Dari html ke facebook – 10 tahun mengembara di belantara virtual


Menyambut HaRi BloGger NaSionAl – 27 Oktober

Perjalanan Mendongeng 10 tahun mengembara di belantara virtual

Ini hanyalah kisah sepuluh tahun saya mengembara di belantara maya, atau yang saat ini dikenal dengan dunia internet. Bukan kisah sukses atau kisah sedih, tapi hanyalah catatan perjalanan karena ingin menengok balik. Apa saja yang sudah dijalani selama sepuluh tahun ngeblog, eh … nginternet.
Awal nginternet dimulai ketika masih tahun 1997. Waktu itu masih dengan dial-up. Karena kantor Kondur Petroleum dulu berlangganan RadNet. Ya dengan dial-up yang bunyinya “Tit totot tit titotitit …. tuliiiiit .. kresek-kresek !” Dan seringkali dalam waktu 15 menit pasti putus, dan harus dial-up ulang. 😦

Era html yang bikin puyeng

Wah, Kapan aku mulai ngeblog ya. Dulu, sepuluh tahun yang lalu, belum ada istilah blog. Sebuah halaman web dikenal dengan “website” atau “personal website”. Awal website yang pertamakali saya miliki ada di http://personal.rad.net.id/rovicky/ . Website ini masih ditulis dengan html. Gieleee, ternyata nulis html suuulit bangget !! Website ini ketika sudah mulai dibuat dengan FrontPage 3.0-pun masih juga ngga selesei sampai akhir. Hanya sebuah ungkapan cita-cita yang ternyata masih disimpan dengan baik oleh RadNet. Trims ya Radnet ?. Update dari blog tentang Geologi Indonesia akhirnya dibuat disini http://geoblogi.wordpress.com .

Ada juga beberapa tulisan yang sempat mampir di server Nakula miliknya I Made Wiryana. Pakar IT dan Linux yang memiliki server Nakula di Jerman. Saya sempat menuliskan beberapa tulisan disana tetapi ntah kenapa kok trus servernya ngga kliatan lagi.

Website pertama yang saya buat dengan menggunakan Microsoft FrontPage ada disini : http://members.tripod.com/Putrohari/ …. Yups ini website pertama yang dibuat tanggal 22 September 1998. Ya, kira-kira 10 tahun lalu ! Fotonya juga foto limabelas tahun lalu.

😦 “Wah iya itu pasti foto koeno ya, Pakdhe. Lah pakde masih banyak rambutnya” <kaboooor>
😀 “Hust !

Website yang sudah cukup lumayan itu memang dibuat dengan Microsoft software yang lumayan ‘user friendly‘. Ada beberapa tulisan juga disitu. Sebenernya saya juga memiliki account khusus di Centrin dengan username yang sama. Juga memiliki website pribadi lain yang ada di Centrin. Namun centrin kurang canggih waktu itu. Sehingga website yang isinya tentang “fractal geometry” ini hilang.

Blog Pertama di Tripod

Tentunya aneh ada blog kok di Tripod. Wong sebenernya wektu itu di tahun 2002 saya sedang bekerja di Brunei Shell Petroleum. Tahu sendiri lah, Brunei itu kotanya sepiiii bangget. Jadi kalao sore pulang kantor yang cuman ngenet. Karena kebetulan berlangganan dengan ADSL (seperti Speedy di Indonesia saat ini) yang cukup murah dan terjangkau. Awalnya membuat website dengan tulisan pertamanya ternyata tentang bencana ! http://putrohari.tripod.com/Putrohari/index.blog?from=20020505 . Bencana memang sebuah kejadian yang selalu mengganggu dan memprihatinkan. Selalu menguras pikiran dan kerisauan, kali ya .

Tripod memang menyediakan fasilitas blog selain fasilitas personal website, yang juga gratis !. Tetapi tentusaja ada batasan account size-nya. Dahulu hanya dikasi 2MB saja sudah sorak-sorak bergembira.

Tulisan-tulisan di Tripod kebanyakan soal bencana Tsunami dan Gempa. Bencana Tsunami Aceh merupakan awal dari kiprah blog Dongeng Geologi. Tentusaja masih berkaitan dengan keprihatinan karena kurangnya perhatian.

Namun sempat juga membuat satu website Keluarga Alumni Geologi yang judulnya “LIYANE GEOLOGI PREKK”. Tahu artinya nggak ?. Website jadul ini banyak animasi, huruf berkelap-kelip. Wah jadul bangget deeh. Sayangnya sudah lupa passwordnya, jadi sudah bisa diupdate lagi.

😦 “Lah Pakdhe kebanyakan webpage, sih !”

Nge-BLOG Dongeng Geologi

Perkenalan dengan istilah BLOG justru ketika membuat account di rovicky.Blogspot.com . Blog ini cukup lama saya kelola, Isinya banyak yang berasal dari tulisan-tulisan sebelumnya di Tripod. Sudah cukup tertata karena sudah mulai menggabungkan seluruh minat mendongeng. Blog personal ini diberi judul Dongeng Geologi, yang isinya kebencanaan, energi, dan lingkungan.

Mainan template malah bikin berantakan.

Karena ketidak tahuan saya soal php programming, blog di blogspot ini sempat berantakan karena mencoba-coba merubah template. Karena tidak bisa memperbaikinya, akhirnya berpindah ke wordpress hingga sekarang di https://rovicky.wordpress.com .

Era Dongeng Geologi di WordPress
Mengapa disebut Dongeng Geologi ?Memang blog dongeng geologi ini isinya terutama tiga hal kebumian yaitu energi, kebencanaan, dan lingkungan. Ketiganya merupakan aplikasi ilmu geologi dalam hal ekstraksi (pemanfaatan sumberdaya), mitigasi (kebencanaan) dan konservasi (pemeliharaan lingkungan).

Blog di https://rovicky.wordpress.com ini disebut dongeng karena saya tidak mau menuliskannya dalam sebuah tulisan ilmiah yang terlalu serius. Belajar memang kegiatan serius, tetapi pelaksanaannya tidak harus duduk manis di kelas atau laboratorium. Bisa juga masalah penting dan serius diungkapkan dengan menuliskan secara ringkas, santai, dan tidak dengan “bahasa dewa“. Maksudte dengan bahasa awam.

Sekeluarga ngeFaceBook akhirnya

gembul-2a.jpg

Gembul aja ikutan FaceBook

Saat ini sekeluarga sudah mulai keranjingan blog. Coba tengok blog bekas pacar saya di :  http://yuenda.blogspot.com/  atau Blognya si Mbarep : http://markontie.blogspot.com/ Semua isinya hanya secara santai sebagai pengungkapan pikiran dan minat. Memang blog bisa disebut sebagai media maya untuk mengungkapakan dan mengekspresikan diri. Bahkan si Mbarep sering membuat lagunya sendiri yang ada blognya itu. Coba dengerin lagunya deh. Ngga kalah kalau sama Dhani Dewa ! J

Sedangkan si kecil masih suka dengan frienster dan Bebo. Lah wong masih teeneger, tentunya lebih suka membuat network dengan kawan-kawannya. Ketimbang menuliskan masalah serius katanya.

Sekarang berempat punya FaceBook. Sebuah komunity baru di belantara maya.

ngePlurk ? …. mmm gimana ya enaknya ?

Blog Walking dan perkembangan Indonesian Blogosphere

Banyak yang bertanya “Kok ngga pernah mampir sih ?”. Sejatinya saya sering melihat-lihat blog-blog yang bertebaran di belantara maya. Namun saya jarang meninggalkan komentar karena malu … wupst !.

Bahkan dari kegemaran saya blogwalking ini akhirnya sempat membuat peta blogosphere lengkap dengan penjelasannya disini : https://rovicky.wordpress.com/2007/10/24/my-view-of-blogosphere-1-menyambut-pesta-blogger-2007/

Sebenarnya cukup banyak blogger yang mampu meluangkan waktu menulis dengan bagus, bahkan jauh lebih bagus dan alurnya lebih tertata ketimbang blog dongeng geologi. Namun sayangnya banyak yang tidak memiliki daya tahan. Ya, durability-nya sangat rendah. Kalau kata Pak Kyai kurang istiqomah. Sehingga blog yang sudah bagus kemudian terpaksa terbengkalai tak terurus lagi.

Sayang, kan kalau blog yang awalnya sangat bagus tidak diteruskan lagi ?

Perkembangan dunia blogger di Indonesia sebenernya sangat pesat. Peranan blogger sebenernya bisa ditingkatkan untuk hal-hal yang serius. Awal penulisan Blog Dongeng Geologi yang mengkhususkan meliput bencana Tsunami Aceh dan juga Bencana Gempa Jogja cukup banyakmembantu masyarakat. Terbukti dengan banyaknya komentar juga sitiran-sitiran maupun crospost di beberapa koran atau terbitan.

Artinya, kalau blogger ingin menuliskan secara serius, tentusaja akan lebihbanyak manfaatnya. Dan sekali lagi seperti yang sudah saya tuliskan dalam tulisan tentang Blogosphere, jangan alergi dengan media konvensional. Media konvensional di Indonesia inilah yang justru masih menjadi frontpage penyebaran ilmu ketimbang blog itu sendiri.

Selamat ber-Pesta Blogger 2008 dan selamat Hari Sumpah Pemoeda !!

Link :

Iklan

13 Tanggapan

  1. sekarang sudah 16 tahun ngeblog berarti….

  2. […] bagaimana saya memulai nge-blog bisa dibaca disini : Dari html ke facebook – 10 tahun mengembara di belantara virtual. Awalnya dengan keinginan bercerita tentang geologi di tahun sekitar 1990-an. Apapun pokoknya soal […]

  3. Tabea… Met Baku Dapa n Salam Kenal…. Trims,-

  4. […] Dari html ke facebook – 10 tahun mengembara di belantara virtual […]

  5. Bregandhi
    Kalau nulis jangan pakai mikir. Ketika kamu mikir terlalu dalam, kata_kata yg keliar menjadi sangat tehnis spesifik dan susah dimengerti.
    Just do it
    Just write it

  6. wah……Pakdhe doain saya ya!, lagi pengin belajar nulis mulai sekarng

  7. waahhh……pakdhe emang ciamik euy ! 🙂

    terus mendongeng pakdhe….

  8. […] sendiri ngeblog (nginternet) sudah 10 tahun lebih …. dan ndak mau berafiliasi dengan hanya satu blogger […]

  9. Blog untuk pendidikan?. . . . Lahan yg blum bnyk d garap serius,ada ide?

  10. Yang jelas, Pakde Rovicky adalah orang pertama dan berhasil mempopulerkan geologi sehingga diakrabi masyarakat awam
    Terimakasih, Pakde!

  11. wahh pakdhe bisa di nobatkan sebagai bapak bloger indonesia nihhh, setuju2 hehehehe

  12. Selamat atas 10 tahunnya nge-net dan nge-blog … pkoke poll tenan!

  13. 10tahun ngeblog? Luar biasa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: