Indonesia perlu devisanya, bukan pajaknya


Pengumuman
PERATURAN DIREKTUR JENDRAL PAJAK
PERLAKUAN PAJAK PENGHASILAN BAGI PEKERJ A INDONESIA DI LUAR NEGERI
bisa diperoleh disini :

PERDIRJEN NOMOR 2 TAHUN 2009.PDF <–Klik

Peraturan ini menjelaskan dan mempertegas untuk menghindari perbedaan interpretasi sebelumnya. Namun Pemerintah cukup cerdas dan cukup bagus dan sangat tanggap terhadap “dispute” ini.

Yang dapat dilihat dengan jelas dan patut diacungi jempol adalah Pemerintah Indonesia lebih mementingkan devisa ketimbang pajaknya. Dan ini saya rasa sangat fair.

Tetapi lebih bagus lagi, buat para pekerja LN untuk menyimpan uangnya di Bank di Indonesia, baik tabungan maupun deposito. Pajak tabungan dan deposito juga sudah tidak diperlukan dalam pengurusan SPT, karena pajaknya sudah final dipotongkan oleh Bank.

Idep-idep membantu meningkatkan devisa negara Indonesia. Pssst … Konon TKI saja menyumbang 120 Trillion rupiah dalam satu tahun.

Jadi jangan berswara minir terus doonk !

😦 “Hallah Pakdhe sendirinya kemarin ngedumel soal pajak”
😀 “Thole, justru karena ada dumelan kayak gitu pemerintah jadi tergerak. Kalau rakyate anteng-anteng wae, ya
pejabat juga ngga denger adanya keluhan”
😦 “Iya ya dhe. Tapi kan yang penting kalau mau protes jangan sambil ngerusak ya dhe ?”
😀 “Tapi sekarang pemerintah tetep harus melayani TKI dengan lebih bagus lagi”
😦 “Haddduh, Pakdhe masih juga mau protes ! Dah ‘tax case closed’ terusin nDongeng Geologi lagi aja, gih “

12 Tanggapan

  1. pajak meang salah satu masalh yang amat pelik, paalagi jika dampaknya ga terasa…

    http://kerzt.wordpress.com/

  2. ia,tapi banyaknya TKI yang mengadu nasib ke LN merupakan bukti nyata bahwa pemerintah itu gagal dalam mengentaskan kemiskinan. betul nggak pakde???jadi mereka lebih suka ke LN yang duwitnya buanyak….
    lha pie maneh kang,nang negoro dewe nggak punya pekerjaan.kalo yang ke LN ntu banyak yang Ahli2 kaya Pakde ini kan malah Ok. pulang2-pulnag bawa ilmu. sukur2 ditularke ke putra-putra negri kaya saya ini.hehehehe…
    ijin nyimak pakde…

  3. Pa Dhe, tapi kata pengaduan pajak……sih jika penghasilan TKI blm di pph di negera tempat TKI bekerja, maka akan di pph di Indonesia ?! Lho..apa gitu Pa Dhe dasar hukumnya apa ya? Bukannya itu berarti SPLN akan jadi SPDN lg…kok bisa gitu ? Saya Lieur Pa Dhe..

    Salam

  4. Boleh boleh….

  5. nah, gitu dong…

    devisa dari TKI yang merupakan uang segar (fresh money), bukan dari hasil utang, ngemplang ataupun nilep kekayaan negara adalah sumbangan yang relatif besar untuk menggerakkan konsumsi masyarakat Indonesia, sehingga pada gilirannya menciptakan efek domino pembangunan beberapa sektor lainnya…

    Semoga pemerintah Indonesia dapat meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap warganya yang bekerja di luar negeri, sehingga dapat menambah kecintaan warga Indonesia kepada negara dan bangsanya…

  6. Bagus artikelnya…..pajak yakhhhhhhh,trims.

    salam
    M. Al’ Amin
    msgr: mohamin2070

  7. Mulai sekarang:
    * Yang punya tabungan, belanjakan.
    * Yang tak punya tabungan, pergilah berhutang untuk belanjakan.

    Inilah solusi krismon yang akan dipaksakan ke kita-kita.

    Kalau gak mau kena pajak, habisin aja semua tabungannya, supaya gak ada harta yang bisa dipajakin. hehe…

    This is a bankrupt state.

  8. Sepertinya ini peraturan dibuat untuk Mas Rofick, karena diprotes terus kemarin tuuh … 😛
    Jadi Mas Rofick ngga mau bayar pajak ke Indonesia ya ?

  9. Sumbangan TKI sama Perokok Indonesia banyakan mana?

  10. Berita bagus nih.. pangalaman di cengkareng.. pas balik , cukup menunjukkan employment pass dan passport, tanpa fotokopi dll wuzhh bebas fiskal…
    Dan ditambah Peraturan dirjen Pajak ini, tambah klop.
    Sekarang liburan ke negeri sendiri terasa lebih nyaman karena sudah tidak terbebani fiskal..
    Mau bikin usaha dikampung tanpa was was ..
    sip dah

  11. Mampir mapir eh masuk sini
    Duh duh ane bingung nih mo ngomong apa ya bang, maju terus blogger Indonesia

  12. Ya..ya..
    Terusin dunk pakde ndongengnya
    Jangan pajak mlulu
    Ech ya,aq khan mahasiswa, butuh pa ngga NPWP?

    –> Kalau Mahasiswa tidak sambil kerja atau hasil kerjanya kurang dari PTKP, dan ga perlu pergi ke LN, ya belum perlu NPWP. Walaupun mahasiswa, tetapi kalau punya penghasilan besar diatas PTKP atau sering ke luar negeri, ya perlu supaya fiskal gratis. Nanti laporan SPTnya NIL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: