Ancaman pasca gempa Sinchuan, China


Danau Baru - Sumber detik.comAncaman pasca gempa cina tidak hanya berasal dari aftershock atau gempa susulan yang merubuhkan bangunan yang sudah rapuh digoyang gempa utama (main shock). Ancaman wabah penyakit karena kesulitan akibat rusaknya infrastruktur juga muncul ancaman-ancaman bahaya alami lainnya.

Mungkin ada yang masih ingat kejadian tahun lalu ketika di detik.com menceritakan munculnya danau yang tiba-tiba saja terisi air di Maluku. Cerita pembentukan danau itu sudah didongengkan disini.

Saat ini China sedang mengalami ancaman banjir besar akibat terbentuknya danau akibat gempa yang dikenal dengan nama “Quake-Lake”, danau yang terbentuk akibat gempa. Namun sebenarnya yang terjadi adalah danau akibat longsoran dipicu oleh gempa.

😦 “Wah kesian ya Pakdhe, sudah hancur digoyang gempa sekarang terancam disapu banjir”

😀 “Ancaman lain ada juga looh Thole”

😦 “Wah pakdhe ini kok ya suka mengancam, looh” 😛

Tahu ngga mengapa ada ahli-ahli dari Jepang datang ke China ?. Padahal sudah berpuluh-puluh tahun pesawat Jepang dilarang mendarat di China selama ini.

Terbentuknya danau gempa (Quake-lake)

Sebelum Longsor

Sebelum mengalami longsor tebing curam lembah sungai tersebut dibawahnya mengalir air seperti sungai pada umumnya. Sungai-sungai ini biasanya berada di hulu didekat pegunungan atau perbukitan, bentuk lembahnya seperti huruf V. Sungai-sungai di hilir dekat muara, biasanya lembahnya berbentuk U dan sangat lebar.

Setelah longsorKarena tebingnya yang curam, maka tebung lembah sungai ini mudah sekali longsor dan membentuk bendungan alamiah. Pengisian air ini juga tidak sekonyong-konyong dalam waktu singkat, namun perlahan-lahan sesuai dengan debit sungai yang mengalir. Sehingga makin lama bendungan alamiah ini terisi air hingga penuh.

Quake Lake Sinchuan ChinaDi sebelah ini adalah salh satu foto dari danau “buatan alam” yang berbahaya jika air dalam danau tumpah dan mengancam tahukah anda seberapa besar ancaman ini ?

Menurut Reuter danau yang menahan air ini terisi 128 juta meter kubik air, satu diantara 34 dari yang disebut sebagai “barrier lakes” akibat dari longsoran. menurut pejabat setempat 69 damtelah ditinggalkan karena ancaman longsor sebentar lagi, 310 dianggap sebagai ancman besar (“highly dangerous situations”), dan konon masih ada longsoran kecil-kecil membentuk dam sejumlah 1424 yang merupakan ancaman menengah.

Mengapa banyak terbentuk quake-lake ?

Topografi sekitar Sinchuan

Mekanisme terbentunya quake-lake adalah longsoran pada sungai. Longsoran tentusaja akan terjadi pada daerah yang berpotensi longsor. Daerah ini tentusaja daerah yang berlereng curam.

Nah coba tengok gambar disebelah ini. Di gambar itu diperlihatkan bentuk morfologi serta topografi di daerah sekitar Sinchuan ini.

Sedangkan profil dari titik A-B dapat terlihat bahwa terdapat sebuah patahan naik (Thrust Fault) yang merupakan patahan yang bergeser ketika gempa itu terjadi. Secara lateral titik-titik pusat gempa ini bergerak dari selatan ke utara.

Akibat terjalnya bukit-bukit disebelah barat inilah yang menyebabkan banyaknya “quake-lake” (danau gempa) yang saat ini mengancam daerah-daerah di dataran disebelah timurnya.

Ancaman Radioaktif

😦 “Haddduh Pakdhe ini ska banget mengancam looh”.

Di Provinsi Shinchuan terdapat pusat riset nuklir yang dikhawatirkan mengalami kebocoran. Lokasi nya sekitar 100 Km dari pusat gempa (episenter. Sebuah pesawat dari Jepang dikabarkan telah mendarat di China. Kemungkinan membawa peralatan pengawasan pusat-pusat reaktor nuklir yang cukup banyak di China. Namun berita terkahir menyebutkan semua PLTN di China ini dalam kondisi terkawal.

Iklan

5 Tanggapan

  1. yang bikin patahannya aktif apa tu om?

    bukannya daratannya china termasuk daratan yang stabil, ga ada aktifitas tektonik atopun vulkanik.

    ato jangan2 saya yang kurang referensi ni 🙂 maklum masih junior

    –> Yang bikin patahan ini aktif adalah bergeraknya plate India ke arah utara yang membentuk Himalaya. Setelah numbuk asia, lempeng India ini menyebabkan adanya gaya kearah timur yang menyebabkan patahan naik diatas itu.

  2. artikel bgs…
    nek di gempa jogja dl bs tjd ky gt mboten?
    soale kula niku wong jogja..
    antisipasine apa yo?

  3. artikel ini bermutu banget buat nambah catatan mata kuliah fisika lingkungan

  4. sip!! jadi bahan buat kti yang lagi aku bikin dgn tenggat wkt bsk!!!

    thanks a lot!!!

  5. wow…dahsyat bgt pak Rovick.artikel bermutu
    tambah ilmu lagi ilmuku hari ini…
    alhamdulillah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: