Issue gempa-tsunami 7 Juni itu merugikan


The image “https://i2.wp.com/www.mansd.org/parkside/images/email_clipart_computer.gif” cannot be displayed, because it contains errors.Ntah siapa yang membuat, ntah siapa pula yang ikut menyebarkan, dan ntah siapa pula yang diuntungkan karena penyebaran issue ini. Tetapi yang pasti justru rakyat kecil yang ketakutan dan akhirnya tidak mencari makan, trauma, dan hanya berdiam diri dirumah yang merugi. Ya merekalah yang akan dirugikan secara langsung.

Berita hoax inipun sempat masuk ke YahooNews dan juga dibantah oleh CNN sendiri yang merasa dicatut namanya dalam issue itu. Bahkan Pemerintah terpaksa turun tangan. Belum lagi nelayan yang tak berani melaut.

Semestinya kita sudah bisa belajar dengan issue ini dan untuk selanjutnya tidak perlu panik ketika ada berita. Tak terbayang berapa kerugian materiil akibat penyebaran issue yang sangat-sangat merugikan ini 😦

False alarm di Aceh dan berita Media koran.

https://i1.wp.com/www.wpclipart.com/smiley/smiley_set_1/smiley_thumb_down.pngKesalahan dalam konstruksi alarm di Aceh yang membuat alarm mendengung-dengung-pun menambah kepanikan. Walaupun diketahui ternyata alarm berbunyi akibat konslet, tetapi kesalahan kecil dan berganda ditambah jiwa traumatik sangat rentan terhadap issue bencana. Belum lagi berita media koran yang lebih terdengar nJlegurr !! kalau merasa sudah mengobarkan ketakutan, sigh !. Seperti misalnya berita bebrapa minggu sebelumnya di Kompas dengan “Patahan Sunda – Ancaman Eksistensial Jawa-Sumatera” , Pikiran Rakyat dengan berita “Bandung terancam Gempa“, juga tentunya banyak media-media lain yg memanfaatkan kelemahan rakyat ini. Seorang kawan menceriterakan dengan sms bahwa di NTT juga sempat panik tepat pada tanggal 7 ketika seseorang berteriak “tsunami-tsunami !”.

Media koran yang terancam kepunahan ini memang lebih sering memberikan berita BOMBASTIS yang diduga untuk meningkatkan oplah. Tentunya mudah menyangkal bahwa penyebaran berita bukan mengejar ofset. Dan akan dijawab klise ketika meminta media diminta lebih mendidik ketimbang bisnis. Lah wong media ini dibuat atas dasar bisnis je.

– 😦 “Ah apa iya dhe media koran akan punah ?”
+ 😀 “Baca dulu beritanya tole, media koran ini terancam oleh media online”

Ancaman media online bukan sembarangan tulisan Koran yang mulai sekarat ini cukup menarik. Sudah saatnya koran menjadi sebuah media verifikasi ketimbang media penyebar berita terhangat. Bahkan membaca berita koran pagi sebenarnya juga kurang bermanfaat.

Tetap waspada !

Tentusaja tulisan ini tidak untuk menina-bobokkan dengan menyatakan Indonesia aman dari bencana. Ada satu kalimat yang saya suka pentinya pendidikan dalam kebencanaan.

— Education can’t stop natural disasters from occurring,
but it can help people prepare for the possibilities —

Gempa pekan ini terupdate setiap saat !!

Map showing earthquakes
Legend for earthquake map

Iklan

11 Tanggapan

  1. Kurang ajar sing gawe issue

  2. waahhhh…pas tanggal 7 saya lagi di daerah sesar lembang…sya udah nelpon mama mana tau terjadi hal2yang tidak diinginkan…mesjid kawasan depo bela negara lembang juga ngadain yasinan…

    oohhh..what’s wrong with our press?
    saya sempat terkejut begitu mendengar ada orang yang bisa memprediksi tanggal gempa…dahsyat bo…nyatanya cuma hoax…

    btw..ini andar geologi undip temen student volunteer saya bukan???

  3. gak nyangka issue remeh gitu bisa gemparin mass media

  4. wah tak kiro tenanan…

  5. kata kang Setyo memang benar.. sekarang, setelah tgl 7 juni tidak terbukti ada stunami, isunya menjadi: gempa-stunami diundur tanggal 11-17 juni (versi lain)…. halah.. tiap hari makan isu nih.. bahkan katanya lagi salah satu gunung di pulau jawa akan meletus dengan hebatnya… opo meneh iki? kalau Erupsi gunung berapi kan bisa dipantau to!!! kok cuman diisukan.. ck ck ck ..

  6. Pak Dhe ditempatku yo padha ketakutan . Banyak bakul di pasar Jejeran dan Pasar Ngoto padha nggak jualan . Jarene wedi yen ada gempa lagi . Mudah – mudahan sing gawe issu sadar bahwa ulahnya merugikan banyak orang . Masyarakat yang trauma gampang sekali terpengaruh isu . Bahkan saiki isunya di sekitar ku gempane akan terjadi tanggal 10 – 15 Juni . E- aalah kok ya ana- ana wae

  7. Hoax? sudah lama ada di dunia ini. boleh percaya, boleh tidak. untung saja masih banyak orang yang pikirannya jernih dan tidak segera mengungsi tanpa sebab.

    dan bagaimana pun, hidup dan mati ditentukan oleh Sang Khalik. mau tsunami, gempa atau keseduruk banteng, kalau kontrak di dunia belum habis, ya masih boleh hidup.

    gitu aja kok repot…

  8. Sebenarnya manusianya sudah pada TOBAT, buktinya kalau lapar mereka terus makan soTO baBAT dan kalau sakit tidak kedukun, tetapi beli obat ke TOko oBAT, kurang apa coba?

  9. Sebenarnya bencana kan bisa berupa musibah atau cobaan, dan ada yang berupa azab karena manusianya nggak tobat. Masalah bencana di indo azab atau musibah, yang penting kan introspeksi diri, jelas-jelas kita sudah merusak alam, kita juga sudah menorehkan berbagai ‘prestasi’ sebagai jawara kalau masalah yang jelek” . Kurang apa coba?

  10. Mas Ario
    Sejak sebelum ada manusia, di Jawa-Sumatra sini sudah terjadi gempa bertalu-talu. Apa iya sejak dulu ayam sama kerbau di Jawa juga ga tobat2 ya ? hehehehehe

    Gelombang badai di Arab sana apa ya karena mereka ngga tobat juga ? 😀

  11. yah… kita cuma bisa berdoa supaya musibah tidak menerpa bangsa kita lagi. Habis manusianya ga tobat2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: