Evolusi – intermezzo – Kapan saat kamu terkecil yang bisa diingat ?


Ini tulisan lama yang aku reposting dan Update !

Kapan saat kamu terkecil yang bisa anda ingat ?
Semasa 2 tahun, 4 tahun atau ketika bayi ?
Ingat ndak wektu kamu lahir, ceprot ? Ngga mungkin kan ?
Tetapi kenapa kamu yakin bahwa hari lahirmu tanggal yang tertulis di Akta kelahiran ?

Kenapa kita yakin bahwa yg melahirkan kita itu “ibu” kita yg sekarang kita kenal ?
Paling banter hanya karena surat kenal lahir atau akta kelahiran. Bahkan mungkin foto kita wektu berumur beberapa hari yg di “klaim” itu adalah diri kita waktu kecil. Walopun tanpa ada memory (ingatan di otak) dan kita percaya saja kan … apa kata nenek, om, tante dsb. Keyakinan bahwa foto itu adalah diri kita hanyalah keyakinan yg “dihembuskan” oleh pendahulu kita (ortu, paman, kakek dll) tanpa kita menyadarinya.

- :( “Tapi Dhe, kan ada kemiripan wajahku dengan bapak sama simbokku ta ?”
+ :) “Yak tul, ada kemiripan … lah kalo kamu sama munyuk piye, le ?”
- :(
mbesengut !! “Wah Pakdhe niku …. mosok siih … ?”

Demikian lah … diri kita ini tahu “bahwa dirikita ada” ketika memory termuda yg dapat kita rekam. Aku sendiri memilki memory terkecil umur 2 tahun. Aku inget ketika diambil dari rumah nenek di Solo ketika peristiwa terjadi peristiwa Gestapu tahun 65. Menurut leluhur (kakek, nenek, baak ibu) aku sebelumnya dititipkan di rumah nenek sejak umur 1 tahun (kalau wektu sebelum titik awal ini, aku ga inget blass). Teapi ntah mengapa aku inget ketika turun dari bis yg membawaku dari Solo tempat nenek aku dititpkan. Ntah, apa sebabnya, tetapi ini peristiwa “kahadiranku” di dunia yg aku “sadari“. Selain itu … blass aku hanya percaya kata “leluhur” (orang yg mengaku bapakku, ibuku, kakekku, nenekku, juga pamanku). Dan crita tentang diriku sebelum umur 2 tahun hanyalah seperti mitos tanpa ada ingatan di otak ini.

Nah kapan anda punya ingatan terawal ?

Sekarang bagaimana kalau kita analogikan dengan evolusi dan kehadiran manusia di bumi ini.

Nah bisa ngga dibayangkan …. sejak kapan manusia ini ada ?

evolusi_kuda.jpgKalau saja foto kecil kita (dimana kita ngga punya memory sama sekali) digantikan oleh fosil ? Fosil merupakan evidence bahwa dahulu ada mahkluk yg saat ini sudah tidak ada.
kalau saja akta lahir itu digantikan buku-buku ilmu pengetahuan dan kamu digantikan “manusia” sejak dahulu ….
Jadi, percaya kah bahwa fosil Pithecanthropus Erectus itu ada hubungan dengan “manusia jaman dulu”?
Dan bisakan kita mengerti bahwa “evolusi” itu ada ?

Diatas itu gambar evolusi kuda diambil dari britanica.com. Untungnya kuda ini tidak protes kalau dibilang keturunan dari biatang mirip anjing. Apakah yang dijumpai itu lengkap mulai dari ujung muka hingga buntut ? Tidak, hanya fosil kakinya saja yang terekam lengkap dalam kumpulan fosil-fosil yg sudah diketemukan.

- :( “Salah-salah bisa dipengkal ya, Dhe ?”

About these ads

29 Tanggapan

  1. perlu diingat juga, sekarang foto bisa di edit lewat Photoshop … teknologi semakin canggih … mungkin kalo kita berfikir fosssil diedit???? bukan hal yang tidak mungkin

    Betool. Penipuan data dalam sebuah riset sudah diketemukan beberapa kali dalam thesis looh

    .

  2. saat engkau lahir, engkau menangis tapi, orang tersemyum melihat mu. akan tiba saatnya kala engkau mati orang lain menangisimu, tapi engkau balas dengan senyuman, persiapkanlah bekalmu,,, agar engkau tersenyum,, untuk-Nya. kare

  3. bagi yg percaya evolusi, coba buka: http://www.harunyahya.com/en.m_download_list.php?langId=21&typeId=1&btnSubmit=Go

    semoga bisa dapat pencerahan. Kalo dongeng kiamat ada nggak ya?…

  4. ee..saya pernah dengar tu, klo dna manusia dg simpance itu 94% sama bro..wah jangan2 beneran tu teori darwin?

  5. “Evolusi” Nie judul yanng Qu mu Tanya….?
    Menurut Qu yang d’ ciptakan oleh tuhan terlebih dahulu yaitu sebelu manusia adalah jenis arcebacteria law ga salah? Tyuz Ntu kan bakteri yang ekstrim akhirnya bakteri tersebut memisahkan 2 bagian yaitu darat & lautan…!!
    selanjutnya menjadi sel eukariotik….??

  6. Mao nanya, tapi moga2 aja ga melengseng (lari) topiknya haha
    DNA itu, kalo pasangan yg ad hubungan saudara, akan mengakibatkan cacat pd anaknya ya? Karena faktor DNA yg ada pertalian? Dan setingkat hubungan saudara apa (kandung, kakek/nenek, sepupu jauh/dekat, ortu pria/wanita dr pihak yg berpasangan) sehingga anak dr mereka tidak akan cacat?
    Dan jelasin dunk gmana DNA itu bekerja sehingga koq bisa anak tsb menjadi cacat! Faktor apa yg paling mempengaruhinya? Serta mengenai memori, apakah memori itu DNA?

  7. - Manusia pertama ADAM
    - Teori Darwin sbenarnya sudah ada jauh sebelum Darwin.
    - Teori Darwin dari paham Naturalisme…
    - Naturalisme dilahirkan oleh Yahudi+Israil/ keturunan Nabi Ya’kub.
    - anak Nabi Ya’kub : Yusuf, Bunyamin, Yahudi, Israil, Imran.
    - Naturalisme melahirkan Kapitalisme, Feodalisme.
    - Naturalisme pasti menjajah yang Idealisme.
    - Idealisme contohnya, aliran mistik, kultus tuhan, kultus manusia, kehidupan saling menghancurkan, saling memeras, saling menghisap darah saudara sendiri.
    - Bangsa Indonesia terkena penyakit Idealisme
    - Indonesia pasti sedang dan akan terus di Jajah oleh paham Naturalisme (Kapitalis, Feodalis).
    - Indonesia mau bebas dari Penjajahan Naturalisme, harus melepaskan paham Idealisme dan beralih kepada ajaran Yang merdeka dari Pembimbing dan Pembina Hidup, Tuhan Pengatur Hidup Manusia.

  8. aku punya memori terkecil umur 1 tahun. saat aku ulang tahun trus diphoto di rama studio sambil ngemut batu kali di pinggir empang yang banyak ikan koinya. saat cerita tentang itu sama orang lain, malah dikirain saya indigo alias bakat jadi paranormal. emang pada umur berapa sc memori kita udah bisa mengingat secara permanen??

  9. Ingetin ya, ketika keluar dari rahim ibu Uong menangis. Tapi memang Uong sudah lupa dan tidak bisa menggali dari memory. Kadang-kadang Uong yang sudah gede ini masih juga suka lupa apalagi menjawab soal-soal ujian hapalan. Nah sekarang ingetin ya Uong waktu keluar dari rahim Ibu Uong menangis.

  10. Numpang suara ya pak dhe……
    Wah, sekalinya baca blog ini kok malah ketagihan n gak bisa berhenti ya. Walau banyak istilah yang saya masih gak ngerti. Tapi pak dhe kalo bisa kasih suara, menurut saya analogi yg pak dhe kasih kok agak gak nyambung, karena fosil2 itu ditemukan per bagian bukan? (atau saya salah ya? hehehe…maklum masih dangkal ilmu).
    Lha sedangkan kalo foto yg diaku diri kita kan menunjukkan bagian yg utuh, jadi kok saya agak keberatan kalo ‘disamakan’. Lagipula, begitu halnya sequence hidup kita kan personal live, jadi menurut saya lebih mudah ‘diraba’ kevalidannya. Tapi kalo fosil kan sequence hidup makhluk lain, yang udah mati n gak bisa ditanya, hehehehe…ngelantur ya pak dhe:p
    Soal ingatan terlama yg bisa diingat, saya jadi tertarik membaca jdlnya. Saya sendiri sih masih ingat ketika dulu nenek saya suka menggendong saya, dan ‘nyekoki’ jamu ke mulut saya, karena dulu sakit2an:) nah, saat itu saya gak begitu ingat berapa usia saya, waktu masih belum bisa jalan. Tapi kalo ngeliat foto2 masa kecil, yg suka diambil ama tante2 saya, sequence2 itu seperti terurai kembali, dan subhanallah saya bisa mengingat setiap detail peristiwa n rasa yang muncul saat itu.

    “Ngga perlu fit dan pas banget yang penting masih bertahan sampai akhirnya berubah lagi. Karena justru disinilah letak kehidupan akan terus berlangsung … yang sedang2 saja tetapi diatas. Jangan Paling atas … nanti malah mudah patah”.
    Wah…….saya terkesan sekali dengan semboyan ini pak dhe. Saya lebih bisa mencerna dari sudut filosofinya daripada teori evolusinya, hehehe….
    Matur nuwun ya, atas space blognya.

  11. [...] Soal kenangan… apakah kenangan yang dia dapat saat berumur 13 bulan ini akan dapat terus dapat di ingat saat dia dewasa nanti? 19 tahun yang akan datang, dengan sedemikian banyak pengetahuan yang berjibun di memory-nya apakah dia dapat recalling ingatannya saat berumur 13 bulan? mengingat kembali saat dia bermain dengan handphone kakeknya hingga hampir rusak, walau tidak separah yang pernah dialami oleh temenku itu. Kalau bercerita tentang ingatan paling awal, aku sendiri juga kesulitan mengingat umur berapa aku paling muda bisa mengingat. Waktu aku coba berpikir keras.. ingatan paling mudaku yaitu saat aku playgroup, saat aku diusia taman bermain dan sering diantar oleh ayakhu naik motor GL-PRO, sekitar umur empat tahun. Mungkin ada beberapa ingatan yang lebih awal dari ingatanku saat di playgroup, tapi karena tidak ada timestamp yang berarti, maka aku tidak tahu itu ingatan pada usia ke berapa. Salut dengan pakde Rovicky yang bisa mengingat hingga ke usia dua tahun. [...]

  12. #kelapadua
    “Evolusi kayaknya cuma cocok buat bebatuan (baca bumi) aja deh.”

    yang lebih ekstrem lagi, evolusi hanya bisa terjadi di bumi, dan evolusi hampir (baca: selalu) menyangkut (baca: disangkutpautkan dengan) makhluk hidup.
    Tanya kenapa???
    telur-kecebong-katak berekor-katak dewasa hanyalah metamorphosis….
    telur-ulat-kepompong-kupu kupu juga hanya metamorphosis….
    perubahan yang selalu berulang dan menetap(circle but not reversible)
    evolusi–> perubahan tidak berulang, irreversible, menurunkan sebagian sifat lama dan menimbulkan sifat baru dan dalam jangka waktu lamaaaaaaaaaaaaa………

  13. Mas Kelapa2
    Evolusi yang aku maksud didalam tulisan2 ini hanyalah evolusi biologi (biology evolution). Sedangan yg anda maksud barangkali evolusi sebagai perubahan yang pelan. Setahuku, perubahan yang pelan ini bukanlah yg dimaksudkan dengan evolusi oleh para biologist.
    Jadi satu kata yg dipaksakan untuk dua pengertian, jadi ya ketemu “joko sembung” … kagak nyambung.

    Evolusi memang berbicara perubahan (yang diperkirakan terjadi sangat perlahan), TETAPI tidak semua perubahan pelan itu memilki makna evolusi.

    Demikian juga dengan mutasi gen. Salah satu mekanisme evolusi diperkirakan melalui mutasi genetik. tetapi tidak semua mutasi genetik akan membentuk evolusi. Bahkan cacat yg lemah.

    Sepertiya rumus evolusipun belum bener-bener diketemukan hingga sekarang. Namun bahwa ada evidence atau tanda-tanda perubahan itu sudah terekam dan terlihat pola-nya. Baik terekam dalam fosil, maupun dalam level mikro misalnya perubahan DNA dalam bakteri TBC, dimana bakteri2 TBC ini sudah banyak yg rentan dengan obat-obatan antibiotik lama.

    Evolusi melalui proses atau meknisme, tetapi mekanismenya sendiri buanyak sekali, dan pengaruh satu mekanisme dengan mekanisme yang lain belum ketahuan secara pasti.

    Hampir semua penelitian science akan menyatak “IN PROGESS”, sedang berlangsung dan terus-terusan … sampek kiyamat kalee.

  14. hiks…aku juga gak ingat masalaluku pak dhe :(
    pas tk aja inget sedikit²….apalagi kalo punya utang…wuah..sering lupa banget xixixixi…

  15. pakde Rovicky,

    Evolusi kayaknya cuma cocok buat bebatuan (baca bumi) aja deh. kalau untuk mahluk hidup, susah ngejelasinnya. gimana DNA bisa berevolusi? untuk mahluk hidup, nampaknya perubahan2 lebih non-linear, macam elektron yg pindah posisi orbit musti makan energi yg cukup dulu baru pindah, nggak ada itu yg namanya gradual (evolusi?) changes. Jadi perubahan itu mendadak. Inilah yg diperdebatkan, perubahan mendadak itu diciptakan, atau ada mekanisme tertentu. Mekanisme kayak apa ya yg bisa membuat DNA berubah secara sempurna, dari satu bentuk ke bentuk yang lain? Kalau DNA berubah tidak sempurna, mahluk hidup menjadi deform (cacat) dan tidak bisa disebut species baru, tapi species yg sama yg cacat (tdk sempurna), dan ini biasanya lemah/gampang mati.

    Sementara itu DNA yg lama, ada juga yg tetap fit dan beradaptasi hingga kini (mahluk purba macam komodo dan lainnya).

  16. Mas Yoedie
    Wah kalau menyangkut manusia emang sudah sangat kompleks. Yang namanya manusia ini ada sisi kebinatangan dan ada sisi non kebinatangan. Jadi ketika bicara evolusi trus dihubungkan dengan manusia perlu sangat hati-hati. Apalagi ketika menyatakan manusia pertama versi biologi dengan manusia pertama versi agama.
    Pasti bentrok sampai akhir zaman deh

    btw suwun infonya.

  17. mas rov,menurut berita tanggal 14 maret 2003 sebagai informasi teori evolusi darwin udah digugurkan dengan temuan ahli dari eropa dengan mengunakan tes DNA dri fosil Pithecanthropus Erectus tidak sama dengan dengan manusia,tp jga ditemukan manusia purba yg disebut cro magnon yang diyakini sebgai manusia pertama berdasarkan dari volume otak yang sama dengan manusia zaman sekarang,yang diyakini juga manusia cro magnon ini mpunyai peradaban yang lebih maju dari Pithecanthropus Erectus,ini buat sekedar informasi aja mas rov,makasi…..

  18. thanks atas tulisanmu, jadi ilmu baru nih…

  19. Lanjut, Pak Dhe! Tetap dengan hati dingin

  20. # Mas Kelapadua … eh Mbak apa Mas ya :)
    hermaphrodite kalee :D

    Kalau anda melihat diagram pohon evolusi dan menggambarkan jangka hidupnya, maka jangka hidup spesies ini ada yang pendek ada pula yang panjang. Ada yang awet sehingga fosilnyapun sudah diketemukan dalam batuan, eh mahluknya yg hidup juga diketemukan hingga sekarang.
    Contoh mudah ya komodo itu … mahluk purba yang masih bertahan. Mahluk2 lain banyak yg punah.
    Kalau kata Darwin “survival of the fittest” tetapi kalau pendapat evolutionist yg baru “survival of the fit enough”. Ngga perlu fit dan pas banget yang penting masih bertahan sampai akhirnya berubah lagi. Karena justru disinilah letak kehidupan akan terus berlangsung … yang sedang2 saja tetapi diatas. Jangan Paling atas … nanti malah mudah patah :D

    Yang penting untuk dimengerti adalah Teori evolusi Darwin (Darwinian) sudah banyak yang membantah, menolak, bahkan mengkoreksi. tetapi pengertian evolusinya sendiri masih bertahan. Bahwa ada perubahan sejak dulu hingga sekarang masih diperdebatkan… terutama diperdebatkan dan diteliti “mekanisme”nya . Tidak hanya natural selection saja. Nat. selection hanyalah salah satu dari sekian mekanisme evolusi.

  21. Salam,

    Kembali ke….. evolusi.

    Berikut satu diantara “para penggempur” teori evolusi darwin….

    “Discovery Institute adalah satu dari sekian banyak organisasi di Amerika Serikat yang gigih menyelenggarakan berbagai acara dalam rangka mengungkap kekeliruan ilmiah teori evolusi Darwin. Sebagaimana diumumkan di situs resminya http://www.discovery.org, serangkaian konferensi bertajuk Darwin vs. Design (Darwin lawan Perancangan) telah dijadwalkan di tahun 2007 dan 2008. Di antara jadwal acara yang sudah ditetapkan Discovery Institute tersebut adalah konferensi di Knoxville, Tennessee (23-24 Maret 2007); dan konferensi di Dallas, Texas (13-14 April 2007).”

    #Tukang Komentar,
    ideologi yg diyakini seseorang itu sangat mempengaruhi hasil karyanya. Seperti teori evolusi ini, penganut teori ini masih terus mempertahankannya padahal sudah terbantahkan. Seperti juga Hawking; kita tahu Big Bang telah terbukti scr ilmiah, tapi karena dia atheis (mohon koreksi kalo salah) maka dia mencari jalan utk meniadakan peran Tuhan. Bisa dibaca di buku: Teori Segala Sesuatu, terjemahan dari artikel2 Hawking, sorry lupa penerbitnya.

    Wassalam.

  22. Pak, dengan gambaran evolusi kuda diatas, (dan gencarnya teori evolusi) seolah-olah evolusi merupakan norm not exception. Padahal banyak binatang yang tidak berubah (tidak mengalami evolusi, walaupun lingkungannya berubah), walaupun sudah jutaan tahun. Kalau nggak salah nelayan di Ujung Pandang pernah mendapatkan ikan minyak hidup2 (coleacanth ?) yg masuk kategori ikan purba. Yang paling ekstrim mungkin bakteri modern (cyanobacteria) yang fosilnya ditemukan di Australia barat , umurnya diperkirakan 3.465 milyar tahun! Lihat Schopf, J. William; “Microfossils of the Early Archean Apex Chert: New Evidence of the Antiquity of Life,”

  23. yaaaaa pak Dhe
    kuda kalau mengkalnya ke depan dia bisa duduk santai dong. hayo juga kenapa
    dan sebaliknya kalau mengkalnya pakai kaki depan dia bisa tidur nyenyak.kalu ini kenapa juga p dhe

  24. Kuda itu ngga bisa nendang tetapi “mengkal”. Menggunakan kaki belakang nendang keblakang.

    Hayo tau ndak kenapa kuda bisanya “mengkal” keblakang ?

  25. :( “Salah-salah bisa dipengkal ya, Dhe ?”

    dipengkal apaan sih dhe?

  26. @Arki
    Emang kenapa dan apa salahnya paham materialis ? Lagian ga ada hubungan antara paham seseorang dengan ilmu yg diketemukan, iya kan Dhe ?
    Lagian setahuku Darwin hanya pencetus, tapi ilmunya udah jauh dari jama Darwin.
    Dhe mbok nulisnya yg banyak … tiap hari gitu …. ga sabar deh … kok kayak evolusi nulisnya pelaaan banget …
    nuwun sewu Pakdhe :D

  27. Evolusi itu kan perubahannya lambat, tidak serta merta dalam beberapa puluh tahun. Dan saat ini juga masih banyak pro-kontra mengenai evolusi manusia. Karena si penemu teori (Charles Darwin) kan orang dengan paham materialis.

  28. evolusi berarti perubahan frekuensi gen dalam suatu populasi (wikipedia), dari Evolusi#2 “Berubah” pak dhe…
    teori evolusinya darwin telah dianggap batal.
    nah sekarang perubahan berdasarkan tanda2 (Evolusi#3) ilmiah ini dinamakan apa?
    apakah itu evolusi juga pak dhe?
    kapan suatu keadaan disebut suatu tanda2 (evidence)?
    dan kapan suatu keadaan itu disebut bukti untuk mendukung suatu science?

    maaf pak dhe, pertanyaan saya terlalu banyak ya,
    saya benar2 bingung pak dhe

    Wasalam
    Aan dari Bali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.163 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: