Prediksi harga minyak tahun depan ? – Perlu tahu walaupun selalu salah !


oil_price_1946-2008

Harga minyak periode saat ini selalu terlihat paling mahal karena adanya inflasi atau menurunnya nilai tukar. Namun ini memperlihatkan bahwa minyak memiliki nilai yang selalu cenderung meningkat. Berapapun angka atau harga-nya, minyak bumi selalu mahal.

Akhir tahun seperti biasa dihiasi oleh ramalan-ramalan. Kali ini akan kita lihat berapa harga minyak tahun depan. Akankah harga minyak masihbisa diprediksikan, ataukah masih perlukah kita meramal harga minyak ?

😦 “Lah Pakdhe, emangnya kalau harganya rendah trus ternyata mleset malah tinggi berarti untung apa rugi ? Trus bagaimana sebaliknya ?”

😀 “Ya kowe sebagai yang jual apa yang beli ?”

Memperkirakan  harga minyak selalu dipakai dalam setiap penyusunan anggaran, ntah APBN, maupun anggaran proyek dari perusahaan-perusahaan besar. Hal ini disebabkan harga minyak sudah menjadi “nilai jangkar” atau Achoring Price terhadap harga-harga lain.

Harga minyak sepanjang tahun 2008

oil_price_2008

Perkembangan harga minyak sepanjang tahun 2008

Perjalanan harga minyak tahun 2008 ini merupakan perjalanan harga yang sangat dramatis. Di tahun 2008 harga minyak mentah ini diawali dengan harga sekitar 90 $/bbl minyak mulai merangkak naik. Puncaknya minyak berada diatas 150 $/bbl. Harga diatas 125 $ ini bertengger sekitar 3 bulan (May-Jun-July). Penyebabnya diperkirakan muliple mulai dari supply yang kurang, OPEC yang diduga memangkas produksi, hingga spekulan dan bahkan future trading dengan delivery 3-6 bulan kedepan.

Harga mulai merosot terus ketika bulan July. Penurunan harga ini sangat tajam hingga sekitar bulan September. Kenaikan sementara di awal Oktober tidak mampu menahan longsornya harga ini akibat ekonomi amrik yang ikutan terjerembab.

Seperti yang telah saya prediksikan ketika  Majalah Eksplo interview, harga yang terus meluncur yang tak terkontrol lagi ini yang saya perkirakan akibat dua hal.

Pertama, penurunan permintaan karena pelemahan daya beli. Kedua, praktek perdagangan komoditas di pasar berjangka. Maksudnya, minyak yang saat ini diproduksi adalah minyak yang dijual-belikan enam bulan lalu.

Lonjakan harga minyak hingga ke rekor tertinggi di atas US$147 per barel pada Juli 2008, salah satunya disebabkan oleh perdagangan berjangka (future trading). Pada Mei hingga awal Juni 2008, minyak dijajakan pada harga di atas US$125 per barel, tetapi untuk pengiriman tiga hingga enam bulan berikutnya. Artinya, pengiriman minyak dari
produsen ke konsumen baru dilakukan saat ini. Tetapi, pembayaran dilakukan sejak enam bulan lalu.

Jadi, seolah-olah kebutuhan minyak saat Desember ini merosot. Padahal, mungkin konsumsinya tetap. Tapi, di pasar berjangka permintaan minyak terlihat seolah-olah menurun.

Prediksi Minyak yang selalu berubah

oil-price-prediction

Prediksi harga minyak hanyalah khayalan. Seringkali juga harapan dimasa mendatang, bahkan bisa jadi ada maksud mempengaruhi supaya yang lain mengikuti alur pergerakan yang membuatnya.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya disini : https://rovicky.wordpress.com/2006/10/19/do-we-need-a-prediction/ sebenernya perkiraan harga minyak bukanlah harga mati. Perkiraan ini sangat dinamis, dan selalu berubah-ubah.

IEA – International Energy Agency, dan juga DOE (US)  selalu merubah prediksi harganya, demikian juga Merryl Lunch yang dianggap guru dalam prediksi minyak pun selalu mengkoreksi prediksinya.  Lihat gambar diatas bagaimana prediksi Melrrly Lynch berubah dalam waktu yang sangat cepat.

Ramalan Merryl Lynch pada bulan Juni masih memperkirakan tahun 2009 akan 107$ barel, dan ramalannya
selalu berubah menurun hingga pada bulan Desember meramal tahun 2009 harga terendahnya hanya 25$/bbl

Kalau kita hanya ikut-ikutan memprediksikan harga tentusaja kita akan “terjebak” dalam permainan Merryl Lynch dalam mengantisipasi harga minyak dimasa mendatang.

Banyak perusahaan yang menggunakan kriterianya sendiri, demikian juga Indonesia memiliki prediksi harga migas dalam menyusun APBN. Namun harus dimengerti bahwa prediksi ini harus selalu diikuti dan bukan harga mati sepanjang satu proyek anggaran (APBN) yang sedang berjalan.

Pelajaran yang penting dalam soal harga minyak ini adalah : ” Berapapun angka atau harga-nya, minyak bumi selalu mahal dan harus  “diikuti” pergerakan-nya.

Bagaimana dengan lapangan pekerajaan ?

😦 “Hallah Pakdhe. Yang penting itu bagaimana soal pekerjaan di Migas Pakdhe ?”

😀 “Tunggu bentar ya … 🙂

Lanjutannya disini : Harga minyak dan pasaran kerja tahun 2009 [New]

Bacaan terkait :

Iklan

12 Tanggapan

  1. […] Tahun 2010, Dongeng Geologi meramalkan harga minyak berdasarkan “historical price“. Cara ini memang hanya memanfaatkan rumus matematika saja. Namun menariknya harga prediksi tahun 2010, cukup mendekati dari yang diperkirakan. Dapat dilihat detilnya disini. […]

  2. hub saya di 081393054443 broker komuditi emas n minyak…

  3. menurut saya, sebagai trader komuditi emas n minyak…

    kemungkinan besar taun 2010 minyaK N EMAS akan tetap naik…

    dilogika saja minyak itu brang tambang yg bisa habis…

    padahal dibutuhkan setiap negara…

    so walau harga mahal tp dibutuhkan makanya prewdeksi harga minyak pasti akan naik taun depan, dikisaran 100u$/barrel

  4. so yang udah tau harga minyak naik,,

    makanya jangan diem aja gabung aja sama aku di PT. IMF
    kalian akan tau bagaimana untung nya jika harga minyak akan naik ataupun turun…………………………………………..

    kalian yang berminat lngsung contak aku aja
    contac person : 0878 36 142 192

  5. […] crita prediksi harga minyak sebelumnya disini https://rovicky.wordpress.com/2008/12/23/prediksi-harga-minyak-perlu-tahu-walaupun-selalu-salah/, sekarang kita lanjutkan bagaimana kira-kira situasi pasaran kerja di sektor […]

  6. Pa’Dhe saya yang tinggal di tempat penghasil minyak tidak merasa ada pengaruh naik dan turun harga minyak. Meskipun turun harga minyak dunia, di tempat saya tetap aja naik terus. turunpun harga di buat pemerintah eh, malah nggak ada di mana-mana. Minyak nguap entah kemana-mana, harga tetap aja muahallllllll.
    Nggak ngarus gitu.

    Salam buat pa’ Dhe sehat selalu ya. Banyak makan yang sehat dan halal. itu yang perlu. Tidak masalah prediksi benar atau tidak tentang harga minyak yang penting mangan dengan uang halal.
    Selamat hari minyak sedunia.

    Salam,

    smskalit

  7. Lam kenal P’Dhe
    Tadi hanya ikut-ikut baca artikel p’dhe, asyik dan menarik, sampe semua tak baca.
    Akhirnya ada pertanyaan jawab ya p’dhe; apakah ada korelasi antara harga minyak yang anjlok dengan perusahan dalam penerimaan karyawan. karena terus terang aku ada penawaran ke salah satu oil and gas company sebelumnya status adalah permanen lalu kemudian ada perubahan menjadi kontrak per tahun.

    Salam,

  8. ada satu yang kita sebagai masyarakat umum ingat tentang janji menaikan harga BBM sesuai dengan harga minyak dunia ya tho, dan hitungan kenaikannya ngak tanggunng-tnggung sampai degan diatas 50%. dampaknya apa sangat dahsyat men.harga kebutuhan naik, yang gila banyak yang melali keluarnegri juga banyak untuk reses, studi banding entah apalagi namanya pokoknya akal-akalannya banyak deh.nach sekarang begitu harga minyak anjlok kenapa turunnya susah??? sebenarnya yang dipikirkan rakyat atau oknum??? jadi kalau berbicara dongeng minyak bumi maka sekarangpun lagi terjadi pepatah yang menyatakan kena batunya…. hehe

  9. kalo hargo BBM tahun depan masih bisa turun atau malah jadi naik lagi ya??????

  10. 🙂 Kira-kira ada gak rumus prediksi harga sembako tahun depan pakdhe ? Ibu-ibu sepertinya perlu

  11. waduh, pakdhe… harga minyak rupanya bisa jadi mainan ya…

    rumus buat ngeramalnya gimana, pakdhe…? tertarik untuk ikut main” dengan angkanya…

  12. Kalau harga tempe tahun depan berapa ya ? 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: