Lagu Kartini Tiga Stanza


34754297lg3[1]Wah aku hampir lupa bahwa hari ini merupakan hari bersejarah, paling tidak buat jamanku waktu kecil. Jaman SD dulu setiap hari kartini artinya “Hari berpakaian daerah !”. Mboh silahkan anda kritik habis-habisan peringatan yang sekedar seremonial ini. Namun aku masih ingat banget setiap tanggal 21 Apri selalu saja persewaan pakaian daerah adalah hari panen raya.

Lagu Kartini juga tiga Stanza

Nah aku hari ini malah terkaget dan tersenyum ternyata lagu Ibu Kartini juga ada versi tiga stanza yang kutemukan di Wikimu sini yang menemukan Oni Suryaman … aku pikir tadinya Roy Suryo, kok sama ada “Surya”-nya :):

Ibu KARTINI

Raden Adjeng Kartini, puteri sedjati
Puteri Indonesia, harum namanja
Raden Adjeng Kartini, pendekar isteri
Pendekar kaumnja, untuk mulia.

Raden Adjeng Kartini, pendekar isteri
Pendekar kaum ibu, tanah airnja
Raden Adjeng Kartini, penjuluh budi
Penjuluh bangsanja, karena tjita-tjitanja.

Raden Adjeng Kartini, pendekar djauhari
Puteri jang berdjasa, se Indonesia
Raden Adjeng Kartini, puteri jang sutji
Puteri jang merdeka, tjita-tjitanja.

Refrein:

Wahai Raden Adjeng Kartini
Puteri jang mulia
Sungguh besar tjita-tjitamu
Bagi Indonesia.

disalin dari buku karangan Tamar Djaja, Pusaka Indonesia, hal 729
terbitan Penerbit Bulan Bintang, 1966

Ah cuman mengingat masa kecil dulu saja🙂

Foto diambil disini :

9 Tanggapan

  1. Yang membuat saya tak habis pikir sampai sekarang adalah kenapa kartini disebut pahlawan emansipasi wanita? perjuangan kongkrit seperti apakah yg ia lakukan?

  2. Menurut GKR Hemas (Garwane Sinuwun), kodrat wanita yang berbeda dari laki-laki ada 4 M (Menstruasi, Mengandung, Melahirkan dan Menyusui).

    Menurut saya perlu ditambahin lagi deh, yaitu: Mbenakke Genteng, Mbenakke Pipo Ledeng, Mbenakke Mesin Motor,………..

    Mas Tri dari Pakem


    —> Wakakakaka ….😀
    Mas Tri … minum obat dulu ya … hahahahahaha😛

  3. UAN numbero uno, mana sempet mikir Kartini ama Bumi, sembako amburadul kabeh!

  4. maaf..maaf..buat yg gak suka “hal-hal” berbau nasional,sprt berbusana daerah,saya maklum banget..mngkn krn “hal-hal” itu merendahkan nilai2 kemodernan dan kemampuan intelektualitas yg bersangkutan..pdhl di malaysia yg konon “penjahat budaya” itu,dan lbh maju dari kita pd hari2 trtntu para prempuannya menggunakan busana kebaya pnjang dan sarong utk beraktifitas..dan itu gak pandang ras!bangsaku ini koq makin stupid aja ya?baru sedikit pandai,sedikit kaya,sedikit terkenal,sedikit berkuasa,lagaknya udah merasa setara bill gates..andai satu saat kelak.negara Indonesia Raya ini hanya tinggal seluas lapangan badminton,saya akan tetap tegak disana mempertahankan dan menjaga lbu Pertiwiku..Hidup Perempuan Indonesia!semoga Allah memuliakan andhika semua..Amin

  5. tadinya hari ini aku menjadi pembina upacara untuk memperingati hari Kartini, yah untuk membangkitkan rasa akan cinta budaya sendiri aku berkeinginana pakai baju daerah, eh ketika aku sudah siapkan semuanya ya hujan. ngga jadi deh upacara, padahal aku sudah siapin semuanya.
    kalo dipikir siapa sih Kartini itu, paling sama dengan Karsini, karni ato lik Muji. tapi yang mbedain itu semangatnya . Kartini lah pelopor untuk memperjuangkan kaumnya
    dan ternyata perjuangannya tak sia2 bok.
    ada sopir wanita, ada buruh wanita, ada kepsek wanita, ada presiden waniata.
    dan tentang pakai baju adat, sebenarnya saya sangat setuju banget. kalo tidak kita yang mencintai lalu siapa lagi. saya sedih kalo anak2 sekarang sudah tidak mencintai adat dan budaya sendiri.
    nanti kalo diambil negara lain kita marah
    memeng jaman sekarang itu jaman ra nggenah.
    ya bagaimanapun juga saya tetap bangga menjadi orang Indonesia.

  6. Iya mas,
    Keinget upacara tadi pagi,🙂

  7. Selamat Hari Kartini, Pakdhe.😀

  8. Aku juga hampir lupa kalau hari ini adalah hari Kartini. Untung tadi pagi diingetkan oleh teman.

  9. beruntungnya saya pakdhe, yang tidak pernah disuruh oleh sekolah bersusah payah untuk berpakaian daerah, ngliat adik saya pake pakaian daerah saja pas SD dulu, udah bikin saya ketawa-ketawa gitu ..

    untungnya saya ndak pernah disuruh, tahu kali gurunya kalau saya ndak suka pake baju serba ribet gitu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: