Utara peta ndak harus diatas !


globeMental Map –> Utara peta tidak harus diatas !

Bagi anda yg sering membaca-baca peta selalu saja menggunakan arah utara peta ditaruh atas. namun jarang yang bertanya kenapa arah utara ada di atas, kenapa utara ? kenapa bukan timur atau barat atau bahkan selatan ?Secara mudah sering dipakai argumen bahwa utara berada diatas karena yg membuat peta orang-orang yang berada di belahan bumi utara. Mungkin saja alasan ini benar. Namun seandainya saja kita bertanya, dimana utara Bulan ? Dimana kutub utara planet Mars ? Apa dasarnya ?

Mental Map

Ilustrasi dibawah ini telah mengecilkan arti sebuah daerah karena kelemahan sistem proyeksi. Lah bumi ini kan bulet (kayak bola) tentunya tidak mudah ketika melihat bumi dalam peta datar. Karena bumi ini digambarkanb datar pada secarik kertas, maka daerah di katulistiwa terlihat relatif lebih kecil dibanding daerah di belahan bumi utara maupun selatan yang mendekati kutub. “Kesalahan” ini disebabkan karena “memaksakan” bumi bulat menjadi bumi datar. Hayoo … sapa yg masih menganggap bumi ini datar ?
Lihat saja ini :

 

Nah berikut saya punya koleksi peta-peta yg mempunyai kutub utara dibawah, coba perhatikan dimana pusat dunia itu ? :

Nah apa salahnya kalau orang-orang Ustrali membuat peta dengan Benua Ustrali berada di tengah. Menjadi pusat perhatian kan ? Ustrali ini memang sejak beberapa dekade ini meluncurkan issue-issue yg berbeda dengan issue dari negara-negara barat. Walaupun sama-sama ras hispanic, orang-orang Ustrali ini memiliki cara pandang yang berbeda dengan hispanic lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia ? Kita pun merasa terpinggir dengan disebut Far East (timur jauh). Ah, padahal kita tidak begitu jauuh kan ? mereka saja yg terlalu ke barat kali … :p . Padahal Dunia diawali dari Timur, matahari juga terbit dari timur, kan ?

Bumi Kuwalik !

Pada dasarnya manusia itu seneng menjadi pusat perhatian (hikhik narsis), aku lah yang semestinya terpenting dan menjadi pusat segalanya …. nah ini seperti peta bikinan Ustrali dibawah ini kali yeee …😦 … Dan utara peta tidak harus di atas !

Tapi kalau di peta ini Pulau Sulawesi bukan lagi seperti huruf “K”.🙂

Peta lain adalah kumpulan bagaimana melihat bumi berputar2. Disini kita akan mengenal bumi dari berbagai sudut yg kita inginkan. Bumi ini terlalu miskin danngga menarik kalau hanya dilihat dari satu sisi saja, terlalu jelek kalau dilihat dari satu cara pandang saja. Cara pandang yang lain perlu dicoba, diputer, dijungkir-walik, dikasi warna, wis macem-macem lah.

Aku sih maunya Indonesia is the centre of the earth. Coba tengok kalau Indonesia di tengah keren juga kan ?

Kata Simbahku kalau kamu ingin melihat sedikit perubahan, rubahlah perilakumu, kalau anda ingin melihat perubahan yg besar, rubahlah cara pikirmu, caramu melihat dunia …. Jadi jangan mau donk melihat peta dunia yg pusatnya bukan Indonesia …🙂

klik memperbesar

Peta rupa bumi tanpa air

klik memperbesarDisebelah atas ini seandainya bumi ini tanpa air. Hal yg mirip kalau kita melihat planet Mars saat ini yg tidak ada air sama sekali.

Gambar diatas  bumi dengan air

sumber peta: internet, noaa

20 Tanggapan

  1. Memang tidak ada salahnya kalau arah utara peta tidak harus selalu ke atas, karena arah utara yang menunjuk ke atas peta ini sepertinya sudah “tradisi” dalam pembuatan peta dan sudah menjadi suatu kesepakatan. Tapi wong namanya tradisi, kalo ada yang nggak mengikutinya ya nampaknya aneh saja, ya kan? Cuman masalahnya adalah hal ini perlu kesepakatan secara scientific di kalangan komunitas pengguna dan pembuat peta itu sendiri. Jadi jangan semau-maunya bikin arah utara peta. Secara universal, memang arah utara bumi kan tidak di atas. Wong atas dan bawah di semesta ini kan tidak ada dan sangat relatif terhadap si obyek. Menurut kami “narsisme” dalam pembutan peta memang sudah menjadi kesepakatan yang tidak tetulis. Masalahanya kalau narsisme itu terlalu dipaksakan hasilnya ya lucu saja. Coba lihat peta Selandia Baru. Di Selandia Baru, pusat peta dunia adalah Selandia Baru yang notabene sangat kecil. Jadi menurut saya, yah tau dirilah, narsisnya jangan berlebihan.

  2. logikanya kalo kita terapkan utara peta terserah udel kita, mau dibawah ke, mau diatas ke…tapi yang jelas sumbu dari kedua tadi mana ada lintag timur, garis katulistiwa indonesia kan kota pontianak, nah sekarang kalo utaranya kita bikin dibawah maka keadaan senbenarnya dibumi sama gambaran harus lah sama, jangan membuat paragdigma yang baru kalau belum tau kaidahnya, terkecuali memang ada model yang dibikin rotasi yang harus merubah utara peta, dan terkecuali gambar foto, penampang, dan uyang lainya

  3. yah’ kalo saya sih asal resum bisa di jabarkan dengan jelas dan bisa dipertanggung jawabkan noproblemo…asal semua itu ada kaidahnya dan bisa di pertanggungjawabkan

  4. kalau utaranya Ka’bah, bagaimana peta dunia jadinya? bisa tidak dibuatkan?

  5. mas, gue mahu bilang sesuatu. negara-negara yang berjiran dengan indonesia ialah:myanmar,laos,thailand,kampuchea,vietnam,filipina dan malaysia.haraplah siapa yang ngak tahu boleh belajar.

  6. mas,jika boleh mas tambahkanla tentang geografi ini. boleh gue belajar lagi. mas, mas emang bijak.please ya,tambah.

  7. mas,
    Saya memang pernah dicritani teman dari geografi bahwa di Oz dijual peta kuwalik. tapi sampai saat ini saya masih belum nemu toko di Brisbane yang menjual peta yang kuwalik. mumpung sedang di Oz, pingin beli dan akan kubawa pulang ke kampung agar bisa kupasang di dinding rumah je…he..he… Kalau jam yang anticlockwise maupun yang kuwalik angka-angkanya kulihat dijual di Philip Island, Melbourne, Victoria.
    Thanks untuk info-info selama gempa di Yogya. Membantu menenangkan hati kami yang terpisah dengan keluarga di Yogya (walau sering miris juga setelah baca scientific knowledgenya). Kami warga yogya yang nyasar sementara di Brissie jadi sering akses web ini semenjak gempa.

  8. gampangnya orang Ustrali itu kalo ayam jenis ayam Buras ya pak ya?😀 *becanda pak…

  9. Secara mayoritas, memang kebanyakan warga negara dan penduduk negeri Australia adalah kulit putih (kaukasian) alias keturunan orang Eropa. Tapi ‘Orang Ustrali’ nggak bisa disebut suatu ras tertentu, karena orang Ustrali terdiri dari berbagai ras. Dan ke-bhineka-an ini (multiculturalism)-lah yang mereka tonjolkan.

  10. Wah tengkiyu koreksinya,
    jadi mereka itu termasuk ras apaan donk ? Bukannya amerika juga dulunya dari Irlandia dan Eropa juga.

    Tapi ya udah lumayan ta, tadinya aku mau tulis ‘bule’ alias “wong londo” … lebih parah lagee😉

  11. Walaupun sama-sama ras hispanic, orang-orang Ustrali ini memiliki cara pandang yang berbeda dengan hispanic lainnya.

    Mas, menurut Meriam-Webster:

    His·pan·ic: of, relating to, or being a person of Latin American descent living in the United States; especially : one of Cuban, Mexican, or Puerto Rican origin

    Sedangkan orang Ustrali yang saya tahu, kebanyakan keturunan Inggris dan Irlandia; sisanya keturunan Eropa lainnya (termasuk Hispanic), Aborigin, Asia, Afrika, dll.

  12. Lha utara peta kenapa diatas? menurut guru kartografi saya dulu katanya kesepakatan…kalo kesepakatan yang berarti memang bisa diubah…tapi nyusahin juru gambar peta…eh ngenakin ding..kan jadi banyak proyek nggambar peta lagi..

  13. Mas Putra,
    Emang betul sekali … itu semua kebiasaan dan turun-temurun. Namun sayangnya sesuatu yg turun temurun menjadi sebuah kaidah yang HARUS diikuti, kalau tidak diikuti salah. Lah sakjane yang mengharuskan itu siapa ? Ya kita-kita, manusia itu sendiri. Namun ada kalanya kita sadar, siapa yang bisa mendahului yang lain dialah yg menjadi panutan. Termasuk orang-orang yg lebih dulu menentukan utara diatas.

    Nah gimana nentuin arah utaranya Bulan, planet Mars ?

  14. Utara peta diatas sudah menjadi suatu kebiasaan yang turun menurun, dan semua orang pasti memandang jika utara peta gak di atas sepertinya gak afdol………….he he hex

  15. Mbah Dipo.
    haiyak …mau bikin peta buta mbah ?
    mbah, peta niku kan bisa juga peta jalan. smua juga di daratan mbah.
    Simbah mesti rumahnya jauh dari ‘klakson’ ya ?
    rumahnya di gang sempit ga ada di peta ya …. hikhikhik. Tapi kan skarang ada gugle-ert. tinggal screen-dump sudah lumayan.

  16. yang paling gampang itu bikin peta bumi tanpa daratan..😀

  17. ya udah, setuju aja. aku juga kadang2 bikinin denah undangan manten juga pake utara ke atas. jd paradigma ini udah masuk meluruh sampe ke kampung2. gak susah bikin paradigma baru lagi?

  18. Emang pusatnya pasific, tapi kan lumayan Indonesia-nya keliatan utuh agak ketengah🙂
    Indonesianya ketutup gempa … ;(

  19. Mas, itu peta terakhir pusatnya bukannya Aussie, wong jelas gitu eh. Indonesianya gak kelihatan, malah Cina yang kelihatan…Hik..hik..hik…:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: