Ramalan baru gempa Sumatra –


http://dongenggeologi.files.wordpress.com/2007/09/gempa-tsunami.jpg

Terjadinya Tsunami (klik untuk memperbesar)

Setiap menjelang akhir tahun selalu muncul issue gempa dan tsunami besar akan melanda di Indonesia dan mungkin bahkan seantero negara-negara pinggir pantai Samodra Hindia. Issue ini, kalau akan dilihat secara positip, hanyalah sebuah usaha untuk menyadarkan dan mengingatkan akan bahaya gempa-tsunami.

Kali ini issue dihembuskan oleh kantor berita Al-Jazeera. Sebenernya AlJazeera tidak menyebutkan tanggal namun mengutip pernyataan Kerry Sieh sebagai bapak gempa dari Caltech.

The team of scientists led by Kerry Sieh, of the California Institute of Technology, in reporting their findings in Friday’s edition of the journal Science, said the next great quake and tsunami in Sumatra were likely to occur “within the lifetimes of children and young adults living there now”.

Pernyataan itu bukan ramalan, tetapi boleh dibilang sebagai sebuah peringatan untuk tetap waspada terhadap setiap gejala alam yng mungkin merusak dan menganggu.

https://rovicky.files.wordpress.com/2008/02/segment-gempa.jpg

Daerah-daerah merah merupakan daerah yang saat ini menyimpan tenaga atau stress yang mungkin dilepaskan, hanya saja waktunya yang tidak diketahui secara pasti.

Memang kalau dilihat dari peta yang pernah terlihat disebelah ini, kita akan tahu bahwa masih ada potensi-potensi gempa besar yang masih ada disekitar jalur subduksi atau jalur penunjaman di sebelah barat Sumatra.  Potensi gempa ini memang akan terlepaskan sewaktu-waktu.

Namun juga harus diingat bahwa potensi ini TIDAK AKAN HABIS selama gerakan tektonik masih aktif.

Artinya gempa Sumatra yang terjadi itu memang sudah suratan dari sononya. Manusia tidak (belum) berhasil mencegahnya, tetapi masih mungkin menghindari.

Efek gempa pada manusia bisa bermacam-macam. Dari sisi pembelajaran sangat tergantung manusianya untuk mampu mempelajari, mengantisipasi serta menghindari dampak buruk yang diakibatkannya.

modeltsunami1833.pngSebuah penelitian yang pernah dilakukan dalam sebuah simulasi pernah ditulisakan juga sebelumnya disini berjudul Simulasi komputer : gempa dan tsunami di Padang.

Juga beberapa tulisan lain mengenai potensi gempa besar seputar pantai barat Sumatra.

Jadi kalau nanti mendapatkan berita akan adanya gempa baik yang melalui email koran atau media lain termasuk sms yang penting jangan panik !

Waspada is your early warning !

Bacaan terkait

Education can’t stop natural disasters from occurring, but it can help people prepare for the possibilities

18 Tanggapan

  1. saya harapkan pd smua manusia jgn lh mmbuat isu2 yg ngak bsa dpertanggung jwab kn,,,,,,,,
    jgn lah buat masyarakat kta ymbah panik dgn isu2 yg ngak jlas keasliannya,,,,,,,,,,,
    trma ksih….

  2. Ya aLlAh kPn bNcNa nEcH aKn BrAkHiR

    MgA Aj uMt mNsIa bSa mNyDaRi pRbAtAn mRk yG SlAh aMiN

    q TkUt lAu nTaR DeRaH Q KnA GmPa

    NaUdU BillAh mIn zAlIk

  3. Sering mendengar kata ‘waspada’ terhadap gempa. Tapi kira-kira waspadanya gimana ya Pak ? Masa cuman disuruh waspada tanpa tahu persis apa yang harus diwaspadai, mengingat kita nggak pernah mampu membaca tanda-tanda gempa.

  4. Ga ada yg mustahil bagi Allah swt..bencana terjadi krn kehendaknya,namun kt jg mesti bercermin,dr apa yg terjd…smoga saudara2ku disumatra ttp kuat,sabar dan istiqomah…amin!

  5. Ass.wr.wb,
    Sumatera akan terus mengalami bencana, baik gempa maupun tanah longsor ataupun kebanjiran.
    untuk orang2 yg tinggal di jakarta selatan berhati-hatilah.

    Wassalammualaikum wr.wb,

  6. perkiraan sangat bagus,ternyata terjadi juga di padang…semoga diberi ketabahan pada mereka,saudara kita.

  7. semua yang terjadi sudah suratan yang diatas manusia hanya bisa meramal tapi takkan bisa memastikan

  8. Sy kira sosialisasi masalaha gempa dan kebencanaan belum terlaksanakan dengan baik di masyarakat. Kl hal itu bisa dilaksanakan masyarakat tidak akan panik kl terjadi sesuatu dan dapat melakukan hal2 yg benar kl seandainya terjadi bencana/gempa dan menghindari hal2 yg dapat menimbulkan banyak korban jiwa. Trims

  9. ya, mari lah kita berdoa kepada kehadrat ilahi, semoga dijauhi segala bencana amin

  10. Seandainya manusia penghuni bumi taat dan patuh atas segala aturan yg ditetapkan oleh pencipta alam (Allah SWT) serta bersyukur, maka akan datang rahmat dari perut bumi dan langit, tapi kejadiannya sekarang malah sebaliknya. mari bercermin!!!!. pasti kita banyak melanggar, hingga semua terjadi seperti ini…. sangat lucu : orang islam sendiri yg takut hukum islam tegak…., karena kalau hukum islam tegak kita tidak bisa seenak perut kita bertindak

  11. wheleh wheleh, ramalan sekarang ini masih kalah jauh dari Mbah kita yang bernama Joyo Boyo… (kalau nggak salah sebut nama)
    Padahal di jaman beliau masih sugeng saat itu belum ada ilmu gelogi apalagi internet…)
    Tolong jelasin ya Pakdhe.

    matur nuwun Dhe

  12. Halo Pakdhe, Ada update barukah? Bagaimana menurut pakdhe keadaan pantai barat sumatera, dengan banyaknya gempa2 kecil/besar hingga sekarang..dan pada th 2008 sempat diberitakan bahwa ada longsoran di bawah laut mentawai..

  13. Mas Peta Persebaran Stress itu bagaimana cara pembuatannya

    — Dear Sady: Coba baca disini : http://quake.usgs.gov/research/deformation/modeling/papers/nature.html
    Terlalu rumit kalau dipakai untuk mendongeng

    🙂

  14. Gempanya memang dahsyat, tapi kita tetep minta pertolongan sama Yang Maha Dahsyat sang pencipta gempa

  15. betul waspada lebih baik…..dan semoga itu tidak terjadi

  16. yah, it shakes all the time!

  17. Pakdhe..mudah2an terjadi migrasi hidrokarbon dari tempat tak terdeteksi yang hingga nantinya ter-eksplor..at least itu adalah anugerah dibalik bencana..he..he..he.**stress mambawa berkah..bagi yg memikirkan..halah:P **

  18. ya pakde, waspada itu kata yang pas, tapi sulit dilaksanakan lho pakde. Lha kan belum semua masyarakat ngerti potensi gempa tsb. Aku berdo’a saja semoga stress-nya terlepaskan sedikit demi sedikit sehingga tidak menimbulkan gempa besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: