Alam hanya meminta waktu sementara untuk melakukan tugasnya

Endapan Awanpanas Purba di Cangkringan

Sebagai besar ahli geologi tentunya tahu bahwa tanah tapak yang kita pijak dan untuk hunian ini merupakan sebuah endapan. Proses pengendapannya terjadi jutaan tahun lalu, ribuan tahun lalu, puluhan tahun lalu … dan juga TAHUN LALU ! dengan bermacam-macam proses pengendapan. Kalau di gunungapi ada endapan lahar dingin, endapan piroklastik. Di dataran ada endapan banjir bandang (alluvial fan), ada endapan hasil limpahan sungai (splay), ada endapan gosong pasir (hasil erosi sungai). Di pantai kita mendapati endapan banjir muara dan endapan pasang-surut, tidal (Rob). Jadi kalau semua proses diatas adalah suatu proses merugikan dan membahayakan, hampir semua tempat kita berpijak merupakan hasil proses yg selama ini sering disebut BENCANA !

Continue reading

Gunung dan Al-Quran #1 -Gunung Penahan Goncangan

Quran-and-Science[1]Kata “Gunung” ditemukan di 56 ayat dalam AlQuran. Memang tidak secara eksplisit disebutkan gunungapi. Namun juga dapat diartikan bukit serta gunung akibat pengangkatan atau perlipatan.

Diantaranya disebutkan : (15:19) Gunung itu diciptakan dengan ukuran tertentu; gunung sebagai stabilisator menahan guncangan bumi (16:15; 21:31; 31:10; 50: 78:7; 79:32; 88:19); gunung-gunung itu sejatinya juga dinamis berjalan seperti beraraknya awan, tidak diam di tempatnya (18:47; 27:88; 52;10); Gunung memfasilitasi terbentuknya air tawar yang segar (77:27).  Gunung itu menjulang dan bisa juga tererosi hingga rata (20:106); Gunung bersujud patuh dan bertasbih pada Allah (22:18; 34:10; 38:18);

Ahli geologi atau kebumian tentunya mengetahui gunung, nah mari kita coba “gatuk-gatuk” antara ilmu kebumian dengan tafsir diatas. Ini bukan kajian science, ini hanya mencocok-cocokkan tetapi siapa tahu ada yang memeroleh hidayah dan hikmah dari ini.

:( “Wah pakde ini sudah mulai menggatuk-gatukke ilmu dengan Alquran. Apa memang AQ itu sumber ilmu bumi ?”

:D “Ini memang bukan kajian ‘scientific approach’, tapi sekedar mencocokkan kalau cocok ya syukur kalau enggak ya kita cari lagi, thole”

Nah Mari kita lihat satu persatu apa kira-kira maksud beberapa ayat ini dan apakah ada dalam sains.

Continue reading

Patahan Sumatera (Patahan Semangko)

BMKG mnuturkan lokasi gempa berada di 4,70 Lintang Utara, 96,61 Bujur Timur atau 35 meter Baratdaya Kabupaten Benermeriah. Gempa berada di kedalaman 10 meter. Gempa tidak berpotensi tsunami karena di darat tetapi goyangannya sangat besar menggoyang Takengon.

BMKG mnuturkan lokasi gempa berada di 4,70 Lintang Utara, 96,61 Bujur Timur atau 35 meter Baratdaya Kabupaten Benermeriah. Gempa berada di kedalaman 10 meter. Gempa tidak berpotensi tsunami karena di darat tetapi goyangannya sangat besar menggoyang Takengon.

Beberapa kali Sesar Sumatera mengagetkan kita. Goyangan gempa yang selalu datang mendadak ini sering menimbulkan kekhawatiran yang luar biasa. Kepanikan tidak hanya muncul ketika terjadinya gempa namun juga ketika tahu bahwa gempa mengancam dan munculnya issue-issue ramalan gempa. Barusaja gempa sebesar 6,2 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Benermeriah, Nangroe Aceh Darussalam. pada segmen Utara seputar kota Takengon.

:( “Lah hiya Pakdhe, belum terjadi saja sudah panik, apalagi kalau pas terjadi”

Salah satu upaya manusia tentusaja mengerti apa yang telah, sedang dan akan terjadi. Dibawah ini dongengan tentang Patahan Sumatera, yaitu patahan yang memotong Pulau Sumatera dari ujung utara barat di Aceh, hingga ke selatan di Lampung. Ini bukan sebagai ramalan atau amaran gempa. Tetapi sebagai pengetahuan. Mengetahui gejala ini supaya tidak lebih panik dari yang tidak tahu. Ingat kepanikan itu akan selalu terjadi. Namun dengan memiliki pengetahuan akan sedikit mengurangi kepanikan, dan lebih tahu apa yang harus dikerjakan.

Continue reading

Sesar Cimandiri Menggoyang Bogor

Gempa Bogor yang terjadi pada hari Minggu dini hari (9/9/2012) pukul 01:27:15 WIB tanggal Gempabumi 4,5 SR telah mengguncang wilayah Bogor dan Sukabumi.

Pusat gempabumi berada di darat yaitu sekitar 31 km Barat Daya Kab.Bogor kedalaman 10 km. Gempa dangkal ini  telah menimbulkan ratusan rumah rusak. Goyangan gempa dirasakan selama 15 detik dengan keras. Hasil pendataan BPBD dan tim di lapangan hingga pukul 19.00 WIB tercatat 458 rumah rusak. Di Bogor total 341 rumah rusak yaitu terdiri 54 rumah rusak berat (RB ), 69 rusak sedang (RS) dan 213 rusak ringan (RR). Sedangkan di Sukabumi total 117 rumah rusak yang terdiri 2 R B dan 115 RR.

Gempa dangkal dengan kedalaman 10 Km ini diperkirakan merupakan gempa akibat sesar Cimandiri. Sesar atau patahan Cimandiri ini memanjang dari barat laut ke timur laut seperti terlihat dibawah ini.

Tiga patahan yang sering dibicarakan selain Sesar Lembang dan juga ada Sesar Baribis

Patahan-patahan yang mebelah Pulau Jawa ini dapat dibaca disini : Patahan Mebelah Pulau Jawa

Di JAwa ini paling tidak ada 3 patahan yang perlu diperhatikan di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tiga patahan gempa tersebut adalah patahan Lembang yang bertemu dengan Cimandiri di Cisarua, Lembang, Jawa Barat. Sedangkan patahan Cimandiri membentang hingga Baribis yang menyambung hingga Cilacap.

Saat ini, peneliti Sesar Lembang sudah dimulai namun baru sampai pada pengumpulan data historis kegempaan. Baik dengan catatan sejarah maupun catatan alam dengan menggunakan penggalian (trenching) di dekat zona sesar. Bahkan para ahli masih belum sepakat jenis sesar apa tepatnya Sesar Lembang itu.

 

Adakah hubungan gempa dengan gerhana ?

Fase-fase bulan

Gempa menjelang magrib tanggal 4 Juni 2012 yang terjadi diselatan Jawa yang menggetarkan Sukabumi hingga Jakarta bersamaan dengan gerhana bulan sebagian. Tentunya spekulasi menghubungkan gempa dengan gerhana menjadi perbincangan lagi. Diskusi dan perdebatan ini telah menjadi subyek perdebatan yang hebat selama bertahun-tahun.

:( “Lah hiya Pakdhe. Saya mau sholat Magrib jadi batal mendingan lari. Lah kan menyelamatkan diri dulu kan wajib, Pakdhe ?”

Continue reading

Mengenang gempa jogja 2006

Saat terjadi gempa Jogja tahun 2006 lalu, banyak terjadi kepanikan karena tsunami besar yg melanda Aceh satu setengah tahun sebelumnya. Issue tsunami juga melanda Jogja disampong issue melutusnya Merapi yg saat itu juga sedang beraktifitas.

Hingga saat inipun penyebab gempa jogja masih diteliti, ada banyak penelitian. Ada banyak model hasil interpretasi patahan mana, dan seperti apa gempa jogja ini terjadi.

http://rovicky.wordpress.com/2010/08/22/patahan-opak-yang-unik/

http://rovicky.wordpress.com/2010/08/25/patahan-opak-yang-unik-2-yang-mana-penyebab-gempa-itu/

Untuk menambah dan mengingatkan kewaspadaan dibawah ini tulisan terkait gempa Jogja

ulisan terkait kegempaan di Jogja :
ulisan terkait kegempaan di Jogja :

Release sementara dari Geotek-LIPI tentang gempa Aceh 11 April 2012

http://rovicky.files.wordpress.com/2010/07/rovicky_gempa.jpg?w=154&h=157Dibawah ini satu release dari Geotek-LIPI yang berkantor di Bandung. Ini untuk mengisi pemikiran bagi yang ingin lebih mendalami kegempaan di daerah ini. Bahasanya lebih tehnis, tapi lebih mudah bagi yang memang ingin mendalaminya.

:( “Waduh Pakdhe. Ini pakai bahasa dewa ya ?”
:D “Ya ini untuk keperluan mereka yang lebih ingin mendalami secara tehnis. Tidak ditambah kurang isinya apa adanya” 

Continue reading

Apakah gempa 2012 ini terpicu atau akan memicu ?

Interaksi stress dan gempa. Gempa terlihat merembet.

Ketika mengeplot gempa di sekitar Sebelah Barat Aceh ini serta mengeplot NER (Ninety East Ridge) dan IFZ (Investigatir Fracture Zone), kita dapat melihat kira-kira hubungan antara satu gempa dengan gempa lain. Kalau yang sebelumnya kita melihat bagaimana gempa merambat sepanjang zona subduksi di barat/selatan Sumatera, lihat gambar disebelah ini.

:( “Wah kalau di plot satu-satu memang bisa terlihat “perjalanan gempa”-nya, ya Pakdhe”

Continue reading

Gempa Aceh 11 April 2012 : Akibat Sesar Geser

Gempa kuat yang pusatnya berada di laut disebalah barat Aceh ini mengagetkan sekaligus menegangkan karena adanya peringatan tsunami dari BMKG. Tentusaja gempa dengan kekuatan 8.1 (versi BMKG) ini diperkirakan memiliki kedalaman 30 Km yang memang akan memicu tsunami warning.

Menurut BMKG, ada 2 gempa besar yg terjadi (Terimakasih Pak Budi):

  1. Jam 15 38 wib lokasi 2.4 LU – 92.9 BT M 8.3 ( updated, awalnya 8.9, dan 8.5) sedangkan usgs M 8.6 dan diikuti gempa susulan disekitarnya dg arah timur barat
  2. Jam 17 43 wib lokasi 0.8 LU – 92.3 BT M 8.1 (updated, awalnya 8.8), usgs M 8.2 lokasi ini bergeser ke selatan dan diikuti gp susulan disekitarnya dg M yg lebih kecil.

Terhadap kedua kejadian itu BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Terjadi tsunami kecil dari gempa yang pertama.

:( “Mudah-mudahan tidak menyebabkan kerusakan ya Pakdhe”

:D “Amien, tetap waspada, Thole” Continue reading

Setahun Tsunami Jepang, Merekapun pernah memodelkan sebelumnya.

Sebuah pusaran air raksasa terbentuk di perairan sebelah timur Jepang setelah terjadinya tsunami.

Tepat setahun yang lalu terjadi gempa tsunami terbesar di Jepang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011. Saat itu di Indonesia kita sedang sibuk mengamati banjir lahar di lereng Gunung Merapi. Banjir lahar akibat letusan beberapa bulan sebelumnya yang memuntahkan 150 juta M3 material. Saat ini masih ada sisa 90 juta meter kubik di lereng merapi.

Ada beberapa pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa ini.

Continue reading

Gempa Aceh Dinihari : Mengapa tidak menyebabkan tsunami ?

Gempa sangat kuat (gempa Major) terjadi ditengah malam (dinihari, 11 Januari 2012) di sebelah barat Aceh. Gempa ini memiliki kekuatan 7.6 M (USGS) dan diperkirakan 7.3 (BMKG). Alhamdulillah gempa ini tidak menyebabkan terjadinya tsunami walaupun kekuatannya diatas M 7.5 (USGS).

Lokasi pusat gempa. Lihat garis memanjang disebelah baratnya, itu adalah punggungan jejak pergerakan India menuju Asia. Disebut Investigator Ridge atau Ninetyeast Rigdes, karena terletak di 90°Easting.

Continue reading

Catatan Kebencanaan Akhir tahun 2011 [Benarkah tahun 2012 kiamat ?]

Bencana hidrometeorologis masih akan mendominasi dimasa mendatang.

Perlu dana penelitian untuk mengurangi kerugian dan korban.

(catatan : Tulisan ini diambil dari Press Release IAGI – Ikatan Ahli Geologi Indonesia, 5 January 2012)

Kejadian bencana alam di Indonesia selama 2011 tercatat: banjir 394 kali, banjir bandang 122 kali, longsor 233 kali, gunung api 4 kali. Angka ini sangat mungkin bertambah dengan selesainyan laporan yang sampai saat ini masih disusun oleh Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB). Dua bencana yang paling banyak menelan korban jiwa adalah korban banjir ( 122 jiwa) dan tanah longsor (177 jiwa).

:( “Pakdhe, memangnya ngga jadi kiamat tahun 2012 ini ya ?”

Continue reading

Jenis-jenis Gempa dan Istilah-istilah Gempa

Sudah sering kita mendengar gempa namun sangat jarang kita melihat ada beberpa jenis gempa yang kita alami. Semua gempa memang menyebabkan fenomena yang berupa goyangan. Namun tidak semua goyangan disebabkan oleh hal yang sama.

:( “Wah asik nih, Pakdhe sudah mulai berteori, tidak hanya bercerita fenomena”

:D “Mumpung ga banyak gejala alam ya kita cerita teori saja dulu Thole”

Secara teori ada beberapa jenis gempa dilihat dari cara mengklasifikasikannya. Gempa bisa dilihat dari genesa terjadinya, besarnya kekuatannya, juga bisa dilihat dari fenomenanya.

Continue reading

Penjelasan Ustad Gempa, Danny Hilman Tentang Gempa Selat Sunda

Ustad Gempa, Dr Danny Hilman

Sebagai ahli gempa, Danny Hilman yang memperoleh gelar Doktor di bidang kegempaan dai Caltech University, memberikan penjelasan seputar berita ancaman Gempa Selat Sunda.

:( “Nah kalau yang berbicara Ustadz Gempa, mestinya lebih pas ya Pakdhe?”

Penjelasan beliau dituangkan dalam diskusi diantara ahli kebumian di IAGI-net (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) sebagai berikut:

Continue reading

Potensi Gempa Selat Sunda

Gempa-gempa sebelah barat Sumatera

Sentilan atau malah disebut cletukan Andi Arief, Staff Khusus Presiden bidang kebencanaan dan bantuan sosial beberapa waktu lalu tentunya mengagetkan. Lah gimana tidak wong di koran dan media disebutkan salah satunya di detik Potensi bahaya gempa sebesar 8.7 SR di Jakarta“. Karuan saja masyarakat se Jakarta kebingungan. bagaimana tidak Jogja yang digoyang 6.2 SR  saja sudah membuat porak poranda. Lah ini 8,7 berarti 10 Kalilipat lebih !

:( “Pakdhe, Ini cuman pengalihan issue ya ?”

:D “mmmpfhh !”

Memang semua sudah mengerti tentang plate tectonic, sudah banyak yang ngeh soal patahan, sudah banyak yang sadar bahwa gempa itu penting dan bahkan sudah mengerti kalau bangunan itulah yang membunuh. Tetapi seperti apa sih potensi gempa yang di Selat Sunda ini ? Continue reading

Gempa Cilacap Dinihari

Gempa berkekuatan 7.1 dilaporkan BMKG merupakan gempa berpotensi tsunami ini terjadi pukul 03.06 WIB. Gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT. Pusat gempa berada kedalaman 10 km. Amaran tsunami yang sudah dilansir BMKG diakhiri satu setengah jam setelah gempa terjadi dan diyakini tdak ada tsunami yang terjadi.

Gempa dinihari. Warna orange-kuning gempa dangkal, warna hijau gempa dalam, sedangkan biru-merah gempa sangat dalam. Bintang kuning adalah gempa dangkal yg terjadi dinihari ini.

USGS melaporkan kekuatan gempa ini 6.7M, dengan lokasi di 9.786°S, 107.749°E dan kedalaman 24 km (14.9 miles). Lokasi dari titik pusat gempa yang terjadi pada dinihari ini terletak pada segment yang sama dengan gempa tsunami Pangandaranyang terjadi pada 17 Juli 2006.

Diperkirakan gempa ini merupakan gempa relaksasi dari segment gempa yng telah menyebabkan tsunami di tahun 2006.

Dongengan terkait :

Gempa Jepang 2011 Vs Gempa Aceh 2004

Ada 16 Gempa besar yang berkekuatan lebih dari 8.5M yang tercatat sejak 1900. Dua diantaranya gempa Aceh dan Gempa Jepang. Walaupun gempa itu bukan yang terbesar sepanjang sejarah didunia namun keduanya sangat berarti dan cukup menarik perhatian karena sangat fenomenal. Gempa Aceh 2004 dan Gempa Jepang 2011 terpaut 6 tahun relatif pendek dalam kurun waktu geologi, namun keduanya termasuk satu kelompok besar yg terjadi pada sekitar abad 21.

:( “Wah Pakdhe yang besar-besar itu apa ya sesuai dengan korban dan kerugiannya ?”

:D “Tidak selalu tentusaja Thole. Ada didongengan dulu disini, kan ?”

Continue reading

Supermoon dan gempa Jepang 2011

http://rovicky.files.wordpress.com/2007/11/lintasan3d.jpg?w=245&h=212Berdasarkan data astronomi, pada Sabtu, 19 Maret pukul 19.10 GMT atau Ahad, 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi sejauh 356.577 kilometer. Jarak terjauh bulan dengan bumi yang terjadi pada Desember mendatang terentang 364 ribu kilometer. Adapun puncak purnama akan terjadi satu jam sebelumnya, pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB. [Tempo Interaktif]

Sepenggal berita diatas banyak diperbincangkan karena dituduh menyebabkan gempa-tsunami Jepang 2011. Namun dongengan dibawah menjelaskan bahwa sedikit kemungkinan bahwa bulan telah memicu gempa-tsunami Jepang 2011.

:( “Looh Pakdhe dulu bilang bulan bisa memicu gempa?”

:D “Ya, Tapi juga sudah mewanti-wanti bahwa itu masih dugaan, bukan kepastian seperti yg ditulis disini

Continue reading

Benarkah Reaktor Fukushima Daiichi Meledak ?

Mendengar PLTNuklir tentunya dibenak ini sebuah reaksi atom yang menyebabkan sebuah ledakan Bom Atom yang menghemtikan Perang Dunia II. Ya, faktanya memang begitu, Perang Dunia II hanya bisa dihentikan atau terhenti karena sebuah ledakan Bom Atom. Ketika terjadi bencana gempa dan tsunami Jepang, berita bencana juga mengkhawatirkan adalah nasib dari PLTNuklir di Jepang. Salah satu berita yg mengejutkan tentunya terjadinya ledakan di PLTN Fukushima.

:( “Wah Pakdhe tuh nakut-nakutin aja”

:D “Thole memang terjadi ledakan, tetapi apa sih yang meledak ? Kalau ada mobil bunyi duar ! kan bisa aja bannya bukan mesinnya!”

Dibawah ini dongengan diambil dari BATAN yang menganalisa apa yang terjadi di Fukushima

Continue reading

Jepang Sebelum dan Sesudah Gempa 2011

Gempa di Jepang SEDANG BERLANGSUNG ketika dongengan ini dituliskan. Artinya gempa Jepang diawali ketika muncul gempa berkekuatan 8.9M dan disusul dengan aftershock (gempa susulan) hingga hari ini setelah 3 hari. Kekuatan gempa 8.9M ini dipastikan akan terkoreksi menjadi 9.0M setelah pada kenyataannya masih sangat kuatnya susulan, serta melihat dampak merusaknya yang merupakan gempa terkuat di Jepang sepanjang sejarah manusia.

This slideshow requires JavaScript.

:( “Pakdhe kok bilang sedang berlangsung ini emang gempa itu terus-terusan ?”

:D “Thole, gempa awal itu sebenernya robekan pertama, tapi bisa membret kearah tertentu sehingga kekuatan gempanya merupakan julah tambahan dari gempa utama dan gempa-gempa susulan atau merembetnya kemana-mana ini. Disitulah jumlah total tenaga gempa”

Continue reading

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.157 pengikut lainnya.