Kepunahan Bangsa (Mind Reform)


Diawali sepuluh tahunan lalu

Apa sih yang menyebabkan dinosaurus punah ?” tanya seorang anak.
Anak-anak suka sekali dengan binatang besar ini setelah menyaksikan filem Jurrasic Park.
Ada sih yang cerita karena tabrakan meteor“, Jawabku
Tapi kan meteor tidak cuma sekali saja kan menghunjam bumi ….. trus kenapa kok yang punah dinosaurus ? ….. dia kan badannya gede“, tanyanya lagi.
Aku termangu ……

Akhirnya iseng-iseng saya baca tentang kepunahan dinosaurus serta binatang-binatang di bumi ini. Juga hilangnya bangsa-bangsa besar yang pernah ada di bumi ini……. Dan dari beberapa buku yang kubaca ada yang berisi bahwa seorang saintis Thuman and Bennet menemukan beberapa penyebab punahnya atau berakhirnya koloni atau beberapa bangsa yang pernah ada di dunia ini, termasuk didalamnya Bangsa Maya, Mesopotamia. Ditempat lain ada ahli biologi yang meneliti kepunahan beberapa binatang yang pernah tinggal di bumi kita ini.

Penyebab kepunahan bangsa-bangsa itu biasanya berhubungan dengan adanya bencana alam ataupun peperangan yang mengakibatkan :

  1. Langkanya kebutuhan dasar biologis utuk makan, minum, papan, dan kesehatan;
  2. Hilangnya fasilitas-fasilitas industri produksi …. pabrik, aturan perburuhan dan kurangnya lapangan kerja, serta terhambatnya perdagangan;
  3. Terbatasnya fasilitas untuk mengembangkan diri, termasuk didalamnya fasilitas melahirkan, usia perkawinan dam aturan jumlah anak;
  4. Kurangnya pendidikan, termasuk didalamnya kurangnya penyampaian nilai-nilai budaya sehingga si anggota koloni dapat membrikan pengetahuannya ke generasi penerusnya;
  5. Hilangnya kepercayaan diri, semangat dan motivasi.

Dari kelima penyebab diatas ternyata kebutuhan biologis menempati urutan terkecil, justru penyebab terakhirlah yang paling banyak berperan …… ya … hilangnya kepercayaan diri, ….. termasuk semangat hidup, ……. serta hilangnya motivasi diantara anggota koloni tersebut. ….. Wah aku makin tertarik saja membaca buku tentang kepunahan ini.

Hasil penelitian arkeologi menemukan sisa-sisa bangsa maya ini telah kehilangan semangat hidupnya. Penelitian ahli biologi juga menemukan hilangnya semangat binatang-binatang yang hampir punah. Kita bisa lihat bagaimana malasnya dengan Orangutan di Kalimantan, Lemahnya gerakan Komodo di Pulau Komodo, serta binatang-binatang langka ini banyak yang kehilangan semangat hidup.

maya-palenque[1]Hilangnya kepercayaan diri …… Loyonya semangat hidup …. Melemahnya motivasi ….. ya aku tahu sekarang.

Hanya dengan kepercayaan diri, motivasi dan semangat hidup keempat penyebab kepunahan sebuah bangsa bisa dihindarkan. Makanan bisa dicari kalau ada motivasi, ….. pekerjaan bisa diciptakan seandainya ada semangat, ….. proses pendidikan dapat diteruskan dengan adanya kepercayaan diri …… keterpurukan ekonomi bisa diatasi bila ada kepercayaan diri pada pelaku-pelakunya. Pabrik bisa berproduksi kalo pegawainya tetap semangat bekerja. Indek saham bisa membaik kalo pelakunya tetap bergairah.

Peperangan paling besar adalah melawan diri sendiri, motivasi tidak bisa diberikan siapapun. Tetapi …. motivasi, semangat dan kepercayaan diri harus dicari oleh kita sendiri …. karena ini semua ada dalam diri kita…… hanya diri sendiri yang bisa memunculkan ….. hanya kita yang mampu menggugah kepercayaan diri ini …… namun banyak tantangan dari luar dan bukan dari dalam diri …. ya dari sekitar kita ini. Kisah sang pilot yang percaya diri telah mendaratkan dengan selamat pesawatnya yang kehilangan baling-baling mengingatkanku akan pentingnya kepercayaan diri serta usaha.

Kita semua tahu dan sadar …….
Saat ini Indonesia sedang mengalami keterpurukan ekonomi ….. saat ini kita mengalami krisis kepercayaan diri …… saat ini kita sedang mengalami perubahan ….. mengalami pergeseran nilai-nilai kebenaran sosial …. Namun jangan sampai hilang motivasi hanya karena berita buruk yang diedarkan di hampir semua media …. Jangan hilang semangat hanya karena ramalan serta issue-issue menyesatkan.

Naah, anda bisa menilainya sendiri ….. kalo ada politisi, ekonom, industriawan atau bahkan teman sebelah yang menyatakan bahwa kita sedang menghunjam kebawah …. Kita tahu …. Sebenarnya dialah yang sedang menghunjamkan diri …. Dialah yang berusaha mempengaruhi kita mengikuti iramanya ….
Anda mau ikutan dia ? ….
Atau anda mau ikutan sang pilot yang percaya diri dan berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat ? ……..

Oke deh ….. Sebentar yaaa ….. aku mau ngasih tahu anak2 dulu untuk tetap semangat … percaya diri ……. Biar ngga kaya sang dinosaurus yang telah kehilangan semangat hidupnya.

15 Tanggapan

  1. YUP, sebuah perjalanan k dalam diri yg wajib d lakukan agr mdh perjalanan “k luarnya”…

  2. oke bagus, its okay salam tkj bengkulu

  3. berarti harus tetap semangat untuk hidup terus menghadapi segala tantangan agar tetap lestari bangsa kita ini mesti begitu banyak tantangan

  4. mantap blognya, ini tulisan yang paling pertama, salut, salut

  5. Bagaimana kalau yang membunuh dinosaurus adalah manusia. Faktor-faktor yang di sebutkan tadi semuanya karena manusia. bila terjadi bencana alam seperti meteor, banjir, kebakaran dll. saya yakin alam dapat meperbaiki diri nya sendiri. Nature will find their way to life. sedangkan punahnya suatu makhluk di muka bumi ini pasti di sebabkan ulah manusia. sebutkan satu species sekarang ini yang punah akibat ulah siapa? pasti karena manusia.

  6. pripon tooo

    aq dah susah nyarik tugas hasil kurang memuaskan

  7. good!!

  8. hidup pakdhe..

  9. walau bagaimanapun sebagai warga negara indonesia meskipun apapun penilaian tentang bangsa ini kita harus percaya diri dan bangga akan bangsa ini… hidup indonesia… kita tidak perlu dengan pola kehidupan orang asing lebih baik kita membangun diri kita sendiri.
    karena terlalu melihat negara luar kita menjadi sering menyalahkan bangsa ini padahal orang0orangnya saja yang gak bener. yang pasti kita harus cinta indonesia yang gemah ripah loh jinawi

  10. dinosaurus is dina dina susah diurus alias tiap hari/sepnjng hdpnya mnsia gak bisa diatur..cakep sedikit,kaya sedikit,pntr sedkit,brkuasa sdkit,trknl sdkit,udah mrsa kyk dewa..mau mng sndri,mau bener sndri..cnthnya ya bngsaku ini..maaf maaf nmpng lwt,jgn gnggu..

  11. kenapa penjelasannya kurang tentang punahnya dinosaurus?aku butuh banget informasi ttg punahnya dinosaurus

  12. kirain pengetahuan ttg bintang langka,, ngga tauny cma pngalaman

  13. Saya rasa cuma sekedar unek2…tapi ya ttp aja ilmiah

  14. Kirain tulisannya tentang sains, rupanya filosofi kehidupan …
    Ketipu rek😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: