Obamania, Jangan berharap banyak dari dia


Ayo kita BISA !

Ayo kita BISA !

yes we can

yes we can

Kayaknya Obama kemarin meniru Indonesia
di Indonesia “Ayo kita bisa”
Obama “Yes we can !”

Yang saya rada heran adalah banyaknya Rakyat Indonesia yang “mengharapkan” sesuatu dengan Obama. Ntah karena dia orang berkulit berwarna seperti kita, atau karena melankolik si Obama pernah sekolah di Indonesia, atau ntah karena dia tidak begitu memusuhi dan sangat demokrat. Tetapi apakah kita memang bisa mengharapkan sesuatu dari dia ? Toh dia orang Amerika, toh dia punya prioritas demi negaranya. lah iya laah … masak memprioritaskan negara lain, kan ngga lutju.

Apalagi tugas utamanya memulihkan perekonomian Amrik yang kemarin amburadul.
Walhasil, Indonesia belum tentu dilirik.

Perayaan kemenangan Obama yang dilakukan di Indonesia-pun terasa lutju. Hla hiya dirayakan dan disambut meriah di Indonesia. Mungkin saja karena “jagoannya” menang. Padahal si Jago kagak kenal sama penontonnya yg ikut ‘bertaruh’. Walaupun bukan bertaruh materi, tetapi bertaruh ‘rasa gembira’. Sangat beruntung kalau jagoannya menang, lah kalau kalah. Malah sedih yang ngga jelas juntrungnya kan.

Ini mirip jual beli “kertas tahayul” alias saham di pasar bursa. Orang bisa tertawan karena sahamnya naik, atau bisa juga nangis darah ketika sahamnya terjun bebas. Padahal belum mendapatkan apa-apa atau kehilangan apa-apa sudah bisa sedih dan gembira. Absurd kan ?

Biarlah Obama mikirin negerinya sendiri, kita memikirkan negeri sendiri. Tanpa perlu banyak mengharapkan sesuatu dari Dia. Kalau toh dia “mampir” ke Indonesia, paling kita juga ribut kayak dulu sewaktu Bush menclok di Bogor.

Hanya sedikit mengingatkan saja. Obama for America, kamu ya untuk Indonesia.

Hef e nais whik en

😦 “Pakdhe, pasti nanti ada komentar nyinyir … iya tapi kamu bisa apa ?”

😀 “Yo wis ben, mengko nek ono sing muni ngono  diprongosi wae, Thole” 😛

33 Tanggapan

  1. kasian dech bangsa kita. ayo kita bisa….tampa mengharap hibaan dari orang lain

  2. cuma karena obama pernah sekolah disini, Indonesia ikutan heboh…memang sebagian masyarakat kita kan gitu, contoh sepakbola, dikita sibuk bikin fans club tim liga inggris, trus disalah satu tv ada acara antar fans club itu saling ejek2an mana tim yang paling hebat, bingung aku lihat, orang lain yang maen kita yang rame.

    jadi kita masih sering ikut heboh tentang segala sesuatu yang ga ada sangkut pautnya dengan diri kita.

    oh iya satu hal, Obama itu pro israel

  3. begitulah indonesia.
    bangga dengan bangsa luar walaupun kebanggaan mereka didasarkan karena orang tersebut pernah numpang buang hajat di menteng.
    namun bangsa sendiri yang bersinar (walaupun belum setaraf obama) dianaktirikan dan dipandang sebelah mata, hingga mereka lebih senang ke luar nusantara saja tuk menempuh hidup yang lebih layak.

  4. heran ngeliat orang di tv ngerayain kemenangan obama
    emang dapet apa?
    tapi gua pikir2 mungkin orang2 ini terinspirasi dari sosok obama yang walopun minoritas bisa jadi presiden dan dia lebih netral.
    tapi kalo ngaruhnya ke indonesia kita liat aja ntar?

  5. ini dongeng geologi khan????

  6. si bejo tukang becak, kalau diberitaken di media tiap hari, dibumbu bumbui, diangkat-angkat, diceritain yang baek-baek …

    … tiap ari itu aja yang di ceritain, si bejo, bejo dan bejo …

    .. yakin dah, dia bakal bisa terpilih jadi presiden indonesia berikutnya …

    … bejo, bejo … nasibmu bang 😦

  7. saya bukannya obamania..tapi saya hanya kagum dengan jalan kisah hidupnya yang menjadikan dia tegar dan berusaha menjadi presiden

  8. yang menang dia kok orang sini ikut-ikutan,
    mungkin nama parte-nya sama,

    barangkali tahun depan ikutan menang!

  9. Mungkin senengnya obama lebih mengangkat isue-isue perdamaian(lebih netral) dibanding McCain yg pro yahudi (mungkin), memangsih gak perlu terlalu berlebihan.. cayooo Indonesia…

  10. Salam mrongosi pakde,

    Pancen wong Indonesia kan senenge siang aing2 to dhe…
    Lha wong Obama wae mungkin ga seneng sama wong Indon secara, bapak tirine kan wong Indonesia,
    kan akeh2 wong ra seneng karo bapak tirine to dhe..

    salam senyum…

  11. cen kurang gawean kok dhe

  12. Ngerayain kemenangan obama sih menurut saya ga apa2, asal ga berlebihan, yang pastinya kita bs ambil sisi positifnya aja, dimana demokrasi benar2 dijalankan secara jurdil serta dijadikan motivasi untuk kita kedepannya

  13. Orang punya harapan kan boleh toh Pakdhe ?
    Memang sih harapannya bukan mengharapkan sesuatu dari Obama. Lah Obama itu apa yang bisa diharapkan buat Indonesia sih ?
    Tap bener Pakdhe, kalau nanti dia mampir di Jakarta mesti bikin ribut, yang ini lah, yang itu lah !

  14. Saya sih punya harapan…mudah2an dengan presidennya Obama ia tidak akan menindas negara lainnya, mudah2an ia tidak banyak turut campur dan ikut mengatur urusan negara lain kecuali ia akan membantu tanpa embel2 lainnya(ya kalo itu ga pa2).
    Pertanyaan: salahkah jika orang punya harapan? bukankah kita selalu berharap yang lebih baik? untuk kita sendiri dan orang lain tanpa kecuali?

  15. yah, gak salah kan pakde kalo kita ikut senang kalo orang lain senang ? 😛 hehehe.. daripada kita cuek bebeh atau malah ngambek kalo orang lain senang? nanti disangka sirik bin iri. 😛

    asal gak berlebihan it’s okay. kalo afgan gak diserbu lagi ama tentaranya om obama saya juga ikut senang. kalo israel gak becanda lagi ama palestina gara2 obama kita juga senang. asal semuanya pada propoersee masing2 ajah..

    salam kenal yah

  16. bener banget pak dhe…… duh kenapa ya orang indonesia itu sukanya merayakan hal – hal yang gak penting kenapa gak dipikirin ttg keadaan negeri sendiri aja gak usah mikir sapa yang ada di tampuk pemerintahan negeri lain, perlu banget perbaikan dalam negeri sendiri yang mestinya jadi kesadaran warga sendiri, daripada buang2 banyak biaya yang g jelas mending buat apa gt….

    Bener banget jadikan aja inspirasi jangan menggantungkan diri…….

  17. cukup jadikan obama sebagai inspirasi bagi pemimpin2 muda di negeri ini untuk bangkit dan maju memimpin negeri kita yang tercinta…
    bukan dengan merayakan yang lagi2 mengeluarkan biaya di tengah2 masyarakat yang mungkin lebih membutuhkan biaya tersebut…
    cobalah untuk peka

  18. tadinya, aku ikut juga dengan eforia obama [sampai mbuat vote untuk obama di inetrnet]

    ternyata bener kata pak Dhe, jangan berharap terlalu banyak dari sosok Obama.

    Salam

  19. Malaysia boleh itu juga niru Indonesia looh
    Sepertinya duluan Indonesia memakainya kok

  20. Pakdhe, kita juga dapet tu slogan niru lho! Masih inget gak slogan yang satu ini “Mal***sia Boleh!” Artinya sama lho,…

    tapi ane sepakat tentang kita gak usah berharap pada Obama.

  21. namanya jg latah, bung rovick 😀

    –> Bisa jadi latah, atau bisa jadi dilihat secara positipnya saja, mereka menginginkan orang “baru” sebagai panutan. Mungkin saja mereka sudah muak dengan pemimpin-pemimpin lama yang masih brcokol di negeri kita ini. Itulah sebabnya ada pameo dalam pemilu Indonesia 2009 “JANGAN PILIH STOCK LAMA”. Obama merupakan orang “baru”. Orang berkulit hitam pertama menjadi Presiden Amrik.

  22. ini fenomena orang indonesia kelebihan waktu untuk bicara2(tentang Obama), ngobrol(tentang Obama), ikutan mikir(tentang Obama) walau gak jelas kontribusinya ke Obama dan Indonesia….
    hehehe

  23. melu mrongos wae, dhee….

  24. ya begitulah..
    klu saya sih pake heran pakde, secara saya jg org indonesia, apa sih yg ga dirayakan klu senang dan didemo klu ga senang di negara ini hehehe

  25. tenang aja pakde. ndak cuma indonesia yang berpesta. kayaknya obama memang seleb baru, hehehe.

    di jepang, tepatnya di fukui prefecture ada sebuah kota kecil, namanya sama dengan nama pak presiden baru. obama city.

    lha para warga kota selama kampanye presiden amerika bikin club yang namanya “katte ni ouen suru kai”. artinya klub pendukung suka-suka. maksudnya mereka suka-sukanya sendiri aja mau ndukung obama. meski ndak ada persetujuan obama, meski ndak ngaruh pada hasil pemilu, pokoknya ya suka-suka mereka aja.

    ketika menelon pm jepang taro aso, obama dibisiki sama pak pm bahwa ada kota di jepang yang namanya obama city. obama bilang dia sudah tahu, dan berminat mengunjungi kota tersebut.

  26. kalau saya nggak heranlah pakde…wajar aja…
    ibarat penggemar sepak bola MU atau lainnya atau penggemar F1 atau MotoGP.kan mereka juga nggak kenal dengan orang2 Indonesia hehehehe turut gembira teriak-teriak tengah malam…sebenarnya Obama disenangi salah satunya karena mewakili masyarakat terpinggir(Black)dan tertindas aja(barangkali)…

  27. setidaknya memberikan motivasi buat orang2 yg minoritas bisa juga jadi pemimpin 😀

  28. Gedung Putih Ganti nama

    Baru saja saya mendapat khabar kalau saat ini Gedung Ke-Presidenan Amerika Serikat sedang akan diganti namanya dalam masa transisi ini :
    “White House” menjadi “Black House”.
    Hoax bukan ya ?

  29. Kalau begitu saya siap-siap liat Pakdhe Rovicky mrongos saja 😀

  30. betul..personally obama memang perah tinggal di indonesia. tapi kepentingan nasionalnya dia pasti jauh lebih ebsar daripada sentimen nostalgia masa kecilnya. kita lihat aja deh nanti. but anyway, his victory gives kinda thrill to me

  31. Wah, aku le mrongos udah dari kemarin-kemarin je, pakdhe.

  32. saya ikutan mrongosi pakdhe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: