34 Tanggapan

  1. salam kenal pak komandan IAGI btw klo ikut ke anggotaan IAGI pripun cara ne pakde???

  2. Awan hujan diatas Pulau Cristmas terjadi dari gunung berapi dibawah laut atau tumbukan lempengan bumi antara Australia dan Asia. Semoga tidak terjadi gempa, dampaknya akan ada tsunami di pantai selatan. waspada Bandung selatan ada banjir

  3. Saat ini musim hujan telah tiba dan saya sedikit khawatir dengan daerah2 yang rawan akan banjir dan gempa. Khususnya di Jakarta, semoga tidak banyak tempat yang terkena banjir ni

  4. Awal hujan di Pulau Jawa sampai Nusa Tenggara Timur, awal bulan Oktober 2012, menurut BMKG. Tetapi lebatnya bulan januari 2012, apabila bulan oktober hujan ringan (10 mm/det?). belum berpengaruh untuk mengisi waduk-waduk yang sedang kekeringan? Sedangkan hujan lebat (40mm/detik?) diperkirakan bulan Januari? Supaya tidak terjadi tanah longsor, di Pulau Jawa dan NTT. Apakah Badan Penanggulangan Bencana mengadakan penyuluhan kepada masyarakat?

  5. Macam ni kerna tetap berlaku gempar, apa agaknya bajet national tentang persediaan untuk menghadapi sekurang-kurangnya makanan, perubatan dan kos penginapan sementara.

    Sementara itu kerugian kerana berbagai sebab berlaku – pengangkutan, pekerjaan dsb.

    Ada baik kalau dapat ditinjau sejarah sifat kos ini dan kesannya terhadap ekononomi.

  6. Biarlah kita banyak tau walaupun kita tau , kita bukan siapa “!

  7. maaf sebelumnya. saya pernah membaca di situs ini tentang terjadinya gunung api lumpur atau mud vulcano. yang menceritakan asal terbentuknya bleduk kuwu dan lumpur lapindo. setelah saya cari lagi kog artikel itu sudah tidak ada. maaf apakah saya bisa membaca atau memperoleh informasi itu kembali, mohon bantuannya. terimakasih

    –> Ada disini : http://hotmudflow.wordpress.com/yang-sering-dibaca/

  8. Thxs atas dongengnya..
    Kesukaanku sejak keci ttng Geologi..

  9. Mas, aku mau tanya mengenai gempa bumi itu apakah bisa terjadi gempa besar dalam rentang waktu yang berdekatan di lokasi yang sama ?

    Gempa bumi yang kami rasakan di Soroako-Sulsel beberapa minggu yang lalu 6.1SR sudah melemah dalam 1 minggu berikutnya tetapi kemarin malam terasa cukup keras juga sampai kami keluar rumah

    –> Gempa besar memang diikuti gempa susulan. Gempa susulan ini selalu lebih kecil dari gempa utama. Secara umum mengecil walaupun kadang besar, tetapi tetap tidak lebih besar dari yang utama. Tengok gempa susulannya di Aceh yang masih terus berlangsung sampai dua bulan berikutnya. lihat disini http://rovicky.files.wordpress.com/2011/02/gempa-utama-susulan1.jpg gempa susulannyapun naik turun kekuatannya

  10. ass.wr.wb
    mas.. saya tinggal di kabupaten ponorogo-jawa timur.. mulai dua bulan terakhir, di daerah saya terdengar suara gemuruh (dentuman) dengan interval waktu hampir setiap 15 menit.. apa ini ada kaitannya dengan tulisan mas yang “gerumbulan gempa di trenggalek”. sebab daerah saya emang berbatasan langsung dengan trenggalek.. trimaksaih :)

    –> YA, yang saya tulis itu memang karena berkenaan dengan maraknya berita gempa seputar Trenggalek-Ponorogo. Mnurut BMKG tidak perlu dikhawatirkan tetapi perlu diwaspadai sebagai pengingat. Salam.

  11. aku siswa sman 2 mojokerto jatim .
    aku pny pertanyaan ,
    yang dimaksud isotach itu apa ?? mhon bantuannya ya ..

    –> Menurut definisi meteorologis … ISOTACH adlah garis yang menghubungkan titik-titik yang memiliki kecepatan angin yang sama.

  12. Ralat, bukan kali Doyong…maksud saya kali Gendol

  13. Udah lama gak komen pakdhe, tapi selalu baca artikelnya yang dikirim gratis ke email saya…Matur Suwun berat.
    Luar biasa dampak lahar dingin ya, seperti yang sudah pakdhe tulis….sayangnya lagi-lagi pemerintah dan masyarakat kurang tanggap bencana ya, buktinya masih banyak aset warga yang hilang di sepanjang kali Putih-Salam.
    Berdasarkan kondisi terkini, yang potensi rawan di sepanjang aliran kali Gendol yang nyambung ke kali Opak…betul kan Dhe? Saya juga perhatikan dari Google Earth maupun Google satelite memang kenampakannya seperti itu.
    Lha kok kasusnya sama dengan kali Putih ya Dhe…itu dulunya kali yang ditutup oleh Londo, njuk malah dijadikan hunian.
    Lha kalau kali Doyong ditelusuri ke bawah setelah kecamatan Ngemplak itu kan lembah sungainya kok mandeg greg….njuk sawah-sawah….bar kuwi njuk omah-omah……walah-walah….kok nggegirisi….priye pakdhe?

  14. aku sering dengar istilah sinkhole dan landslide yang katanya jenis bencana alam yang dapat menelan korban nyawa maupun harta benda. sebenernya apa sih yang namanya sinkhole dan landslide, bilamanakah hal itu dapat terjadi, seberapa besarkah kemungkinan terjadi di indonesia.
    Trims

    –> Silahkan baca ini http://rovicky.wordpress.com/2007/03/01/amblong/

  15. aku sering dengar istilah sinkhole dan landslide yang katanya jenis bencana alam yang dapat menelan korban nyawa maupun harta benda. sebenernya apa sih yang namanya sinkhole dan landslide, bilamanakah hal itu dapat terjadi, seberapa besarkah kemungkinan terjadi di indonesia

  16. terimaksih… sangat membantu informasinya

  17. salaam mbah D…
    apa bisa dihubungkan antara dongeng dengan ramalan yang akan datang…….?

  18. pakde, klo mau dapet peta patahannya mbah bemmelen yang kumplit di mana ya

  19. ini dongeng fokus benar… jadi banyak tahu seputar geologi (khususnya merapi)

    http://ensofas.wordpress.com

  20. pakdhe rovicky, sesosok manusia yang pantas dikenang layaknua seorang telik sandi bagi mahasiswa geologi dan geofisika, ehehehehe, pahlawan bagi para mahasiswa,

  21. Pak De….
    Salam kenal yaaa…senang membaca dongengannya :)

    Oh ya artikel ttg hub bulan di perigee dgn aktivitas gempa bumi menarik banget..perigee Bulan di Nov menurut http://www.fourmilab.ch/earthview/pacalc.html adalah tgl 3 Nov 17:23 UT
    Tadi pagi berita di TV menunjukkan naiknya aktivitas Merapi sejak kemarin dan bahkan bumbungan awan panas mencapai ketinggian 4km
    Apakah ada hubungannya y pak De?

  22. Pancen mantab … dongengnya bikin perenungan makin khusuk …

  23. sya mrsa lbh mrsa tkt krna sya tkt mengalami y

  24. pak dhe sungguh saya amat terinspirasi blog pak dhe ini sejak lama. tapi saya gak bisa-bisa ini saya lagi belajar buat blog di wordpress. mohon maaf kalo sketan blognya hampir sama dengan pak dhe ya kata kuncinya dongeng penguasabumi cz saya baru aja ngelanjutin kul di teknik geologi undip 2009

    kalo ada kesempatan mampir ya pak dhe meskipun rupa-rupinya baru ala kadarnya
    salam: penguasabumi@wordpress.com

  25. numpang nanya. dimana bisa download peta zonasi gempa 2010 yang katanya baru terbit? terimakasih. salam.

  26. Mas rovicky, bikin dong tulisan tentang tumpahan minyak BP di teluk mexico.

  27. Pak, kasih dongeng tentang industri kertas dan penebangan hutan di indonesia dong, setuju dengan barifbrave,

  28. Bonjour Pakdhee, salam kenal, dongeng donk megenai bencana di teluk Mexico !!! Saya awam kliatannya susah bener mengatasinya!!!!

  29. sungai yang isinya baatubara… koq bisa… itu batubara yang dari perusahaan mana Om sulistyo… tlong penjelasan slanjutnya,.. soalnya saya anak geografi tertarik mmbhas ttg batubara..

  30. sungai yang mengalir dikota bengkulu isinya tumpahan batu bara dari tambang yang ada di hulu, kini jadi tambang rakyat tiap hari mobil-mobil foso membawa batu bara, ditambah lagi pantainya isinya juga batu bara eh orang-orang lingkungan cuek saja pusing aku….

  31. Dongengnya cip-cip. Q sebagai anak umur 12 thn suka. ^.^v
    klu berkenan kunjungi bogQ yang beralamat : http://bacaanmenarikku.wordpress.com

  32. Pak D, saya mbo dikasih pustaka tentang biofuel dari limbah yang mengandung lignoselulusa yang salah satunya terdapat di limbah industri kertas.

  33. Pak di BMGK data citra satelit nya kok selalu terlambat. Tidak seperti di wwwhc. nasa dan intellcast hanya terlambat satu jam saja.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.374 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: