Potensi Geothermal hasil kajian dari VSI (Volcanological Survey Indonesia)



peta-wkpanasbumi-2004.jpg Geothermal atau panas bumi ini tidak bisa dilepaskan dari gunung api yang ada di Indonesia. Directorat Volkanologi juga tidak ketinggalan menginventarisasi potensi-potensi geothermal (panasbumi) ini.

Memang akan terkesan tumpang tindih antara kepentingan VSI yang berkonsentrasi dengan bencana, namun disisi lain VSI juga melihat potensi sumberdaya dari aktifitas gunung api ini. Potensi geothermal di Indonesia yg sudah di-inventarisasi oleh VSI ada sejumlah 244 lokasi. Potensi-potensi geothermal ini masih perlu penelitian lebih lanjut, misal kajian survey temperature (geolistrik/resistivitas) dan juga pemboran. Juga perlu koordinasi dengan lembaga-lembaga lainnya termasuk Pertamina, PLN dan juga Badan Geologi.

peta-wkpanasbumi-2004.jpgNamun sejumlah potensi 244 lokasi ini akan lebih memberikan nuansa bahwa distribusi panasbumi ini ternyata sangat menyebar di seluruh pulau-pulau besar di Indonesia kecuali Kalimantan. Seperti tulisan sebelumnya (Geographic source based policy) bahwa Kalimantan memang sebaiknya (harus) menggunakan gas atau batubara yg berasal dari daerah ini.

List of Geothermal site in Indonesia: Klick saja

Karena yang lama tabelnya nyungsep entah kemana ini ada tabel lebih baru tahun 2004 sebagai pengganti 🙂

potensi-panas-bumi-2004.jpg

wkp_panasbumi-2004.jpg

Iklan

27 Tanggapan

  1. Kegagalan adalah cara Tuhan mengajarkan kamu tentang pantang menyerah kesabaran kerja keras dan percaya diri

  2. Di Indonesia ada 3 tipe geotermal (Hochstain) :
    (1) Tipe busur vulkanik – high terrain, memanjang mulai dari Jaboy di Aceh – menerus sepanjang sesar semangko – sistem P. Jawa – menerus ke Bali – Lombok – NTT – berbelok di sekitar laut banda. Jalur kedua, dimulai dari makasara – toraja – terus ke sulbar – lahendong dan menerus ke filipina.
    (2) Tipe non-vulkanik flat terrain, tipe ini ada di muntok Bangka.
    (3) Tipe heat sweept, perbaduan antara struktur geologi dan heat yang ada pada batuan vulkanik. Contohnya di Bora (Sulawesi tengah dan Lainea – Sultra).

    Salam Green Energy
    Helmi
    IAGI 3541

  3. […] PLTU yang terdapat di pulau Kalimantan hanya 2 unit saja, yaitu PLTU Parit Baru 110 MW di Kalimantan Barat dan PLTU Asam-Asam di Kalimantan Selatan 130 MW. Bandingkan dengan jumlah unit PLTU yang terdapat di pulau Jawa.Melihat fakta jumlah unit PLTU dengan kapasitasnya cukup terpaut jauh, kita mungkin akan berkilah dengan perbedaan kepadatan penduduk yang terdapat di pulau Jawa dan Kalimantan. Selain itu, beberapa aktivitas vital terdapat di pulau Jawa juga, mulai dari pusat pemerintahan, institusi-institusi pendidikan terbaik, industri-industri strategis, dll. Jadi, wajar memang jika pulau Jawa memiliki jumlah PLTU lebih besar, secara kuantitas dan kapasitas. Namun, sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, batu bara yang merupakan bahan bakar utama dari PLTU, banyak terdapat di pulau Kalimantan dan Sumatra. Artinya, perlu adanya transportasi antarpulau, agar PLTU di pulau Jawa dapat terus tersuplai, sehingga produksi listrik dapat sustain. Potensi-potensi ancaman keterlambatan karena faktor cuaca tentu tak terelakkan (karena selama ini pengiriman batu bara menggunakan moda transportasi laut). Dan keterlambatan dalam pengiriman batu bara, tentu akan menyebabkan pemadaman di sebagian daerah di pulau Jawa. Selain potensi ancaman, biaya pengiriman batu bara juga menjadi keran ketidakefisienan dalam penggunaan anggaran untuk penyediaan listrik di pulau Jawa.Dengan mengenali potensi-potensi energi di masing-masing pulau di Indonesia, potensi-potensi ancaman dan biaya-biaya yang merupakan sumber ketidakefisienan dapat dikurangi. Sebagai contoh, geothermal atau panas bumi. Pulau Jawa dianugerahi begitu banyak sumber-sumber panas bumi. Bisa dilihat pada gambar berikut ini. Peta sumber panas bumi di Indonesia (Sumber gambar) […]

  4. Kalau ingin untuk peneltian atau riset silahkan ke Badan Geologi Bandung.

  5. selamat malem..
    mau tanya ni,,saya lagi dalam belajar tentang geologi geothermal.
    kita tahu bahwa lapangan geothermal di indonesia ini bisa dibilang banyak. dan potensinya sunggu luar biasa di Indonesia dewasa ini hingga mencapai 27 GWe.
    persebaran lapangan geothermal hingga mencapai angga 252 daerah dan setiap daerah memiliki sistem hidrothermal yang berbeda-beda. Yang ingin saya tanyakan adalah saya ingin mengetahui seluruh daerah (252) tersebut beserta sistem hidrothermalnya. mungkin kalau ada sumber terkait yang menyebutkan data tentang ke-252 daerah geothermal di Indonesia saya ingin bantuannya..
    sekian dari saya..
    trimakasih.. 🙂

  6. selamat pagi,
    saya baru mengenal dunia geothermal dan saya ingin belajar bnyak tentang itu, yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. bagaimana saya bisa mendapat pengetahuan secara lengkap dari mulai pengeboran sampai tahap produksi untuk geothermal.
    2. ada apa tidak bentuk dvd/vcd/buku tentang pengeboran dan produksi geothermal.
    terima kasih.

  7. Jika 224 lokasi berpotensi panas bumi tersebut dimanfaatkan untuk PLT panas bumi, apakah dayanya bisa melebihi PLTN? Mudah-mudahan potensi tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal di masa datang ya

  8. salam kenal pak rovicky..

    indonesia katanya mempunyai 40% dari cadangan panas bumi seluruh dunia, tapi mengapa tidak berkembang yah?? menurut saya seharusnya negara kita harus lebih serius mengembangkan energi panasbumi ini, karena jika kembali terjadi kenaikan harga batubara dan pengusaha enggan menjualnya ke PLN maka negara ini akan kembali kesulitan memasok listrik ke rumah tangga maupun industri. saya rasa terlalu cepat kita membuka wacana mengenai energi nuklir untuk pembangkit listrik, kita masih punya panas bumi yang lebih aman untuk dikembangkan, mengenai masalah pengusahaannya yang mahal, jika regulasi telah dianggap baik oleh pengusaha saya rasa bakalan banyak pengusaha yang akan menanamkan modalnya di pengembangan panas bumi.

  9. Dear Bagus,
    Coba saja tengok disini : http://egs.egi.utah.edu/
    Kalau mhs perminyakan yg tertarik geothermal tentunya banyak ilmu yg diperoleh disini. Ada modeling sampai enhanced geothermal resources juga. Juga ada softwarenya bisa di donlod, gratis utk mhs.

  10. salam kenal, saya mhsiswa upn teknik perminyakan…

    mau tanya soal reservoir pabum, kira2 masalah2 yang serig muncul d reservoir pabum apa aja ya pak??

  11. salam kenal…
    saya mahasiswa teknik perminyakan, semester akhir…
    untuk TA ini rencana saya ingin ngambil Teknik Pemboran Panas Bumi,,, hanya masih bingung lebih mengarah kemana????
    pemilihan casing kah, atau penanganan lost circulation???
    kira – kira bagusnya saya ngambil tema apa ya????

  12. saya mau tanya apakah ciri manesfestasi luar pada daerah geothermal itu berbeda-beda artinya misal adanya air panas yang muncul kemudian adanya solfatra dan fumarolara . apakah manesfestasi itu mutlak yang adnya solfatara dan fumarola.? kmeudian kalo mengani suhu permukaan ato suhu sumber air panas itu berapa yang bisa dianggap potensi sumber geothermal?

  13. tabel diatas publikasinya berdasarkan siapa bpak?
    ada informasi tabel terbaru mengenai wilayah kerja pertambangan panas bumi?

  14. Salam Kenal semuanya….
    Untuk informasi, World Geothermal Congress 2010 akan diadakan di Bali, 25 – 30 April 2010
    more info:
    http://www.wgc2010.org

    Ada yg mau ikut Exhibition? Hubungi saya yah, ada special price ^_^
    =samuel=
    021.576 4240
    thx

  15. salam kenal
    saya ingin tahu potensi geothermal lebih rinci lagi di propinsi maluku utara.
    terima kasih..

  16. bapak, apakah ada teori untuk menentukan tapak bor panas bumi?? KOnon katanya sangat sulit, dari interpretasi citra satelit apakah bisa membantu dalam menentukan titik tersebut?? JIka iya, manakah yang lebih baik, citra satelit/foto udara (yang lebih akurat).

    trima kasih

  17. pak artikel bapak bagus-bagus
    blog bapak tak tambahin di blog saya boleh ya..?
    biar gampang kalo cari-cari referensi.
    alamat bog saya sinhanksweet.blogspot.com
    terima kasih banyak

  18. pak rovicky saya dengar kalo proyek pembangunan energi geothermal tuh mahal ya, oh iya pak rovicky geothermal kan panasbumi yang saya dengar cadangannya suangat buanyak selama magma itu berproses, nah biasanya sumber geothermal itu berada berapa jauh dari permukaan oh iya adakah energi buang negatif dari geothermal tersebut, btw menurut pak rovicky prospek dunia kerja geothermal bagaimana…..

  19. salam hangat dari saya…

    melihat dari blog ini, saya tertarik untuk menjadi bagian dari blog ini. Klo boleh tahu bagaimana cara daftar dan persyaratannya..

    terima kasih.

  20. keren pak informasinya………
    kl bisa lebih up2date lagi……..
    thx pak……

  21. terima kasih pak untuk informasinya. saya lagi cari informasi yang berkaitan dengan energi terbarukan. bisa ga pak saya dapatkan data potensi dari energi-energi terbarukan (panas bumi, air, dll), berapa potensi yang dimiliki, berapa kapasitas yang sudah terpasang, klo bisa data yang terbaru….thanks

  22. terima kasih link nya pak, kalo menurut bapak sendiri, apakah dengn potensial goethermal yg dimiliki indonesia, SDM negara kita sudah mampu untuk menjalani atatu mengoperasikan PLTG ? ? ?

  23. Pak, nama saya Giorby, siswa SMA kelas XII Santa Laurensia. singkat aja, Proyek fisika saya adalah kampanye penggunaan energi geothermal di Indonesia … (sendirian pula, sial , hehehehe) lalu saya dengar PLTG di Indo baru tiga… apa aj ? bisa tulung bantu ? ? bis agak susa nyari di internet … hehhee … lalu2, bisa juga mungkin kasi link ke web geothermal indo gituh ? ? lalu2 (bnyk minta yahh ,, hehehe, maap) bisa skalian tulung jelaskan keadaan penggunaan geothermal energy di indo gak ? ? apa kah perlu d kembangkan ato apa lah gitu .. yah2 ? ? hehehe … teng kyu pak!

  24. Pak Rovikri, tabelnya diubah aja ke format excel biar enak dibaca dan dicopy..
    Tks

  25. Salam kenal,

    Pak Rovicky, saya Zaki. Saya ingin tahu banyak tentang energi geothermal ini. Mungkin sekarang saya perbanyak referensi dulu. Melihat concern Bapak pada dunia geologi, termasuk geothermal ini (maaf saya menyimpulkan ini dari blog2 Bapak saja), saya pikir saya menemukan orang yang tepat, hehe.

    Semoga kita bisa berdiskusi nantinya..

    Bisakah saya mendapatkan email Bapak?

    Terima kasih banyak …

  26. Wah sorry tabelnya kekecilan euy …
    ntar dulu ah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: