Keluarnya lumpur Sidoarjo ini


Update : Tahap-tahap keluarnya lumpur klick disini :

Detak-detak kelahiran LUSI

Setelah sedikit-sedikit ada yang memberikan informasi-informasi tambahan, maka dapat diperkirakan dimana saja semburan itu berasal. Ada beberapa kemungkinan dan tentunya akan berbeda penanganannya.

– Sumber keluar dari pinggir lubang lama yg sudah di-casing.
– Sumber berasal dari lubang yg belum dicasing
– Sumber keluar melalui patahan yg memotong sumur
– Sumber tidak ada hubungannya dengan sumur BPJ-1

Awas ya … ini hanya perkiraan-perkiraan saja. Bukan berarti semua ini sudah benar. Ini hanya dugaan yg saat ini perlu dilakukan verifikasinya. Jangan salah baca bahwa ada 4 sumber kebocoran. Ini hanya kemungkinan, skali lagi kemungkinan ! Cara sains adalah dengan memberikan beberapa dugaan trus diuji satu-satu. Karena ini adalah tujuan menutupnya, maka dilakukan dengan cara yg temudah dahulu secara operasional.

Dugaan yg pertama inilah yang saat ini sedang dilakukan pendeteksiannya yaitu dengan memasang geophone didalam lubang sumur. Geophone ini fungsinya sama dengan mikropon yang buat nyanyi karaoke itu tuh. Dengan alat ini akan diketahui dimana tempat yg “bising” yg diperkirakan tempat bocornya atau tempat mengalirnya lumpur. Sama dan sesederhana juga seperti pak dokter mendengarkan degup jantung juga, kan ?

Nah, kalau saja lokasi dan jalan keluar lumpurnya sudah diketahui tentu penangananya akan lebih mudah. Semoga memang yg terjadi adalah bocor lewat pinggiran antara casing dengan batuan.

Kalau yg terjadi kebocoran disekitar lubang yang sudah di’casing’, bisa saja dengan membuat “window” (dilubangi) pada pipa selubung ini, dan dimasukkan lumpur berat serta nantinya di semen. Kalau saja dugaan ini bener maka dengan Snubbing Unit mungkin akan sudah teratasi.

Kalau yg terjadi adalah keluar dari lubang sumur yg belum sempat dipasangin casing tentunya menjadi agak rumit mencari posisi tepatnya, karena didalam sana ada semen “plug” juga ada pipa bor yg tertinggal.

Kalau yg terjadi yang ketiga dimana keluarnya melalui patahan yang ada, tentunya harus dilihat lagi kemana saja arah-arah patahan yg ada ini. Karena memang secara logika patahan ini merupakan zona retakan yg lemah. Walopun kemungkinan ini sangat kecil tetapi kalau “mud flow” alamiah di Bledug Kuwu ya seperti ini fenomenanya. Dalam hal ini BPJ-1 hanyalah pemicu saja.

Kalau anda baca ditulisan sebelumnya terlihat bahwa dahulupun pernah terjadi runtuhan yang sangat mungkin fenomena alam ini pernah terjadi didaerah ini sebelumnya.

Kemungkinan yang lain adalah alamiah tanpa ada hubungan dengan BPJ-1. Wah kalau hal ini yg terjadi tentunya pola atau patternnya mengikuti pola yg sudah ada.

Namun saya rasa yang pertama itu adalah kemungkinannya paling besar. Karena lokasi keluarnya tidak jauh dari kepala sumur (well head), dan “weak point” yg sering dijumpai adalah disekitar casing shoe (sepatu pipa selubung). Cara pendeteksian dengan Snubbing unit ini memang tepat karena tidak menambah beban tanah. Drilling Rig (Rig Pemboran) biasanya memiliki berat relatif lebih besar, serta rig ini akan diperlukan nantinya kalau diperlukan “relief well“.

Ingat !!! titik keluarnya tidak hanya satu. Kalau saja ada beberapa titik keluar dari bawah tentunya harus ditangani satu demi satu. Penanganan BO ini bukan hal yang mudah tetapi juga bukan hal yg mustahil. Selain berpikir “worst case scenario“, yang harus dipikirkan adalah bahwa penanganan tercepat tidak bisa dalam orde mingguan, sehingga masih perlu kesabaran dalam menangani hal ini.

Untuk Mahasiswa dan yang tertarik membaca artikel teori ini silahkan klik tulisan-tulisan bagus Klik saja judul-judul dibawah ini

52 Tanggapan

  1. […] memang menarik kerna terkait masalah politis “siapa kudu tanggung jawab?” Akankah gelegar dan diskursus yang sama akan muncul […]

  2. My programmer is trying to convince me to move to .
    net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on a variety of websites for
    about a year and am concerned about switching to another platform.

    I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress content into
    it? Any help would be really appreciated!

  3. INNALILLAHI WA INNA ILLAIHI ROZI’UUN

  4. saya turut prihatin dengan kondisi yang terjadi.

    untuk penaggulangan di surface bagaimana jika diterapkan CSP (cellar surface preventer) yaitu membuat silinder besar dari baja yang sedikit modified dengan memasang beberapa valve besar buat control flow tu lumpur. sedikit mirip dengan BOP preventer pada pemboran. jika di ketahui titik semburan yang keluar di surface maka aliran akan dapat terfocus dari satu titik sehingga maka berat jenis lumpur yang keluar dapat mmenahan debit aliran, untuk metode pengendalian di surface ini perlu kaji kembali apakah memungkinkan atau tidak untuk di aplikasikan, karena jika fracture rekahan di surface terlalu besar maka tidak akan optimal.

    untuk penanggulangan di subsurface jika dapat dilakukan sidetrek pada sumur BJ-1 yang telah di abandoned dengan membuat window pada casing di atasnya, dan dengan data2 yang akurat dan presisi untuk menentukan trajektori semburan mudflow. umumnya rekahan akan bertambah besar jika sampai di surface berbentuk cone(kerucut) akibat turbulensi flowing. sampai di ending point dengan menggunakan teknologi coilled tubing dengan memasukan gravel dan kemudian melakukan squeze cementing. emang sedikit agak sulit jika fractur t4 mudflow keluar dari open hole di bawah casing. tapi dengan data2 yang akurat maka koordinat untuk menentukan ending point t4 mud flow tu keluar dpt prediksikan. jika fracture di subsurface lebih dari satu maka penanganannya one by one. thanks

    Regard

    Antony Rachman.ST
    Petroleum Engineer
    Balikpapan
    East Kalimantan
    arachman_petrol@yahoo.co.id

  5. mamad krian yang terhormat,jadi orang itu mbok ya yang punya analisa dan berpikir yang baik bisanya cuma koar2,emangnya kamu punya massa,wong krian ga ada yang percaya ama omonganmu,sudah tahu belangnya,hihik kasihan

  6. kalo lewat sidoarjo saya kasihan melihat orang2 masih mengungsi di bawah jembatan. dan kita semua jadi repot, mo kebandara jadi muter tambah jauh. kalopun lewat porong berangkatnya dari malang harus pagi2. mudah2an cepat teratasi dan bagi warga yang terkena lumpur mudah2an diberi kesabaran ketabahan dan rejeki yang berlimpah dari alloh. amiin.oh ya, saya punya dosen di daerah tanggul angin di perumahan mana saya lupa. mudah2an tetap sehat. pak bambang gimana kabarnya pak, beliau dosen mat di pgsd ikip malang kampus 1.

  7. Pak, ini salah satu mahasiswa UPN yg mau adain penelitian ttg LUSI ??

    Sebenernya smua pihak yg telah bekerja disana (LUSI) tidak akan mengalami kejadian seperti ini kl aja semua sesuai prosedur standar (SOP).

    Doain aja semoga penelitian kita dari UPN Jogja nanti membawa hasil yang bagus untuk memanfaatkan LUSI itu . . . .

    Thanks uda bs partisipasi

  8. MUNGKIN TAKDIR DARI YANG MAHA KUASA

  9. kesalahan pihak lapindo yang melalaikan penanggulangan lumpur. pihak lapindo seakan menganggap remeh awal lumpur menyembur. setelah semuanya berubah menjadi bencana yang berkepanjangan barulah mereka mencari solusi.

  10. saya baru baca situs ini ………
    Luapan lumpur lapindo adalah pelajaran, bencana dan ujian bagi kita……
    Kita tidak usah saling menyalahkan namun mari kita saling mencari cara untuk mengatasi amukan lumpur tersebut. Pertama-tama kita harus menanamkan dengan kuat bahwa luapan lumpur lapindo adalah ujian bagi kita dan kita harus berhasil dalam ujian ini, harus…,harus…. dengan demikian kita akan terus berusaha mencari cara untuk menutup luapan lumpur itu. Ingat Allah tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan kita, jadi kita pasti bisa menghentikan lumpur tersebut jika kita tetap berusaha dan yakin akan pertolongan Allah.
    Saya meyakini teknik bola beton dapat menghentikan luapan lumpur bila dilakukan dengan cara yang benar disamping teknik-teknik yang lain, namun sanyang saat ini saya tidak melihat upaya penghentian luapan lumpur dengan teknik apapun, namun hanya berusaha mengendalikan lumpur yang keluar dari perut bumi.
    Pak Rovicky, Sebelum timnas lumpur lapindo dibubarkan saya punya DONGENGAN tentang cara menghentikan semburan lumpur dengan teknik BOLA BETON DAN BOLA LUMPUR.
    Teknik ini sangat sederhana dan murah namun sangat berisiko bagi pelaksanya.
    Kalau filenya ketemu nanti saya sampaikan pada pak rovicky (20 halaman lebih). SEMOGA DONGENGAN TEKNIK BOLA BETON DAN BOLA LUMPUR dapat membuka jalan bagi para ahli untuk memikirkan kembali cara menghentikan luapan lumpur di Sidoarjo. terima kasih

  11. bila kesusuhan melanda engkau,tak usah engkau takut… berserah aj kpd Yang Maha Kuasa… jgn suka nyalah-nyalahin orla boz………..

  12. Pak, kami sdh 15 bulan berjibaku bantu-bantu warga korban lapindo, saat in kami sdg prepare sebuah halaman utk berbagi untuk kemanusiaan via blogger. http://taganajatim1.blogspot.com
    Mhn kasih ide, saran atau apapun utk ngoptimalin halaman sempit itu agar bermanfaat bagi semua pihak.

    nuwun, relawan numpang lewat.

  13. Stiven jangan sok menjadi orang beriman ,warga Sidoarjo baru susah dilanda bencana , malah dirasain-rasainkan, seperti sikap orang Yahudi melihat Yesus disiksa dan disalib digunung Golgota. Dari mana Stiven tahu warga Sidoarjo melupakan Tuhannya ?

  14. Rasain Tuch…?????
    Mungkin aja Warga2 Sidoarjo Ngak ingat sama yg Diatas..^^

    Semoga kasih Yesus Tetap bersama orang2 disana..^^

  15. saya harap semua becana yang menimpa negara ini segera berakhir, khususnya lumpur di porong…
    bagaimana dengan pilihan untuk membuag lumpur ke laut..
    apakah hal tersebut dapat dilakukan??..
    sebelumnya..diharapkan bagi pemerintah\khususnya pihak lapindo agar mengganti semua kerugian masyarakat yang menderita akibat lumpur tersebut secara adil dan merata..
    terimakasih…

  16. terimakasih pak atas penjelasannya

  17. Ada baiknya masalah ni lebih diseriusin….kasihan udah bnyak bgt korban! trma ksih buat pihak2 yang memberi bantuan.Smoga kita bisa mengatasi ini semua bersama-sma…

    BUAt “PEMERINTAH INDONESIA”:
    Perhatikan nasib warga.Mereka bukan orang miskin yg memang g punya rumah dan pekerjaan. Mereka mampu dan berkecukupan. Hnya karena “KECEROBOHAN LAPINDO” (bukan takdir Tuhan ato bencana) ….smua yg mereka miliki “TERAMPAS” bgtu saja…
    Saya percaya Indonesia adalah negara dari,oleh dan “UNTUK” rakyat! maka kpd para pemimpin terhormat, sediakan sedikit waktu saja untuk “MENDESAK” LAPINDO Brantas beserta KRONInya untuk bertanggung jawab…Rakyat mendukung ANDA smua!

  18. Saya sampaikan kepada warga porong, bahwa semua ujian pasti ada hikmah yang bermanfaat. saudaraku, semoga Allah menguatkan iman kita, karena sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

  19. asslm! pak rovicky yang terhormat, saya mau tanya ga pa2 kan???? pak apakah lumpur lapindo bisa digunakan untuk budidaya ternak lele??? n lumpurnya bisa dibuat maskara kecantikan lumayan tambah penghasilan di saat kritis??? mohon diterangakan dan di tinjau secara Geokimia???
    terimakasih atas penjelasannya
    Wasslm!

  20. Sabar Mas Mamad Krian,jng emosi dulu.Mtar dimarahi yang punya blog ini.Disini bukan ajang provokasi,..sabar.

  21. Ternyata kerja Gubernur Jatim + Bupati Sidoarjo nggak pecus…
    Bisanya cuma besarin perut aja, Ayo kerja kasihan tuh warga Sidoarjo…Kalau nggak bisa kerja LENGSER ae WONG, Apa minta di DEMO sama warga Sidoarjo???

  22. ternyata sudah ada penjelasannya 🙂

    berarti nggak perlu khawatir ada kejadian ambles kayak tanah longsor ?

  23. pak rovicky,

    kata di koran salah satu efek semburan lumpur ini adalah penurunan / amblesnya tanah.

    seberapa parahkah hal tersebut terjadi ?

    trus, kalo di lokasi2 tambang yang lain, apa juga terjadi penurunan permukaan tanah juga akibat adanya material yang diambil keluar dari perut bumi ?

    salam,
    ekki

  24. tolong saya dikasi tau kandungan senyawa kimia apa saja yang terkandung di dalam lumpur lapindo

  25. LUSI telah byk memberikan pelajaran bagi kita, semoga masing masing kita dapat koreksi diri.
    semoga masalah ini cepat teratasi.

    Trims,
    Ansen

  26. kenapa lumpur harus menimpa sidoarjo???
    bagaimana kondisi dan nasib warga porong yang tertimpa bencana ini?mereka tidak pernah mengerti&mereka hanya bisa pasrah atas nasib mereka. lapindo harus bertanggung jawab sepenuhnya atas nasib korban semburan lumpur yang meninmpa warga di sekitar lapindo. kareka keserakahan dan ketamakan akan keuntungan pribadi, lapindo mengorbankan ribuan warga yang tidak pernah tau mengapa nasib mereka bisa seperti ini. sudah berapa banyak materi dan air mata yang harus mereka buang dengan sia-sia. pemerintah juga seharusnya turun tangan sejak awal bukan menunggu jatuhnya banyak korban dan materi.
    LAPINDO……………???Dimana tanggung jawabmu?????
    PEMERINTAH………………..???Dimana perhatian tugasmu?????

  27. Lumpur lapindo ini kenapa ya bisa keluar di daerah sidoarjo? Bukankah seharusnya Lapindo mengadakan pengecekan dulu sebelum pengeboran dan mereportkannya kepada yg di atas sebelum mendapat ijin pengeboran? Dan apa saja komposisi dari lumpur tersebut? Mungkin bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat. Untuk sementara mungkin pemerintah bisa mengalirkan lumpur ini ke daerah yang jauh dari pemukiman. Kasihan org2 sidoarjo di daerah sana. Apalagi sebentar lagi akan datang musim hujan. Takutnya membangun tanggul saja tidak cukup. Semoga pemerintah bisa menanggapinya dengan lebih, apalagi barusan terjadi ledakan dan tanggulnya juga jebol.

  28. Pak, saya mau tanya. saya dengar lumpur sidoarjo ini banyak mengandung material volcano dan manifestasi geothermal lainnya, seperti Cl2 dan H2S.
    Pertanyaan saya apakah lumpur sidoarjo ini ada hubungannya dengan sistem geothermal atau tidak?
    Kalo ada, kira-kira gunung api mana saja ya yang memberikan pengaruh terhadap lumpur ini?
    Kemudian kira-kira bagaimana proses pengaruhnya?
    Terimakasih banyak Pak sebelumnya.

  29. Dear Bapak2 yth.
    Ada beberapa pertanyaan serius yang mohon dibantu meringankan beban saya :
    1. Kira-2 kapan semburan berhenti.
    2. Keluarga dan rumah saya di kota sidoarjo, kira-2 saya harus segera pindah / cukup aman ya disana?
    3. Turun/retak nya tanah bisa nyampe ke sidoarjo / tidak ya?
    thanks sebelumnya

  30. Saya baru baca artikel hari ini. Saya bersyukur dan selalu berdoa agar ‘trouble in Sidoarjo have finished’. Semoga tdk ada lagi bencana2 lain di negara kt tercinta ini. Om sy blh tny? Sbnrnya di daerah mana di Sidoarjo yg terjdi lumpur panas tsb, coz I’ve family staying there area..Tks lho. Hou dou aahh…
    Cheers,

  31. Hi Tirsa,
    Saya rasa semua pertanyaan anda sudah ada artikel/tulisannya coba baca satu-satu artikel2 disini :
    http://hotmudflow.wordpress.com/yang-sering-dibaca/
    Salam.

  32. saya mahasiswa uph yang saat ini saya mau tanyakan
    apa yang menyebabkan terjadinya semburan lumpur panas di lapindo??
    sejauh ini usaha apa saja yang sedang dilakukan???
    apa dampak atau akibat bagi masyarakat setempat??
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.tolang dijawap.

  33. bisa nggak sich semburanya berhenti ? kira-kira kalo penangananya kayak sekarang memerlukan waktu berapa lama ? kalo aku jadi orang sidoarjo aku gimana ya…?
    semoga cepat berhenti dan nanti lumpurnya bisa bermafaat ya ? paling enngak bisa diekspor ke luar negeri gitu, itu kan juga barang tambang. he…he… goodluck4indonesiangeologists

  34. Pakdhe,perlu info2 dibantu sekali ya? 🙂
    1. Apa ada yang tau pasti interval semburan , misal berapa menit sekali spt kalo mendaki Gn.Semeru, atau terus menerus seperti semprotan selang air?

  35. sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab dari bencana lumpur panas ini? karena banyak sekali opini yang berkembang dimasyarakat baik dari kalangan ahli geologi maupun pihak lapindo sendiri?

  36. Harapan menangani Lumpur panas Sidoardjo masih ada Harapan, tinggal bagaimana kita mencari ahli killing well yang bersedia dengan jaminan berhasil.

  37. saya sepakat aja dengan sistem ledakan yang dikatakan Beroed,jadi kita kan g’ perlu lama2 menunggu selesinya lumpur keluar, g’ perlu lama2 menunggu kesamaan tekanan diatas dengan dibawah, dalam seketika semua lumpur yang ada dibawah dan pingen keluar mencari keadaan setimbang langsung keluar pada saat tempatnya bersemayang ambruk dibom, tapi masalahnya apakah masyarakat paham dengan maksud dan tujuan kita, mungkin masyarakat akan lebih marah karena daerahnya hancur lebur berantakan dan abruk dalam seketika.

  38. Sebenarnya kita jangan mencari lagi,”siapa yang salah atas terjadinya peristiwa yang mengancam sidoarjo”.>>>
    Sebaiknya kita sama2 berfikir bagaimana kita bisa mengatasi masalah ini.bukan mencari siapa yang salah….
    Saya mau tanya kepada bapak2 prof dibidang apa aja.
    “bisa ngak kita menjadikan lumpur panas itu sebagai devisa negara nantinya???”.Saya rasa bpk ngerti mksd saya

  39. cOBA LEDAKIN AJA DGN MONITORING BLASTING SYSTEM SEHINGGA TERJADI SUSIDENT INSITU YANG LUASNYA DI PERHITUNGKAN DENGAN AKURAT DAN KEMUNGKINAN TERJADI DANAU LUMPUR.

  40. om rovicky,kebetulan saya termasuk anggota tim penanggulangan lumpur dari ITS Surabaya.hasil penelitian saya menunjukkan adanya struktur hidrokarbon alifatik dan aromatik yang bagus sekali.gmn om?thanks b4…oia om,kebetulan lumpur lapindo ini juga merupakan TA saya, jd saya minta sarannya ya?merci..trus satu lagi om,apakah dengan adanya biomarka tersebut bisa ditentukan kedalaman fish yang tertinggal didalam?karena saya diminta untuk menghitung kedalaman sumber lumpur berdasarkan biomarkanya!makasih banyak ya om…merci boucoup

  41. Dh,

    Pertanyaan saya satu dan Sederhanana sekali, mengapa pihak PT. LAPINDO tidak menggunakan KONSULTAN yang CANGGIH dan BERPENGALAN SUPER… dibidang Pertambangan … contohnya : SLUMBERGER … HALLBURTON atau apasaja dan dari mana saja, yang mana PULUHAN TAHUN mereka sudah TERBUKTI dan TERUJI kerberhasilan serta tingkat SAFETY yg di JAMINKAN sangat tinggi,

    ( Maaf saya orang Awam, tapi bukan dari pihak Konsultan pertambangan Asing atau pihak lain )

    Trima kasih,

  42. bertobatlah orang-orang indonesia

  43. MEnurut saya, itu adalah azab!!

  44. Pak Rovicky yb,

    saya mau belajar khusus tentang kasus ini. bisa tolong saya diberi penjelasan kronologis tentang peristiwa ini yakni tanggal dan jam berapa awalnya terjadi semburan yang tak wajar tsb. lalu akibat yang ditimbulkan dan jumlah desa yang tergenang dan warga yang kehilangan propertinya samapi kini. yang terakhir, bagaimana peluang penyelesaian kasus ini secara geologis bukan secara politik atau HANKAM.

    tengkiu.

  45. Para Geologist yang terhormat, mohon pencerahaan :
    Apakah dengan keluarnya material lumpur dari bumi spt kasus lapindo bisa berakibat amblas permukaan tanah ?, apakah kasus spt ini sering terjadi pada duania eksplorasi ?
    terimakasih…

  46. bencana banjir lumpur panas ini biangnya adalah PT Lapindo Brantas, dimana mereka harus bertanggungjawab untuk seluruh kerugian (material, immaterial) sampai ke dampak dari bencana ini.

  47. Mereka bilang lumpurnya mau di endapkan terus airnya di buang kesungai, air yg sudah memnuhi baku mutu, tapi saya kok ragu ya? Air yg keluar kan air asin, teknologi untuk mengolah air asin ke tawarkan sangat mahal dan lambat, jika air asin itu di buang ke sungai, tentu ekosistem sungai akan rusak, karena ekosistem disanakan air tawar?

  48. Uap air yg berkumpul menjadi awan ini terutama uap air dari laut. Jumlah uap air dari darat sangat kecil tentunya. Awan hujan ini berasal dari laut yg kemudian tertiup angin ke darat. Oleh sebab itulah musim hujan di Pulau Jawa terjadi ketika matahari berada di belahan selatan katulistiwa. Dimana puncak musim hujan terjadi diawali pada bulan November hingga Februari. Waktu itu uap air dari lautan hindaia sebagai pensuplai awan hujan. Namun ketika matahari berada di belahan utara (termasuk bulan Mei – Agustus) , maka Pulau jawa curah hujannya sedikit, musim kering di Jawa.

    Yang pasti saya juga menghawatirkan juga bila terjadi curah hujan tinggi pada dua-tiga bulan mendatang karena Pond (kolam) yg ada mungkin bisa jebol dan membanjirkan lumpur yg saat ini ditampung.

  49. Pak Rovicky,

    Ada yg aku ingin tanya ttg hujan yg berkaitan dgn uap dari sumur lumpur + air panas di Sidoarjo.
    Saya lihat di TV, bagitu banyak uap air yg terlepas ke angkasa, apakah itu akan menjadi awan hujan dan langit di seputar sana mendapat tambahan debit awan hujan?
    Atau ada di pantau pergerakan uap yg menjadi awan hujan disana itu kearah mana? Moga2 ke laut ya pak.

    rgds,

    Alpine

  50. kalau menghemat itu sudah sesuatu yg harus dilakukan seorang drilling engineer. Walopun memang setiap pengurangan biaya seringkali muncul risiko.

    “Calculated risk” itu pasti sudah dilakukan. Namun yg kadang terlupakan adalah calculated risk selama design berberda dengan calculated risk selama operasi.

    Design yg baik haruslah memperhitungkan “uncertainty”/ketidak pastian yg muncul karena keadaan bawah permukaan yg tidak pasti. “Adabtable designed” merupakan design yg paling pas menghadapi alam. Persis seperti apa kata Darwin … “It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is the most adaptable to change.”

  51. Merunut press release VP PT. LB hari Minggu ini, sdh hampir terkuak bahwa mereka ngebor dan meleset di formasi Kujung. Mereka claim desain pengeboran diambil dari lesson learnednya Porong-1. Apakah bisa sesederhana itu desainnya? Atau mau hemat cost USD 100 ribu per hari? Menurutku scenario-1 nya Mas Rovicky tadi sepertinya ngepas berdasarkan berita2 seliweran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: