Papua bergoyang 7.6 M


Pada tanggal 4 January 2009 pukul 4 pagi (waktu setempat) telah terjadi gempa cukup besar yang menggoyang Manokwari dan  Sorong.

sorong_2009

Gempa berkekuatan 7.6 Magnitude ini diduga merupakan gempa tektonik akibat pergeseran sesar Sorong. Melihat besarnya goyangan gempa ini tentusaja Sorong – Manokwari dan sekitarnya akan porakporanda. Apalagi kedalaman gempa ini cukup dangkal yang hanya sekitar 35 Km.

Instrumental Intensity Image

Goyangan hingga VII-VII MMI ini akan sangat kuat merusak bangunan di antara kedua kota Sorong-Manokwari (terutama)

Yang perlu diperhatikan juga adanya kemungkinan tsunami. Melihat tsunami yang terjadi di masa lalu yang terjadi akibat longsorang bawah laut yang terpicu oleh goyangan gempa. Amaran tsunami dicabut sejam berikutnya setelah diketahui tidak tercatat adanya gelombang tsunami ini.

Gempa ini masih berlangsung !.

Perlu diantisipasi goyangan-goyangan selanjutnya yang masih mungkin akan bergetar dalam beberapa hari mendatang.

Kalau kita ingat gempa Jogja beberapa tahun lalu yang berkekuatan 5.8 SR saja masih terus bergetar hingga bebrapa pekan kemudian. Tentusaja gempa di Manokwari ini akan masih terus bergetar. Getaran-getaran ini tentusaja akan membuat panik.

Sebuah hotel yang runtuh di Manokwari (Hotel Mutiara) ini menunjukkan betapa besarnya goyangan gempa akibat sesar geser yang dikenal dengan Sesar Sorong (Sorong Fault).

Tektonik Papua

papua_tektonik

Papua utara merupakan pertemuan antara lempeng Pasifik dengan lempeng Australia disebelah selatannya. Lempeng Pasifik bergerak ke arah barat yang membentuk sesar geser, Sesar Sorong (Sorong Fault) . Sumber gambar internet

Disebelah ini peta tektonik/peta patahan-patahan di Pulau Papua. Secara Tektonik Pulau Irian atau sekarang disebut Papua merupakan bagian dari lempeng Australia. Dari Sorong hingga Manokwari terdapat sebuah kelurusan (lineament) yang menunjukkan lokasi Sesar Sorong.

Mekanisme terbentuknya Sesar Sorong ini mirip dengan Sesar Semangko di Sumatra yang juga berupa sesar geser.

Sesar ini sangat aktif. Menurut USGS  gerakan lempeng Pasifik ini diperkirakan mampu bergerak dengan kecepatan hingga 112 mm/tahun dilokasi episenter !

Lampiran dari USGS

Tectonic Summary

The magnitude 7.6 Papua, Indonesia earthquake of January 3, 2008, 19:43 UTC, occurred as a result of thrust faulting on a plate-boundary along the northwest coast of the island of New Guinea. Eastern Indonesia is characterized by complex tectonics in which motions of numerous small plates are accommodating large-scale convergence between the Australia, Pacific, and Eurasia plates. In broad-scale plate-tectonic models that do not subdivide continent sized plates into smaller plates, the location of today’s earthquake would be on the boundary of the Pacific and Australia plates. The Pacific plate (located north and northeast of the epicenter) is moving southwest with respect to the Australia plate (located south of the epicenter) with a velocity of about 112 mm/year at the epicenter of the earthquake, and the focal-mechanism of today’s earthquake is broadly consistent with Pacific plate lithosphere being subducted beneath Australia plate lithosphere. The subduction zone along the northwest coast of New Guinea is characterized by an offshore oceanic trench, the New Guinea trench, but teleseismically recorded earthquake hypocenters do not show a well-developed inclined seismic zone (a Wadati-Benioff zone) dipping south-southwest from the trench.

The earthquake of January 3, 2008, 19:43 UTC, occurred about 470 km west of the magnitude 8.2 earthquake of February 17, 1996. The 1996 earthquake produced a tsunami that was destructive on the island of Biak. At least 108 people were killed by the 1996 earthquake and associated tsunami.

Iklan

34 Tanggapan

  1. menurut saya untuk mengurangi korban adalah para pemegang kekuasaan memahami kodisi geologi wilayahnya baru penataan ruang dalam pengembang an wilayah disesuaikan dengan kondisi geologi lihat tu peta geologi sebagai yasinnya coba hargai hasil karya para geologist adakah pemda se Indonesia raya ini yang menyediakan dana untuk pemetaan Geologi sekala kecil tolong Presiden mantan Mentam ben dana kampanye aja pil pil aja bengkak n heboh

  2. indonesia adalah negara yang di ampit 3 lempeng,alam ini selalu indah nahum tersimpan fenomena misterius semoga kedepan bisa lebih baik lagi

  3. Dinas Geologi yang ada di Papua itu kerjanya ga ada mereka itu kena 7 Penyakit Pegawai antara lain :

    1.KUDIS – KUrang DISiplin
    2.ASMA – ASal Mengisi Absen
    3.TBC – Tidak Bisa Computer
    4.KRAM – Kurang teRAMpil
    5.ASAM URAT – Asal SAMpai kantor terus URing-2an Atau Tidur
    6.GINJAL – Gaji Ingin Naik tapi kerJAnya Lamban
    7.PUCAT – PUlang CepAT

  4. salam jumpa !
    saya ingin bertanya ajah neh pak dengan kondisi wilayah papua yang rawan terhadap gempa tektonik
    1.Apakah perlu d usulkan kepada pemerintah daerah prov. papua agar di bentuk bandan geologi daerah..?

  5. ayo kita bantu sodara kita jangan doa aja…

  6. waduh jgn berharap yang macem2 dong!!

    qt berharap aja indonesia bakal lbh bae lgi meskipun bnyak argumen tentang “triple twelve”!!

    itukan kan hanya wacana saja!!
    qt kan mkhluk tuhan,jd berdoa saja semoga tuhan tidak murka ma qt semua!!
    berdoa yuk!!
    berdoa dimulai………….!!
    “selesai”………….amin

    hehe

  7. hiks…jadi inget 27 mei 2006. 3 bulan masih kerasa goyangannya.

  8. Wah aku dengar saat terjadi gempa tgl 3 Januari subuh sekitar jam 04.43 yah mudah mudahan tidak terjadi lagi semoga Tuhan Yesus menjaga melindungi semua masyarakat di yang berada Tanah Papua tercinta Amien

  9. Menarik sekali ulasannya, saya ingin mengajukan pertanyaan pa, mengapa dikatakan gempa ini di bangkitkan oleh sesar sorong dan bukan oleh subduksi carolina plate yang subducting di bawah australian plate?
    Andaikata memang benar gempa ini dibangkitkan oleh sorong fault apakah mekanisme tersebut masih bisa menjelaskan tsunami kecil yang tercatat di stasiun pasang surut Manokwari, biak, jayapura dan beberapa stasiun lainnya di Jepang?
    salam,

  10. pak dhe..abis baca Kompas, menurut ahli gempa papua yang ini gempa doublet? bisa tolong dijelasin !
    iya sih, gempa besarnya ada 2, yang 7.2 ma 7.6…berbeda 2 jam
    Pi, kalo doublet baru denger..
    salam

  11. Prediksi Pake Anfis..Bisa G y?..Coz..Saya Mau bikin Skripsi tentang Gempa & prediksi..Tpi masih2 cari2 referensi nih…Gempa Papua kyaknya bisa g..Data2 kejadiannnya di analisis lagi..truz di prediksi??

  12. […] Dibawah ini animasi terbentuknya Sesar Sorong yang sangat-sangat aktif itu.Sesar atau Patahan Sorong ini bergerak menimbulkan gempa dengan kekuatan 7.6 Magnitude pada tanggal 4 January 2009. […]

  13. […] Januari 6, 2009 Papua bergoyang 7.6 M […]

  14. wahh… anak2 TG ITB06, sepertinya tentang gempa ini keluar nih buat ujian seismologi pak afnimar tanggal 8…

  15. Pakdhe rovicky, ada gaq usaha2 untuk melepaskan energi gempa itu dengan menginisiasi gempa buatan. Jadi gempa yg terjadi bisa merupakan gempa dengan magnitude kecil2 tapi sering

  16. Bentar lagi P Jawa kayaknya.. be careful….

  17. untungnya kakak ipar ane yang lagi di wamena gak kenapa-napa 🙂

  18. gimana sodaraku yg di sorong yah? mana susah lagi hubunginnya…aduh, mudah2an gpp

  19. The earth is getting older and older…

  20. sampe tsunami di jepang pa’dhe..wah..wah..
    gede’ banget..
    sampe puyeng analisisnya, banyak banget gempa susulannya
    mudah2n cepat stabil..

  21. wah… gempa lagi… sesuai ranalan mama laurent…. hehehehehhe

  22. Ada gak ya gempa yang dibuat oleh manusia?
    Apakah semua gempa-gempa tahun-tahun terakhir benar kejadian alamiah dari alam kita?

    –> Ada kok, coba baca disini : https://rovicky.wordpress.com/2006/10/14/gempa-nuklir-korea/

  23. Inna lillaah…
    Indonesia tidak aman?
    Apa perlu kita pindah ke luar negeri?

  24. Mudahan teratasi, pemerintah tanggap bantuan segera datang.
    http://iwanmalik.wordpress

  25. mungkin alam mulai bosan bersahabat dengan kita

  26. Gempa yng terjadi sebelumya di Ternate, dan Kupang apa ada kaitannya?…Coba sedikit didongengkan tentang kemungkinan terjadinya gempa disekitar Mentawai dan Padang dng bahasa awam…krn ada kawanku,saking takutnya trus jual rumahnya di Padang,…

  27. Apa hikmahnya dari gempa ini secara geologi, jangka pendek n panjang? Mudah2an saudara2 kita di Sorong-Manokwari dsk bisa lebih siap lagi menghadapi gejolak alam… turut berempati….

  28. potensi tsunami udah ditarik kok… .

    tapi turut berduka juga buat para korban gempa

  29. yah begitulah alam, yang banyak dikhawatirkan sumatera ya terjadi di Papua. Seperti waktu gempa yogya yang sedang diwaspadai letusan G. Merapi, yang jadi musibah besar gempa Opak. Mungkin pinjam istilahnya pakde Vicky, Waspada ! untuk semua lokasi di NKRI, karena memang kita hidup di daerah tektonik aktif.

  30. Aktivitas Sorong Fault terakhir kali tercatat sebagai gempa kapan, Pak?

    –> Aktifitas Patahan Sorong yang juga cukup besar sebenernya terjadi setahun lalu (2008 Jan), yang cukup parah 2004 yang merusakkan bandara di Sorong. Sedangkan sesar ini pernah menyebabkan tsunami besar di Aitape (Papua Nugini) tahun 1998.

  31. mudah2an ga jth bnyk korban yaa

  32. q liat d geofon kekuatannya 7.9…

  33. katanya beberapa hotel ambruk yag….

  34. Kita semua berdoa agar korban gempa segera d evakuasi dan mudah2 an korban gempa secepatnya di beri bantuan ama pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: