Gunung Kelud Meletus !!!


Ini letusan 2007. Untuk letusan 2014 silahkan klik kesini :

Letusan G Kelud 2014

Akhirnya Gunung Kelud dinyatakan meletus pada Sabtu, 3 Nov 2007, jam 16.00 WIB

Kediri (ANTARA News) - Gunung Kelud (1.751 m) dinyatakan telah meletus setelah terjadi gempa tremor over schale Sabtu sore sejak pukul 16.00 WIB.
Ketua Tim Tanggap Darurat Umar Rosadi menyatakan, sampai sekarang letusan besar belum terjadi, tapi letusan kecil sudah.

:( “Wah yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga ya Pakdhe ? Tetapi sepertinya letusannya kecil saja ya Pakdhe ?”
:D “Pernyataan gunung meletus ini memang dipicu dengan mulai munculnya getaran-getaran (tremor) yang sudah diluar kebiasaan. Tetapi letusan belum memuncak thole”

Letusan gunung api saat ini secara ilmiah sudah dapat dikategorikan sebagai individual dan unik. demikian juga dengan Gunung Kelud yang memang memiliki karakteristik tersendiri. Dibawah ini digambarkan sederhana saja bagaimana kemungkinan terjadinya proses letusan di Gunung Kelud.

Gunung Kelud memiliki ciri khusus dengan adanya danau kawah yang terisi oleh air. Air ini dapat menjadi sumber tekanan yang meyebabkan letusan selain tekanan magma dari dalam.

1. Status AWAS.

kelud-1.jpg

Pada saat status awas, aktifitas magma dari dalam bumi ini diketahui dari naiknya suhu kawah dan adanya getaran-getaran gempa volkanik. Temperatur magma yang sangat tinggi ini akan mendekati sumbat yang menyebabkan air memanas.

:( “Pakdhe kok mirip seperti menjerang air ya”

Proses pemanasan ini juga akan mungkin diikuti dengan adanya rekahan-rekahan akibat tekanan magma, rekahan ini akan sangat mungkin menyebabkan bocornya danau. Kebocoran danau ini tentunya menyebabkan air danau menjadi uap dibawah kawah yang juga akan menambah tekanan dari dalam.

Menurut berita Antara hingga kini suhu kawah Gunung kelud mencapai 47,8 derajat Celcius. Dimana sudah jauh dari suhu ketika meletus tahun 1990. Menurut Umar, seluruh peralatan pengamatan di PPGA Margomulyo normal, namun tidak ada satupun petugas atau pengamat di sana. Sehingga peralatan itu hanya mengirimkan data lewat telemetri saja.

2. Awal Letusa Hidrovolkanik

kelud-2.jpgApabila jumlah air yang bocor masuk kedalam sudah sangat banyak akan sangat mungkin menimbulkan letusan akibat air yang mendidih. Letusan ini sering disebut sebagai letusan hidrovulkanik. Letusan ini memang akan banyak dijumpai pada gunung api yang berada dilaut, misalnya Gunung Krakatau, dan gunung-gunung api di Hawai.

Sangat mungkin yang terjadi saat ini adalah letusan-letusan awal akibat proses ini. Sangat mungkin terdengar dentuman-dentuman serta longsoran-longsoran dinding.

kalau saja tekanan magma ini terus menerus mendorong maka proses letusan akan berlanjut ke proses selanjutnya.

3. Letusan Semi Magmatik

kelud-3.jpgPada saat semua air di danau habis masuk dan bercampur dengan magma membara yang menyembul dari dalam, akan terjadi proses perubahan fase air menjadi uap secara mendadak. tentunya kita tahu ketika terjadi eprubahan fase ini maka akan terjadi perubahan tekanan. Temperatur magma ini rata-rata sekitar 600 °C hingga 1,170 °C (1110–2140 °F). Sehingga air yang terkena magma panas ini akan serta merta menjadi uap dalam sekejap. Tekanan uap air ini akan sangat besar dan mampu menggetarkan dan bahkan melemparkan material-material vulkanik diatasnya. Sumbat kawah serta kerikil dan pasir yang berada disekeliling kepundan akan mungkin terlempar keluar.

Pada saat ini juga akan terjadi ketidak seimbangan landasan atau fondasi dari dinding-dinding kawah. Munculnya retakan-retakan pada dinding kawah ini akan membuat dinding kawah runtuh. Dapat saja runtuh kedalam maupun keluar kerucut gunung api. Tergantng dari arah retakan yang terbentuk.

Sangat mungkin letusannya akan sangat besar, dan sering disebut phreatic eruption. Air yang terpanaskan ini dapat saja akhirnya keluar melalui jalan lahar. Karena aliran air berncampur pasir, kerikil dan lumpur ini panas maka disebut lahar panas.

4. Letusan Magmatik

kelud-4.jpgKetika letusan preatik (preathic eruption) terjadi bersamaan dengan aktifitas magmatik, maka akan sangat mungkin letusannya sangat dahsyat. Namun kalau saja letusan semi magmatik diatas disehabiskan terlebih dahulu kemudian diikuti dengan letusan magmatik, maka mungkin letusannya tidak optimum. Namun yang ditakutkan justru mengapa kemarin itu tanda-tanda kejadian pra letusan 1990 sudah terlihat kok masihjuga belum meletus. Seolah-olah “penahan”-nya cukup kuat. Namun kalau suatu saat terlamapaui justru letusan kali ini dapat saja lebih besar dari letusn tahun 1990. Ini yang dikhawatirkan.

Ketika letusan magmatik terjadi maka magma dari dalam akan sangat mungkin keluar melalui kepundan. Juga seandainya ada rekahan yang ditimbulkan mungkin saja magma meleleh dari samping.

Selain adanya aliran lava itu, letusan-letusan ini akan melemparkan material volkanik berupa batu kerikil, hingga abu volkanik ke udara.

letusan-kelud.jpgMenurut data sejarah letusan dari Smithsonian yang digambarkan sebelumnya disini, menunjukkan beberapakarakteristik jenis letusan yang pernah terjadi di gunung kelud diantaranya :

  • - Crater lake eruption, letusan dari kawah
  • - Explosive eruption , letusan berupa ledakan
  • - Pyroclastic flow(s), aliran material-material volkanik termasuk awan panas
  • - Phreatic explosion(s), ledakan akibat bercampuran air kedalam magma
  • - Lava dome extrusion, lelehan lava atau magma cair pijar yang keluar dari kepundan.
  • - Mudflow atau lahar, aliran material volkanik bersama dengan air.

:( “Pakdhe semoga saja letusannya tidak menelan korban ya ?”

Proses letusan itu dapat berlangsung lama

Tentunya saat ini penduduk harus sudah mulai diungsikan. Dan seperti di berita Antara bahwa yang tidak bersedia dipindahkan akan ditinggal dan dianggap bertanggung jawab sendiri. Walaupun letusan kali ini relatif kecil, perlu diwaspadai kemungkinan proses terjadinya letusan-letusan ikutan yang berkelanjutan.

Letusan Gunung Kelud yang terakhir sebelumnya terjadi pada tahun 1990 itu dinyatakan selesai setelah meletus aktif selama 45 hari Mulai 10 Feb 1990 hingga 13 Maret 1990.

Bacaan terkait :

About these ads

77 Tanggapan

  1. Sebelum gunung kelud meletus, saya sudah merasakannya, yakni udara yang sangat panas,. he he. Semoga saja bencananya cepat berakhir, dan dapat membawa berkah untuk kita semua, aamiin.

  2. […] Gunung Kelud Meletus !!! […]

  3. […] Gunung Kelud Meletus !!! (2007) […]

  4. BOOM 13/02/2014

  5. sekrang meletus lagi

  6. malam ini gunuung kelud mulai menunjukan aksinya dengan dentuman dentuman keras yang terdengar dan menggetarkan bumi dan bangunan hingga di wilayah solo. membangunkan para warga solo. semoga bencana yang terjadi tidak memakan korban..

    jika di telisik dari tulisan blog diatas, gunung kelud memiliki siklus letusan yang besar dalam kurun waktu 15tahunan. terakhir gunung kelud meledak tahun 1990 bulan feb – maret..

    sekarang memasuki bulan febuari dan maret di tahun 2014, jika dihitung ternyata waktu waktu ini adalah siklus dari letusan gunung kelud sendiri..

    dan beberapa waktu yang lalu terlihat tanda alam yaitu kalender bulan mati dan malam ini bulan terlihat lebih bulat dan jelas. mungkin ini juga mempengaruhi pergerakan air di kawah gunung kelud sendiri..

    sekian..

  7. letusan itu membawa berkah manakala disikapi dengan nalar tetapi kalau disikapi dengan emosi maka hujantan yang akan keluar bukan nalar lagi untuk itu mari kita mawas diri ini merupakan kehendak tuhan jangan kalian tolak waong letusanyaaja dirasakan orang banyak ko nda sendirian

  8. Lagi bencana dimana2 mungkin ini cobaan dari yang maha kuasa dan menjadikan introspeksi buat kita semua gan :D

  9. gunung kelud pada tahun 2013 akan meletus !
    menurut ramalan saya

  10. semoga meletusnya g kelud membawa pasir yang banyak bisa membuat rumah yang besar seperti sedia kala.

  11. >>>mmmmm…
    wah sayank aku gag bisa melihat..
    gunung kelud meletus…
    tpi muga2 aja ea gunung kelud gag bakal meletus lagi..
    ammmiiieeen??????

  12. gempa n tsunami di mentawai, letusan merapi, aktifitas anak gunung krakatau, mereka dalam satu rangkaian lempeng kan pak dhe?? begitu juga dengan Kelud, masih dlm 1 rangkaian lempeng bumi itu.

    jadi khawatir nih pak dhe, jangan2 bentar lagi giliran Kelud yg beraksi. apa lagi melihat kondisi kawah kelud sekarang, konon katanya dengan keadaan yg skarang ini, klo meletus bakal lebih gede dari yg sudah2.

    bagaimana kesiapan dan persiapan masyarakat dan pemda kediri ya pak dhe??

  13. Berarti sesaji sesaji yg biasa mereka persembahkan itu sangat amat tidak manjur, Allah marah bukannya mereka beribadah kepadaNya e malah bikin sesaji2 yg bikin musrik……

  14. ya namanya juga gunung kelud, sekali meletus patinya juga ngeluti daerah-daerak di sekitarnya tapi jangan lupa gunung kelud kalau meletus bisa sampai mana-mana loo,,,,,,
    hal yang jadi keistimewaan nya gunung kelud adalah kawasan wisata yang tidak dimiliki gunung-gunung di dunia pastinya kan,,,,,,,,,,

  15. [...] mirip seperti letusan Gunung Kelut dimana air bertemu dengan magma seperti yang pernah diceritakan disini. Letusan Hydrovolkanik yang berkembang menjadi [...]

  16. Jangan sampai gunund kelud meletus seperti beberapa tahun yang lalu.Karena jika itu terjadi akan terjadi musibah yang besar bagi kota kediri.

  17. [...] Letusannya bisa mirip seperti letusan Gunung Kelut dimana air bertemu dengan magma seperti yang pernah diceritakan disini. [...]

  18. mungkin ini adalah hasil apa yang kita lakukan saat ini jadi taat n taqwalah kpd ALLAH

  19. beritanya mana?

  20. aq gak ngerti tuch ???

  21. wih semoga meletus ya

  22. buset kok gak ada vidionya sih

  23. gunung kelud gemah ripah loh jenawi ayem tentrem tata raharja

  24. gunung kelud mutah kawah

  25. Ass.komentar koe saat gunung meletus:mungkin kita tahu dalam Alquran banyak ditemui ayat ayat ALLAH.SESUNGGUHNYA KITA HIDUP DI DUNIA CUMA SEMENTARA DAN YG HARUS DIKETAHUIBAHWA YG MENYEBABKAN ALAM BUMI INI USIA NYA SANGAT TUA SEKALI.

  26. masya allah…………. semua kembali pada allah azzawazala….

  27. katakan bahwa metusnya gunung merapi itu merupakan teguran bagi kita semua…..

  28. gunung meletus merupakan peristiwa alami, dengan adanya letusan gunung selain berdampak buruk juga ada dampak baiknya bagi kehidupan masyarakat yaitu kondisi tanah menjadi lebih subur

  29. ila bener kok bisa yah ga bisa yahng diapa-apakan tetapi mengapa semua itu bisa terjadi

  30. balon adikku juga meletus dan dia hanya bisa menangis sambil berharap mendapat ganti yang lebih baik. Semoga letusan Kelud membawa berkah dan pelajaran bagi yang hidup.

  31. semoga gunung meletus ga muncul lagi ya
    smoga indonesia ga menangis lagi
    qey. . . .

  32. yaah q cm mw ksh sran aja,jgn lg deh bwt kesalahan yg bs bkin tuhan marah

  33. gunung kelud gak jd meletus….
    aman dech…
    tinggal anak krakatau aja…
    makanya jangan banyak bikin dosa jd orang…
    tuhan marah tuch jd na…
    koruptor tobat dech cepetan mumpung belom kiamat…

  34. pakdhe..aku dengar gunung kelud gak jadi meletus, tp kata orang disampingnya sekarang muncul satu gunung lagi(anaknya gunung kelud) bener gak sich kata orang….

  35. pakde kalau gunung krakatau meletus kira kira sampe tanjung karang gak yach…

  36. walaupun sekarang gunung kelud statusnya diturunkan,namun kita harus tetap waspada, jangan-jangan kalu kita lengah malah gunung kelud malah meletus

  37. Semoga dengan meletusnya g. Kelud, tidak banyak korban jiwa.Selain itu saya berharap material letusan (pasir, bom, kerikil dll)yang dikeluarkan g Kelud banyak bermanfaat untuk daerah sekitar sehingga daerah sekitar menjadi subur. Kula saking tebih mendoakan mug-mugi penduduk sekitar g Kelud tabah menghadapi musibah ini.Amin

  38. yah tawakkal aja kepada Allah semua kan terjadi atas kehendaknya. kita hanya bisa berusaha betulkan pakdhe

  39. sedikit klise ahhhh..
    ambil hikmahnya dan jangan lupa terus makin mendekatkan diri kepadaNYA..

  40. akhirnya ternyata gunung kelud tidak jadi meletus, dan yang terjai malah munculnya kubah lava yang sekarang mencapai 192 meter.
    bagaimana hal ini bisa terjadi, lewat mana penambahan kubah lava tersebut ?

  41. ah…..bagi saya gunung apapun namanya dan apapun karakteristiknya…..serta seperti apapun hebatnya letusan gunung tersebut…………Itu semua masih dalam taraf kewajaran sang alam……….sebab apa yang dimaui oleh alam … kita sabagai manusia yg telah dikodratkan sebagai penguasa alam ini tidak bisa menyesuaikan diri dan tidak bisa menjaga kelestariannya……Oleh sebab itulah…..kemurkaan alam harus kita terima dengan mata dan hati terbuka serta dengan kerendahan hati kita berusaha mengerti apa yang dimaui oleh SANG ALAM itu sendiri…

  42. ASSLMKM,
    YACH MESKI GUNUNG KELUD SUDAH DIKABARKAN MELETUS TAPI KOK SEPERTI BELUM TUNTAS YA.YA SAYA BERHARAP MOGA2 CEPET TUNTAS MELETUSNYA.SOALNYA SISWA SISWI DI BLITAR(UMUMNYA)MERASA WAS WAS DAN GAK NYAMAN BELAJAR DISEKOLAH.APALAGI ADA YANG MASUK SIANG.

  43. pkok na dongeng geologi keren dech, aku bisa belajar banyak dari sini……….GoOd Job

  44. namanya alam yaa pak dhe.. bisa di perkirakan tapi susah di tebak.
    yang penting hati hati semua dan sama2 tau akibat letusannya kelut. jadi bener kata pak dhe klo lebih baik hati hati akan akibatnya.tuh dah jelas banget penjelasannya. tinggal tanggapan manuasianya di sekitar gunung kelut sendiri gimana,klo pengen selamat lebih baik ngungsi. makasih pak dhe semuanya.. rumah saya deket kelut juga nih,, jadi gak tenang ,mudah mudahan gak ada korban jiwa.

  45. semoga bukan permulaan, tapi…akhir dari permulaan …..

  46. saya sampai sekarang masih di Pluncing. Malah, waktu dumumkan meletus, jam 3 sorenya saya masih di Margomulyo. makin kuatir, habis kok makin lama makin mendidih danau kawahnya :(

  47. setelah beberapa minggu kelud beraktivitas ternyata meletus juga tuh gunung, mudah-mudahan letusan itu saja yang terjadi, dan bagi masyarakat yang mengungsi mohon sabar ya Mas, Bhak, dan tole semoga tidak banyak korban apabila kita banyak bersabar. amin

  48. kelud meletus jadi takut karna deket dari rumah cowok ku krakatau meletus gue juga takut nantinya tidak ada penyebrangan nanti cowokku nga bisa nglamr gue di lampung.. tp qt harus waspada dan bayak berdoa oke frend

  49. OOT nih, mau tanya bagaimana analisa soal anak krakatau ? apakah si anak akan se”heboh” ibunya ?

    Lihat di televisi sudah ada pijar api dari kawah baru yang ada di sisi selatan

  50. waduh…kalo sudah membicarakan masalah gunung meletus gini yang terbayang adalah korban. Bukan hanya manusia tetapi juga ternak dan lahan yang memang nanti berhubungan dgn manusia. Kalau bilang gunung meletus membawa kesuburan memang benar, tapi prosesnya berapa lama, dan apa yang akan dilakukan warga di sekitar sana untuk bertahan hidup. Wah semoga sudah terpikirkan dan dicari pemecahannya. Bukan begitu Pakde?

  51. saya di Malang pakde (kemarin kita bincang2 di pesta blogger Jakarta).

    Getarannya Letusan Kelud kok gak sampe sini ya?, padahal kan tetanggaan sama kediri, malahan tadi saya ihat di berita orang2 malang yang 6 km dari kelud juga masih adem ayem saja gak mau ngungsi :).

    Yang sering nyampe sini akhir-akhir ini malah kiriman abu dari Mahameru/ Semeru.

    any comment pakde?

  52. barusan saya nyampe dari Blitar, kebetulan keluarga besar banyak disana, kalau melihat situasinya jadi inget letusan th. 90, remang-remang, cuman waktu itu tiap hari rumah. mengenai ada tidak adanya korban ini yang perlu di perhatikan, kenapa yach orang-orang kita lebih percaya sama kebiasaan alam, daripada anjuran/teori pakar vulkanolgi,menurut kakap sepupu, masih banyak warga sekitar yang tidak mau meninggalkan zona bahaya Kelud, alasannya, “paling letusannya seperti yang dulu-dulu-dulu”, padahal potensi lahar dingin sangat tinggi, lah wong mulai kemarin Blitar dan sekitarnya di grujuk hujan terus.

  53. Wah…omahku di kaki gunung kelud e pak de…, gmana kabarnya orang sana pak de…, aku mencoba menghubungi rumahku ga ada yang ngangkat ini…,sekarang aku lagi di melbourne australia…, rodo kuatir ki pak de…

  54. kalau untuk gunung meletus diganti menjadi gunung meledak, mgkn gak pak dhe? kalau meledak, pasti gunungnya hancur berkeping-keping ya Pak dhe? Pernah itu terjadi?

  55. yang jelas gunung kelud sudah meletus walaupun kecil tapi perlu di waspadai dan saya kuatir kalau2…….pihak pemerintah belum siap kalo2 memang benar meletus berskala besar,saya mendoakan semoga masyarakat di sekitar Gunung kelud tabah dan tidak ada korban.

  56. Syukurlah P’Dhe, akhirnya meletus juga… Jika ditahan-tahan nanti malah letusannya lebih dahsyat seperti penyakit bisulan. Yang penting sudah disiapkan cara menanggulanginya.

  57. Meletus sih gpp..yg penting gak ada korban jiwa.
    mungkin sudah saatnya meletus..

  58. kiRimin mbAh mArijAn ja boZ…

    suRuh di mAntrAin tuh guNung…

    wAt wArga SanA,,,
    tAbAh ja y,,,
    swAtu sAat cobAan tu bErakhiR koQ…

  59. semua sudah dan sedang terjadi, kita tunggu Bpk SBY berkantor di sana, hehehehe.
    Semoga masyarakat di sekitar kelud tabah, dan kita berdo’a kelud sekarang tidak menelan korban jiwa, amiin

  60. Pak Dhe…, kita tetep gak bisa memperkirakan kapan dia bernyanyi ya….
    Otto sich berharap dia cepet-cepet bernyanyi, dengan suara yang lantang, minimal sama dengan tahun 1990 atau kalo bisa lebih, karena kasian tuch yang di pengungsian.
    Lebih cepat lebih baik khan….

  61. wah, mulai ada letusan kecil ta??? moga2 cepet meletus biar aQ gak was2,,hehe_
    dijelaskan taon 90,letusan kelud dinyatakan selesai setelah meletus aktif selama 45hari. busyeet…lma banget.. bisa terus khawatir seLama itu duNK..=(
    moga2 juga, korbannya gak banyak.AMIN

  62. ‘Menunggu’ meletusnya gunung.. seperti menunggu ‘wanita mau melahirkan’ ya..
    deg..edeg..deg.. serrrr…

    bisa selamat.. bisa juga memakan korban jiwa..
    semoga aja penduduk kelud selamat semua..
    dan pemerintah bisa segera tanggap..

  63. Pernyataan meletusnya kali ini yang dilansir Antara diatas lebih didasarkan oleh tremor serta suhu kawah yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun berdasarkan tanda-tanda sebelumnya, banyak ahli yang memperkirakan ini bukan ‘letusan’ besarnya. Jadi masih terus waspada, letusannya masih ada kemungkinan meningkat lagi.

  64. wah dah meletus ya??

    ato cuma baru permulaan?

  65. Syukurlah..akhirnya ia muntah juga. mudah2an kelud cuma masuk angin doang! :D

  66. untung letusannya gak eksplosif seperti pinatubo..

  67. Di daerah saya Tangerang, ada penjual ‘singkong meletus’ Pakdhe.

    Bedanya dengan Kelud meletus, justru singkong ini belum layak dan enak disantap, kalau belum meletus…

    Jadi meletus itu ternyata tak selamanya dihindari khan?

    Biar gak spaneng mikirin letusan melulu Pakdhe :)

    Salam kenal.

  68. kalau meletus kecil-kecil berarti malah bagus to Pakdhe? biar ga mengagetkan alam semesta dan manusia2nya…

  69. Seperti yang pernah digambarkan dahulu disini, bahwa hubungan antara gempa, gunung api astronomi serta gaya endogen selalu saling terkait.

  70. Pak Dhe, kenapa ya Gunung Kelud dan Krakatau meletus hampir bersamaan? Pengaruh gempa tektonik tempo hari?

    Kenapa juga Merapi tidak terpengaruh gempa itu Pak Dhe? Apa karena Merapi habis meletus?

  71. Gunung Kelud memang berkembang. Kondisi dahulu sebelum meletus tahun 1990 sangat mungkin berbeda dengan kondisi saat ini. Makanya dahulu dengan suhu air 40 sudah dinayatakan meletus. Saat ini suhu sudah diatas 47 C, tentunya kondisi sudah bisa-bisa saja dinayatakan meletus.
    Status ini memang tidak ada patokannya khusus. Yang terpenting kalau sudah memungkinkan menelan korban maka status meletus ini akan lebih baik untuk menghindarkan jatuhnya korban.
    Walaupun tremor-tremornya berkurang bukan berarti terus mereda dan proses letusan berhenti.
    Ingat ! Tahun 1990 dinyatakan aktif meletus selama 45 hari !

  72. Sepertinya kondisi kelud saat ini tidak sama dengan kondisi pra letusan 1990 ya Pakdhe ?

  73. Semoga tidak ada korban jiwa… bahkan setelah letusan tanah jadi lebih subur (inget waktu pelajaran SD). mbah ronggo… mbah ronggo.. ngungsi mbah….

  74. iya pakde, tadi nonton berita di tivi. mudah2an gak ada korban jiwa ya? amiin…

  75. pertamaxxx…

    heheh..pakde, akhirnya, setelah sekian lama hanya membaca, mencermati dan manggut-manggut. kali ini saya beranikan diri untuk berkomentar.

    Pakdhe, saya video editor di sebuah tv satelit berlangganan. Tadi sore, saya sempet kaget sewaktu sedang mengedit berita, tiba-tipa sang asisten produksi menyerahkan naskah berita tentang gunung kelud meletus. Ada rasa lega (ya ampun, kok tega ya bilang lega, maksud saya adalah apa yg selama ini ditunggu dan ditakutkan akhirnya tak terelakkan juga) sekaligus khawatir tentang dampak letusan.

    Sempat mengira2 letusannya seperti apa. Karena sumber berita yg saya edit, dari reuters dan APTN, belum memiliki gambar terbaru ttg letusan. Yang pertama kali terlintas adalah blok pakde ini. Saya langsung buka, dan bener aja, beritanya udah ada disini. Wah pakde memang bener2 up to date :)

    ditunggu kelanjutan berita dan analisis campur dongeng dari pakde yg ciamik ttg kelud

    rgds,
    edli

  76. Ya bener, letusan itu juga memberi berkah kesuburan. Karena material-material volkanik ini banyak mengandung unsur hara.
    Yang penting saat ini harus dihindari kalau Kanjeng Kelud sedang batuk dan berdehem-dehem bengini.

  77. wah, semoga saja letusannya tidak membawa korban, dan memberikan kemanfaatan lainnya, agar tanah sekelilingnya jadi subur …. (eh masih bener kan pakdhe, kalau letusan gunung bisa menyuburkan tanah?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.173 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: