Setahun Tsunami Jepang, Merekapun pernah memodelkan sebelumnya.

Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami.

Tepat setahun yang lalu terjadi gempa tsunami terbesar di Jepang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011. Saat itu di Indonesia kita sedang sibuk mengamati banjir lahar di lereng Gunung Merapi. Banjir lahar akibat letusan beberapa bulan sebelumnya yang memuntahkan 150 juta M3 material. Saat ini masih ada sisa 90 juta meter kubik di lereng merapi.

Ada beberapa pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa ini.

Continue reading

Catatan Kebencanaan Akhir tahun 2011 [Benarkah tahun 2012 kiamat ?]

Bencana hidrometeorologis masih akan mendominasi dimasa mendatang.

Perlu dana penelitian untuk mengurangi kerugian dan korban.

(catatan : Tulisan ini diambil dari Press Release IAGI – Ikatan Ahli Geologi Indonesia, 5 January 2012)

Kejadian bencana alam di Indonesia selama 2011 tercatat: banjir 394 kali, banjir bandang 122 kali, longsor 233 kali, gunung api 4 kali. Angka ini sangat mungkin bertambah dengan selesainyan laporan yang sampai saat ini masih disusun oleh Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB). Dua bencana yang paling banyak menelan korban jiwa adalah korban banjir ( 122 jiwa) dan tanah longsor (177 jiwa).

:( “Pakdhe, memangnya ngga jadi kiamat tahun 2012 ini ya ?”

Continue reading

Penjelasan Ustad Gempa, Danny Hilman Tentang Gempa Selat Sunda

Ustad Gempa, Dr Danny Hilman

Sebagai ahli gempa, Danny Hilman yang memperoleh gelar Doktor di bidang kegempaan dai Caltech University, memberikan penjelasan seputar berita ancaman Gempa Selat Sunda.

:( “Nah kalau yang berbicara Ustadz Gempa, mestinya lebih pas ya Pakdhe?”

Penjelasan beliau dituangkan dalam diskusi diantara ahli kebumian di IAGI-net (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) sebagai berikut:

Continue reading

Gempa Jepang 2011 Vs Gempa Aceh 2004

Ada 16 Gempa besar yang berkekuatan lebih dari 8.5M yang tercatat sejak 1900. Dua diantaranya gempa Aceh dan Gempa Jepang. Walaupun gempa itu bukan yang terbesar sepanjang sejarah didunia namun keduanya sangat berarti dan cukup menarik perhatian karena sangat fenomenal. Gempa Aceh 2004 dan Gempa Jepang 2011 terpaut 6 tahun relatif pendek dalam kurun waktu geologi, namun keduanya termasuk satu kelompok besar yg terjadi pada sekitar abad 21.

:( “Wah Pakdhe yang besar-besar itu apa ya sesuai dengan korban dan kerugiannya ?”

:D “Tidak selalu tentusaja Thole. Ada didongengan dulu disini, kan ?”

Continue reading

Supermoon dan gempa Jepang 2011

http://rovicky.files.wordpress.com/2007/11/lintasan3d.jpg?w=245&h=212Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu, 19 Maret pukul 19.10 GMT atau Ahad, 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi sejauh 356.577 kilometer. Jarak terjauh bulan dengan bumi yang terjadi pada Desember mendatang terentang 364 ribu kilometer. Adapun puncak purnama akan terjadi satu jam sebelumnya, pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB. [Tempo Interaktif]

Sepenggal berita diatas banyak diperbincangkan karena dituduh menyebabkan gempa-tsunami Jepang 2011. Namun dongengan dibawah menjelaskan bahwa sedikit kemungkinan bahwa bulan telah memicu gempa-tsunami Jepang 2011.

:( “Looh Pakdhe dulu bilang bulan bisa memicu gempa?”

:D “Ya, Tapi juga sudah mewanti-wanti bahwa itu masih dugaan, bukan kepastian seperti yg ditulis disini

Continue reading

Benarkah Reaktor Fukushima Daiichi Meledak ?

Mendengar PLTNuklir tentunya dibenak ini sebuah reaksi atom yang menyebabkan sebuah ledakan Bom Atom yang menghemtikan Perang Dunia II. Ya, faktanya memang begitu, Perang Dunia II hanya bisa dihentikan atau terhenti karena sebuah ledakan Bom Atom. Ketika terjadi bencana gempa dan tsunami Jepang, berita bencana juga mengkhawatirkan adalah nasib dari PLTNuklir di Jepang. Salah satu berita yg mengejutkan tentunya terjadinya ledakan di PLTN Fukushima.

:( “Wah Pakdhe tuh nakut-nakutin aja”

:D “Thole memang terjadi ledakan, tetapi apa sih yang meledak ? Kalau ada mobil bunyi duar ! kan bisa aja bannya bukan mesinnya!”

Dibawah ini dongengan diambil dari BATAN yang menganalisa apa yang terjadi di Fukushima

Continue reading

Jepang Sebelum dan Sesudah Gempa 2011

Gempa di Jepang SEDANG BERLANGSUNG ketika dongengan ini dituliskan. Artinya gempa Jepang diawali ketika muncul gempa berkekuatan 8.9M dan disusul dengan aftershock (gempa susulan) hingga hari ini setelah 3 hari. Kekuatan gempa 8.9M ini dipastikan akan terkoreksi menjadi 9.0M setelah pada kenyataannya masih sangat kuatnya susulan, serta melihat dampak merusaknya yang merupakan gempa terkuat di Jepang sepanjang sejarah manusia.

This slideshow requires JavaScript.

:( “Pakdhe kok bilang sedang berlangsung ini emang gempa itu terus-terusan ?”

:D “Thole, gempa awal itu sebenernya robekan pertama, tapi bisa membret kearah tertentu sehingga kekuatan gempanya merupakan julah tambahan dari gempa utama dan gempa-gempa susulan atau merembetnya kemana-mana ini. Disitulah jumlah total tenaga gempa”

Continue reading

Sumbu Bumi Bergeser 14 cm Akibat Gempa Jepang 2011

Bumi berputar mirip gasing. Memiliki sumbu tetapi sumbu bumi ini tidak tetap tetapi bergoyang. Perhatikan bumi yang berputar ini, perhatikan bahwa banyak pulau di belahan Utara dibandingkan belahan Selatan. Sehingga bumi ini tidak benar-benar memiliki bentuk yang seperti bola, tapi lebih mirip sebuah gasing.

:( “Pakdhe, Jadi tidak seperti elips ya ?”

:D “Thole, belahan bumi utara lebih banyak benuanya ketimbang yang selatan, kan ?”

Bentuk bumi inilah yang menyebabkan bumi memiliki perilaku gerakan seperti gasing. Ada sumbu berputarnya, juga ada sudut yang membentuk sudut dengan garis edar revolusi dengan matahari, serta memiliki perubahan sumbunya yang dikenal dengan gerakan goyangan atau wobble.

Continue reading

Pusaran Raksasa Akibat Tsunami Jepang 2011

Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya.

Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti.

:( “Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?”

:D “Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole”

Continue reading

Peta Perhitungan Ketinggian Tsunami Jepang 2011

Dibawah ini dua peta yang saling berhubungan yaitu peta ketinggian tsunami dan peta waktu tibanya tsunami Jepang 2011. Peta ini dibuat oleh NOAA.

Peta hasil perhitungan/perkiraan ketinggian tsunami Jepang 2011

Peta diatas dibuat oleh NOAA. Daerah-daerah yang berdekatan dengan pantai pasific akan menerima gelombang tertinggi. Namun diperkirakan juga mengenai pantai utara Jawa dan Sumatera. Namun dibawah 10 meter.

 

Waktu tibanya gelombang tsunami ini doperkirakan seperti dibawah ini

Perkiraan waktu perjalanan gelombang tsunami Jepang 2011.

Semoga gempa tsunami ini tidak menyebabkan korban yang banyak. Saat ini Masih dumumkan oleh jepang dibawah 100 yg dinyatakan meninggal. Namun melihat besarnya gempa serta tsunami ini ini, sangat mungkin jumlahnya akan bertambah,

Sumber peta : http://wcatwc.arh.noaa.gov/

Tulisan terkait Gempa Jepang 2011:

Video Amatir Gempa Jepang 8.9M (bergetar lebih dari 2 menit)

getarannya sangat kuat, terlihat bergoyang kuat lebih dari dua menit. Bahkan sepertinya susulannya, atau mungkin getaran sekundernya, terus terjadi pada menit-menit berikutnya . Silahkan baca transkripnya.

Transkrip kasar :  Mom, u ok? Ya, mari kita keluar. Hati-hati. Out, out. 0,52: Mom! Cepat. Begitu besar. Awas Aliran listrik yang berbahaya, bukan? It’s ok. Jangan khawatir. OK?! Berdiri ibu. Aku berdiri sekarang. Memegang kamera saya. Telepon? Gotta panggilan. Ah saya mendapatkannya. Ah halo (teman). Ur ok? Saya tidak punya apa-apa. Tidak telepon saya baik. (masuk ke dalam)

Setelah gempa terjadi kejadian lain menyusul …

Continue reading

Gempa Jepang 8.9M : Seberapa besar dampaknya.

Mengukur atau menghitung sebuah dampak dari gempa tentunya tidak mudah. Karena memerlukan pengamatan langsung dilapangan. Namun untuk kebutuhan resque atau penyelamatan, maka diperlukan data-data di lokasi kejadian. Dan tentusaja untuk memperkirakan dampak ini perlu dilakukan pemetaan.

USGS mencoba memberikan sebuah ringkasan seperti apa kemungkinan dampak ini akan meluas, tentunya dampak goyangan gempanya, dan tsunami di lokasi ini.

USGS Red Alert !

Tentusaja ini bukan untuk si korban, ini lebih diperlukan kepada siapa saja yang akan menolong.

Itulah sebabnya perlunya pemetaan lokasi-lokasi rawan bencana, sehingga ketika terjadi bencana, maka sudah siap apa yang harus dilakukan. Seberapa manusia yang terdampak, seperti apa kemungkinan dampaknya dsb.

Kalau di lihat dalam gempa Jepang maret 2011  ini terlihat sejumlahkota dan jumlah penduduknya

Kota-kota yang kemungkinan terkena dampak (terutama yang memiliki penduduk diatas  1,000.

MMI Kota Populasi
VII Sendai 1,038k
VII Chiba 920k
VII Funabashi 561k
VII Matsudo 470k
VII Ichikawa 458k
VII Utsunomiya 450k
VII Mito 247k
VI Tokyo 8,337k
VI Yokohama 3,574k
VI Morioka 295k
VI Fukushima 294k

(k = x1,000)

Jadi mirip seperti yang terjadi di Padang dahulu yang ditulis disini.

Tulisan terkait :

 

 

 

Video-video Gempa Jepang 8.9M

Beberapa video kerusakanakibat gempa dan tsunami Jepang yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 pukul 14.45 waktu setempat

Penjalaran di laut

Sebuah Pengilangan Minyak yang meledak setelah terjadinya gempa

Continue reading

Ancaman tsunami Padang masih ada.

http://rovicky.files.wordpress.com/2008/02/segment-gempa.jpg?w=201&h=209Dibawah ini Press Release dari LIPI tentang masih berbahayanya daerah pantai timur Sumatera walaupun terjadi gempa yg menyebabkan tsunami Mentawai (tepatnya gempa Pagai) pada tanggal 25 Oktober 2010.

:( “Wah pakde jangan nakut-nakutin doonk!”

:D “Thole, yang dibilang Pak Danny Hilman ini dasarnya sains bukan dukun. Jadi secara terbuka akan diberitahukan juga dasar-dasar berfikirnya.

Danny Hilman sebagai ahli gempa dari LIPI memberikan penjelasan cukup sederhana dibawah ini

Continue reading

Animasi Tsunami Mentawai Oktober 2010

Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasaWalaupun amaran tsunami di Mentawai dicabut (diakhiri) oleh BMKG bukan berarti tidak ada tsunami yang melanda daerah sekitarnya. Kenayataan dibawah ini menujukkan modeling atau animasi bagaimana tsunami terjadi di Mentawai.

:( “Whaduuh. Pakde Pripun niku kok kelewatan lagi ?”

:D “Memprihatinkan thole. WASPADA adalah setelah mengurusi Wasior, mengamati webcam Gn Merapi sambil mendengarkan gempa Mentawai di berita radio di dlm mobil yg terjebak macet-banjir di Jakarta”

Continue reading

Membuat Peta Risiko Bencana

Kita sudah punya peta zonasi gempa yang dibuat oleh 11 pakar gempa yang dimotori oleh Departemen PU. Tentusaja peta ini menjadi acuan khusus seperti yang dituliskan sebelumnya disini. Ya peta ini merupakan peta seberapa besar kemungkinan (probabilitas) goyangan gempa akan mengenai daerah ini dalam kurun waktu tertentu. Tentusaja sangat teknis dan bukan untuk masyarakat awam.

Peta yang mungkin lebih mudah dimengerti adalah peta risiko (risk map) ada juga yang mengatakan hazard map (peta bahaya). Tentusaja masih dalam konteks bahaya bencana alam atau Natural Disaster.

Dibuat sesuai kebutuhan daerahnya. Continue reading

Animasi Tsunami Chile Menyeberangi Samodera Pasific

Masih ingat animasi-animasi tsunami ketika terjadi di Aceh dan juga di Pangandaran ? Kali ini tsunami Chile juga dibuat simulasinya oleh dua orang ahli dari Jepang. Sangat beruntung ternyata tsunami yang dihasilkan oleh gempa Chile ini tidak merusak pantai-pantai yang bersebelahan samodera.

:( “Jadi tidak ada tsunami yang dihasilkan ya Pakdhe ?”

:D “Tsunami tetap terjadi, Thole. Karena semua syarat terbentuknya tsunami memang terpenuhi. Tentunya harus bersyukur, tsunami ini tidak menimbulkan kerusakan karena relatif kecil setibanya diseberang samodera”

Continue reading

TSUNAMI WARNING Akibat Gempa M8.8 Chile 27 Feb 2010.

Sebuah gempa besar (moment magnitude 8,8 Mw) terjadi di pantai Chile (lokasi episentrum : 35.846°S, 72.719°W), Amerika Selatan hari Sabtu 27 Februari 2010 saat penduduk Chile tidur lelap pukul 03:34:14 waktu setempat (13:34:14 WIB). Gempa berpusat dari kedalaman 35 km yang berdasarkan moment tensor solution berupa pematahan batuan sesar anjak (thrust) dengan jurus 11 deg NE dan kemiringan 25 deg. Continue reading

Ditengah Samodera Tsunami itu Secepat Pesawat Jet

Bagaimana Tsunami itu merambat ?Tsunami merambat karena adanya grafitasi dari tubuh air yang terangkat. Tubuh air yang terangkat ini seolah jatuh mengikuti gravitasi.

Gelombang akibat angin seringkali memiliki kecepatan merambat sangat rendah dan panjang gelombang hanya 10 meter. Ditengah samodera gelombang tsunami sangat pendek, hanya 1-3 feet atau sekitar satu meter saja, dengan panjang gelombang hingga 1 kilometer lebih. Ketika sampai di dekat pantai gelombangnya meninggi hingga 30 meter  !!

Jadi gelombang ini sebenarnya bukan merambat tetapi berlari kencang sekencang pesawat jet. Di laut lepas kecepatannya berkisar antara 500 -600 mph (800 -1000 km perjam). Continue reading

Gempa di Selatan Jawa ! 7.0 Magnitude

eqmap 2 Sept 2009

Earthquake Details USGS

Magnitude 7.0 (magnitude — updated )
Date-Time
  • Wednesday, September 02, 2009 at 07:55:02 UTC
  • Wednesday, September 02, 2009 at 02:55:02 PM at epicenter
Location 8.223°S, 107.349°E
Depth 49 km (updated)
Region JAVA, INDONESIA
Distances
  • 142 km (88 miles) SW (226°) from Tasikmalaya, Java, Indonesia
  • 144 km (89 miles) S (190°) from Bandung, Java, Indonesia
  • 156 km (97 miles) SSE (159°) from Sukabumi, Java, Indonesia
  • 242 km (150 miles) SSE (164°) from JAKARTA, Java, Indonesia
Location Uncertainty Error estimate not available
Parameters NST=011, Nph=011, Dmin=311.2 km, Rmss=0.78 sec, Gp= 94°,
M-type=”moment” magnitude from initial P wave (tsuboi method) (Mi/Mwp), Version=1
Source
Event ID at00187810

105_-10

Menurut USGS kedalaman gempa 49 Km (updated), sedangkan BMG memperkirakan kedalaman gempa 30 Km (+/- 10Km). Kalau gempa ini diikuti longsoran bawah laut tentusaja tetap mampu memicu terjadinya tsunami. Semoga tidak ada tsunami yang mengikutinya.

Gempa ini terasa hingga di Jakarta, Purworejo, Yogyakarta … bahkan hingga Singapura !

Informasi Gempa Bumi atau Tsunami BMG

Peringatan Tsunami akibat Gempa Mag:7.3 SR, 02-Sep-09 14:55:00 WIB,dinyatakan BERAKHIR/SELESAI ::BMKG

=====

Demikian Informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Continue reading

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.380 pengikut lainnya.