Dunia semakin mBritish !


englishflag1Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dunia migas dan dunia global semakin bergaya mBritish. Tulisan artikel dan komunikasi yang “dinilai” lebih tinggi adalah yang berbahasa Inggeris.Lah wong kalau bukan bhasa Inggeris ngga ada yang membaca 😛

😦 “Haddduh ‘dongeng’ mah kagak lakuuu !!! Lah wong paper dalam bahasa Inggeris kum-nya juga lebih tinggi Pakdhe”

Ya begitulah perkembangan dunia saat ini. Negeri tetangga yang dijajah Mbritish-pun dirasa mendapat angin segar. Slompretnya kenapa Belanda dahulu yg menjajah Indonesia. Sudah negara Belanda jadi negara yang kalah, belajar bhasa Belanda-pun jadi salah. Lah wong perusahaan minyak dunia Royal Dutch Shell pun menggunakan bhasa Inggris. Total dari Prancis, ENI dari Italia juga kurang menjanjikan kalau dipalajari bahasanya, apalagi Jerman yg bahasanya menggunakan gender 😦

Faktanya emang begitu !

Mau ngga mau, suka ndak suka saat ini bahasa Inggris bukan sekedar pelajaran sekolah saja, tapi justru sudah harus seperti bahasa kedua. China dan Jepang juga banyak yg menggunakan bahasa global. English !

Kenapa bisa ?

mbritish

Dunia menjadi british dengan banyak cara. Dulu dengan penjelajahan (biru), kemudian dengan penjajahan (biru muda). Dan dengan dominasi Amrik (abu-abu).

British Empire atau kerajaan Inggris sejak lama telah melanglang di ke enam benua, termasuk Amerika tentunya. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa pada abad 20 Amrik telah menguasai dunia. Bagaimanapun ke’sebel‘an atau kekesalan terhadap Amrik, tapi bahwa Amrik masih merajai dunia hingga awal abad 21 ini tidak bisa dipungkiri. Dan bahasa Inggris telah mendompleng ketika demokrasi merajalela dan menebarkan bagaimana dominasi Amrik kini.

😦 “Tapi Pakdhe, dulu Inggeris menebar dengan kapal, lah Amrik dengan rudal!”

😀 “Hust!”

Walaupun di Amrik sendiri bhasa Prancis dan Spanyol juga sudah mulai menjadi bahasa kedua di beberapa negara bagian, tapi ketika keluar dari Amrik tetap saja mereka menggunakan bhasa Inggeris … “Yes ketes .. ketes !

Bagaimana sikap dunia yang semakin Inggeris ini ?

Reaksinya bisa positip bisa negatip Ada yang mengatakan Bhasa inggris itu mudah ditekuk-tekuk, mudah dimodifikasi. Misal kata benda bisa jadi kata kerja (i.e: “medal” menjadi “to medal“, “medalion” dsb). Padahal bahasa Indonesia juga bisa, kan ? Tetapi orang Indonesia bukan penjajah sih. Makanya bahasanya susah menyebar.

Malaysia Language Protest

Protesters run away from tear gas fired by Malaysian riot police during a protest against the use of English to teach math and science in Kuala Lumpur, Malaysia, Saturday, March 7, 2009. (AP Photo/Lai Seng Sin)

Di Malaysia juga mengundang protes looh.

Lutju kan ? Kita-kita di Indonesia menyanjung orang-orang Malaysia yang lebih pinter berbahasa Inggeris, tetapi di KL dua minggu lalu malah diprotes karena mau digunakan secara rasmi (= resmi). Malaysia merencanakan menggunakan bhasa Inggeris supaya lebih mudah menyerap buku-buku yang saat ini “terlanjur” berbahasa Inggeris.

Alasannya memang mungkin rada aneh, tapi boleh juga dikhawatirkan. Kekhawatirannya karena takut kalau nanti keterusan buat mengajarkan pelajaran agama. Sederhanyanya begini, kalau menerjemahkan sholat, berdoa dan berdzikir dalam bahasa Inggeris cuman satu “pray“. Kan maknanya jelas beda.

OK deh kembali ke soal dunia yang mulai mBritisth.

Dalam dunia kerja terutama perminyakan Britisasi ini ndak bisa ditawar-tawar lagi. Semua kudu pakai bahasa inggeris. Masih mendingan kalau nulis ada “spell checker” dan “grammar checker“.

😀 “Slompretnya aku sendiri kalau untuk ngomong lebih sering grothal-grathul milih kata-kata yang tepat … Howgh !”

Kalau crita-crita jaman masih melamar kerjaan dulu wheladhalah, dengan gaya pencak silat sambil “cas-cis-cus … yes ketes-ketes !“. Untungnya di geologi berbicara selalu dengan gambar, peta, dan ilustrasi grafis. “This fault extending from here … to here … truuuussss di diek” … logat sunda-pun muncul ditengah !  😛

Bahasa Indonesia

list_of_languages_by_total_number_of_speakers_usual_estimate1

Bahasa Indonesia digunakan oleh 230 juta orang didunia. Dan orang Indonesia sudah mulai menyebar !

Tapi jangan minder dulu. Dunia saat ini sebenernya banyak looh yang menggunakan Bahasa Indonesia. Menurut Tante Wiki, jumlah orang yang berbahasa Indonesia ada 230 Juta orang berbahasa Indonesia. Lah jumlah penduduk Indonesia saja segitu. Kalau ditambah bahasa Melayunya Malaysia tambah banyak kaan ?

Bahasa Indonesia masuk ranking ketujuh di dunia. Jadi jangan kuwatir anda sendirian ngga bisa ngobrol 🙂 . Bahkan konon menurut Liputan6 bulan lalu, di Ustrali sudah banyak yang berbahasa Indonesia. Bahkan menjadi bahasa Favorites di pelajaran pilihan sekolah disana.

Tapi lagi-lagi karena bahasa Inggris sudah menjadi Lingua Franca (Bahasa pengantar, maka kita teteup saja harus bisa berbahasa Inggeris.

😦 “Pakdhe kenapa ngga Bahasa Jawa ya ?”

😀 “Yo embuh !. Sekarang banyak orang Indonesia melanglang kemana-mana. Nanti suatu saat Bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa terpenting selain Bahasa China dan Bahasa India … ah nehi nehi !”

dongeng_geologi

Iklan

21 Tanggapan

  1. sampai saat ini pun saya tetap memilih untuk membaca tulisan dengan bahasa indonesia, coz ngak bisa bahasa lain. hehe

  2. wow keren donk klo gtu mba titiw…

  3. Tapi denger2, si pelawak Komar yang sekarang berkampanye itu akan mengeluarkan undang2 supaya bahasa indonesia dipakai dengan baik dan benar di depan publik. Manteb kan..? Lagipula.. di Vietnam, bahasa Indonesia itu bahasa ke-dua lho.. http://www.titiw.com/2009/06/14/di-vietnam-bahasa-indonesia-itu-bahasa-ke-dua-lho/
    Salam kenal mas.. 😀

  4. omigod. i speak indonesia, english and dutch.
    hehe. lah gimana ini? masa sia2 saja sih aku belajar bahasa belanda. mengecilkan hati deh. hehe. 🙂

  5. grfdfgggggfgfgfgfgfgfg

  6. Untunglah pemuda2 d jaman dulu mengumandangkan BHS Indonesia sebagai bahasa persatuan….
    bukan bahasa Inggris kek Malay yang udah menjadi BHS keseharian mereka….

  7. Tapi jangan khawatir orang indo pada kreatif koq, termasuk bahasa juga…..pasti adalah pelesetannya.

  8. saya juga sempet mikir loh, kalo sampe Indonesia dulu masih dijajah Inggris sampe 1945, bukan ga mungkin lebih maju daripada sekarang..

    contohnya India..

  9. di Oz, bahasa Indonesia merupakan elektif wajib untuk anak-anak sekolah (public school) dari SD sampai SMP.. buat mereka lumayan buat berkomunikasi kalau libur ke Bali hehe…

  10. Siapa bilang Bhs Indonesia kalah ama Bhs Inggris .. nggak juga ..

    Gw kalau caci maki lebih senang pakai Bhs Indo sebab lebih “Langsung” sasarannya jika dibandingkan pakai Bhs Inggris … Hehehehe

  11. pak dhe mampu ya, membicarakan yang sensitif dengan bahasa yang menggelitik, dan pak dhe ni persuasif sekali. pasti istrinya cantik

  12. Wajar saja ya pakdhe, soalnya bahasa inggris berkembang dibantu amrik. karena teknologi banyakan dari amrik. Kalau bahasa Indonesia pingin mendunia maka pemakai bahasa indonesia harus banyak terlibat untuk untuk kepentingan dunia. Nah kalau bidang teknologi sudah didahului oleh amrik maka bidang budaya kita bisa lebih unggul kan Pak Dhe?

  13. selama tidak mengganggu bahasa ibu no problem pak dhe… tapi akibat british ini hampir atau lebih dari 100 bahasa daerah INdonesia mulai sedikit hilang bahkan meredup

  14. setuju tuh!
    Kalo Bahasa indonesia dijadiin bahas Internasional!

    *sempet kaget waktu tau kalo bahas indonesia jadi oelajaran favorit di ustrali*

  15. status fesbuk saja mbritish banget, padahal fesbuk indonesia. 😀

  16. kita bilingual aja dah pakde. thing globally act locally. kalo ngomong englis ayo…. ber-indonesia ria juga kita mesti bangga.

  17. waduh, bahasa java dan beberapa istilah indonesia malah lebih keren dikenal di dunia TI… cuma bahasa pengantarnya tetep aja pake mBritish…

  18. bukan mbritish, pak. tapi ngamrik…

    v(^_^)

    bahasa mbritish english malah sekarang dah kagak begitu laku, pak. hwehe…

  19. apalagi kita kebanyakan diserbu ama entertainment (film, buku buku, games) berbahasa engres (dari Amerika Serikat), ya mau ngga mau, kita lebih mengenal bahasa engres dibandingkan bahasa asing lainnya

  20. Ah , memang makin british…..
    makasih pa memang kita dah lupa ma sejarah dunia selalu penuh cerita

    menarik, cerita-cerita tentang geonya selalu saya tunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: