Gempa 6.0 Mw di selatan Jawa, Juni 27, 2007 jam 5:23:02 pagi


110_-10.gifHari ini Rabo, June 27, 2007 jam 5:23:02 pagi terjadi gempa di selatan Jawa dengan magnitude 6.0 Mw. Kedalaman pusat gempa sekitar 10 Km. Lokasi tepatnya pada Lintang 10.545 Selatan, dan Bujur 108.065 Timur, atau sekitar 399 km (248 miles) sebelah selatan Yogyakarta. Lokasi di Samodra Indonesia. Laporan BMG menyebutkan kedalaman 30 Km.

– 😦 “Pakdhe ini bisa menyebabkan tsunami nggak ?”

neic_ebcd_m.jpgGempa-gempa yang paling mungkin dapat menimbulkan tsunami adalah gempa yang terjadi di dasar laut, kedalaman pusat gempa kurang dari 60 km, magnitudo lebih besar dari 6,0 skala Richter, serta jenis penyesaran gempa tergolong sesar naik atau sesar turun. Nah kalau melihat gempa yang terjadi tadi pagi ini tentunya perlu hati-hati dengan kondisi pantai selatan Jawa.

australia-quake.gifYang penting waspada jangan lengah bila dipinggir laut.

Selain itu juga harus diperhatikan patahan-patahan besar di Jawa yang dimungkinkan aktif akibat adanya plate reorganisastion atau penyusunan ulang kerak-kerak menuju ke kesetimbangan baru.

13 Tanggapan

  1. bedanya Mw (magnitude moment) sama SR (skala richter) apa y?
    kalo beda konversinya bs di jelasin
    thanks

  2. saya,tidak terlalu banyak berkomentar tentang gempa ini,bahwa memang terjadi beberapa bulan belakangan ini sekian.

  3. Gempa tengah malam 9 agustus 07.

    Seorang teman menyatakan :
    Parameters Nst=170, Nph=170, Dmin=545.1 km, Rmss=1.18 sec, Gp= 36°, M-type=moment magnitude (Mw), Version=7 Bisa dilihat bahwa ini gempa yang kuat, untung berasal dari kedalaman menengah-dalam (hampir 300 km). Kalau dangkal (< 60 km), dengan kekuatan 7.0 SR, bisa dibayangkan bagaimana kerusakan yang akan terjadi di jalur pantura Jawa Barat-Jawa Tengah termasuk kota2 besar macam Jakarta-Cirebon-Pekalongan-Semarang. Gempa, menurut laporan2 yang masuk ke BMG,dilaporkan dirasakan dari Padang-Bali. Data momen tensor solution dari NEIC USGS menunjukkan bahwa pematahan akibat gempa ini berupa strike-slip faulting dengan komponen thrust berarah strike 323 deg NE dan dip 28 dip. Berdasarkan plate tectonic setting Jawa dan Indonesia Barat, pusat gempa ini terjadi jauh di bawah kerak kontinen Laut Jawa di wilayah astenosfer pada zone gempa miring Wadati-Benioff di kedalaman 290 km. Berdasarkan histori kejadian gempa, episentrum2 gempa di wilayah ini akan berasal dari kedalaman sekitar 300 km atau lebih. Berdasarkan peta kontur kedalaman zone Wadati-Benioff, pusat2 gempa di wilayah pantura Jawa sampai ke Laut Jawa akan lebih dalam daripada 250 km, untuk dapat menimbulkan kerusakan yang besar di kota2 besar di wilayah pantura, maka gempa harus sekuat seperti yang menggoncang Aceh dan sekitarnya Desember 2004 (8.9 SR). Semoga tak akan pernah terjadi.

  4. Cuma nyari tau penyebab gempa jam 24 tadi..Lumayan besar, bikin jantung ser – ser… Apa penyebebnya?!?!?!

  5. klo bilang gempa ko diramal,….lha terus cuaca ko juga diramal?,…terus lagi tsunami kok diwarning….wah balik neng jaman galileo,…BUMI KO BULAT?

  6. Ini bukan “pre-shock” , khan?

  7. dan hasilnya sama-sama banyak salahnya … gempa kok diramal …. 😀

  8. prediksi gempa secara ILMIAH dn KEJAWEN,..sebenarnya sma2 tingkat reliability dan korelasinya,….sama2 berdasar PENGAMATAN….dn PENGALAMAN(statistik).

  9. klo ada yg dr jogya hr ini,..mohon dicritakan,..seberapa besar rasanya,..sukur2 klo ada yg deket pantai,…menarik utk diamati.

  10. wah, sbenernya soal pre-test q sm kayak maz tony, dhe…
    knapa yaa gempa tu sering nya terjadi malam2 atw at least saat orang2 lagii istirahat…
    dan sering nya, esok pagii saat qta membuka mataa sudah dsajikan berita yang isinya tentang tu gempa…hahahaha..
    ex : gempa d nias jg kan..

    truz ptanyaan post test nya dhe…
    akhir2 ni qo kayaknya gempa d indonesia lebih sering terjadi d selatan yogya yaa.. qo bisaa dhe… sbenernya menurut kacamata seorang pakdhe itu knapa bs kayak gtu si dhe…
    kira2 bs d hubung2kan dgn kejawenan ga ya, dhe…
    wah makin seru lagii tuu..
    jawab ya, dhe..
    makasii…

  11. menurut saya ini rangkaian “trigger” gempa di ujung selatan indoaustralia plate ,akibat stress concentration build up(lihat comment di artikel gmpa setiap saat,..).
    Ini bukan tebakan asal2an,…mungkin bisa di jadikan “arning”…asal ga panik.
    Sekedar info,bahwa fault di laut selatan lebih AKTIF dr san andreas fault di amerika(hsl riset jaman sekolah),jadi klo melihat frekuensi gempanya yg “sedikit”…tendensinya akan menhasilkan magnitude yg lebih besar,krn energi yg direlesase tdk “sering”…

  12. ini masih dalam rangkaian gempa jogja kemarin bukan, pak ?

  13. Pakdhe dibangunin gempa ini ya ?
    Kenapa gempa besar lebih sering terjadi pagi hari ya dhe ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: