Amblong membentuk luweng (Sinkhole)


278_45fdfd013c92d[1]UPDATED 02, Maret 2007
PRESS RELEASE dari T Geologi UM Mengenai fenomena Swara GLUNG di JOGJAKARTA

Bagaimana kalau tiba-tiba tanah tempat kita berpijak tiba-tiba amblong blung ! Seperti yang di Guatemala Sebuah luweng baru terbentuk dengan kedalaman 330 kaki (100 meter !).

–😦 ” Pak dhe, mbok jangan nakut-nakutin gitu, ini telapak kaki jadi bergidik, je”
+🙂 ” looh ini kejadian alam yang juga harus dimengerti le. Kejadiannya memang jarang di Indonesia. Hanya tempat-tempat tertentu terutama yang bertanah gamping saja kok, tapi kamu harus tahu juga, le”

Luweng dalam bahasa Jawa ini dalam ilmu geologi disebut sinkhole. Beginilah wajah sinkhole yang Guatemala yang terjadi pada tanggal 23 february 2007 itu.

guatemala-city-sinkhole-large[1]

guatemala-sink-hole-2[1]

guatemala-city-sinkhole-2010-police-officer_21126_600x450[1]
Coba lihat, mengagetkan dan mengerikan tentunya kan ? Apakah ini mungkin terjadi di tanah yang kita pijak ?

Sebelum menjadi ketakutan dan panik, kita lihat saja dahulu, bagaimana proses pembentukannya. Secara geologi tentunya ada syarat-syarat tertentu atau mekanisme tertentu dan diawali tanda-tanda tertentu dalam pembentukan sinkhole ini. Salah satu indikasi yang paling sering adalah adanya perubahan sistem air tanah (perubahan geohydrology) sebelum terjadinya amblesan ini.

–😦 “apa saja Pakdhe tandanya ? Swara Glung di Jogja itu ya Dhe ?”
+🙂 “Lah kowe melu-melu panik ta, Yun ?”

Dibawah ini saya gambarkan bagaimana pembentukan luweng atau sinkhole ini.

Sinkhole atau luweng ini terjadi pada daerah yang batuan dasarnya (bedrock) berupa batugamping.

sinkhole-1.jpg 1. Pada awalnya ada sebuah retakan yang membentuk lubang akibat masuknya air. Daerah ini biasanya terjadi pada daerah yg tersusun oleh batu gamping. Batugamping ini “relatip” mudah terlarutkan ketimbang batupasir (batuan yang terssun oleh pasir, biasanya mineral kuarsa). Relatif mudah terlarutkan ini jangan coba-coba di rumah melarutkan batugamping ya,proses pelarutan ini berjalan dalam puluhan ribu tahun juga.

2. Karena adanya aliran bawah tanah, maka akan muncul rongga karena bagian bawah terjadi erosi oleh aliran sungai bawah tanah.

3-4-5-6 Proses ini berlangsung terus menerus dengan kikisan serta jatuhan dari batuan diatasnya. Hingga akhirnya bolongan ini membentuk ruang cukup lebar dan “jembatan” dibagian atas tidak kuat menahan dan …

sinkhole-2.jpg7. BLUNG ! Lubang ini tidak seluruhnya memenuhi hingga dasar terbawah, karena volume yang mengisi batuan atas tidak seluruhnya hilang. Kedalaman lubang bisa mulai hanya beberapa meter hingga berukuran besar sedalam 100 meter seperti yang di Guatemala itu.

8. Proses pengendapan diatas cekungan ini akhirnya menutup Luweng yang seringkali tidak disadari oleh penghuni diatasnya.

–😦 “Pakdhe, rongga bolongan ini yang ada di Jogja itu yang bersuara Glung itu ya dhe ?”
+🙂 ” Mengko disik ta, crita lengkapnya dulu, nanti juga kesana deh”

Proses siklus ini berjalan ribuan tahun yang dalam skala geologi yang sering dalam juta tahun bisa saja hanya disebut proses yang sekejap. Tetapi walaupun telah terjadi hanya seribu tahun yang lalu, barangkali kita tidak memiliki rekaman itu, dan kita hanya menggunakan tanah diatasnya itu seolah-olah dahulu tidak terjadi apa-apa.

Bagaimana mengenali kemungkinan terjadinya fenomena ini ?

  1. Pertama ini terjadi pada daerah yang batuan dasarnya (bedrock-nya” adalah batugamping.
  2. Gejala-gejala sebelum terjadinya amblesan ini sering didahului oleh gejala-gejala perubahan sitem hydrologi. Adanya danau baru segera setelah hujan (air limpasan) terutama pada daerah cekungan.
  3. Dijumpai retakan-retakan tanah. Misalnya pohon-pohon yang miring menuju kearah titik yang sama (pusat amblesan), pintu susah ditutup karena mleyot-mleyot.

The flooding in this example is caused by a plugged throat or outlet for the sinkhole. This is often thought to be the cause of all sinkhole flooding, but is only one of four causes. Diagram by James C. Currens.
Lembah sinkhole ada yang mengalami banjir karena sistem pembuangan atau saluran drainasi alamnya tertutup.

Flooding from the base-level stream puts water pressure on the mouth of the spring, slowing outflow and potentially reversing flow at the spring and into the sinkholes. Diagram by James C. Currens.
Lembah-lembah sinkhole lain mengalami banjir pada waktu adanya runoff water. Gejala gejala perubahan groundwater geology ini yang sering menunjukkan bagaimana sitem aliran sungai bawah tanah didaerah berbatugamping. Daerah berbatu gamping ini misalnya Wonosari serta Gunung Sewu disebelah selatan Wonogiri, juga di sekitar Goa Jatijajar di selatan Kebumen. Aliran sungai bawah tanah di Wonosari salah satunya ada di Bribin yang saat ini sedang dilakukan ujicoba di bor untuk mendapatkan kolom air untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik.

A rock fall has created a leaky dam, and reduced the flow capacity of the main conduit at the downgradient end of the groundwater basin. When precipitation is much greater in the immediate watershed of an upgradient sinkhole, a downgradient sinkhole may be flooded when flow is reversed, although it received little precipitation. Diagram by James C. Currens.
Aliran sungai bawah tanah bisa saja tertutup yang menunjukkan adanyakemungkan runtuhan bawah tanah. pola hidrologinya tentusaja akan terpengaruh akibat runtuhan bawah tanah ini.

+🙂 “Nah, kamu ndak perlu takut kalau daerahmu bukan pada daerah yang berbatu gamping”
–😦 ” Jadi kalau rumah Casagrande Jogja aman ya dhe ?”
+🙂 “loh emang wis tuku omah ndik kono po, Le ?”
–😦 “Cuman tanya aja kok dhe, duwik sapa buat beli rumah milyaran gitu dhe ?”

Jadi tentunya sebelum melakukan uji pengeboran mencari apakah ada growongan dibawah, perlu juga dilakukan pengamatan permukaan. Apakah ada cekungan-cekungan bekas sinkhole. Adakah perubahan hidrologi yang teramati dalam kurun waktu tertentu ketika musim penghujan dan musim kering. Uji pengeboranpun belum tentu bisa membuktikan atau menolak hipotesa, karena mencari bolongan ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, bayangkan kalau area yang luasnya 2 Km persegi harus dibuktikan dengan satu lubang bor …. kan sulit banget seperti mencari jarum dalam jerami. Salah satu cara adalah dengan pengamatan (survey) geofisika bawah permukaan, baik survey geolistrik, elektromagnetik, gravitasi dll.

Apakah di Jogja Aman dari kejadian ini ?

Kalau menurut diskusi di IAGI-net, di Jogjakarta diperkirakan tidak dilandasi oleh batuan dasar batugamping. Batugamping ini hanya ada di Perbukitan Gunung Kidul di Wonosari, dan di Perbukitan Sentolo Kulonprogo. Disana memang sudah sejak lama diketahui banyak sekali gua-gua juga ada aliran sungai bawah tanah. Kejadian sierta gejala sinkhole lebih banyak kemungkinan terjadi di perbukitan Wonosari ketimbang di Dataran Jogjakarta.

jogja.jpg

Amblesan yang pernah terjadi di Wonogiri pernah dimuat di harian Suara Merdeka Jumat, 31 Agustus 2001 dibawah ini :

 TANAH AMBLES: Bencana tanah ambles di Bulukerto, Wonogiri, meninggalkan bekas cekungan sangat dalam dan memanjang. Tanah lungguh para pamong desa lenyap bagai ditelan perut bumi bersamaan proses amblesnya tanah. Proses itu semakin meluas, sehingga menyebabkan kepanikan penduduk setempat. (Foto:Suara Merdeka/P27-15j)

sumber gambar

–😦 “PakDe. Kalau Porong Gimana Dhe Amblesnya ?”
+😀 “Whallah, kowe le … makanya baca tulisan-tulisan lain disini. Wis tau tak dongengkan ta … bocah kok lalen (pelupa) !”

Amblesnya Sidoarjo yang radius 3 Km itu bukan dalam waktu yang cepat. Memang amblesnya bisa hingga kedalaman 200m tetapi waktunya ribuan bahkan jutaan tahu. Jadi Sidoarjo ngga akan amblong seperti yg digambarkan diatas. Kecepatan amblesnya tidak serta merta
silahkan lihat amblesan Porong dan longsoran Jogja di bawah sinii :

  1. Amblesan di Porong
  2. Longsoran sewaktu gempa Jogja

UPDATED 02, Maret 2007

PRESS RELEASE dari T Geologi UM Mengenai fenomena Swara GLUNG di JOGJA

Misteri di dalam Bumi Mataram
Tim Geologi UGM dan partners

Bumi Mataram, terutama di wilayah Propinsi DIY merupakan bumi yang menyimpan cukup banyak misteri geologi. Kejadian gempa bumi, tsunami, aktivitas gunung Merapi dan tanah longsor merupakan suatu misteri geologi yang dapat berakibat fatal bagi kehidupan manusia apabila kita abaikan.. Untuk menyibak misteri tersebut, perlu dilakukan serangakaian penyelidikan geologi, geodesi dan geofisika secara terpadu dari beberapa disiplin ilmu yang terkait.

Jurusan Teknik Geologi UGM, bersama dengan Jurusan Teknik Sipil, Teknik Geodesi dan Geofisika UGM, dan bekerja sama dengan BPPTK (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian, Badan Meterolgi dan Geofisika Yogyakarta, Kyushu dan Kyoto University Jepang, serta California Seismic Safety Commission USA, sejak bulan Agustus 2006 telah melakukan serangkaian penyelidikan permukaan dan bawah permukaan untuk menguak misteri di dalam Bumi Mataram, terutama di wilayah Kabupaten Bantul, dan sekitarnya. Penyelidikan tersebut meliputi analisa foto udara dan citra satelit dengan resolusi tinggi, pemboran dalam (pemboran geoteknik) dengan kedalaman total 400 m, survey georadar, survey mikrotremor, survey magneto teluric.

Fenomena Suara Glung

Karena penyelidikan dengan pemboran saja hanya dapat mengetahui kondisi bawah permukaan bumi pada satu titik tertentu saja, maka sejak bulan Agusutus 2006 lalu untuk menguak misteri suara glung di wilayah tempuran S. Opak – Oya dan Imogiri perlu dilakukan survey-wurvey pendukung lainnya. Selain pemboran dalam melalui tiga titik bor dengan kedalaman total 85 m, perlu dilakukan penyelidikan pendukung yaitu well logging, penyelidikan georadar dan magneto teluric untuk mengetahui kondisi struktur geologi, stratigrafi atau urutan perlapisan tanah, densitas dan kepadatan tanah, serta kemungkinan adanya lapisan yang berongga. Dari hasil penyelidikan tersebut diketahui bahwa pada kedalaman 30 m di bawah daerah Tempuran terdapat batuan dasar yang kompak dan keras berupa breksi formasi Nglanggran. Breksi ini bagian permukaannya tertutup oleh lempung hitam endapan rawa purba dengan ketebalan 1m sampai 2 m, kemudian di atas lempung hitam terdapat endapan Sungai Opak purba yg berupa perselang selingan pasir kerikilan dan lempung pasiran, yg disisipi oleh endapan lahar berupa pasir kerikilan. Selain itu, teridentifikasi pula adanya patahan yang memotong daerah Tempuran Sungai Opak dan Sungai Oya, yaitu patahan turun berarah relatif Timur Laut – Barat Daya dan patahan berarah relatif Utara Selatan. Dari seluruh hasil penyelidikan tersebut TIDAK dijumpai adanya rongga, yang dikhawatirkan mengakibatkan amblesan batuan/ tanah secara cepat. Dari rekaman tiga seismometer yang terpasang di wilayah tempuran pada bulan Juli 2006 lalu, diketahui bahwa pusat gempa susulan yang pernah terjadi berada pada kedalaman 10 km.

Dari hasil serangkaian penyelidikan komprehensif ini dapat disimpulkan bahwa suara glung adalah manifestasi dari perambatan gelombang primer gempa dari medium padat (dari dalam batuan) menuju udara di permukaan bumi. Dan yang perlu diketahui oleh warga, dari hasil pemboran dalam dengan kedalaman total 400 m (terdiri dari beberapa titik) dan didukung survey geofisika, yaitu survey magneto teluric, survey golistrik dan survey microtremor, disimpulkan bahwa suara glung BUKAN berasal dari rongga di bawah permukaan bumi.

Yogyakarta, 23 Februari 2007.

Dr. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc.
Dr. Ir. Subagyo Pramumijoyo, DEA.
Salahuddin Hussein, M.Sc.

70 Tanggapan

  1. […] Tapi jangan kuwatir, penurunan tanah ini bukan amblong seperti yg didongengkan disini. […]

  2. “Mengapa Perlu Bayar Lebih?”
    Bukankah Ada Cara Untuk Berjimat?
    Canggih, Mudah, Selamat Dan Berkesan .

    “Rahsia Penjimatan AIR Dengan Kaedah” Pengerudian Telaga Air Bawah Tanah (TUBEWELL) Canggih, Mudah, Sah, Selamat Dan Terbukti

    Ketahuilah Rahsia Penjimatan Air Yang Berkesan.Murah.Mudah & Selamat. Ianya Sah Disisi Undang-Undang..Terbukti Berkesan Dijamin Selamat. Jaminan Wang Dikembalikan Jika Bermasalah.*3 Bulan Jika Anda Tidak Berpuas Hati Dengan PERKHIDMATAN Kami*

    MHH HIDRO ENGINEERING SERVICES
    (SA 0089643-X)
    No.19 -1 (1st Floor), Jalan Peniaga U1/34,Hicom Glenmarie, 40150 Shah Alam,Selangor Darul Ehsan, Malaysia
    HOT LINE
    6(010)-436 4742
    6(010)-4364743
    * Sila tinggalkan sms jika talian sibuk @ tidak dapat dihubungi*

    www. MHHHidro.com

    Feel Free To Visit Our Web Site Addresswww.MHHHidro.com(**Kami Sahaja Mampu Menawarkan Pakar-Pakar Pengerudian Telaga Air Bawah Tanah Dan Beserta Jaminan Produk Selama 12 Bulan**)

  3. Assalamualaikum…
    Sy mau tanya sebenarnya apa bedanya doline dengan sinkhole? Doline dan sinkhole sebanarnya sama atau tidak? Dan fenomena lubang raksasa seperti yang di guatelama itu apa termasuk doline? Terima kasih.
    Wass.

  4. AH BOTE AJ I

  5. […] Memang sih Sinkhole biasanya terjadi di daerah sepi penduduk, tapi tak jarang Sinkhole juga terjadi di daerah padat penduduk, sehingga hal ini harus menjadi PR penting bagi semua orang agar leboh waspada pada keadaan tanah sekitar. Jadi mulai sekarang, berhati-hatilah dengan tanah di sekitarmu,,hihihihihihh…. referensi : Nationalgeographic, Dongeng geologi […]

  6. iya menarik nih nih ulasannya, di tempat saya Gresik juga banyak terdapat Lubang yang bisa berefek buruk bagi permukaan tanah nantinya …

  7. wah baru tahu nih ada kejadian yang sebenarnya. kirain yang q tahu cuman dari teori.. trimaksih pak de…

  8. kayaknya dijelajahin asik tuh sinkhol

  9. I disagree
    Can you give more info?

  10. mas mohon ijin tak masukan ke daftar informasi penting .
    ditunggu kunjungan baliknya.
    http://antho.net78.net

  11. nuwun sewu pakdhe…”dewo geo” membaca tentang sinkhole yang mirip sama luweng-luweng yang di gunung kidul, saya jadi penasaran mo nyuwun pirso n kalo berkenan boleh minta bahasan tentang dongeng gunungnya ongkowijoyo alias formasi nglanggeran di gunungkidul itu lho,adakah bahasan ngilmiahnya tentang adanya sumber-sumber air di pucuk gunung sana sama dongeng tentang formasi batuannya sendiri dan tanah di sekitarnya, juga efek-efek jikalo dikembangkan kawasan tersebut jadi kawasan wisata mengundang mara bahaya ato engga.kabarnya nglanggran ini juga jalur patahan buminya jogja y?matur sembah nuwun njih…..

  12. sinkhole itu berarti semacam amblesan kan pak dhe… menarik untuk dibahas, oh iya berarti sinkhole juga dipengaruhi oleh porositas batuan gamping ya pak dhe… oh iya pak dhe didaerah selain karst bisa gak terjadi amblesan seperti luweng tuh….

  13. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Sekiranya fenomena bunyi ‘glung’ di wilayah aliran Sungai Oya dan Opak Imogiri tersebut dikarenakan adanya aliran sungai bawah tanah. Tentunya perlu rekomendasi khusus kepada penduduk daerah itu dalam membangun (merekonstruksi) kembali rumah tinggalnya dengan memperhatikan kerentanan permukaan tanahnya.
    Setidak-tidaknya dengan demikian dapat mengurangi was-was “kembrukan bangunan gaweane dhewe” oleh karena labilnya lapisan bumi di bawahnya.

    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

  14. kalo yang di Mount Gambier australia itu.. katanya satu kota banyak banget sinkhole nya malah sampai dibuat tempat wisata..

    ( ^ ^ )

  15. mas sich

  16. greatings

    wonderful post

  17. hei…kus lam kenla ya .. daRi koy..met lebaran

  18. …wah luar bisa mengapa itu bisa terjadi ya.. apa munkin itu tandanya tuhan sudah muali bosan dengan manusia ya ..subhanaloohh.. moga tugan senantiasa memberi kan umur yang panjang bagi kita semua …amin ..? semaua nya lam kenal aja

  19. subahanaloh… apa ini salah 1 bukti dr tanda bahwa tuhan itu sudah mualai bosan ya…? dengan kita ..
    sunggh luar biasa buanget dah..
    apa itu ulah dari manusia juga ya ..! dah juga semoga orang yang selau berbuat baik dan saleh selau di berikan rahmat dan keberuntungan dari tuhan. dan juga orang yang berjalan di jalan NYA selalu selamat dan di jauh kan dari mara bahaya ..?
    bagi yang membaca ini .. bertobat lah selagi masih ada waktu … entak\h kapan waktunya ajal kan TIBA tobat..tobat… ada obat nya dan pasti alloh senantiasa tuk memberi jalan .. bagi mereka yang berusaha …..percayalah . dah yach lam kenal aza dari muhamad kusno _uyi – kebumen ..?

  20. subahanaloh… apa itu 1 bukti dr banwa tuhan itu sudah mualai bosan ya…?
    luar biasa buanget dah..
    apa itu ulah dari manusia juga ya ..! dah juga semoga orang yang selau berbuat baik dan saleh selau di berikan rahmat dan keberuntungan dari tuhan. dan juga orang yang berjalan di jalan NYA selalu selamat dan di jauh kan dari mara bahaya ..?
    bagi yang membaca ini .. bertobat lah selagi masih ada waktu … entak\h kapan waktunya ajal kan TIBA tobat..tobat… ada obat nya dan pasti alooh senantiasa tuk memberi jalan .. bagi mereka yang berusaha ….. dah yach lam kenal aza dari muhamad kusno _uyi – kebumen ..?

  21. semoga ALLAH S.W.T selalu melindungi hambanya yang sholeh dan selalu dijauhkan dari mara bahaya

  22. salam’………….
    aku mo nanya fenomena yang terjadi di porong sidoarjo nech….kira-kira apakah permukaan tanahnya juga akan ambruk kebawah soalnya semburan lumpurnya khan berlangsung secara terus-menerus jadi lapisan bawahnya akan kosong!!!!
    thanks b4……………………..

    Grez geologi 06
    Makassar…….

  23. kalau menurut saya semua yang terjadi didunia ini adalah kesalahan manusianya sendiri
    dan manusia juga nggak mau mengintrospeksi diri mereka sendiri dan maka dari itu kita harus saling mengintrospeksi diri
    kita masing – masing

    w/salam

  24. Wijaya13
    Sayangnya saya ga punya data hasil penelitian (pengeboran) yang dari UPN itu. Kalau ada rekan UPN yang kemarin melakukan studi mau berbagi datanya ya aku akan dengan suka cita ikut menelaah-nya.
    Mas Wijaya, punya kawan di UPN sana ?

  25. assalamualaikum pa dhe,
    aq pengen takon koq pak dhe update masalah sinkhole nang mBantul ora go data seko UPN “veteran” jogja wae, bulan kemaren dah melakukan pengeboran di imogiri dan di bantu oleh roy suryo dan ternyata disitu tidak terdapat rongga….. matur nuwun…….

  26. Mungkin ini TANTANGAN DAN TAWARAN KERJASAMA RISE dengan kita ITS untuk semua orang untuk memisahkan unsur-unsur kimia yang ada dalam lumpur yang tidak bersahabat seperti misalnya :
    1. Salinitas lumpur
    2. Kandungan petroleum
    3. Kandungan logam (walau di bawah ambang tapi jumlahnya sangat banyak)
    4. Kandungan sulfida.
    Andaikata bahan-bahan ini bisa dipisahkan maka lumpur ini akan bisa dimanfaatkan apa saja termasuk untuk semen, keramik dsb.
    Kita memperkirakan penelitian pemisahan ini bisa berhasil maka air lumpur yang dialirkan ke laut menjadi friendly dan tidak berbahaya, bahkan kalau mungkin airnya bisa diolah jadi air minum atau bahan baku air minum.
    Mungkin ada informasi cara memisahkan itu?????

    AW

  27. dan yang ke-2 bekas lumpur tsb bisa di pake buta rumah/bangunan lain ga??matur nuwun…………syukron, dsb

  28. 1.penggunanaan lapindo tu sebetulnya gmn sih, pak de?
    dan yang ke-2 bekas lumpur tsb bisa di pake buta rumah/bangunan lain ga??matur nuwun…………syukron, dsb

  29. 1.pemanfaatan lapindo tu sebetulnya gmn sih, pak de?
    dan yang ke-2 bekas lumpur tsb bisa di pake buta rumah/bangunan lain ga??matur nuwun…………syukron, dsb

  30. mas..saya heran nih..kalo diliat kok dinding lubangnya bisa licin kaya gitu ya?? kaya lubang orang biki terowongan gitu..bagi saya yang awam itu kayanya aneh banget deh..

  31. –> Muh Abu Thoyib
    Amblesnya Sidoarjo yang radius 3 Km itu bukan dalam waktu yang cepat. memang amblesnya bisa 200m tetapi waktunya ribuan bahkan jutaan tahu.
    Jadi Sidoarjo ngga akan amblong seperti yg digambarkan diatas. Kecepatan amblesnya tidak serta merta
    silahkan lihat amblesan Porong disini
    https://rovicky.wordpress.com/2006/10/01/amblesan-di-porong-itu-sudah-terukur-secara-geodetik/

  32. waduh, ini sangat mengerikan, yang jelas diprediksi sksn ambles adalah daerah lumpur lapindo sidoarjo, ini menururt pakar geologi dari ITS dalam radius diameter 3 km2 bakalan ambles juga, hal ini sudah ada tanda-tanda keretakan bangunan di sekitar lumpur lapindo tersebut. untuk itu kepada masyarakat yang berdomisili radius 3 km2 dari pusat lumpur lapindo agar senantiasa waspada dan antisipasi. jika ambles diperkirakan akan mencapai kedalaman lebih dari 200 m ke bawah

  33. Malang Selatan (MIOL, 25 Feb 2007):
    http://www.media-indonesia.com/berita.asp?id=125604
    “Tanah Ambles ….”

    Pak Amien, apa punya data-data di Malang Selatan itu???
    Apa ambles atau longsor? Karena ada dikaitkan dengan sungai-sungai bawah tanah.
    Matursuwun Pak.

  34. Bulukerto, Wonogiri (Suara Merdeka, 31 Agustus, 2001):
    http://www.suaramerdeka.com/harian/0108/31/slo7.htm
    (seperti update-nya om RDP)

    Apa ada temen-temen yang tau perkembangannya sekarang???
    syukur ada gambar-gambar lebih detil.
    Bisa jadi kajian yang menarik. Trims.

  35. […] Dongeng Geologi Amblong membentuk luweng (Sinkhole) « March 10, 2007 at 1:50 pm | In Uncategorized | Dongeng Geologi Amblong membentuk luweng (Sinkhole) « […]

  36. Ga tau, apa goa Luweng Ombo itu tadinya juga sungai bawah tanah, trus apa atepnya njuk jemblong (singkhole), apa … trus tepat jk disebut “vertical cave”? ….. bingung istilahnya, dan gimana sejarahnya?

  37. Pacitan > Kota seribu Goa

    Goa-goa alam banyak di sana, di antaranya ada yang dapat predikat goa terindah di SEA yaitu Goa Gong, yang jadi andalan wisata Pacitan. Bahkan Kab Pacitan akan mengembangkan goa-goanya untuk tujuan wisata, termasuk goa-goa vertikal Luweng Jaran & Luweng Ombo.

    Akan tetapi, apakah pengembangan tersebut sudah didukung analisis ttg. kerentanan bencana, apakah batuan-batuan gamping di lokasi tsb cukup stabil.
    Walopun umur goa-goa tsb. ada yg sudah ratusan, ribuan atao mungkin jutaan tahun. Nah, jadi kuwajiban bapak-bapak geologi tentunya untuk nliti, wah … mroyek-mroyek yuk, … ikutan aah … blupst!
    Krn khawatir aja, gek-gek …. mak cemplong, … njuk bolong, … po ambleg !?!?

    Sebenernya ga hanya Pacitan, sepanjang kawasan karst selatan Jawa banyak sungai-sungai bawah tanah,
    dan kemudian jadilah goa-goa yang panjang seperti lorong goa di Luweng Jaran (20 km-an), eh ada lorong goa yang lebih panjang yaitu di Kentucky USA (Mammoth-Flint cave = lk. 300 miles). Jika Luweng Ombo dalemnya 120 m-an, di Western Caucasus mountains ada goa vertikal tercatat sedalam 2140 m (Oct 2005) dan merupakan “karst cave” terdalam yang ditemukan. Mungkin ada yg lebih dalam lagi? Wah gimana ya kejadiaanya?

    Para cavers, +geologists, and speleologists …. ndongeng doungk …. panorama-bawah-bumi, negrinya ontorejo …

    Om RDP pernah jadi caver gaa’?

  38. pak Dhe (mohon maaf sok kenal)🙂, waktu saya maen ke pacitan ada juga luweng jaran. gua alam tetapi bentuknya kayak sumur. apa itu juga peristiwanya sama2 tanah ambles tetapi dijaman purba?

  39. Pak Dhe,
    Saya barusan denger di RRI pro2 Yogya, ada semburan mata air (kecil) campur lumpur yang baru baru ini keluar di daerah Denggung – Sleman. Setelah sering ngelmu di webnya jenengan, saya jadi sedikit lebih ngeh. Tapi mohon kupasannya lagi pak Dhe. Menrut berita tsb memang otoritas yg berkepentingan sudah meninjau semburan tsb dan sudah menyimpulkan “tidak apa-apa” … tanpa melakukan penelitian lebih lanjut. Salam,

  40. isi dibawah pulau jawa keluar di lapindo nah kalau udah habis …….taulah pasti ada rongga dibawahnya , bener gak pak dhe?

  41. Numpang nanya nggih,
    Dapat alamat web ini dari seorang teman yg sama2 lagi kuliah S2 di negeri kincir angin.
    Asli saya dari surabaya juga. Maaf, karena gak tau banyak bhs geo-geo an, maklum waktu SD pelajaran ini selalu dpt badmark.
    Tapi begitu buka web ini, and liat gambar lubang yang segedhe itu, masya Allah…ngeri banget.
    Nyumbang tanya, kalo lumpur sidoarjo itu apa juga bisa menimbulkan fenomena yg sama. Pernah dengar cerita dari seorang teman, kalo hal ini bisa membelah daratan (pulau) menjadi dua bagian. Wah…kedengarannya ngeri banget.
    Walau sekarang saya lagi jauh dari tanah air, tapi juga pengin tahu kemungkinan dampak yg ditimbulkan si LUSI (baca: Lumpur Sidoarjo) kalo gak berhenti-berhenti, karena semua keluarga dan orang2 yang saya sayangi ada di kota buaya.
    Ma kasih pak dhe…….
    Salam hangat dari saya di negeri dingin ini:)

  42. Hi salam kang Odoy, trims infonya.
    Aku bisa tau bahasa dewa “geo-geoan” ya krn sering buka blognya om RDP aja kok, juga ga punya bukunya. Kebenulan pula aku dari jatim, jadi ga bgt mahir bs. Sunda. Sori kang, atur nuhuun.

  43. Pak Dhe,
    Kalo Mud Vulcano yg di Sidoarjo itu kayaknya bisa ambles juga , kira2 bisa ambles berapa dalam & radiusnya sampe berapa ratus meter ya?

  44. @im3ama
    “Neundeut” (bs. sunda) kalau diterjemahkan ke bhs indonesia mungkin menjadi “Nendat”, karena dalam geoteknik ada istilah gerakan tanah “Nendat/Nendatan”.
    *buka-buka buku geoteknik lagi*

  45. Amblesan atau sinkhole ini khas utntuk daerah yang batuan dasarnya batugamping. kalau yg di Code dan Kalibayem Jogja itu growongan bekas urugan (sampah) yg skalanya kecil dibanding Guatemala.
    Neundeut -> dalam istilah geologi ada yg disebut Nendatan dalam bahasa Inggris subsidence. Kalau sinkhole ini aku terjemahkan amblong, karena ada lubang yg tak terisi.
    Wah kudu ndongeng istilah dewo-dewo, ini emang angel je.

  46. wah nek liat skalanya ngeri tenan, dhe kalo peran struktur maen ga di situ kaya sesar,antiklin dkk?

  47. Dhe
    aku mo minta ijin untuk mengcopy foto2 sinkhole nya yooo…..

    salam

    bon

  48. Salam,
    Mau cerita aja, … ndongeng:
    Beberapa tahun lalu saya bkunjung ke salah satu perkebunan di Ciamis-Jabar. Ada salah satu kebunnya disebut Kebun Lemah Neundeut (Afd. Batulawang). Ketika tanya apa artinya “neundeut” (baca: nendet, tapi mulutnya sambil agak mewek gitu lho), pak mandor yang memandu menjawab bhw neundeut=ambles. Emang ada tanah yang ambles? – Di situ kawasan perbukitan, beberapa singkapan menunjukkan batuan gamping. Memang ada suatu cekungan (yang kucurigai), tapi kawasan itu udah jadi kebun karet. Pak mandor pun ga tau mana persisnya yg neundeut, karena dia juga bukan orang asli situ. Ah, jadi kawatir, jangan-jangan daerah itu termasuk rawan.
    Mudah2an jadi atensi pula bagi bapak-bapak di PTPN8.
    Mau nanya nih: Apakah vegetasi pepohonan dengan perakaran yang kuat bisa mencegah bencana sinkhole, yang kejadiannya bisa tiba-tiba, dan ngagetin seperti kasus Guatemala. Wah kasian juga ya, ternyata yang Guatemala itu makan korban 2 remaja. Bayangin ,,,, terjun bebas 100 m. Aduuuh ….. misalkan lagi bermain atau belajar atau mungkin lagi tiduran, tiba-tiba disuruh terbang ke dalam lobang segitu dalamnya. Ihhh.

  49. Pak dhe inggat ndak kejadian beberapa tahun yang lalu (2002/2003) di Jogja tentang amblesnya daerah kalibayem, apa itu sama dengan fenomena di Guetemala? waktu itu cukup heboh karena beberapa petak sawah hilang setelah di guyur hujan.

  50. pak dhe Rovicky, saya punya dongeng tentang bunyi glur atau glung. Kita biasa lihat pletikan /loncatan api listrik pada busi atau korek gas, kedengarannya kan thik…thik. Lha kalau diudara ada loncatan api listrk kan bunyinya menggelegar, kita sebut halilintar atawa geledeg.Kalau kejadian loncatan api listrik diudara dengan jarak yang cukup jauh, kita lihat kilat terlebih dahulu (kadang-kadang kilat tertutup awan), baru kemudian terdengar suara gembludug,kita sebut gludug. Kedua loncatan api listrik baik yang kecil maupun yang besar telah membangkitkan apa yang dinamakan acusto motive force ( gaya gerak akustik),karena terjadi diudara (gas) sehingga rambatan energinya dapat sampai kita dengar beberapa saat kemudian karena ada perbedaan kecepatan sinar yang 300.000 m/det dengan kecepatan rambat getaran diudara yang 340 m/det. Gaya gerak akustik juga dapat dibangkitkan lebih dahulu melalui benda padat, misal pada alat-alat musik, atau seperti waktu kita sekolah dulu main-main dengan batang penggaris yang kita tempel pada tepi meja kemudian kita getarkan. Kan bunyinya dhung-dhung !. Kalau benda padat itu berupa biting (lidi), kita patahkan akan keluar bunyinya klick. Kalau ranting pohon patah akan berbunyi klek, dahan patah : klek. Lha sekarang kalau girder /gelagar jembatan yang terbuat dari beton pra tekan kalau sampai patah seperti peristiwa yang terjadi saat pembangunan jembatan Suramadu kan bunyinya seperti bom meledak, boom. Sekarang kalau yang patah itu batuan dengan luasan penampang patah berpuluh kali penampang gelagar tersebut kalau terjadi diudara kan sangat hebat bunyinya. Karena terjadi didalam bumi,maka prosesnya adalah energi patahan tadi lebih dulu membangkitkan mechano motive force ( gaya gerak mekanik) yang menggetarkan tanah merambat dengan kecepatan rambat lebih besar dibanding diudara, tergantung batuan yang menghantarkannya. Kalau lewat air tanah(aquifer) mungkin 1440 m/det. Kalau lewat batu-batuan mestinya lebih dari itu. Setelah sampai dipermukaan, getaran akibat adanya gaya gerak mekanik dari tanah tersebut akan membangkitkan berubah menjadi gaya gerak akustik sehingga menggetarkan udara yang kemudian kita akan mendengarnya sebagai bunyi glur atau glung. Ditelinga londo Amerika mungkin terdengarnya bukan glur… tapi bblamm !! Sudah ya dhe, titip dongeng.

  51. #Amien Widodo
    Mau nagih lho pak, … mana dhonk gambar-gambar tanah ambles di Bodag-Mdn. Ga sabar aku …., suwun sak derenge.
    #Die … Lady
    capa cih misoanya, jangan2 q kenal pula … yeee !

    Salam, IM

  52. pakdhe rovicky….

    kalo fenomena “kali tiban” kayak di ngawi tepatnya di daerah nduwure JOGOROGO itu proses apa ya pakdhe?
    soale itu kata orangs ekitar, juga kejadiane “mak bleg”
    trus langsung ada kali lebar dan dalem
    sorry pak dhe nek OOT..

    #im3ama
    suwun mas, dongane

    #Die
    magetan arah ndeso mas…
    isone mung dial up an.. hehe

  53. Ngeliat gambarnya kok ngeri banget ya. Bisa ga ya memprediksi kemungkinan Sinkhole ini, termasuk daerah berbatu gamping. Pake GIS ato apa gitu…
    Agak OOT sih, kebetulan orang Jatim, katanya lumpur lapindo kalo ga berhenti-berhenti, tanah juga bisa ambles (jadi kayak lautan) *takuuut*

  54. masdhenk, Magetannya di mana, ntar temennya suami aku, lagi…..

  55. Walaaaah, jadi nggak ada hubungannya sama sampah toh??? Kalo batu gamping ini ya sama kayak di derah Madura, Gresik dan sekitarnya itu… Waktu di sondir kayaknya udah tanah keras, eh, ternyata gamping… he…he… trus waktu di pancang, gampingnya rontok, tanah di bawahnya rongga, waduuuuhhh!!!! Seandainya aja diciptakan alat detektor yang bisa menggambarkan irisan tanah secara visual khan enak ya????

  56. mas rov,brti daerah yg rawan sinkhole ini biasanya daerah karst yah mas.maaf yah mas klo saya salah,tpi klo saya bleh nanya ttg daerah karst proses pembentukannya gmna yah,trus dalam proses pembentukannya ada pngaruh dari proses tektonik juga ga ya,makasi mas….

  57. #masdhenk
    Wheee … sampeyan wong Mgt tho mas. Ga sah khawatir, mudah-mudahan bawahnya MGT tu batuan vulkanik smua yang lebih kokoh tak mudah kropos kayak batu gamping. Itu kan cuman isu aja kali, krn waktu itu britanya silang siur, nyebar gitu aja … bikin panik, ga keruan sumbernya. Sampai sekarang tidak terjadi kan? Bencana bisa datang dari dan di mana aja, tapi percaya Alloh melindungi hambanya kok. Amin
    Salam, IM

  58. Salam Dhe,
    Lha rak tenan tho, mestinya banyak kasus sinkhole di indonesia, krena banyak sekali daerah-daerah gamping seperti kawasan selatan jawa yang terangkat. Di dalamnya juga banyak sekali sungai-sungai bawah tanah.
    Tapi Dhe, saya ga tau sungai bawah tanah itu bisa sedalam apa? apa ada yang sampai tembus pulau, sehingga nyambung dari laut ke laut. Whuaah ….. berkhayal … jangan-jangan lapisan batuan bawahnya Jawa ni gamping semua. Ojo-ojo ngisore pulau kiyi growong-growong, hiiiiiiii ……. !
    Selain proses “penggrowongan” seperti ditunjukkan pada batuan gamping di atas apa ada yang lain, misalnya pada batuan-batuan vulkanik, metamorf ato sedimen yang laen?
    Klo gitu gimana prosesnya …. wah bisa jadi, mesti macem-macem banget? tapi paling tidak ada contoh kasus laen.
    Nuwun, IM

  59. […] Ulasan kejadian ini (sinkhole) dari sudut pandang seorang geolog indonesia yang juga blogger diceritakan di sini […]

  60. Kalo ndak salah inget (tahunnya lupa tapi 5 tahun sih belum ada kayaknya🙂 ) waktu ada pelebaran jembatan Kali Code Jogja di Jl. Solo (mungkin??? lupa jee) waktu itu heboh nemuin “growongan” gedhe waktu bikin lobang buat pondasi jembatan. Apa itu juga termasuk “luweng” juga ya??? Ngeri juga nih!

  61. Kalo yang terjadi di Guatemala juga bisa terjadi di Jogja, ataupun tempat lain yang kondisi bawah permukaan nya mirip, gimana supaya kita bisa meminimalisasi efek dari “amblongan” itu ya pak Dhe,…

    Apa perlu ‘ngerun’ seismik di daerah yang padat penduduk, pemetaan geologi, atau gimana ya…

    Matur suwun
    Sigit Ari

  62. Tanah Ambles di Desa Bodag Kecamatan Kare Kabupaten Madiun merupakan episode proses akan terjadinya longsor.
    Hasil pengamatan kita sbb :
    Tgl. 14/2 turun 0,5 m,
    tgl. 22/2 turun 4 m,
    tgl 26/2 turun 5 m,
    tgl 2/3 turun 6,6 m.
    Nanti foto-foto tak kirimi

    AW

  63. pakdhe,
    kemarin liat di tv, di daerah madiun ada yang ambles, bentuknya melingkar juga, jadi membentuk seperti danau, lupa madiun tepatnya daerah mana. apa seperti itu??? mohin penjelasannya

  64. walah….
    #im3ama
    wah aku jadi wedi nih, soale aku di magetan…
    jangan jangan njur ambleg, lak blaen to?
    pripun pakdhe Rovicky?

  65. Wah durung marem aku, imbuh maneh.
    Material merapi yang ngurug yogya itu setebal berapa ya rata-rata. Jadi terpikir, permukaan Yogya sebelum terisi matrial merapi dulu trus seperti apa ya, apa isinya. Jika digali mungkin ada peninggalan jaman lampau yang hilang (keurug). Jadi mungkin ada “dunia laen” di bawah dataran pasir Yogya.
    Kayak misalnya Borobudur, yang katanya dulunya di tengah danau purba, trus keurug material merapi pula.

    Weleh weleh ….. jadi menggok ntar
    Bolong mak cemplong … blong …. > sinkhole!

  66. Wallah Yogya lagi. Pernah denger pula bahwa dataran Yogya itu tanah terban yang diisi material merapi. Ada salah satu sisa tidak ikut ambless, yang masih metungul, yaitu bukit di Piyungan itu. Tapi kejadian itu kapan ya? Wallah kayak apa ya waktu kejadian, mendah sanaliko mak blong … bhleggggg! … sak mono ambane. Apa malah tidak karena termuati material merapi, terus keberaten … terus ambleg? gimana Dhe?

    Salam, IM

  67. –> Getoeh
    Ya memang begini genesa dari luweng itu
    –> IM
    Amblesan itu bisa bermacam-macam penyebabnya.
    Coba perhatikan apakah sama dengan kasus amblesan di pinggiran lereng Opak ketika gempa. Gambarnya ada disini :
    https://rovicky.wordpress.com/2006/08/09/longsoran-dan-danau-akibat-gempa-dan-patahan/

  68. Apa mungkin banyak kejadian sinkhole di Indonesia yang sudah atau mungkin akan terjadi ya.

    Apa selalu tanah dengan batuan gamping Dhe?
    Kalo tanah ambles sedalam 1-2 m yang di Bejen, Temanggung itu, katanya lokasi tsb adalah tanah padas yang mudah anjlog. Kejadiannya sekitar 1-2 tahun lalu, puluhan rumah warga direlokasi karena banyak yang retak-retak. Apa juga karena ada sungai di bawah tanah?

    Heboh di akhir dekade 1970-an. Gunung lawu berguncang hebat – gempa! yang terasa sampai Madiun dan Ngawi, mungkin juga kota-kota lain di sekitar Lawu.
    Waktu itu ada retakan tanah sepanjang belasan kilometer antara G Lawu dan G Bancak (sblh tenggara Magetan). Nah, ada isu bhw di sekitar garis retak antara dua gunung itu mau “amblong” dengan radius lk. 8 km ke kanan-kiri retakan. Sehingga banyak masyarakat pada resah. Kejadian gempa menyebabkan rumah penduduk di kaki gunung lawu retak retak, dan banyak yang pada ngungsi, kawatir G Lawu mau “njeblug”. Tapi Gempa yang terjadi diduga karena ada runtuhan massa tanah dalam rongga bumi di kawasan tersebut, dan karena bersamaan hujan lebat terus-menerus saat itu. Tidak tahu kenapa, ada kabar bhw telaga Sarangan wkt itu pun suhunya agak menghangat, keruh dan bau belerang. Apa karena memang aktivitas lawu?
    Apa dugaan-dugaan itu benar Dhe? Sampe sekarang belum dengar berita tanah di Magetan ada yang ambles ato pun amblong. Setahu saya tanah Magetan itu dari material volkanik-Lawu, sedang di sblh tenggara dan selatan memang gunung-gunung gamping (termasuk G Bancak).

    Maturnuwun Dhe.
    Salam, IM.

  69. dhe, ini mirip sama lahirnya goa goa vertikal (luweng) atau tidak ya ? suwun njeh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: