AWAS TSUNAMI UTK BENGKULU !!!!


gempa-bengkulu.jpg

AWAS TSUNAMI UTK BENGKULU !!!!

Region: SOUTHERN SUMATRA, INDONESIA

Geographic coordinates: 4.369S, 101.557E
Magnitude: 7.9 Mb
Depth: 15 km
Universal Time (UTC): 12 Sep 2007 11:10:24
Time near the Epicenter: 12 Sep 2007 18:10:24

Location with respect to nearby cities:
103 km (64 miles) SW (230 degrees) of Bengkulu, Sumatra, Indonesia
386 km (240 miles) WSW (246 degrees) of Palembang, Sumatra, Indonesia
387 km (240 miles) SW (216 degrees) of Jambi, Sumatra, Indonesia
608 km (378 miles) WNW (289 degrees) of JAKARTA, Java, Indonesia

Kalau ada yang masih ingat tumpukan tenaga gempa ini pernah dipublikasikan juga di Blog sini, Coba klik dibawah ini:

Peta regangan by W Triyoso, 2006Tempat-tempat yg perlu di’antisipasi’ gempa

Secara singkat gambar disebelah kiri ini menunjukkan dimana tumpukan yang belum terlepaskan di Selatan Bengkulu ini. Ini menunjukkan metode yang GPS dengan aplikasigeostatistik yang dibuat oleh Pak Wahyu Triyoso Phd dari ITB – Institut Teknologi Bandung, merupakan salah satu metode untuk “mengantisipasi gempa“. Sekali lagi mengantisipasi, bukan meramalkan. Karena kita masih belum mampu meramalkan kapan dan dimana akan terjadinya secara akurat.

Pak Wahyu Triyoso dan juga Pak Dany pernah berbicara bahwa metode GPS cukup ampuh dalam melihat daerah-daerah yang berpotensi gempa.

gempa-bengkulu.gifkoreksi-gempa-bengkulu.gifMenurut catatan USGS gempa terjadi dua kali dalam waktu yang sangat dekat hanya selisih 8 menit saja.

M 7.8 2007/09/12 11:10:31 GMT Lat -3.840 Long 102.170 Kedalaman 33.0 Km
M 7.9 2007/09/12 11:10:23 GMT Lat -4.519 Long 101.346 Kedalaman 10.0 Km

Dikoreksi lagi oleh USGS, ternyata hanya satu kali pada

M 7.9 2007/09/12 11:10:26 GMT; Lat -4.517 Long 101.382; Kedalaman 30.0 Km

Semoga saja tidak menyebabkan korban gempa kali ini. Dan skali lagi WASPADA IS YOUR EARLY WARNING !

Alhamdulillah tidak ada kabar tsunami, yang akhirnya BMG mencabut peringatan sebelumnya. Namun ada getaran gempa lain yang menyusul baca berikutnya tentang

.

Iklan

48 Tanggapan

  1. […] kembali mengguncang Bengkulu, provinsi tempatku bekerja. Meski saat ini aku sedang tidak berada di sana, tapi kejadian ini cukup […]

  2. yah udah,,,!!! dari pada mikirin gempa, mendingan kita tobat ajah, mumpung masih hidup.
    he he he

  3. wktu gmpa yg kaya iya la….gbnr kota bkl….

  4. Sabar… tawakal…dan berserah diri ja dech…..
    Insya Allah kita akan slalu dalam lindungan Nya. amiiien….

  5. Weleh..weleh….

    itu terjadi beberapa saat yg lalu….
    waktu aku lom knal ma cowo bengkulu, gmn jadinya klo aku hijrah kesana?
    tatuuuuttt…..
    aku fikir ” dulu dech…cz aku gk mau hidup dalam ketidak tenangan,wlwpun yg namanya azal datang bs dimana & Kapan ja….

  6. Sy ikut prihatin. Walo sy tidak tinggal di BEngkulu, sy pernah merasakan gempanya tahun 2000 dulu, waktu sy masih di bengkulu.

  7. Kami murid SMP Sint.Carolus Bengkulu yang sekolahnya dket banget sama bibir laut…

    Sudah tidak mulai panik apabila ada gempa maupun terjadi tsunami,karena kami sudah siap dan tidak takut akan bencana yang akan melanda karena kami selalu waspada…

  8. Kami murid SMP Sint.Carolus yang sekolahnya dket banget sama bibir laut…

    Sudah tidak mulai panik apabila ada gempa maupun terjadi tsunami,karena kami sudah siap dan tidak takut akan bencana yang akan melanda karena kami selalu waspada…

  9. bagaimana keadaan ipuh?
    Tolong dijawab secepatnya…
    Setau saya,ipuh Kan lumayan dekat dgn muko2.
    Saya sangat khawatir dgn keluarga saya disana.

  10. assalamualaikum,wah aku cukup bersedih,mudah2an isu2 terakhir ini nggak terjadi,soalnya orang tua aku ada di kab.seluma,sdangkan aku sendiri sekarang ada di jogja lagi ngelanjtin kuliah.berserah dirilah pada allah

  11. Hingga saat ini Alhamdullilah belum ada gempa yg mencemaskan. Mudah2an Semua kembali Normal, Tapi tetap Waspada, Saya punya Tips Jitu utk menandai gempa jika sedang berada didalam rumah. ISI GELAS DENGAN AIR CUKUP SETENGAH GELAS ATAU LEBIH. LETAKKAN DI TEMPAT YANG MUDAH TERLIHAT, MISAL DI LEMARI DEKAT TV, DI SEBELAH TV,MEJA TAMU, MEJA KERJA, ATAU DIATAS LEMARI HIAS DLM KAMAR. AIR AKAN BERGERAK JIKA GEMPA DATANG BAHKAN GEMPA YG SKALA KECIL PUN. Mudah2an tips ini bisa membantu kita semua, saat terjadi gempa tanpa perlu melihat lampu gantung atau benda lain yang bergoyang.karena saat kita lihat benda besar sudah bergoyang berarti kita terlambat karena gempa sudah besar baru tersadar. tapi dgn melihat air di dalam gelas kita akan lebih waspada dan dpt mendeteksi gempa didlm rumah seawal mungkin. (pengalaman pribadi Richters)

  12. datangnya gempa hanya Allah SWT yang tahu tapi secara ilmiah aku sebagai warga kota padang percaya namun pastinya kedatangan gempa hanya yang sati yang mengetahuinya. kita hanya bisa berharap gempa tidak terjadi lagi di Padang khususnya dan di Indonesia umumnya .Thanxs…

  13. Ala Gaul

    Halo coy Nanggung juga ya digoyang dunia lebih dahsyat dari goyangnya si inul sampai kita belum denger lagunya dah goyang duluan. Yah kita berdoa ajah supaya goyang dunia segede itu gak ada lagi Ok Coy

    Ala Jawa
    Halo Pakde,Pakle, Piye kabar pasca gempa podo Slamet to argamakmur radi lumayan ancur bangunan akeh seng ambruk jembatan pada rubuh pirang-pirang sakbajek. Yoh podo seng sabar lan tawakal yoh

  14. Halo kawan korban gempa…..

    Kita harus bersabar dan tawakkal Kang, Mbak, Adik……

    Kita ambil saja hikmahnya sebagai ujian, sebagai cobaan atau sebagai peringatan.
    Saya warga argamakmur; kena gempa juga; bahkan mungkin lebih parah dari Anda.
    Ada tips untuk menenangkan traumatik kita, yaitu sepenuhnya kita berserah diri kepada Allah SWT dan jangan lupa ikhtiar, bersyukur atas nikmat yang kita terima walaupun sedikit (walaupun cuma tidur di tenda macam saya ini. Pejabat juga tidur di tenda kok! Nek lindhu mlayu, Kang… pakai langkah ribu alias ngaciiir….)

    Gitu ya, pokoknya jangan saling menyalahkan apalagi bantuan belum kunjung datang.

    Ngurusi wong akeh ki gak gampang, Kang! OK

  15. gimana nih… daerah putri hijau sudah terkontrol apa belum?

  16. pak saya warga bengkulu tepatnya di kec ketahun desa bumi harjo.kami belum dapat bantuan yang berati.kami sekarang membutuhkan tenda, dan selimut. banyak rumah kami yang rusak berat.pak tolong bantuannya.saya lihat banyak bantuan hanya terdapat di pinggir jalan lintas saja tapi di daerah pedalaman seperti tempat kami kurang mendapat perhatian dari berbagai pihak.tolong pak di usahakan ya
    trim

  17. ya saya tau klo bengkulu hanya sebuah provinsi dipesisir pantai barat indonesia,,,sebenernya saya ksel banget tuh,,,cz stasiun/tower pemancar TV diindonesia cuma dikit dibengkulu,,,karna g yang pernah memperhatikan bengkulu,,,dan sekarang pada waktu gempa bumi baru deh stasiun TV banyak mo kebengkulu,,buat cari info,,,ya skedar info doank,,abiz ntu pasti g da lagi datang dan meperhatikan bengkulu,,,he8x,,,,

  18. woi pak uncu tolong dipantau teruz donk kota bengkulu dan sekitarnya supaya klo da gempa lagi kita da mudah untuk mendapatkan info dan data tentang bengkulu

    coba bapak lihat,,waktu terjadi gempa kemarin kota bengkulu dan sekitarnya,cuma ditayangkan petanya aja,,,cape’ deh,,,

  19. gimana jg…besar potensi tuk terjadinya..gempa bumi lagi di Bengkulu and sumbar….!!!!????

  20. tolong info kepahiang terkini,kab.kepahiang prov.bengkulu……………please……….

  21. SOBAT COBA TOLONG KAMI BERIKAN INFO2 KEMUNGKINAN2 APA YANG AKAN TERJADI..KAPAN…KAMI DISINI MENANTI DGN CEMAS…. RICHTERS CURUP BENGKULU

  22. TV LOKAL CUMA HURA-HURA SAJA, KITA DISINI CEMAS DAN WASPADA. INGIN CARI INFO DITV? BULLSHIT… YANG ADA GOYANG DANGDUT AMA PENTAS TERBUKA, BAGI2 HADIAH. DIMANA RASA PEDULI. BREAKING NEWS PUN DIANGGAP RUGI.

  23. Iya nih payah TV lokal mikirnya keuntungan mulu.

    http://www.indradiky.com

  24. Hayo Berita di TV kita itu kok ya lambat Toh,
    TV nya CNN breaking news aja sepanjang +/- sejam an lah.
    Ya waktu kejadian memang Listrik padam, setelah itu saya lacak di TV kita yang ada breaking News malah Global Tivi, TV yang lain kemana yah….., beraninya running text aja, apa takut rugi ya, apa kalu motong acara yang ada honornya dipotong kali ya,
    hayo nyiarin berita gempa aja telat, nanti bikin dompetlah, ngumpulin receh lah, buka rekening lah… pada cepet… hayo
    Kok kayaknya kita lebih perlu ngurus diri sendiri dulu kali ya … nggak kan

  25. pembelajaran yang mahal bagi masyarakat indonesia khususnya daerah-daerah yang rawan bencana untuk dapat mengetahui gejala-gejala alam, untuk mendapatkan informasi ini kita harus mendenar atau mencari informasi dari pihak yang berwenang seperti BMG walaupun informasinya terkadang kurang palit, namun kita dapat mengetahui daerah daerah yang berpotensial untuk bencana
    semoga kedepan terhindar dari bencana yang lebih besar

  26. alhamdulillah tidak terjadi gempa, meski sudah pada panik. tapi tetap harus waspada bro…

    ngerumpi berita di http://kedaiberita.wordpress.com

  27. […] 13th, 2007 by vizon Gempa kembali mengguncang Bengkulu, provinsi tempatku bekerja. Meski saat ini aku sedang tidak berada di sana, tapi kejadian ini cukup […]

  28. Mudah-mudahan mas indonesia dijauhkan dari gempa.

  29. Tadi pagi berangkat ke kantor di Cyber, pas iseng liat banyak pegawai pada nongkrong di luar. ternyata tadi pagi jam 6-an ada kerasa goyang di jakarta..

    weleh hari pertama puasa udah bagus. ada gempa

  30. pagi sekitar jam 10.30 ini dipekanbaru terasa sekali gempanya.pusatnya didaerah mana ya?

  31. untuk bengkulu sabar aja ini semua ujian dari yg maha kuasa,saya juga punya sodara dibengkulu tapi sampai sekarang belum ada kabarnya……!!!
    yg saya tanyakan?
    kemungkinan ada gempa susulan gk?

  32. Alhamdulillah, ternyata belum ada korban

  33. Duh…, sampe pagi ini jam 7 masih ada gempa lagi, sepertinya sekitar 6 SR ya…

  34. wah, ati2 aja. gempanya masih jalan-jalan. berarti waspada aja buat masyarakat indonesia seluruhnya. denger2 jayapura juga gempa kemaren sore, trus bengkulu, trus…

  35. Pak Roki, kok pulau sumatera sering sekali terjadi gempa ya, apa hubungannya dengan cadang minyak?

  36. Tadi sempat bingung liat berita di televisi, katanya terasa sampai ke Aceh. Padahal nggak juga… 😐
    Betewe… itu gempa tektonik bukan? Jalur patahannya mengarah kemana, Pak? 😕

  37. Salam kenal, alhamdulillah keluargaku di bengkulu nggak ada yang meninggal, cuma rumah aja yang kembali retak atau ambruk.

  38. Di Duri, tepatnya lebih kurang 124 km dari Ibu Kota Provinsi Riau ayunannya terasa kuat sekali dengan durasi sekitar 5-10 menit. Alhamdulillah tidak ada yang rusak atau cidera.

  39. Derai air mata ibu Pertiwi ku tak lagi berlinang,cobaan datang silih berganti untuk mengingatkan kita agar tetap waspada.
    Ya Alloh, ku mohon kan doa,semoga awal Romadhon ini tak kan menyisakan kepiluan bangsaku di belahan barat.Amin

  40. […] dari situs DetikiNet, Liputan6, BBC Indonesia, VOA, dan Media Indonesia Online. Dengan terjadinya gempa Bengkulu, situs-situs tersebut terus menerus meng-update berita, sehingga setiap ada perkembangan baru, […]

  41. barusan dah ada ralat pengumuman dari BMG klo gejala tsunami sudah terlewati..

    semoga emang tidak di ikuti oleh tsunami 😦

  42. Tanya kenapa?

    Setiap gempa terjadi dan setelahnya sinyal ponsel terganggu……

    Kenapa?

    Apa gempa memberikan frekuensi yang menganggu?

  43. di berbagai gedung jkrt terasa goyang sampe** w turun dari apartemen w buseeet dehh,mudah-mudahan dijkt ga terjad ap2 ya! amieeeeeeeen

  44. […] Berita dari pakar BLOG Gempa ada dan pusatnya lebih detil ada disini […]

  45. Wah….ditempat saya teraasa sekali tuh pak..
    saya sendiri heran kenapa saya bisa terjatuh dan sempoyongan pas jalan keluar rumah…hehehehe.
    tapi teman saya disana bilang listrik mati total, jaringan telpon terputus nyambung….trafik langsung full….
    mereka sempat cemas karena lampu padam dan pas menjelang malam pula, mereka panik sekali saat komunikasi telpon masih baik, skrang susah klo nelpon kesana.

  46. Kalau jadi tsunami .. Jakarta kena imbas ga pak ?

  47. Bukan Jakarta Gempa, tetapi goyangannya terasa di jakarta.
    Smoga smua aman-aman saja dan selamat.

  48. waduh pakde …
    gempa lagi bengkulu …
    gimana beritanya pakde ???
    duh … mana tilpun2 temen nda aktif lagi …
    jakarta katanya jg gempa yo de ???
    duh … romadlon diawali dengan gempa …

    ayoooo podo tobat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: