Tips Gempa Bumi

Apa yang sring terjadi ketika gempa bumi terjadi ? Panik, ya panik karena seringkali kita merasa tidak siap menghadapi. Walaupun berita serta pernah membaca tips, tetap saja ketika terjadi gempa kita sering panik. Selain itu juga banyak tips ketika terjadi gempa bumi, namun jarang yang diawali dengan pemberitahuan pengetahuan tentang “anatomy” gempa itu sendiri.

Gempa dan goyangannya

Mengenal gelombang dan goyangan gempa dapat dilakukan dengan melihat alat rekaman gempa yang disebut seismogram. Dalam jarak yang pendek dengan gempa, goyangannya sangat besar sehingga sering melampaui skala (over scale), sedangkan dari jauh goyangan gempa ini justru akan lebih mudah diamati, walau getarannya hanya dirasakan alat sekalipun.

Dibawah ini adalah rekaman gelombang gempa sumatra yang direkam di Weston Amerika Serikat.

Rekaman gempa Sumatra 26 Desember 2004

Rekaman ini memperlihatkan bagaimana getaran gempa Sumatra yang direkam ribuan kilometer lokasinya dari pusat gempa.  Terlihat bahwa getaran gelombang gempa terdiri atas beberapa gelombang yang saling menyusul. Gelombang yang saling menyusul ini memiliki kecepatan berbeda-beda, sehingga dalam jarak yang jauh akan memiliki jeda yang lebih panjang.

Di dekat episenter gelombang-gelombang ini selangnya sangat sedikit, sehingga terasa seolah-olah hanya satu gelombang saja. Dengan demikian gelombang Primer, sekunder, serta gelombang permukaan ini terasa hingga lebih dari 20-30 detik menit. Di Jogja gempa pada tanggal 26 May 2006 lalu terasa lebih dari satu menit.

Gempa susulan di Aceh terjadi beberapa menit hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu setelahnya. Namun gempa di Padang terjadi sampai beberapa hari berikutnya.

Selalu mendadak.

Gempa merupakan peristiwa bergoyangnya bumi. Penyebabnya bisa macam-macam, ada gempa tektonik, ada gempa volkanik, ada gempa buatan, dan yang lain. Salah satu ciri khusus dari peristiwa gempa adalah :

  • Terjadinya selalu mendadak dan tidak disangka-sangka lama waktunya.
    Karena mendadak maka harus disadari posisi serta situasi daerah sekitar kita. Ketika berada di gedung dan di luar gedung, atauun dalam kendaraan yang bergerak maka cara dan prosedur penyelamatannya akan berbeda.
  • Besarnya tidak diketahui pada saat terjadinya.
    Pada saat sepuluh detik pertama kita tidak akan pernah tahu seberapa besar gempa ini akan terjadi. Kitatidak tahu apakah hanya selama 20 detik atau paling lama hanya 3 menit. Yang perlu diperhatikan adalah apakah yang dapat kita lakukan dalam menit-menit pertama dari tempat kita berada saat itu.
  • Gempa kuat akan diikuti oleh gempa susulan yang lebih lemah.
    Tetapi pada saat terjadi kita sekali-lagi tidak tahu kapan susulannya terjadi. Selang dari satu goyangan ke goyangan berikutnya bisa 10 menit hingga 30 menit atau beberapa jam setelahnya.
  • Gempa besar diikuti oleh bencana-bencana ikutan.
    Bencana ikutan gempa termasuk diantaranya tsunami kalau terjadi di laut, juga tanah longsor, bahkan bisa juga banjir kalau merusak dam seperti yang terjadi di China.

Dengan menyadari empat hal diatas, maka tips penyelamatan diri harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana kita berada.

Tindakan saat terjadi gempa bumi

Jika gempabumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini petunjuk singkat yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada. Namun secara mudah karena kita tidak akan tahu bakalan sebesar mana gempanya, maka penyelamatan pertama adalah menghindarkan diri dari kejatuhan benda.

Di luar rumah (jalan).

Sekali lagi satu yang terpenting dan harus diingat adalah menghindari barang yang berjatuhan. Jauhi gedung tinggi, karena sering kaca akan pecah berhamburan yang berbahaya bagi yang berada dekat dinding gedung tinggi. Lindungi kepala dengan tas atau barang apa saja, termasuk dengan kedua tangan.

Biasanya goyangan hanya beberapa saat gempa. Namun harus dingat kemungkinan akan ada gempa susulan. Jedanya bisa cukup lama untuk mencari tempat yang lebih aman.

Di dalam rumah (lantai 1).

Ketika awal goyangan terjadi usaha pertama adalah menghindari kejatuhan benda. Cobalah bersembunyi di kolong meja atau kolong tempat tidur. Apabila dekat dengan pintu, usahakan keluar rumah sambil memperhatikan kalau saja ada benda jatuh dari atas.  Apabila sedang di dapur menyalakan kompor, matikan apinya segera.

Ketika goyangan utama reda (seringkali kurang dari 2 menit), usahakan keluar rumah, terutama apabila sebelumnya tidak sempat lari. Dan mencari tempat aman dari rubuhnya tembok rumah yang mungkin sudah rapuh.

Di Mall, perkantoran atau tempat umum.

Kepanikan sering mencederai atau bahkan berbahaya karena jatuh terinjak. Usahakan jangan panik, atau apabila mungkin ikut menenangkan orang-orang sekitar. Tetapi tetap harus teringat untuk menghindari dari kejatuhan barang dari atas. terutama dari pecahan kaca.

Setelah terhindar dari gempa utama, ikuti petunjuk petugas. Banyak gedung-gedung serta mall-mall di Indonesia yang sudah melatih petugas dalam kondisi bahaya. Apabila akan evakuasi maka proses evakuasi akan diatur oleh mereka. Yang perlu diperhatikan adalah menghindari penggunaan lift, konstruksi yang rusak dapat menjadikan lift tersangkut.

Didalam kendaraan atau kereta api.

Apabila anda sedang mengendarai kendaraan termasuk sepeda motor dan tahu atau merasakan sedang gempa, usahakan menepi  menjauhi jembatan, tebing curam dan berhenti. Namun seringkali pengendara tidak merasakannya karena goyangan gempa sering lebih kecil ketimbang goyangan kendaraan. Jalan yang bergoyang tentunya sangat membahayakan kendaran yang sedang melaju.

Setelah goyangan selsesai carilah informasi dari radio atau coba menghubungi rekan lain. Apabila dalam kendaraan umum usahakan tidak membuat panik dan ikuti petunjuk petugas.

Sedang di gunung atau perbukitan.

Mungkin saja anda sedang pergi keluar kota ketika gempa. Ketika merasakan goyangan gempa hindari tebing yang curam. Carilah tempat yang datar (landai).

Carilah informasi di radio atau hubungi rekan anda setelah goyangan mulai reda.

Di Pantai.

Saat terasa goyangan larilah ke tempat tinggi yang landai. Ini untuk menghindarkan diri dari kejatuhan dan adanya longsoran. Yang paling sering ditakuti ketika di pantai justru tsunami yang terpicu oleh gempa. Tetapi pada saat kejadian gempabumi itu kita tidak tahu bakalan ada tsunami atau tidak.

Mencari informasi lewat radio atau televisi akan membantu anda mengerti dimana dan seberapa besar gempanya. Kalau ada tsunami seringkali terjadi setelah selang waktu 20 menit hingga satu jam. Usahakan memonitor lewat radio sambil berjaga-jaga kalau saja ada amaran tsunami (tsunami warning). Carilah tempat yang tinggi.

Menanti gempa susulan terjadi.

Masa kritis dalam peristiwa gempabumi diatas terjadi hanya beberapa menit saja. Namun didaerah pemukiman padat, goyangan gempa susulan seringkali justru lebih membahayakan karena konstruksi bangunan sudah rapuh terkoyak oleh gempa utama. Sehingga ketika melakukan evakuasi atau pertolongan harus mengingat kondisi bangunan sekitarnya.

Apabila anda tidak menguasai teknik pertolongan, usahakan berada ditempat yang aman. Hindari bangunan tinggi termasuk pagar dan tembok yang rapuh.

Bencana ikutan akibat gempa.

Tsunami.

Merupakan bencana ikutan yang salah satu penyebabnya adalah akibat gempa yang terjadi di laut. Berbeda dengan gempa yang hanya mempengaruhi daerah sekitar pusat gempa, tsunami ini dapat menjangkau tempat yang jauh dan melintasi laut yang luas.

Tsunami datangnya 30 menit hingga beberapa jam setelah gempa. Dengan demikian masih ada waktu untuk menghindar. Namun di pantai tidak mudah untuk mendeteksi apakah akan ada tsunami ataupun tidak. Salah satu yang terpenting adalah mencari informsi di televisi radio atau bahkan sms. Tunggu hingga ada berita pencabutan amaran tsunami dari pihak yang berwenang (BMKG-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Longsoran

Seringkali tanah yang rapuh serta bukit dan tebing terjal mengalami longsoran akibat gempa. Walaupun tidak terjadi pada saat yang sama. Namun hujan yang seringkali terjadi selepas gempa menjadikan tebing curam menjadi sangat tidak stabil.

Untuk itu perlu juga menghindari tebing curam setelah gempa. Carilah tempat yang landai sebagai tempat berlindung sementara.

73 Tanggapan

  1. Jika bersembunyi dibalik meja, bagaimana kalau sampai tertimbun runtuhan bangunan / rumah?

  2. saya ada alat deteksi gempa bila berminat…

  3. nice info gan, liat punya ane juga gan

  4. terima kasih atas tips yang telah dimuat. semoga bermanfaat bagi proses pembelajaran Geografi dan kehidupan bermasyarakat.

  5. Semoga saja tidak ada lagi gempa bumi yang menelan korban jiwa.

  6. Kebanyakan kita ini punya penyakit gampang melupakan….termasuk gampang melupakan bahwa tempat tinggal yang kita cintai ini adalah tempat yang pernah dan sedang mendapat bencana.
    Bencana menurut manusia, namun sebenarnya secara ilmu kebumian itu adalah sesuatu yang harus terjadi sebagai bagian dari proses pembentukan dan perkembangan bumi. Karena proses pembentukan bumi ini terus berjalan, tentu saja konsekwensinya adalah bencana bagi kehidupan akan selalu mengikutinya. Jadi, JANGAN LUPAKAN BENCANA!
    Lha kalau begitu, apakah kita harus deg-degan setiap saat, karena mikirin terus bakal ada bencana kapanpun?
    Tidaklah!
    Tindakan paling tepat untuk tidak melupakan bencana adalah :
    1. Cari tahu bencana apa yang mungkin terjadi di lokasi dimana anda sering berada.
    2. Pelajari dengan benar cara-cara pengamanan setiap bencana.
    3. Lakukan pelatihan pengamanan seolah-olah bencana tersebut benar-benar terjadi.
    4. Jadwalkan pelatihan pengamanan berulang, walaupun dalam jangka waktu lama tidak terjadi bencana, Dengan demikian cara-cara pengamanan sudah menjadi kebiasaan bagi anda.
    5. Tularkan hal ini kepada orang-orang yang anda cintai di sekeliling anda….karena tentunya anda tidak ingin selamat sendirian pada saat benar-benar terjadi bencana bukan?!
    Mudah-mudahan membantu.
    Kepada saudara-saudaraku di Papua, Mentawai, Boyolali, Magelang, Sleman, Klaten dan dimanapun berada yang sedang berduka karena bencana, saya turut berduka dan mengajak untuk ikhlash dan sabar atas apa yang telah terjadi.

  7. [...] bagian ini saya dapatkan bersumber dari pak dhe Rovicky Blogger geologi indonesia yang jadi panutan saya disini [...]

  8. saya mau tanya mas untuk point yang berlindunglah dikolong meja atau kolong tempat tidur ini loh mas?saya mengalami gempa di bantul dan saya liat meja dan tempat tidur itu patah ditengah mas krn tertimpa tembok..tapi saya melihat masih ada ruang disamping meja dan kolong tempat tidur yang patah itu mas,saya pernah baca tapi saya lupa webnya katanya malah suruh berlindung disampingnya mas bukan dibawahnya..nggak tau nih mana yg benar ada yang tahu..penjelasannya?

  9. dnn_studio@yahoo.co.id

    Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari bencana…. Amin

  10. Saya khawatir jika gempa terjadi pada malam atau saat kita tidur. Dengan pengalaman dibeberapa daerah terjadinya gempa pada saat pagi atau sore, mungkin ndak malam hari ada gempa besar??

    Saya pasang alarm gempa buatan sendiri, ternyata bisa membantu jika ada gempa pasti bunyi, exp :yogya dan bali gempa dapat terdeteksi alat saya. Coba pasang di rumah masing-masing

  11. hwie,,,,ngeri jga yupzzZ TP KLO gempanya gede apa masih bsa lari,,, tp tieZzp x thanks bgt buat jaga2…yupzXZ SeE YOu @_@

  12. Salam kenal!! Makasih tips Gempabumi nya ya pak.. Saya udah posting di blog saya…

  13. kalo lg ngentot tiba2 gempa gimana??????? tlg ks saran donk hehe……..

  14. Sob, mau tukar link?.
    Saya suka dengan artikel2 yang ada ditempat Anda.
    Kalau gitu saya tunggu konfirmasinya di salah satu postingan saya ya sob!.
    Ini Blog saya: Blognya anak Indonesia

  15. yang betul nya ialah…sentiasa mengingati Tuhan..jgn mengengkari suruhan Nya…sentiasa melakukan ibadat…yg halal tetap halal, dan yang haram tetap haram, jgn dicampurkan…yang menganiaya org…jgn suka memfitnah…jgn makan harta org…

  16. saya tinggal d jogja,waktu gempa bumi 27 mei 2006,saya sedang d dalam rumah.suami saya langsung menarik saya,keluar rumah.panik banget,pokoknya yang ada dalam pikiran segera sampai d luar.Subhanalloh,badan terasa d naik-turunkan.Alhamdulillah semua keluarga selamat.

  17. Benar sekali. Di daerah-daerah yang rawan gempa harus segera disosialisasikan tindakan-tindakan yang harus dilakukan pada waktu terjadi gempa. Di Daerah-daerah yang belum pernah terjadi gempa pun juga perlu diadakan sosialisasi agar tidak terjadi banyak korban jiwa.

  18. kereenn bgt,,sayang saya telat baru tau ada web sebagus ini…..
    btw, ga bisa ya artikel yang baru update dikirim ke email kita???
    thx a lot pa rovic..

  19. Nice inpho gan,… tapi utk sembunyi dibawah meja adalah tindakan yang salah,… meja itu akan meremukan tubuh kita,.. coba cek artikel ini
    tips bertahan hidup saat gempa

  20. Salam kenal, bener ya tulisannya disaat butuh tau lebih banyak kenapa koq padang, kenapa koq jawa barat , kenapa koq jogja , kenapa koq aceh baru ngeh dimana harus bertanya buat lebih tau sambil masih belum ngerrti juga maklum masih belajar , tetep aja sih fenomena atau kesalahan pada diri rasanya pingin terus dapet ilmu biar tau dan faham gimana menanggulanginya pada saat gempa ataupun banjir yang silih berganti di bumi ini …. manfaat banget buat kita yang baru belajar ….. selamat berbagi ya om …. salam kenal….sekali lagi…

  21. Saya setuju tuh agar tiap keluarga di daerah-daerah yg berpotensi gempa pada di edukasi agar melek pengetahuan tentang gempa dan cara antisipasi gempa dan ditargetkan masing-masing keluarga diantara anggotanya punya musyawarah ttg alternatif-alternatif cara menyelamatkan diri saat gempa datang (tapi mudah-mudahan nggak datang)sesuai kondisi keluarga masing-masing (tata rumah, aktivitas dan mobilitas anggota keluarga, dll). Kalau ada edukasi insya Allah tak akan panik kalau ada gempa, baik yg kecil maupun yang besar SRnya. Andai memang secara proses alam gempa harus terjadi, mudah-mudahan Allah menjauhkan pusat gempa dari daratan, agar kerusakan dan korban jiwa minimal, nggak kayak di bantul 2006 yl,pusat gempa di daratan, korbannya sampai 5000 an orang. Ya Allah, kabulkan doa hamba.

  22. dengan terjadinya gempa di sana sini kita harus lebih introspeksi diri, banyak hal yang kita lakukan terhadap alam ini tanpa memperhatikan dampak dari perilaku yang tidak layak memeperlakukan alam ini sehingga alam pun tidak bersahabat lagi dengan kehidupan manusia. penebangan liar, efek rumah kaca, dll yang menyebabkan tidak seimbangnya kondisi alam …..ya…

  23. maaf.. gempa di tasikmalaya / jabar terjadi tgl 2 Sept. 2009 lalu bukan agustus berarti blum genap sebulan

  24. dgn adanya gempa di jabar ( bln ramadahan / Agt.2009 )dan di Padang ( 30 Sept. 2009) dlm kurun waktu +/- 1 bulan, Sebaiknya di setiap daerah harus mensosialisasikan langkah2 yg dilakukan jika ada gempa spt diatas dan semua masy harus tahu dan mengadakan simulasi, sgt berguna untuk daerah yg sering terkena gempa..
    ttp jgn lupa jga untuk sll berdo’a smoga Allah sellau melindungi kita semua.. amiin..

  25. salam kenal……. menurut perkiraan bakal gemp besar lg kpn pak???
    ada peramal yg mengatakan sekitar awal desember akan ada gempa besar lg, semoga tidak terjadi apa-apa….
    :D

    How To Open Our Third Eye With Meditation

  26. Makasih Pak dhe..
    salam kenal

  27. [...] Ayo.. Saudaraku semua : Be Green > Tanam Pohon. For Clean > Pisahkan Sampah Organik & Non Organik. It’s Time To Act’ Tips Gempa Bumi [...]

  28. Makasih pakdhe atas informasinya.
    berguna banget loh buat para umat-umat.
    kan kita nggak tahu kapan dan dimana serta lagi ngapain waktu gempa itu terjadi…

  29. Semoga tidak terjadi lagi karena hal ini sangat menimbulkan rasa cemas. Kita mohon perlindungan dari Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
    aminn.

  30. LANGKAH PERTAMA APA BILA TERJADI GEMPA BUMI …….,JNGAN LUPA ALLAH HUAKBAR KARNA ALLAH MAHABESAR,LAHAULLAWALAKUATA ILLABILA ALIYILLADIM,KITA KEMBALIKAN URUSAN NYA KEPADA YG HAK DAN JNG LUPA BISMILAH.

  31. gempa bumiitu seperti cinta kadang sayng kadang mara@@@@@@@@

  32. saya juga pernah ngerasain Gempa di Jogja…
    wahtu itu posisi dan situasi saya baru aja bangun tidur, wuih panik + bingungnya bukan main bozzz, tapi alhamdullilah saya sekeluarga bisa selamat,

    ngomong2, saya juga pnya tips gempa di blog saya mas, trims…

  33. makasih yak ini berguna sekali :)

  34. gempa bumi itu sangat berbahaya.dapat menimbulkan koraban jiwa.

  35. Mungkin berguna…sy prnh alami gmp bantul..
    terdiam di dlm kamar menunggu nasib..alhamdulillah slamat..berdsrkan pnglman :
    1. akses menuju pintu jgn di persempit dgn penataan kursi,meja,almari.
    2. barang pecah belah,terlbh aquarium jgn di letakan di dekat akses keluar..kl jth pecah..bs bahaya kn kaki.
    3. pikirkan sekarang langkah ntar kl suatu saat ada gmp..mau lr kmn..jd ga bingung..syukur silmulasi keluarga.
    4. usahakan agr bangunan di atas pintu di ksh ring cor besi..spy pintu tdk bergeser dan tdk bisa di buka.
    5. perkakas rt spt almari..jgn di samping tempat tdr..kl sampe rbh bs berabe kena lg tidur.
    6. tutup kepala pake bantal atau yg lain “kl sempet” tp yg tepat..kabur keluar rumah scptnya dgn langkah dan jalur yg kita buat sblmnya.

    smg manfaat.

  36. wisata banjir bisa jadi pendapatan juga lho

  37. gmn kalau lagi buang air besar trus gempa. perut masih mules, kalau ga ngungsi keluar takut ketiban puing, ga sempet cebok lagi :)

  38. KALO KITA PAS MANDI TYUZ ADA GEMPA GIMANA?????????????

  39. BOS GMNA CARANYA DAPAT CWE YG MKAI KRUDUNG? LZ COY K”NO (085222786047)

  40. COY GMN CARANYA SUPAYA UMAT MANUSIA PADA TOBATAN NASUHA????????
    BLS SCPTNYA OK
    THX

  41. BOS PRIBEN CARAE NGILANGNANG PUYENG / STRESS

  42. tolong donk ceritain kronologi gempa bumi di bantul, Yk.

  43. Gimana caranya buat ngilangin traumatik gempa? Mohon partisipasinya..

  44. Waktu gempa 27 Mei 2006 di Jogja, aku pas jaga di RS PKU Muhammadiyah Jogja Unit Gawat Darurat lagipula jaga cuman sendirian yang lain abis sholat subuh pada tidurr… HUEBATT BUANGETS Ber ulang2 lagi!!! Seharusnya Aku dapat REKOR MURI menangani pasien terrbuanyaak!!! Eeeh Rumah Kontrakanku HANCURR…. Yang lain dapet uang jatah hidup dan uang perbaikan rumah, aku g dapet apa2 karena orang kontrakan g terdaftar katanya, sudah gitu 2 bulan aku tidur di emper rumah kakakku. Yang punya rumah malah nangiss terus klw ketemu aku… yach… itulah dongengku yg tak terlupakan…Makanya kasih kabar aku y? di iswandari@consultant-sehat.com klw ada kabar2 gempa lagi. tq cu

  45. @ nurul
    ya biar terbiasa, makanya tipa minggu latihan dong . :)

  46. Infonya sangat berguna bagi kita yang awam akan gempa
    dan mengingatkan kita akan bahaya gempa.

  47. kalo pas gempanya yang pasti mana inget dengan

    tips gempa ini…..

    yang ada kalo ingat2

    dah keburu kejatohan material doooong……

    trus gimana caranya biar kita tuch terbiasa….dengan keadaan gawat kanya ini…????!!!!!!

  48. suwun…

  49. Aq tinggal d bengkulu. Ampir tiap minggu gempa mulu. Tp, kecil2 sih…

  50. trimaksi pak rov! bagus postingannya!
    aku dah pnah baca dr tips gempanya orang jepang sih.
    aku jg dah mempraktekkan pas gempa jogja kmaren, di tengah panik alhamdulillah masih bisa inget untuk ambil bantal. alhamdulillah bangetttt meski g kena runtuhan apapun c, tapi udah dikasi slentingan untuk ngambil bantal itu udah pertolongan.
    eh ampe di luar diketawain, dikate: iii kamu baru bangun tidur ya,,,

    yah blum tauu diaaa,,~.~

    buat yang lain, udah praktekin aja apa adanya, kan hanya bisa mengurangi resiko, yg sebenarnya menyelamatkan kan Tuhan
    pake nyalahin pak Rov lagi,,

  51. law gempa bumi cepet2 lari dong lw

    emg g’bsa do’a yo

  52. Giman caranya mengatasi gempa pada saat oprasi….
    udah gitu baru di belek..???
    mohon kasih informasinya di e-mail hapsariayu@yahoo.co.id
    okehhhhhhhhhhhhhhhhh…..

  53. oOoOoOoy klo ngasih informasi yg lengkap donk….???
    gimana sich.,.,.,.,.,.

  54. dua pemadam kebakaran korban WTC selamat kemudian bercerita tentang belindung mendekati LIFT saat gedung runtuh. ruas LIFT adalah bagian terkuat dari sebuah gedung.

  55. rumah tempat tinggal saya terdiri dari 3 lantai, pd saat gempa apakah cukup aman bila saya dan keluarga berlindung di bawah pintu ? karena lantai atasnya masih beton apakah kusen pintu tsb kuat menahannnya?

  56. pak…..
    ayo gerak cepat demi pembangunan bumi pertiwi

  57. ………..ok mr. hariadhi, saya mau bantu anda.

  58. ADA JAK IATU KIMAK MAK KAU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!TEMA KASIH

  59. Pak, ini saya baru selesai bikin tugas Ilustrasi soal mitigasi gempa juga. Mau bantu menyebarluaskan filenya?

    http://hariadhi.wordpress.com/2008/01/31/hayo-jangan-bisanya-penyuluhan-aja/

  60. saya iwan ingin bayak tau tentang geologi karena saya hobi tentang penelitian apakah ada harapan untuk menjadi anggota geologi gempah

  61. saya mintak tolong kepada mbagian geologi gempah bila terjadi gempah di kasih tau ya bapak pimpinan geologi permohonan m.irwan syah putra,amf

  62. Ada rancangan Tuhan dibalik semua peristiwa {termasuk letusan gunung} yang kita alami.Dan bagaimana kita menghadapi kehidupan dan peristiwa yg kita alami kini,tergantung bagaimana hubungan kita dengan Tuhan. Yang pasti tetaplah berdoa dan berserah pada-Nya.

  63. @ Odix Iskar

    Artikel untuk apa ini ?

  64. pakde rovic aku mau nulis tentang bencana alam di Indonesia, khususnya gempa, mohon kesediaan bapak tuk nulis artikel dan dialamatkan ke alamta saya. trims

  65. Satu hal yang perlu dipehatikan terhadap anak-anak dalam keadaan panik. orang dewasa (sebaiknya dibentuk komunitas siaga bencana) mendata dan memastikan anak-anak dari setiap kelompok tidak terpisah dan apabila ada anak yang terpisah segera lakukan pencarian untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti trafiking, penculikan, dll.

  66. ya klo mandi di sungai aja ntar klo ada gempa kan gak takut tertimpa tembok ataupun genteng

  67. Kalau lagi mandi ya cuma pake handuk aja. Mangkanya pake handuk yang agak besar biar ketutupan semua, hehehe.

  68. kalau misalnya kita lagi mandi gimana cara untuk get out, kan kalau misalnya pake’ baju duluan kan kelamaan, keburu runtuh, kasih solusinya dong!!!!

  69. Saya mau ngasih masukan ni pak
    saya pernah ntn film barat yang judulnya vulkano dan disitu ada adegan penyelamatan diri saat gempa yaitu kita berlindung di bawah kusen pintu. Pas terjadi gempa di jogja saya teringat ma film itu jadi saat terjadi gempa saya manggil tman yang lari ketakutan buat berlindung di bawah pintu krn saat mau lari rasanya saya mau terlempar

  70. lho om, kalau pas diatas motor boat yang kita tumpangi bagaimana karena kita sering bepergian naik boat, mohon pencerahan nya.

  71. Disamping penyelamatan seperti di atas maka bagi orang yang beriman (Islam) juga saya anjurkan jangan lupa berdo’a: Alloohumma laa taqtulnaa bi ghodhoobika walaa tuhliknaa bi’azaabika wa ‘aafinaa qobla zaa lika. Artinya: Ya Allah janganlah Engkau bunuh kami dengan kemarahanMu dan janganlah Engkau hancurkan kami dengan azabMu dan maafkanlah kami sebelumnya.Amiin.

  72. saya pernah merasakan gempa.saya merasakan gempa di Nanggroe Aceh Darussalam di pusat gempa yaitu meulaboh.kebetulan saya ada di lantai dua.pada saat gempa saya langsung turun.boleh nggak seperti itu…??karena saya panik.

    temen temen Shafiyyatul Amaliyyah,jangan panik ya klo terjadi gempa…

    dr:Azzahra layusa nurmaida VIIc YAYASAN PENDIDIKAN SHAFIYYATUL AMALIYYAH-MEDAN

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.369 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: