Waspada !!! Musim bencana sudah dihadapan !

 Perhatikan bulan-bulan bencana

Perubahan morfologi akibat longsor.

Dalam beberapa hari ini saja kita mendengar beberapa informasi kejadian bencana rutin yang selalu saja kita dengan pada bulan-bulan November hingga maret. Ya. Bencana yang berkaitan dengan proses meteorologis. Musim hujan !!

Indonesia memang sebuah negara yang gemah ripah loh jinawi, tentunya kalau dilihat dari kesuburan tanahnya. Kesuburan tanah ini akibat proses pelapukan tanah yang sangat intensif yang menyebabkan lapisan tanah lapuk dan tanah subur ini menjadi cukup tebal. Namun konsekuensi logis dari ketebalan tanah ini adalah semakin mudahnya tanah ini untuk longsor bila diguyur air hujan berlebihan. Proses longsoran, pengangukutan oleh air, dan sedimentasi memang proses alamiah saja.

Sebagai manusia yang berpikir tentunya kita perlu mengantisipasinya supaya memperoleh manfaat yang optimal selain menghindari bahaya bencananya.

:( “Pakdhe, Gusti Allah sebenarnya adil, kan ya. Air sebenernya kan berkah tapi kenapa manusia malah marah-marah kalau banjir ?”:

D “Thole, manusia itu diberi otak untuk berpikir. Bukan hanya menerima alam ini apa adanya. Perlu menggunakan otaknya untuk mendapatkan manfaat optimal dari segala proses alam ini. Kalau kamu diem sak kepenake deweya berkah apapun bisa menjadi bencana. Tuh termasuk korban akibat udreg-udregan rebutan sumberdaya tambang”.

Continue reading

Bencana alam sebagai ancaman nasional (Belajar dari banjir Bangkok)

Daerah tangkapan (DAS) Chao Praya. Mirip dengan dengan DAS Ciliwung Jakarta. (Wikipedia)

Banjir yang saat ini (Oktober 2011) terjadi di Thailand dan ancaman banjir terhadap ibukota Bangkok, dengan volume air yang begitu banyak, yang disebut-sebut sebagai banjir terburuk dalam 5 dekade terakhir, betul-betul membuka mata kawan saya, Minarwan, bahwa kurangnya pengalaman manusia dalam menanggulangi sebuah bencana besar membuat kita tidak siap sehingga tidak bisa meminimalkan ancaman tersebut.

:( “Pakdhe, Lik Minarwan ini kan seorang dokteor dari Indonesia kan ? Kok kerjanya di Thailand ?”

:D “Barangkali Pak Lik Minarwan masih ingin menimba ilmu disana thole. Siapa tahu di Eropa ilmunya tidak sebanyak di Thailand” ;)

Continue reading

Jenis-jenis Gempa dan Istilah-istilah Gempa

Sudah sering kita mendengar gempa namun sangat jarang kita melihat ada beberpa jenis gempa yang kita alami. Semua gempa memang menyebabkan fenomena yang berupa goyangan. Namun tidak semua goyangan disebabkan oleh hal yang sama.

:( “Wah asik nih, Pakdhe sudah mulai berteori, tidak hanya bercerita fenomena”

:D “Mumpung ga banyak gejala alam ya kita cerita teori saja dulu Thole”

Secara teori ada beberapa jenis gempa dilihat dari cara mengklasifikasikannya. Gempa bisa dilihat dari genesa terjadinya, besarnya kekuatannya, juga bisa dilihat dari fenomenanya.

Continue reading

Bagaimana Uranium Terbentuk dan Bersembunyi ?

logo-mgeiCerita tentang deposit Uranium di Indonesia tentunya sangat menarik. Namun sebelum melihat depositnya kita lihat dulu bagaimana kisah deposit ini di saentero dunia. Pak Sukmandaru ketua  MGEI (Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) yang merupakan organisasi dibawah IAGI melantunkan ceritanya dibawah ini.

:( “Whadduh Pakdhe, lah nanti ada radiasi keluar dari lokasi-lokasi terdapatnya tambang Uranium ini juga ya ?”

:D “Thole alam itu juga mengeluarkan radiasi juga yang secara alami sudah akan dikompensasi oleh alam itu sendiri. Pemanfaatannya yang perlu diketahui caranya secara benar. Makanya belajar, jangan sampai kamu takut karena tidak tahu. Tapi perlu waspada karena mengerti potensi bahayanya !!” Continue reading

Seluk dan Beluknya Gunungapi

Sudah sering kita mendengar dan melihat bagaimana gunungapi beraksi. Namun ada baiknya juga dongengan tentang seluk dan beluknya gunungapi dibawah ini dibaca-baci. Artikel dari VSI (Vulkanological Survey of Indonesia) ini cukup lengkap menjelaskan bagaimana terbentuknya, asal usul serta jenis-jenisnya.

Gunung Merapi setelah erupsi 2010. (sumber Badan Geologi)

:( “Wah dongeng yang bagus Pakdhe, boleh dikopi untuk mengajar anak SD SMP kan ?”

:D “Ilmu itu akan berguna kalau dibagi-bagi Thole. Disini ilmunya gratis ! Silahkan kalau dikopi-paste tapi disebutkan sumbernya ya”

Continue reading

Status Dieng naik menjadi SIAGA (Level 3)

Ststus Dieng dinaikkan menjadi SIAGA (Level 3) oleh Badan geologi setelah dilakukan evaluasi aktifitasnya yang meningkat. Dibawah ini cuplikan dari surat yang dikeluarkan oleh Badan Geologi mengenai peningkatan status G Dieng ini.

:( “Wah Pakdhe, tadi malam sebenernya sudah denger beritanya ya ?”

:D “Iya Thole tetapi penumpang kan tidak boleh mendahului supir”

Dalam peenjelasannya, Badan Geologi mendasari pada pengamatan Visual, Kegempaan, serta Gas CO2.

Gunungapi Dieng secara geografis terletak pada 70 54’ LS dan 1090 54’ BT dan secara administrasi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Pada tanggal 23 Mei 2011, pukul 14:00 WIB, status kegiatan Gunungapi Dieng dinaikkan dari Normal ke Waspada. Catatan erupsi freatik terakhir Gunung Dieng terjadi di Kawah Sileri pada 27 September 2009 pukul 00.05 WIB berupa semburan lumpur.

PEMANTAUAN Continue reading

Penjelasan Ustad Gempa, Danny Hilman Tentang Gempa Selat Sunda

Ustad Gempa, Dr Danny Hilman

Sebagai ahli gempa, Danny Hilman yang memperoleh gelar Doktor di bidang kegempaan dai Caltech University, memberikan penjelasan seputar berita ancaman Gempa Selat Sunda.

:( “Nah kalau yang berbicara Ustadz Gempa, mestinya lebih pas ya Pakdhe?”

Penjelasan beliau dituangkan dalam diskusi diantara ahli kebumian di IAGI-net (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) sebagai berikut:

Continue reading

Kompleks Gunung Dieng. [Gunung tua yang sedang bergolak].

http://ysc.web.id/wp-content/uploads/2009/05/dieng-merah-putih.jpgDataran tinggi Dieng lebih dikenal sebagai lokasi wisata ketimbang sebuah kompleks gunungapi tua dengan segala seluk beluknya. Secara geologi Dieng merupakan sebuah kompleks gunungapi tua yang berada di Jawa Tengah.Lokasi wisata ini sudah dikenal didalam maupun luar negeri. Berita tentang naiknya status Waspada (level 3) kompleks Gunung Dieng ini tentunya banyak mengundang pertanyaan. Apa sebenernya kompleks gunung Dieng ini.

Menurut catatan VSI (Vulkanological Survey Indonesia) kompleks gunungapi ini dikenal dengan :

  • Nama : G. Dieng (Nama Lain : Gunung Parahu)
  • Lokasi : Koordinati : 7°12′ LS dan 109°54′ BT .
    Nama kota Dieng Kulon. Kota terdekat Banjar-negara (kota Kabupaten)
  • Ketinggian : 2565 m. dpl.
  • Tipe Gunungapi : Strato, dengan lapangan solfatara dan fumarola, serta banyak kawah (cone).

:( “Wah, Dieng kan lokasi Wisata Pakdhe. Mosok bisa meletus ?”

:D “Thole perlu dimengerti juga bahwa bahaya Gunungapi atau Vulkan itu selain letusannya juga kegiatan letusa freatik yang berupa keluarnya gas beracun seperti di Kompleks Gunungapi Dieng ini”.

Continue reading

Potensi Gempa Selat Sunda

Gempa-gempa sebelah barat Sumatera

Sentilan atau malah disebut cletukan Andi Arief, Staff Khusus Presiden bidang kebencanaan dan bantuan sosial beberapa waktu lalu tentunya mengagetkan. Lah gimana tidak wong di koran dan media disebutkan salah satunya di detik Potensi bahaya gempa sebesar 8.7 SR di Jakarta“. Karuan saja masyarakat se Jakarta kebingungan. bagaimana tidak Jogja yang digoyang 6.2 SR  saja sudah membuat porak poranda. Lah ini 8,7 berarti 10 Kalilipat lebih !

:( “Pakdhe, Ini cuman pengalihan issue ya ?”

:D “mmmpfhh !”

Memang semua sudah mengerti tentang plate tectonic, sudah banyak yang ngeh soal patahan, sudah banyak yang sadar bahwa gempa itu penting dan bahkan sudah mengerti kalau bangunan itulah yang membunuh. Tetapi seperti apa sih potensi gempa yang di Selat Sunda ini ? Continue reading

Merapi masih menuju relaksasi

Hingga hari ini Gunung Merapi di Jogja masih belum mencapai titik normalnya. Merapi masih menunjukkan gejala-gejala aktifitas bawah permukaannya.  Kewaspadaan ancaman G Merapi yang serius justru berasal dari aktifitas permukaannya yaitu banjir lahar hujan (lahar dingin).

Kamera-kamera Pemantau Lahar Merapi di dongengan ini memperlihatkan aktifitas laharan merapi yang justru harus diperhatikan karena dampaknya langsung ke lokasi-lokasi pemukiman dan lokasi-lokasi strategis lainnya.

Continue reading

Gempa Cilacap Dinihari

Gempa berkekuatan 7.1 dilaporkan BMKG merupakan gempa berpotensi tsunami ini terjadi pukul 03.06 WIB. Gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT. Pusat gempa berada kedalaman 10 km. Amaran tsunami yang sudah dilansir BMKG diakhiri satu setengah jam setelah gempa terjadi dan diyakini tdak ada tsunami yang terjadi.

Gempa dinihari. Warna orange-kuning gempa dangkal, warna hijau gempa dalam, sedangkan biru-merah gempa sangat dalam. Bintang kuning adalah gempa dangkal yg terjadi dinihari ini.

USGS melaporkan kekuatan gempa ini 6.7M, dengan lokasi di 9.786°S, 107.749°E dan kedalaman 24 km (14.9 miles). Lokasi dari titik pusat gempa yang terjadi pada dinihari ini terletak pada segment yang sama dengan gempa tsunami Pangandaranyang terjadi pada 17 Juli 2006.

Diperkirakan gempa ini merupakan gempa relaksasi dari segment gempa yng telah menyebabkan tsunami di tahun 2006.

Dongengan terkait :

Gempa Jepang 2011 Vs Gempa Aceh 2004

Ada 16 Gempa besar yang berkekuatan lebih dari 8.5M yang tercatat sejak 1900. Dua diantaranya gempa Aceh dan Gempa Jepang. Walaupun gempa itu bukan yang terbesar sepanjang sejarah didunia namun keduanya sangat berarti dan cukup menarik perhatian karena sangat fenomenal. Gempa Aceh 2004 dan Gempa Jepang 2011 terpaut 6 tahun relatif pendek dalam kurun waktu geologi, namun keduanya termasuk satu kelompok besar yg terjadi pada sekitar abad 21.

:( “Wah Pakdhe yang besar-besar itu apa ya sesuai dengan korban dan kerugiannya ?”

:D “Tidak selalu tentusaja Thole. Ada didongengan dulu disini, kan ?”

Continue reading

Supermoon dan gempa Jepang 2011

http://rovicky.files.wordpress.com/2007/11/lintasan3d.jpg?w=245&h=212Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu, 19 Maret pukul 19.10 GMT atau Ahad, 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi sejauh 356.577 kilometer. Jarak terjauh bulan dengan bumi yang terjadi pada Desember mendatang terentang 364 ribu kilometer. Adapun puncak purnama akan terjadi satu jam sebelumnya, pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB. [Tempo Interaktif]

Sepenggal berita diatas banyak diperbincangkan karena dituduh menyebabkan gempa-tsunami Jepang 2011. Namun dongengan dibawah menjelaskan bahwa sedikit kemungkinan bahwa bulan telah memicu gempa-tsunami Jepang 2011.

:( “Looh Pakdhe dulu bilang bulan bisa memicu gempa?”

:D “Ya, Tapi juga sudah mewanti-wanti bahwa itu masih dugaan, bukan kepastian seperti yg ditulis disini

Continue reading

Benarkah Reaktor Fukushima Daiichi Meledak ?

Mendengar PLTNuklir tentunya dibenak ini sebuah reaksi atom yang menyebabkan sebuah ledakan Bom Atom yang menghemtikan Perang Dunia II. Ya, faktanya memang begitu, Perang Dunia II hanya bisa dihentikan atau terhenti karena sebuah ledakan Bom Atom. Ketika terjadi bencana gempa dan tsunami Jepang, berita bencana juga mengkhawatirkan adalah nasib dari PLTNuklir di Jepang. Salah satu berita yg mengejutkan tentunya terjadinya ledakan di PLTN Fukushima.

:( “Wah Pakdhe tuh nakut-nakutin aja”

:D “Thole memang terjadi ledakan, tetapi apa sih yang meledak ? Kalau ada mobil bunyi duar ! kan bisa aja bannya bukan mesinnya!”

Dibawah ini dongengan diambil dari BATAN yang menganalisa apa yang terjadi di Fukushima

Continue reading

Jepang Sebelum dan Sesudah Gempa 2011

Gempa di Jepang SEDANG BERLANGSUNG ketika dongengan ini dituliskan. Artinya gempa Jepang diawali ketika muncul gempa berkekuatan 8.9M dan disusul dengan aftershock (gempa susulan) hingga hari ini setelah 3 hari. Kekuatan gempa 8.9M ini dipastikan akan terkoreksi menjadi 9.0M setelah pada kenyataannya masih sangat kuatnya susulan, serta melihat dampak merusaknya yang merupakan gempa terkuat di Jepang sepanjang sejarah manusia.

This slideshow requires JavaScript.

:( “Pakdhe kok bilang sedang berlangsung ini emang gempa itu terus-terusan ?”

:D “Thole, gempa awal itu sebenernya robekan pertama, tapi bisa membret kearah tertentu sehingga kekuatan gempanya merupakan julah tambahan dari gempa utama dan gempa-gempa susulan atau merembetnya kemana-mana ini. Disitulah jumlah total tenaga gempa”

Continue reading

Sumbu Bumi Bergeser 14 cm Akibat Gempa Jepang 2011

Bumi berputar mirip gasing. Memiliki sumbu tetapi sumbu bumi ini tidak tetap tetapi bergoyang. Perhatikan bumi yang berputar ini, perhatikan bahwa banyak pulau di belahan Utara dibandingkan belahan Selatan. Sehingga bumi ini tidak benar-benar memiliki bentuk yang seperti bola, tapi lebih mirip sebuah gasing.

:( “Pakdhe, Jadi tidak seperti elips ya ?”

:D “Thole, belahan bumi utara lebih banyak benuanya ketimbang yang selatan, kan ?”

Bentuk bumi inilah yang menyebabkan bumi memiliki perilaku gerakan seperti gasing. Ada sumbu berputarnya, juga ada sudut yang membentuk sudut dengan garis edar revolusi dengan matahari, serta memiliki perubahan sumbunya yang dikenal dengan gerakan goyangan atau wobble.

Continue reading

Pusaran Raksasa Akibat Tsunami Jepang 2011

Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami. Pusaran air raksasa ini terlihat telah mengombang-ambingkan kapal yang berada didalamnya.

Bagaimana terbentuknya ? Dibawah ini ada penjelasan mekanisme terbentuknya turbulensi atau olakan atau pusaran air iti.

:( “Whadduh Pakdhe. Kok nggegirisi begitu ya ?”

:D “Kita semua prihatin apa yang terjadi di Jepang ini Thole”

Continue reading

Peta Perhitungan Ketinggian Tsunami Jepang 2011

Dibawah ini dua peta yang saling berhubungan yaitu peta ketinggian tsunami dan peta waktu tibanya tsunami Jepang 2011. Peta ini dibuat oleh NOAA.

Peta hasil perhitungan/perkiraan ketinggian tsunami Jepang 2011

Peta diatas dibuat oleh NOAA. Daerah-daerah yang berdekatan dengan pantai pasific akan menerima gelombang tertinggi. Namun diperkirakan juga mengenai pantai utara Jawa dan Sumatera. Namun dibawah 10 meter.

 

Waktu tibanya gelombang tsunami ini doperkirakan seperti dibawah ini

Perkiraan waktu perjalanan gelombang tsunami Jepang 2011.

Semoga gempa tsunami ini tidak menyebabkan korban yang banyak. Saat ini Masih dumumkan oleh jepang dibawah 100 yg dinyatakan meninggal. Namun melihat besarnya gempa serta tsunami ini ini, sangat mungkin jumlahnya akan bertambah,

Sumber peta : http://wcatwc.arh.noaa.gov/

Tulisan terkait Gempa Jepang 2011:

Video Amatir Gempa Jepang 8.9M (bergetar lebih dari 2 menit)

getarannya sangat kuat, terlihat bergoyang kuat lebih dari dua menit. Bahkan sepertinya susulannya, atau mungkin getaran sekundernya, terus terjadi pada menit-menit berikutnya . Silahkan baca transkripnya.

Transkrip kasar :  Mom, u ok? Ya, mari kita keluar. Hati-hati. Out, out. 0,52: Mom! Cepat. Begitu besar. Awas Aliran listrik yang berbahaya, bukan? It’s ok. Jangan khawatir. OK?! Berdiri ibu. Aku berdiri sekarang. Memegang kamera saya. Telepon? Gotta panggilan. Ah saya mendapatkannya. Ah halo (teman). Ur ok? Saya tidak punya apa-apa. Tidak telepon saya baik. (masuk ke dalam)

Setelah gempa terjadi kejadian lain menyusul …

Continue reading

Gempa Jepang 8.9M : Seberapa besar dampaknya.

Mengukur atau menghitung sebuah dampak dari gempa tentunya tidak mudah. Karena memerlukan pengamatan langsung dilapangan. Namun untuk kebutuhan resque atau penyelamatan, maka diperlukan data-data di lokasi kejadian. Dan tentusaja untuk memperkirakan dampak ini perlu dilakukan pemetaan.

USGS mencoba memberikan sebuah ringkasan seperti apa kemungkinan dampak ini akan meluas, tentunya dampak goyangan gempanya, dan tsunami di lokasi ini.

USGS Red Alert !

Tentusaja ini bukan untuk si korban, ini lebih diperlukan kepada siapa saja yang akan menolong.

Itulah sebabnya perlunya pemetaan lokasi-lokasi rawan bencana, sehingga ketika terjadi bencana, maka sudah siap apa yang harus dilakukan. Seberapa manusia yang terdampak, seperti apa kemungkinan dampaknya dsb.

Kalau di lihat dalam gempa Jepang maret 2011  ini terlihat sejumlahkota dan jumlah penduduknya

Kota-kota yang kemungkinan terkena dampak (terutama yang memiliki penduduk diatas  1,000.

MMI Kota Populasi
VII Sendai 1,038k
VII Chiba 920k
VII Funabashi 561k
VII Matsudo 470k
VII Ichikawa 458k
VII Utsunomiya 450k
VII Mito 247k
VI Tokyo 8,337k
VI Yokohama 3,574k
VI Morioka 295k
VI Fukushima 294k

(k = x1,000)

Jadi mirip seperti yang terjadi di Padang dahulu yang ditulis disini.

Tulisan terkait :

 

 

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.164 pengikut lainnya.