benteng inggris terbesar, tabot terbesar ampe gempa terbesar, kita tetap tegar..!!!

    30. Ee..Lhadalah, kok baru saiki to diotak atik BPPT,lha itu orang2 ahli di Badan Geologi ESDM end Pusat Penelitian Pengengenbangan Vulkanologi podo nang endi? lha padahal danane rak yo guedi-guedi di dua instansi itu to, pripun niki mas pur (purnomo yushiantoro MenESDM)?

    31. takut,,,,,,wah bahaya tuh,,,,

      kayaknya harus pindah dari Bengkulu.

    32. […] Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ? […]

    33. Gunung api bru??Bru lahir kali y..
      Y agak ngeri jg sech(ngeri bneran pak de)..Tp blik jg ma yg dATAS Pak dhe..Mw sgde pa jg,klo g’kun g’bkal fayakun..

    34. Ancaman tsunami spt di Aceh bakal terulang lagi ya 😦

    35. mirip ma krakatau dunk pak?

    36. Dari tahun gajah blm pernah dilakukan penelitian,katanya krn Daerah ini bukan daerah yang menarik secara ekonomi, sehingga tidak ada penelitian. Tp kenapa sekarang ada penelitian (gak tau mulanya mau menelitiapa, seamount kah ?) eeee tau2 ditemukan gunung api besar lagi,aktif lagi. piye iki pak dhe?

      –> Spt yang ditulis diatas, penelitian ini adalah penelitian MITIGASI (Studi kebencanaan). Jadinya ya ndak piye-pie, justru harus bangga, BPPT/LIPI dll sekarang tidak hanya untuk mencari dan menggali. Tetapi juga mencoba mengetahui kalau mungkin mencegah bencana (MITIGASI).

    37. pak de kira-kira ada pengaruhnya ngk antara gempa-gempa tektonik sama keaktifan gunung tsb

    38. memang betul kalo penciteraan2 itu cuma bisa untuk melihat permukaan. dan gak perlu detil2 sekali kan sebenarnya dia juga sudah terlihat njenggunuk.
      Tetapi ada gunung segedhe itu, di daerah itu, dan terlihat seperti terisolir, knapa baru sekarang di telisik-telisik??
      Walaupun tidak ada nilai ekonomis didaerah itu, fenomena seperti itu kan harusnya cukup mencurigakan. nggih mboten pak dhe?

    39. […] Penjelasan singkat ada disini : *Seamount, Si Gunung Raksasa dibawah laut (1. Proses Terbentuknya) *<https://rovicky.wordpress.com/2009/05/30/seamount-si-gunung-raksasa-dibawah-laut-1-proses-terbentuknya/&gt; *Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ?* <https://rovicky.wordpress.com/2009/05/29/gunung-api-di-tengah-laut-di-dekat-bengkulu-sumatra-seamount…> […]

    40. Cukup satu yang bisa menenangkan kita semua… DOA…. 🙂

      http://sendit.wordpress.com

    41. mantap tu,, kalo memang aktif….

    42. katanya lebih tinggi dari jaya wijaya ya Om. Lha kalo di jayawijaya ada emasnya, siapa tahu ada gundukan emas juga di gunung ini. Ayo buruan… jangan keduluan freeport :p

    43. Ada gunung api baru di kampung saya itu sudah pasti bikin kaget .Apa lagi rumor tentang bakalan ada lagi gempa DAHSYAT th 2012 enggak kunjung padam . Sebagai imbas dari gempa gede Tsunami Aceh dan Abrakadabra munculah gunung api baru sudah pasti bikin masyrakat awam bengkulu mulai gemetar .Tapi Pak De coba teruskan mendongeng geologi bila perlu sowan ke bengkulu buat kami mengerti .

    44. truzz piye perkembangan e om..kota padang siap terima tsunami dunk ntarnya. geologistnya tidur tha om

    45. Pak dhe, kok ada barang yg segedhe itu baru ditemukan dan diteliti sekarang ya?
      Padahal kan sudah dr dulu banyak pencitraan satelit dan foto2 udara yg selalu up to date macam google earth, trus iconos dsb.
      Lagian kan kalo fenomena yg segedhe itu kan jg gak mungkin terbentuk tiba2.

      Piye jal?


      –> Paling tidak ada dua hal yang berlaku disini : Pertama, Daerah ini bukan daerah yang menarik secara ekonomi, sehingga tidak ada penelitian di daerah ini. Kedua, teori dan teknologi pencitraan yang anda sebutkan itu hanya tahu bentuknya, itupun dengan kedetilan yang rendah (30×30 meter) belum dapat secara detail mengetahui apa isinya. Ikonos itu seperti foto biasa, memiliki kedetilan tinggi tapi hanya bisa dipakai di darat tapi bukan dibawah laut, apalagi laut dalamm. Salah satu yg dipakai kemarin menggunakan sonar (dengan kapal) dan seismic yg biasa dipakai utk mencari minyak. Padahal daerah ini belum (tidak) diketahui keberadaan dan prospek migasnya

    46. pakdhe,saya udah 20 taun di mbengkulu,kalau dengan gempa-gempa kecil hampir tiap hari ada,jadi udah biasa.Tapi sejak ditemukan gunung raksasa itu,wah saya jadi deg-degan !

    47. pakde critanya kog msih bersambung tho??
      tlong penjelasannya dtmbahin gmbar yg jelas yaaa pakdee..

    48. wah, nggegirisi kalo bledos, saya tinggal di mbengkulu pak dhe

    49. @ Sena : dibengkulu dan diamnapun pasti ada makhlus misterius alais makhlus halus alias lagi jin CS.

      sebagai orang bengkulu tulen berharap cukup sudah dengan gempa-gempa yg banyak, berdoa mudah-mudahan ndak ada bencana alam besar lainnya.

    50. ini gunung kalau meletus bisa menenggelamkan pulau kecil di sekitarnya donk..!!! coba deh teliti lebih lanjut untuk keselamatan kita semua. Cayo BPPT..!!!

    51. wah ngeri juga ya apakah di sana ada makluk misterius???????????……..

    52. mmm…
      butterfly effect teory says,
      satu kepak saya kupu-kupu di beijung hari ini dapat mengakibatkan tsunami besar di chicago “bulan depan”.
      tidurrrr lagii..!!!

    53. ini emang beneran atw cm skedar isu ???

    54. Semoga aman-aman saja….

    55. waduh, kemana aja bung/?????
      koq gunung merapi segede itu baru ditemuin sekarang????
      ywdh, is oke,,,
      yg penting rakyat BKL pngen cepat tau status gunung tsbt, supaya kita tau mesti gimana????

    56. saya coba komentari BPPT dulu ya pakdhe…kenapa untuk urusan ilmiah kaya gini BPPT langsung ngomong ke Wartawan ? yg notabene akan jadi konsumsi publik (awam), bukanya lebih baik bikin kajian ilmiah dengan instansi terkait BMG, Dinas Kegeologian dan Gunung api and civitas akademika….
      Memang saya ajungi jempol pula ke BPPT, dengan penelitian ini, cuman report-nya kok kaya acara gosip selebritis? Dikit2 wartawan?
      Jangan..jangan…(ini jangan-jangan loh ya) kayak kasus Cadangan minyak Raksasa di Simalue nich?

    57. wah kalo meleletus gmn ya.

    58. Nah, ini yg saya tunggu2 pak dhe… 2hari yg lalu saya dah minta pak dhe cerita.. eh.. dikabulkan… makasih banyak pak dhe… saya tunggu kelanjutan cerita seamount yg saya harap tidak menjadi seamount…sterrr

    59. wah garis jalur2 gunung berapi di Indonesia patut diperbaharui nih

    60. ada hubungannya gak ya sama gempa bengkulu september 2007 yang lanjutan gempanya sangat lama sekali selesai…
      jadi ngebayangin meletusnya krakatau dari yang dibaca dulu aja menyeramkan gimana kalau mba semount itu meletus ya..???

    61. Wah…wah…wah

      kalau emang gunung apinya bisa mbledos, harga tanah di Kota Padang dan bakalan anjlok nih….

    62. Apa ada hubungannya dengan berita ttg red spot di lokasi yang sama? ( videonya di youtube dan metacafe)

    63. […] Gunung api di tengah laut di dekat Bengkulu, Sumatra. Seamount ? […]

    64. Pakde,

      Si Ayah sering mancing di daerah situ. Kalo naik speed boat dari Merak, makan waktu 7-8 jam. Lumayan juga ikannya, banyak game fish seperti marlin, tuna sirip biru, tuna dog tooth, mahi-mahi, dll. Kenapa mereka banyak di sana, soalnya plankton melimpah ruah dan menjadi makanan empuk ikan kecil (kembung, tongkol, sardine) yang jadi santapan si game fish.

      Jangan-jangan si plankton datang karena arus suhu hangat akibat seamont tersebut. Soalnya lokasinya betul2 terisolasi di daerah itu-itu saja. Nanti si ayah ngirim koordinatnya, siapa tau beneran. Tapi tolong jangan di-share di sini, takut nanti orang2 pada datang mancing ke sana. Jadi pasar malam deh 🙂

    65. Mas RDP,
      Apakah memang mungkin seamount itu jadi gunung berapi?
      Biasanya di subduction zone, gunung berapi-nya akan didapati di’atas’ lempeng benua bukan di ‘atas’ lempeng samudara.
      Apakah sudah ada data dari 30,0000 seamounts (dari wiki lho) jadi gunung berapi yang aktif?
      Apakah ada karakter lempeng benua tertentu yg menyebabkan terjadinya seamount di lempeng samudra? Lebih rigid?
      Apakah di daerah terbentuknya seamount mempunyai potensi gempa yang lebih tinggi karena ‘kekakuan’ lempeng benua?
      Menarik banget tuh!

    66. kalo meletus nantinya jadi kek Krakatau ya pak?

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: