Terbentuknya gurun bukan karena pohonnya ditebangi


Gumuk-Pasir-Parangtritis-1[1]Pernah lihat gurun ? Wah tentunya sangat sedikit orang Indonesia yang pernah melihat gurun. Gurun sangat gersang (bukan seger merangsang) tetapi bener-bener tidak ada atau sangat sedikit pepohonan. Kenapa tidak ada pohon ? Ditebangikah ?

😦 “Waddduh Pakdhe, kok crita gurun. Arab emang terkenal gurunnya, kan Pakde ? Aku punya temen dari Arab ngakunya dari Padang … tapi Padangpasir ”😛

Dimana saja gurun di dunia

Di dunia ini kira-kira sepertiganya beruba gurun. Atau lebih dikenal daerah dengan curah hujan yang sangat rendah (<25cm/tahun). Daerah ini dikenal sebagai daerah beriklim Arid (kering). Daerah ini biasanya memiliki kelembaban udara yang sangat rendah. Sudah disebutkan diatas bahwa gurun itu daerah ini yang sedikit pohon, artinya penyebab utamanya adalah karena sedikit air yang ada disana. Salah satu yang termudah adalah melihat apa saja yang mengontrol kelembaban udara atau kandungan air di udara ini. Karena kandungan air diudara inilah yang nantinya bertanggung jawab atas terdapatnya air di suatu tempat atau disuatu daerah (kawasan) tertentu.

DaerahKering Salah satu untuk melihat kandungan air tentusaja melihat pola angin, awan dan pola hujan di bumi. Di sebelah kanan ini peta bumi yang menggambarkan tempat-tempat di bumi ini dimana curah hujannya rendah 25-50 mm/tahun (semi arid), dan daerah yang memiliki curah hujan sangat rendah dibawah 25 mm/tahun.

WindBelts0[1] Terlihat bahwa tempat yang langka dengan hujan (arid) berada disekitar daerah tropis. Tentunya daerah tropis atau berada diantara 30° Lintang Utara dan 30° Lintang Selatan. Daerah tropis ini daerah yang memiliki suhu rata-rata tahunan sangat tinggi. Coba tengok pola angin dan suhu berdasarkan posisi lintangnya disebelah ini.

Pola angin ini akan menentukan basah tidaknya angin yang juga kerap kali membawa uap air yang berasal dari lautan. Coba perhatikan sisi barat dan sisi timur dalam sebuah benua. Tempat-tempat yang berada di sisi timur relatif lebih basah ketimbang sisi barat. Sisi barat akan memiliki daerah daerah yang sering dilewati oleh angin “basah”. Lebih detil bisa dilihat pada bentua Australia. disebelah ini. Australia Barat sangat kering dibandingkan Australia Timur. Hal ini disebabkan angin yang membawa uap air terpengaruh oleh perputaran bumi yang disebut efek “Coriolis”. Coba bayangkan kalau bumi berputar kearah timur. Tentusaja angin akan relatif kearah barat.

😦 “Pakdhe coriolis itu apaan sih ?

Coriolis

Untuk mudahnya dalam konteks kali ini, Coriolis itu efek akibat pergerakan bumi yang berotasi kearah timur. Bumi ini kan berbutar dari barat ketimur, sehingga kita melihat seolah-olah matahari itu terbit dari timur. Secara mudah bisa dianalogikan dengan membawa air dalam ember diatas kereta, Ketika kereta bergerak ke timur maka air akan mengumpul di sisi sebelah barat, kan ? Disebelah kiri ini gambaran kartun, kalau saja bumi bergerak ke arah timur, maka air akan cenderung berkumpul di sisi barat dari ember

😦 “Oooh gitu ya Pakdhe ?” 😀 “Embeeer !”😛

Jadi angin akan cenderung bergerak ke barat. Akibatnya banyak daerah sebelah timur yang anginnya basah dan menyebabkan hujan, sedangkan disebelah barat anginnya sudah kering. Itulah sebabnya disebelah barat sebuah benua relatif lebih banyak yang berupa gurun.

Daerah bayang-bayang hujan.

Selain akibat Coriolis diatas, juga ada yang disebut daerah bayang-bayang hujan akibat adanya bukit yang menghadap ke laut akan lebih sering mendapat hujan. Sedangkan lereng bukit disebaliknya akan mendapatkan angin kering. Disebelah kanan ini menunjukkan bagaimana angin dari laut yang mengenaik sebuah bukit menyebabkan timbulnya hujan. Sedangkan di lereng sebaliknya akan menjadi bayang-bayang hujan. Anginnya kering dan angin kering ini bila panas sering menyebabkan bencana angin kering. DI Sumatra ada angin yang dikenal dengan nama angin Bahorok. Angin Bahorok ini angin kering akibat bayang-bayang hujan. Mengapa angin yang naik ini menyebabkan hujan? Masih ingat kondensasi ? Ya kondensasi dari uap air menjadi hujan disebabkan karena adanya perubahan tekanan dan suhu. Semakin ke atas tekanan berkurang, juga suhunya berkurang, sehingga titik-titik uap air yang terangkut angin terkondensasi menjadi hujan.

😀 “Daerah mana yang paling banyak hujan di Indonesia ini, Thole ?” 😀 “oooh Jadi bogor itu karena lerengnya menghadap laut Jawa, makanya sering hujan ya Pakdhe. Sedangkan di Sukabumi sedikit hujannya. Wah tahu aku Pakdhe !”

Dengan demikian kita tahu bahwa alam ini membentuk bermacam-macam bentuk iklim yang cukup unik. Tidak berarti bahwa manusia boleh menebang hutan seenaknya looh. Namun perlu dimengerti bahwa hutan gundul akan menyebabkan longsor ketika air hujan tidak ada yang mengontrol.

😦 “Oooh jadi daerah gundul itu bisa juga disebabkan oleh alam ya Pakdhe ?” 😀 “Lah hiya, tapi tidak boleh trus kalau ada penggundulan mengatakan itu akibat kurang hujan thole.”

30 Tanggapan

  1. nyimak sambil garuk2 burung gatal😛

  2. kenapa di indonesia ga ada gurun pasir ? apa bedanya gurun pasir dan gumuk pasir ?
    mohon infonya🙂

  3. Saya jg mw tanggapi komentar Dinsky

    1.Minyak bumi bukan dari tumbuhan,melainkan dari zooplankton,hewan2 laut kecil,diatome..klo tumbuhan hanya jenis2 paku/pakis saja yg nantinya akan menjadi batu bara,bukan minyak bumi..

    2.Adanya minyak bumi di arab,lebih tepat klo kita sebut dulu di situ adalah laut..sama skali bukan hutan..dan 1 point penting bahwa bumi kita bergerak (tektonique de plaque,versi Prancis🙂 ),bukti bahwa bumi kita bergerak contohnya ada gempa bumi,..di utara Prancis bahkan ada tambang batu bara,yang tentu saja berasal dari tumbuhan paku,tumbuhan di daerah tropis…dengan kata lain,utara Prancis yg sekarang pernah menempati daerah tropis/khatulistiwa…

  4. Saya sempat belajar tentang meteorologi dan dari penjelasan yg saya tangkap,memang daerah gurun terjadi karena sirkulasi atmosphere (sirkulasi hadley,ferrel,polar) untuk gurun2 yang letaknya di latitude 30 derajat utara maupun selatan..dan juga bisa karena topografi,seperti gurun di timur pegunungan andes…

    sirkulasi hadley terdapat dari equator sampai 30 derajat utara/selatan bumi..di equator,kita dapat sinar matahari sepanjang tahun,udaranya jadi panas,udara panas ini kurang densitasnya klo dibanding udara dingin,hasilnya,dia akan naik ke atas dan turun di derajat 30 utara/selatan..:)

  5. hemmm…
    Menurut saya malah agak menyimpang lagi.
    Banyaknya gurun di daerah timur tengah, asia, dan afrika disebabkan oleh dahsyatnya banjir bandang zaman nabi Nuh.
    Kita tau dari sejarah, ketika itu langit menumpahkan airnya, bumi memuntahkan air, dan laut meluapkan airnya. Sehingga gunung yg tinggi2 sekalipun dapat terlampaui oleh banjir itu. Sehingga bukan hanya tumbuhan dan hewan2 yg terkubur tapi juga peradaban2 maju ketika itu. Maka ka’bah terkubur, piramida terkubur.
    Itu Hehehe

  6. oh begitu to pak!!
    pak oasis niku nopo tow??

  7. penjelasannya kurang jelas d
    an maknanya kurang meluas

  8. wew

    dari mana pak dhe tau ya?????

  9. eh,kalau kita ngadain hujan buatan di gurun sahara gimana ya pak???
    daripada buang2 air buat main sinetron!!!

  10. x pAham laaaa ;P

  11. Pakdhe, diatas itu kok ada embernya?/
    heheheee…

  12. Pakde…dongeng monsun nda ada ya?🙂 *ngarep (bgt) mode on*

  13. kalau terbentuknjya gurun di autralia gimana ya proses terjadinya??????

  14. bener jadi teringat kisah Pak Guru mengenai terbentuknya gurun karena hutan ditebangi contoh di Afrika… tapi pikir2 apa iya bisa seluas itu kalo ditebangi manusia… jaman dulu kan manusia kan sedikit jadi sulit lah kalo gurun2 pasir saat ini terjadi karena penebangan hutan.

  15. […] RuPa-RupI | Tags: eolian, gurun, oasis Setelah mendongeng tentang gumuk pasir dan diteruskan dengan terbentuknya gurun dan secara kebetulan saja ada yang menanyakan : pak de, kenapa ya bisa terbentuk genangan air […]

  16. Terima kasih untuk pengetahuan “baru” ini. Jadi pengen tahu lebih banyak. Soalnya, selama ini anggapan umum terjadinya gurun karena pembabatan hutan.

  17. Pak Dhe, teori itu berlaku terbalik gak? klo sedikitnya pohon dikarenakan ketidak adaan air, bagaimana dengan banyaknya pohon membuat kelembaban udara meningkat. soalnya saya pernah liat di tv, bagaimana seorang yahudi di israel sono membuat hutan di gurun pasir. awalnya memang airnya di kontrol, dan pohon2nya memang yg sedikit membutuhkan air, tetapi lama kelamaan daerah tersebut juga di tumbuhi tumbuhan2 lain tanpa ditanam secara sengaja….

  18. pak de,
    kenapa ya bisa terbentuk genangan air ?

    –> Ketika ada batuan-batuan yang terkena pelapukan ini tentu saja ada yang menjadi butiran-butiran ukuran suanggat haluus atau berupa lempung. Lempung ini akan menjadi lapisan batuan yang lama kelamaan menjadi sebuah penahan air supaya tidak lolos kebawah.
    OK deh nanti aku tuliskan tersendiri, tentang terbentuknya oasis 😛

  19. To zaldigea:
    Om vicky pernah ngulas di
    https://rovicky.wordpress.com/2008/01/18/zamzam-pernah-kering/ tentang air zam2 (dari reservoir juga kan, di gurun pasir lagi.

  20. boleh ikutan ga om vick? baru nemu nih blog ini..baca2 ternyata bisa masuk juga, maklum otakku rada2 sableng dikit, susah buat diajak mikir🙂

    met kenal om, salut and iri juga nih sama om vicky bisa bikin blog yang menarik…aku bikin blog rada pusing juga buat ngisinya, abis kalo nulis larinya kemana2

    cuma mo komentar dikit tentang tulisan “gurun” di atas, sambil mikir berandai-andai😛
    kayaknya perlu juga tuh dikaji ulang, apa morfologi yang mengakibatkan perubahan cuaca ato cuaca yang bikin perubahan morfologi, dua2nya kayaknya benar om tapi kalo dalam konteks “gurun tadi mana yang benar? kalo ga salah pemahaman saya ni, “gurun” diatas sesuai dengan pernyataan “cuaca yang bikin perubahan morfologi.

    seandainya gini om, gurun kan kebanyakan batuan tua tuh, berulangkali tererosi and terendapkan sampai ukurannya pasir homogen, porositas cukup bagus, dengan sedimen permiable (meloloskan air) tebal sehingga ga ada lapisan impermiable buat nahan air, bla, blaa, blaa…endingnya ya kayak gitu, kepanjangan kalo diterusin🙂

    mo nanya ni om, berhubung saya ga di oil palagi eksplorasi di gurun, ada ga om ngebor di gurun ketemu reservoar air?

    thx om, dah ngasih kesempatan…

  21. ooo ternyata gitu ya om….

  22. Wah mas dinsky bukan geologist ya, he…he..
    Masa minyak asalnya dari kuburan hutan, nanti orang2 pertamina pada ngebor dong di kuburan2 sama bong2 cina.
    Kalo kemarin sich sempet di NGC ada liputan tentang pembentukan gurun di California?? (cmiiw), yang menunjukan bahwa sebelumnya ada danau yang diambil airnya, lama2 setelah air habis maka terbentuklah gurun yang pada akhirnya menyebabkan masalah baru seperti badai gurun, gangguan pernafasan etc.
    Jadi mungkin saja gurun terbentuk karena ulah manusia, tapi menurutku selebihnya dominan karena proses alami.

  23. Hebat bener dapat informasinya darimana Pak Dhe… sampai se detail gitu… ckckck

    …tapi ngomong-ngomong
    sudah pernah ke Gunung belum … naik mobil Kijang.

    Trus ikutan lomba menulis Blog. Ayoo ikutan ..hadiahnya jalan-jalan ke hongkong disneyland untuk 4 orang. Gabung yahhh, biar rame…

  24. gini pakdhe, dulu pandangan saya bahwa gurun terjadi karena penebangan pohon, sehingga terkonsep bahwa padang pasir itu dulunya merupakan hutan, kemudian daun dan kayu-kayunya terpendam menjadi fosil dan sekarang menjadi minyak seperti di daerah timur tengah yang kaya minyak. Ternyata pandangan yang keliru pakdhe

  25. Pakdhe, kalo tentang gurun, lapindo lebih ahli je… Di sidoarjo nanti dikasih nama gurun apa ya?😀

  26. Saya tadinya juga sulit menerima gurun akibat penebangan pohon di hutan. Tetapi kalau manusia penyebab timbulnya gurun, tentunya bisa dirunut secara kronologis to pakdhe. Dan sepertinya memang gurun-gurun di afrika maupun gurun gobi di asia itu sudah ada ketika manusia masih belum ada atau manusia purba masih belum punya teknologi seperti sekarang.
    Gurun di cina sudah ada 4.5 juta tahun lalu menurut website cina ini :

    http://www.china.org.cn/english/2002/Aug/38751.htm
    Taklimakan Desert Formed 4.5 Million Years ago

    The Taklimakan Desert located in northwestern Xinjiang Uygur Autonomous Region, the second largest desert on the globe, could have been came into being some 4.5 million years ago, according to recent research.

  27. “Daerah mana yang paling banyak hujan di Indonesia ini, Thole ?”

    “oooh Jadi bogor itu karena lerengnya menghadap laut Jawa, makanya
    sering hujan ya Pakdhe. Sedangkan di Sukabumi sedikit hujannya. Wah
    tahu aku Pakdhe !”

    Dengan demikian kita tahu bahwa alam ini membentuk bermacam-macam
    bentuk iklim yang cukup unik. Tidak berarti bahwa manusia boleh
    menebang hutan seenaknya looh. Namun perlu dimengerti bahwa hutan
    gundul akan menyebabkan longsor ketika air hujan tidak ada yang
    mengontrol.

    “Oooh jadi daerah gundul itu bisa juga disebabkan oleh alam ya Pakdhe ?”
    “Lah hiya, tapi tidak boleh trus kalau ada penggundulan mengatakan itu akibat kurang hujan thole.”

    Om, bukankah Samodera Indonesia lebih luas dari Laut Djawa?

  28. hello,
    saya pernah mencari tau juga untuk masalah gurun ini, terutama afrika.
    dari yang saya baca, saya kurang sepakat dengan artikel anda.
    evolusi bumi tidak berjalan linear, dan iklim jauh lebih kompleks untuk hanya dibaca dengan teori coriolis atau daerah bayang hujan.
    penghancuran hutan akan memberi umpan positif terbentuknya gurun atau proses penggurunan.
    daerah yang sekarang gurun banyak yang tadinya adalah hutan, dan salah satunya bisa dilihat dari sumber minyak yang ada dibawahnya. berdasarkan pemahaman bahwa sumber minyak adalah “kuburan hutan”.
    proses pengguranan di afrika contohnya disebabkan deforestasi yang kemudian berkontribusi untuk penghilangan curah hujan sampai 1/3 dari sebelumnya (saat masih lebih hijau)
    pola iklim yang sekarang adalah adalah fenotip yang bisa dibaca saat ini, sedangkan iklim sendiri seperti bumi terus berubah sesuai dengan perubahan komponen ekosistemnya.
    jadi apakah penggurunan bukan karena penebangan hutan? heum….saya pikir deforestasi adalah salah satu kontributor utama untuk penggurunan.
    mungkin saya salah, mohon tanggapan dari yang lebih tau lagi..bagus juga untuk belajar rame2..
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: