Baru awal puasa saja sudah ribut, bagaimana dengan sholatnya astronot ?

sholat.jpgWaktu awal puasa selalu saja dimulai dengan keributan kapan dimulainya. Dan nanti akhir puasa juga akan diramaikan dengan kapan akan lebaran. Itu kejadian “rutin” yang kalau kita tengok sejarahnya bisa saja ada yang akan bosa, tetapi akan terlihat tidak terselesaikan.

:( “Lah hya to Pakdhe, kalau salah hitung trus jadi haram gimana ?”

:D “Lah kalau sesuatu itu dihalalkan mbok ya ngga usah diharamkan sendiri oleh manusia, Tole!”

Diskusi ini kalau dilebarkan menjadi menarik bila kita mempertanyakan waktu sholat astronot di angkasa !

Continue reading

Komodo dan Geologi : Ayo Vote Komodo

Komodo (kompas.com)

Saat ini Pulau Komodo sedang getol-getolnya diusulkan untuk menjadi salah satu keajaiban dunia. Bahkan Presiden SBY juga ikut menyarankan untuk ikut vote supaya Pulau Komodo ini tercatat menjadi salah satu keajaiban.

:( “Pakdhe, Sakjane mau dipilih atau tidak, tetep saja Pulau Komodo dengan Komodonya ini sudah ajaib kan ?”

:D “Iya Thole. Keajaiban bukan karena voting. Emangnya pemilu ?”

Keajaiban Komodo ini dipakai oleh ahli evolusi maupun penentangnya. Penentang evolusi mengatakan bahwa Komodo merupakan bukti bahwa binatang itu sejak dulu ya tetep saja tidak berevolusi. Dan Komodo ini salah satu contoh yg masih tetap hidup bertahan tanpa mengalami proses evolusi. Binatang-binatang lain itu diciptakan ya sudah seperti itu. Namun bagi ahli yang menggeluti evolusi penemuan-penemuan baru selalu menarik untuk dikaji dan menguji teori serta mengerti proses ini berjalan.

Tulisan dibawah ini hasil obrolan santai dengan Pak Awang H Satyana tentang keberadaan Komodo serta hubungannya dengan Geologi, terutama ilmu Tektonik dan fluktuasi muka air laut.

Continue reading

Evolusi : Bukan sekedar masalah percaya dan tidak percaya

"Jangan cuman ngikut-ngikut !"

Seorang ilmuwan sering dihadapkan pada keyakinan (keimanan) dengan keyakinannya tentang gejala alam yang diamatinya. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah Geologist yang percaya teori evolusi juga percaya bahwa manusia merupakan hasil evolusi juga ?

Pak Koesoemadinata (RPK), seorang professor Geologi dari ITB memberikan sedikit perenungannya dibawah ini. Apakah geologist yg percaya teori evolusi berarti tidak percaya tuhan ?

Continue reading

Memahami teori evolusi dari diri sendiri.

Don't trust evolution, it is just a science, not for believer :)

Memahami teori evolusi mirip memahami kemunculan kita atau kelahiran diri kita di dunia.

Ketika kita lahir ceprot ! Tak ada yang dapat meyakinkan kita bahwa kita lahir pada jam itu, tanggal itu dan oleh ibu itu dengan sang ayah yang itu. Yang ada hanyalah selembar surat. Dan kesaksian mereka. Kita yakin itu adalah tanggal kelahiran kita tanpa kita mampu membuktikannya atau menolaknya.

:( “Lah hiya Pakdhe. Emang kita wektu lahir bisa ngomong dan langsung bertanya. Lah nanti malah pada kaget smua kalau bayi lahir bertanya bukan menangis :)”

Continue reading

Evolusi – Neanderthal dan Homosapiens pernah besanan

Penelitian terbaru hasil riset DNA yang dilansir BBC cukup mengagetkan. Ternyata memang Neaderthal pernah hidup berbarengan dengan Homo Sapiens. Bahkan konon menurut penelitian ada persilangan diantara keduanya yang melahirkan manusia-manusia moderen saat ini.

:( “Whallah Pakdhe, Opo ya kita juga keturunan kethek ?”

:D “Mereka adalah kita dan kita adalah mereka, Kita harus mencintai sesama makhluk ciptaan NYA!

Continue reading

Evolusi – intermezzo - Teori yang berevolusi (1)

evo4.gifBagi yang suka belajar geologi terutama yang suka teori evolusi tentunya mengenal atau pernah melihat apa yang disebut pohon evolusi (evolution tree). Yaitu sebuah gambar pohon dimana didalamnya terdapat cabang-cabang perkembangan binatang ataupun tumbuhan yang diurutkan atau dibuat berdasarkan teori evolusi.Tetapi kali ini saya tidak menceriterakan soal bagaimana evolusi itu. Kali ini hanya selingan bagaimana teori evolusi sendiri berkembang dari awal. Manarik kan ?

:( “Pakdhe, jadi teori evolusi juga berevolusi ya ? Asyik tenan kiyi !” :P

Continue reading

Sejarah – Rekaman yang sama dari sebuah perjalanan berbeda – 2

map.gifKali ini saya mengajak untuk sedikit berpikir mengerutkan dahi ya …

Dari tulisan yang sebelumnya kita tahu bahwa bentuk rekaman menunjukkan perjalanan sejarah. Hal ini berlaku untuk sejarah apa saja. Hal ini sangat penting untuk diketahui terutama untuk melihat satu macam dimensi, atau satu macam perjalanan saja. Misalnya sejarah pengumpulan harta. Dapat juga perkembangan jumlah penduduk, dapat juga jumlah fosil yang diketemukan dalam sebuah seri batuan.

- :( ” Pakdhe, nantinya juga soal evolusi, kan ?”
+ :D “… upst sik, sik, … evolusi nanti dulu. Jangan buru-buru”
- :( “Whalaah kok thimik-thimik, pelan banget ya jalannya evolusi, dhe ?”

Selanjutnya akan anda temui sebuah perjalanan yang berbeda namun memiliki hasil rekaman yang sama.

Continue reading

Sejarah – Membaca Rekaman – 1

record.jpgMungkin anda sudah membaca bagaimana meluruskan sejarah itu akan sia-sia disini dan disini. Sebenernya sebelum menafsirkan sebuah rekaman sejarah kita harus tahu dahulu bagaimana sebenarnya sejarah itu direkam. Lah iya ta, kalau mau tahu pembacaan rekaman tanpa tahu seluk beluk perekaman ya nanti kita bisa salah baca.

Coba tengok rekaman sejarah seperti disebelah ini yang berbeda-beda apakah sejarahnya juga berbeda-beda, dan bagaimana perbedaaannya ?

- :( “Pakdhe, ini perlu dibaca oleh peminat sejarah ya dhe. Termasuk geologist nih, Dhe”
+ :D “Lah hiyo, banyak geologist dan arkeologist yang sulit memahami pembacaan rekaman-rekaman sejarah, le”

Continue reading

Evolusi – intermezzo - Apa itu fosil ?

fosilisasi.pngMempelajari evolusi tidak bisa meninggalkan fosil. Dahulu teori evolusi banyak diuji dengan melihat fosil-fosil yang merupakan peninggalan makhluk hidup pada masa lalu. Bahkan ada kasus pemalsuan fosil (piltdown case), karena saking pentingnya fosil dalam pengujian teori evolusi ini. Tetapi perlu diketahui juga bahwa Charles Darwin ketika membuat buku “the origin of species” tidak diawali dengan fosil namun lebih banyak memanfaatkan fenomena burung-burung di Galapagos. Perkembangan teori evolusi saat ini sudah menggunakan bermacam-macam metode mutahir, tetapi jelas tidak hanya kearah masa kini dengan menafaatkan DNA saja. Fosil masih merupakan alat terbaik dalam mempelajari, mengkaji, dan menguji teori evolusi.

Apa sih sebenernya fosil itu ? Apa saja jenisnya, bagaimana terbentuknya ?

Continue reading

Evolusi #4 – Mekanisme evolusi (2)

evo4.gifWis ah, daripada protes dan nggrundel soal lusi lebih enak crita nglanjutin dongeng soal mekanisme evolusi. Tetapi sebelum kulanjutkan, aku pertegas lagi supaya lebih merasuk bumbunya, ben sedep rasanya :)

Mekanisme evolusi bukannya spesiasi, mekanisme evolusi bukanlah munculnya spesies-spesies baru. Setelah melalui beberapa (kombinasi dan variasi) mekanisme, serta melalui waktu yang cukup lama barulah nantinya akan muncul spesiasi. Skali lagi juga bagaimana rumus spesiasi ini masih belum ada yg merumuskan. Sangat mungkin tidak hanya satu mekanisme saja untuk menjadikan munculnya spesiasi. Misalnya, ini misalnya looh, karena ada genetic drift, ditambah dengan Genflow, mutasi genetik dan didukung perubahan iklim cuaca serta lingkungan hidupnya, barulah muncul spesiasi baru. Jadi jangan buru-buru menganggap hanya dengan mutasi thok dapat menimbulkan atau memunculkan sebuah sepesies baru. Tidak mungkin hanya dengan natural selection thok, atau mutasi thok terus muncul spesies baru.

- :( ” Makin rumit dan makin asyik aja nih, Pakdhe ”

Continue reading

Evolusi #4 – Mekanisme evolusi (1)

Gambar pohon evolusi pertama dari DarwinSetiap berbicara evolusi seringkali kita terantuk pada sandungan natural selection-nya C Darwin. Ya memang Teori evolusi dikemukakan oleh Charles Darwin. Pengertian evolusi sudah sejak lama sebelum Darwin membuat Origin of Species, dan ilmu evolusipun berkembang setelah itu. Teori evolusi sendiri sudah jauuh berkembang dan apa yang dikemukakan oleh C Darwin tahun 1937 dan 1959, dan hanya menjadi salah satu dari sekian mekanisme dalam proses besar evolusi.

- :( “Jadi teori evolusi sendiri sudah ber-evolusi ya dhe ?”.
+ :) “Tapi harap diingat aku bukan ahli biologi apalagi ahli evolusi, tetapi disinilah kita bisa belajar bareng, tole. Belajar dari wong bodo lebih gampang ketimbang belajar dari wong pinter sing wis bundet” :D

Nah liat juga disini :Teori yang berevolusi [HOT]

Continue reading

Evolusi – intermezzo – Kapan saat kamu terkecil yang bisa diingat ?

Ini tulisan lama yang aku reposting dan Update !

Kapan saat kamu terkecil yang bisa anda ingat ?
Semasa 2 tahun, 4 tahun atau ketika bayi ?
Ingat ndak wektu kamu lahir, ceprot ? Ngga mungkin kan ?
Tetapi kenapa kamu yakin bahwa hari lahirmu tanggal yang tertulis di Akta kelahiran ? Continue reading

Evolusi#3 – Awas lubang keledai (Potential Pitfall)

evo4.gifSebelum berjalan mengendarai mobil, mungkin ada baiknya (eh whajib kata pak pulisi) kalau kita membaca tanda-tanda lalu-lintas dulu. Juga membaca peta perjalanan kira-kira mana tempat lubang keledei supaya tidak terjerembab masuk lubang.

Nah sekarang saya akan menuliskan beberapa rambu dalam membca tulisan science terutama untuk soal evolusi.

- :( “Haiyak Pakdhe niku cuman mau baca aja mesti pakai SIM segala sih ?”
+ :) “Lah iya ta le, Mau mengendarai mobil mesti punya SIM. Itu SIM kamu beli apa ujian ?”
- :( ” mmmm … anu Pakdhe …. diajarin kok sama penguji waktu ujiannya, baik deh langganan saya itu, murah lagi :D
+ :)HUSH !”
Continue reading

Evolusi#2. Berubah !

Berubah !!

evo.pngDulu ada film anak-anak Satria Baja Hitam. Yang kalau mau berubah bentuk sambil berteriak … “BERUBAH …!”. Anakkupun ngga mau kalah, sambil loncat dari kursi satu ke kursi yang lain, selama dia kecil dua kursipun amblas !. Itu yang dilakukan anakku ketika masih kecil. Anak-anak ini kepingin sekali berubah, menjadi impiannya. Menjadi robot … Waks !

Banyak hal yang kita jumpai saat ini berubah … dan perubahan merupakan salah satu yang kita amati sepanjang waktu.

- :( “Dhe, trus mana evolusinya ?”

Continue reading

Evolusi # 1. Sejarah singkat bumi dan kehidupannya

geotimespiral.gifUntuk melengkapi pengetahuan kita bersama tentang proses evolusi yg ramai didiskusikan dibanyak tempat, juga ada yg bertanya disini. Berikut adalah sejarah singkat dari bumi serta kehidupannya. Tentunya sejarah singkat dari bumi ini diperlukan sebagai awal untuk ndongeng tentang evolusi.

Untuk soal dimensi atau satuan waktu coba bandingkan usia Homo Floresiensis (…iensis ! jangan salah tulis) yg diperkirakan hidup 18 ribu tahun lalu dengan usia bumi yang diperkirakan 4,6  Milyar tahun). Homo floresiensis ini diketemukan di Gua Liang Bua tahun 2003 Flores, Indonesia. Dan barusan diumumkan sebagai mahluk hidup yg berbeda spesies dengan manusia saat ini.

Bayangkan Homo Floresiensis (manusia kerdil di Flores) ini baru berusia 18 000 tahun, sedangkan usia bumi 4 600 000 000 000 tahun !

  • Bagi yg suka mendalami science … bayangkan betapa lambatnya dan pelannya proses evolusi ini berjalan. Sebuah proses ‘ilusi waktu‘ yg tidak mudah diungkap dan diterima setiap orang begitu saja.
  • Bagi yg suka agama …. Tuhan menciptakan alam ini dengan sangat lama dan berhati-hati … Jadi kita perlu menjaga !

Evolusi adalah sebuah teori ilmiah tentang perkembangan mahluk hidup. Ketika ada yg bertanya apakah berarti manusia dari kera ? Mestinya langsung ngamuk-ngamuk.

:) “Blaik … saya mesti njawab gimana ? Emange nenek moyangku munyuk ?”
:D “Katanya sih nenek moyangku orang pelaut … wupst ! “:D

Untuk belajar tentang evolusi dari ilmu geologi lebih baik dimulai dari pengenalan jaman-jalan serta dimensi waktu geologi dulu ya.

Continue reading

Bersejarah – Kesadaran soal waktu

Lukisan dining 2Dimensi

Kesadaran manusia untuk bersejarah juga sebenernya belum lama kalo kita runut balik. Waktu sebagai dimensi ke empat juga belum lama kita sadari looh ….

Tulisan dibawah sebelum ini merupakan salah satu kemungkinan bagaimana kalau aku berjalan mengikuti garis waktu, kembali ke masa lalu … limabelas juta tahun yang lalu :)

Apa iya time travel itu bisa ? Continue reading

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.411 pengikut lainnya.