Gempa diselatan Jawa Barat (1 Feb 2007)


GEMPA PATAHAN MIRIP GEMPA JOGJA 

gempa-selatan-jawa-1feb07.pngTelah terjadi gempa pada February 1, 2007 jam 3:31:28 pagi. Dari catatan dari USGS gempa dengan 5.8 Mb ini, episenternya sangat dangkal, catatan USGS gempa ini memiliki kedalaman hanya 4-5 Km saja. Tentunya dengan kekuatan 5.8 akan  sangat terasa di sekitar lokasi episenter.

Tetapi karena gempa ini terjadi pukul 3 :30 di malam hari mungkin tidak membangunkan penghuni di Jakarta yang kecapaian 😀 … Lah wong malem-malem je. Semalam hujan deres lagi.

– 😦 ” Emange, Pakdhe juga terbangun ?
– 🙂 ” Iya, je. Pakdhe lagi di salah satu ho
tel  Jakarta nih. Di lantai 27 je 🙂 ”
– 😦 ” Disambut sama gempa ya Dhe ?”
– 🙂 ” Lah iya, aku baru dateng semalam lagi ngantuk. Gempa iki sangat dangkal looh. Untuk daerah ini sangat langka, kemungkinan bukan karena zona subduksi tapi patahan
– 🙂 “Whallah, Pakdhe meden-medeni, kih ?”
– 🙂 ” Lah wong aku njut raiso neruske molor, ya wis ngeblog sisan” 😀

neic_yfbj_s.jpg

Ya, gempa ini menurut USGS sangat dangkal dan lokasinya cukup jauh dari zona subduksi di selatan Jawa. Coba lihat arti warna-warni peta diatas, lihat legeda petanya dibawah ini.

mag_legend.gif

Warna menunjukkan kedalaman. Gempa-gempa yang cukup banyak ini merupakan gempa-gempa akibat penunjaman yang ada diselatan Jawa. Sehingga kedalamannya semakin ke utara semakin dalam. Kalau disebabkan oleh penunjaman maka gempa ini akan memiliki kedalaman sekitar 50-70 Km. Gempa yang terjadi kali ini hanya memilki kedalaman 5 Km. Tentunya sangat dangkal.

Awalnya BMG mencatat kedalaman sekitar 50, dan dengan kekuatan 6.2 SR yang kemudian dikoreksi menjadi 5.9 SR. Perbedaan kedalaman ini akan mempengaruhi perkiraan kekuatan (magnitute) gempa. Jadi mana yang bener? Ah itu ngga terlalu penting, yang penting waspada dulu dengan gempa-gempa ini. Kita lihat saja nanti.

Grafik dibawah menjelaskan dengan penampang dari Selatan ke Utara Jawa. Kalau dilihat lokasinya, gempa ini mirip gempa yang di Jogjakarta, bulan May 2006 lalu. Dengan catatan bahwa kedalaman gempa hanya 5 KM sesuai catatan USGS. Kalau kedalamannya justru yang bener BMG (sekitar 59 Km), maka gempa ini mungkin berasosiasi dengan penunjaman (subduksi) di Selatan Jawa.

profil-gempa-1-feb-07

Nah sekarang coba tengok peta patahan-patahan yang membelah pulau Jawa yang pernah aku tulis disini. Kira-kira patahan yang mana hayo ?

– 😦 “Whalah Pakdhe ini ngga ngasi tahu malah ngasi PeeR, yang kemaren aja tugas karya tulis belum selesei je, Pakdhe ?”
– 🙂 “Dadi bocah ki kudu sinau le, ora mung main PS terusss !!!”

Kalau interpretasi ini bener maka mungkin gempa ini tidak menyebabkan tsunami tetapi sangat mungkin akan memiliki daya rusak di daratan sekitarnya.

Salam waspada.

Iklan

20 Tanggapan

  1. selamat bekrja, smoga Dia snantiasa merahmati kita semua. mnawi wonten kesempatan, Andalem badhe ‘nyantrik’ perkawis per-gempa-an.

  2. Dimas Wa Koekoen
    Saya ngga tahu banyak ttg G Ciremai, cuman liat dari jauh. Tetapi memang sangat mungkin ada pengaruh antara gempa dengan gunung api. OK nanti aku crita aja gempa dengan gunung api, ya.

  3. Assalamu’alaikum, Wr Wb.
    Pak Dhe saya ini penghuni lereng Gunung Ciremai, yang ingin saya ketahui bagaimana kondisi sesar yang berada di pantura P. Jawa, dan bagaimana aktivitas kegempaannya ? Apakah benar terjadinya gempa di sekitar gunung api akan mempengaruhi aktivitas dapur magma gunung api tersebut ? Terima kasih atas pencerahannya.

  4. Pakde Rovicky..tepangaken kulo niki wono saking Bandung…asli klaten…
    kulo angsal kabar nek gempa tanggal 1 feb lalu..katanya juga awal2..katanya gempa kemarin baru mlesat saja…tumbukan trus baru mlesat..nah katanya akan terjadi patahan…beberapa hari kemudian…opo bener pakde..
    kapan terjadinya ???
    wah pasti ra ngerti too…
    pakde…btw Bandung katanya juga wawan sekali gempa…ada 2 patahan yang bergerak..cimarini sama lembang…
    btw potensi nya besar ndak pakde…???
    kalau terjadi gempa di bandung…wah korbanya itu lo pakde…bisa banyak..soale aku liat bangunan2…di kosanku..dan sekitarnya padat banget…dan rapuh2..retak..
    kamarku aja ada truk lewat bergetar…pa lagi gempa 5 Skla richer ke atas…wah pakde…aku takut banget pakde…aku kan belum nikah…kemarin pas di klaten aja..aku dah trauma banget…anehnya setiap aku pulang klaten sering terjadi gempa…gempanya juga pas aku maun PS jam 1an…
    pakde tolong jelasin ya…aku iki cah Informatika..tapi tertarik ttg ilmu gempa…pengin tahu pakde…

    Best Regards

    Sarwono
    Hidup The Gunners…

  5. mBah Ma’ruf
    1. Gempa susulan (after shock) biasanya terjadi pada gempa-gempa besar setelah gempa utama (main-shock). Namun sependek pengetahuanku, setiap gempa kecilpun diikui gempa-gempa susulan (after-shock) lainnya yang selalu lebih kecil dari gempa utama. Mungkin karena gempa ini relatif lebih kecil. Maka gempa susulannya juga sangat kecil tetapi tidak dirasakan atau tidak dilaporkan BMG.
    Ingat skala gempa ini logaritmik, artinya gempa skala 6 itu artinya 10 kali gempa skala 5.

    2. Wah saya ngga tahu itu. Apakah gempa ini sebagai preshock maksud anda kan ?
    Saya belum tahu persis karakteristik “pre-shock”.

    Btw, gempa pada saat purnama itu memang diperkirakan ada hubungannya.
    coba baca yg ini :
    https://rovicky.wordpress.com/2006/06/18/efek-bulan-terhadap-pasang-surut-gempa-dan-gunung-api/

  6. Mas Rovicky, saya mau nanya nih tolong dijawab dengan sejujurnya;
    1. Apakah Gempa bumi di selatan jawa barat ini di ikuti oleh gempa-gempa susulan yang lebih kecil, karena saya baca di atas bahwa gempa ini mirip gempa yogya dimana gempa yogya banyak di ikuti oleh gempa susulan sementara gempa di selatan jawa barat ini sampai sekarang saya belum mendengar atau membaca adanya gempa susulan.
    2. Ini pertanyaan yang agak lebih gawat, sebagai ahli geologi atau ahli ilmu kebumian saya mau nanya ke Pak Dhe ;
    begini pertanyannnya ; ” Apakah apabila terjadi suatu gempa yang agak besar ( lebih besar 5 Mw ) tapi tidak di ikuti oleh gempa-gempa susulan atau gempa-gempa lainnya dalam periode yang berdekatan dapat dikatakan bahwa gempa tersebut adalah awal atau tanda adanya suatu gempa yang jauh lebih besar ???.”
    Berdasarkan pengetahuan saya daerah dari selat sunda sampai selatan jawa barat adalah daerah persimpangan dua sesar utama di indonesia yaitu sesar sumatera ( semangko) dan sesar jawa(sunda) yang pusatnya disekitar selat sunda yang hampir membentuk sudut siku2. Persimpangan ini mempunyai potensi gempa besar yang cukup hebat dan dahsyat seperti gempa di aceh yang kekuatannya lebih dari 9 Mw karena saya pernah membaca seismic gap daerah ini cukup besar. Tapi untungya di selat sunda terdapat gunung yang sangat kuat yaitu gunung karakatau yang memaku siku2 tersebut. Tapi masalahnya gunung itu kan pernah meletus super dahsyat sampai menghancurkan dirinya sendiri di bulan Agustus 1883 lebih dari 100 tahun yang lalu, dan sejak saat itu di dareah selat sunda sampai selatan jawa belum pernah terjadi gempa dengan kekuatan yang dahsyat sebagaimana yang terjadi di sumatera. Apakah ini tanda2 akan adanya suatu gempa yang lebih dahsyat??? Semoga tidak. Gempa terjadi hari kamis dini hari tanggal 1 Februari 2007 atau 13 Muharram 1428 Hijriah mendekati bulan purnama.

  7. Gempa itu kerusakannya “tidak hanya” faktor goyangan. Tetapi justru kondisi bangunan yang lebih berpengaruh. Kondisi inilah yang membuat beberap bangunan aman, dan ada yang roboh disekitarnya.
    Itulah sebabnya banyak yang bilang “gempa tidak membunuh, yang membunuh itu bangunan 😦 “

  8. lalu, yang mbikin kerusakan gempa di Jogja itu istimewa apa pakde? padahal banyak yang diatas Jogja tapi kok relatif utuh daerahnya

  9. MAs Agus, barangkali saja anda berdiri diatas tanah yang secara alami meredam gempa. Itulah sebabnya ada peta rawan gempa. Peta ini dibuat berdasarkan atas seberapa sering gempa itu terjadi selama ini (historical), juga adanya sifat2 tanah tertentu yang tahan atau mampu menahan getaran.
    Wah brarti anda beruntung, anda memiliki “shock breaker/shock absorber” alami.
    Gejala ini sbenernya sama juga dengan mengapa gempa jogja lebih terasa di Timur ketimbang di Barat. Hal ini disebabkan gempanya merambat pada batuan keras tetapi teredam di endapan muda merapi di Jogja. Artinya energi gempanya habis di jogja tetapi tidak merambat ke arah barat. Silahkan baca tulisan disini :
    https://rovicky.wordpress.com/2006/06/01/peta-kerusakan-gempa-jogja-27-mei-2006/

  10. Pakdhe Rovick…kenapa ya, saya yang tinggal di serang banten tidak merasakan gempa ini, malah dulu yang waktu gempa pangandaran dan ujung kulon juga hampir tidak merasakan, hanya yang sedang diam dan nyandar di tembok aja yang terasa kayak ada truk besar yang lewat. Padahal orang-orang di jakarta pada heboh merasakan gempa besar. Padahal Serang dan Cilegon ini jaraknya hanya 100-an km di arah barat jakarta loh…

  11. Oh begitu toh penjelasannya. Saya sekarang jadi ngerti tentang cara orang geologi memetakan zona-zona subduksi dan proses terjadinya gempa di zona tersebut. Jadi dari analisa record Gempa masa lalu ya….hmm I see. Trims Pak Dhe

  12. Hi Hedi,
    Pasrah itu sesudah berusaha. Lah kalo blum berusaha jangan pasrah duluan.
    Dan harus sabar … artine sabar itu berusaha sekuat tenaga tanpa sampai berhasil 😀

  13. Hmmm kalau sudah begitu, bukan cuma waspada Pakde, tapi juga pasrah sama yang Maha Kuasa 🙂

  14. pak, kan disuruh waspada dan siaga oleh profesor di India.
    Ini berita lengkapnya ada di suara pembaharuan http://www.suarapembaruan.com/News/2007/01/26/Kesra/kes01.htm

  15. SALAM PEMBUKA GEMPA 1 FEB 2007
    GILIRAN SESAR GRINDULU PACITAN JAWA TIMUR
    8 SR GEMPA DARAT TINGGAL TUNGGU WAKTU ??!!!
    BENCANA MAHA DASYAT
    EMPAT ANASIR API,AIR,ANGIN DAN TANAH
    SELAMA 40 HARI
    DUCH GUSTI

  16. Waduh Dhe…, lagi ngerasakan besar semalm ya…alo aku ma udah kebal ma gempa pasalnya sudah ngerasakan hebatnya gmpa di jogja 27 mei 2006 yang lalu. Terus hampir setisap hari ada gempa kecil-kecil, ibarat udah makanan gempa itu adalah lauknya Dhe….hehhehehheh.

  17. Dhe, sy tinggal dBdg, kbiasaan tdrnya ngampar dijogan nan anyep. mnjlang subuh kaget dioyag-oyag,cendela pintu bunyi pating krotak tp lmpu gntung kok diem. trus duduk lenger2,brusan itu lindu ato saraf sy yg kaco. ee,tibaknya lindu stl tau dr pak dhe pagi ini. mo nyuwun pirso dhe, maksude apakah patahan cimandiri mlorot lagi? Huaaaaaa…

  18. Untung di laut, kalau di darat kan berabe….

  19. wah jan elok tenan pak dhe satu ini udach langsung kasih info akurat, cepat dan terpercaya (wah koq kayak semboyannya salah satu TV swasta hehehe….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: