Panasbumi tidak harus berasosiasi dengan gunung api


Salah satu manifestasi energi panasbumi yang terlihat dipermukaan adalah adanya gunungapi. Sehingga selama ini kebanyakan kita melihat potensi panasbumi hanya bila ada asosiasi dengan gunung api disekitarnya. Namun sumberpanas bumi tidak harus dari proses gunung api atau vulkanis.

Slide11

Panas Bumi adalah mencari panas dari dalam bumi. Apapun sumber panas itu, tidak selalu berhubungan dengan gunung api. Perhatikan proses pemanfaatan panas yang tertutup, air panas diambil dan yang sudah dingin diinjeksikan untuk menjaga kelestarian sirkulasi panasnya.


Sumber panas bumi tidak harus berasosiasi dengan gunung api. Sehingga bila diketahui potensi panas bumi yang lain tentusaja jumlah potensi di Indonesia menjadi lebih dari yang diketahui saat ini. Perlu usaha eksplorasi untuk memanfaatkan panasbumi ini.

Walaupun gradien panasnya tidak setinggi di daerah vulkanik, sumber panas bumi ini cukup untuk menghasilkan listrik. Salahsatunya di Indonesia ada di Sulawesi Tenggara, Lainea.

Manifestasi panas bumi yang berkembang adalah mata air panas, tanah panas dan batuan ubahan, selain itu terdapat juga bualan gas yang berasosiasi dengan batuan ubahan yang tercium bau gas H2S yang cukup kuat.

Temperatur air panas mencapai 80 oC, pH netral dengan kondisi air yang jernih. Tipe air panas secara keseluruhan termasuk dalam tipe bikarbonat, sedangkan berdasarkan tingkat kesetimbangan air panas di daerah ini termasuk dalam zona Immature Water yang mengindikasikan bahwa tingkat pencampuran dengan air meteorik sangat besar. Sedangkan data isotop Oksigen-18 dan deuterium menunjukkan bahwa mata air panas Landai dan Lainea mengalami interaksi dengan batuan samping selama bergerak dari reservoir menuju permukaan.

:( “Waddduh, meteorik itu apa ada hubungan dengan meteor”
:-) “Meteoric water itu artinya air hujan. Orang geologi itu suka istilah aneh2 ya ?”

Berapa potensi Geotermal Indonesia ?

Slide20

Besarnya sumberdaya tidak signifikan berkembang artinya tidak ada kegiatan eksplorasi yang memberikan arti penemuan cadangan baru. Demikian juga dengan minimnya kapasitas terpasang.

Kita selalu mendengar bahwa Indonesia memiliki 40% potensi panasbumi dunia. Namun sebenarnya Indonesia itu termasuk negara yang malas dalam melakukan kegiatan eksplorasi sumberdayanya, sehingga jumlah potensi ini tidak berubah menjadi cadangan.

:( “Pakde bilang masih ada tantangan. Lah itu malah dibuat issue kalau panasbumi merusak alam juga ada yg memberitakan dijual. Pripun nik ?”

:D ‘Thole, tantangan memang tidak hanya dari luar. Dari dalam sendiri masih lebih suka udreg-udregan”

Tantangan dari dalam terutama ketika dirnturkan antara satu jenis sumber energi dengan sumber energi yang lain. Banyak yang mengatakan sebaiknya beralih ke energi terbarukan padahal lebih tepatnya bukan beralih, tetapi MENAMBAH potensi energi. Baik itu energi bahari (laut) Dengan bahari saja tidak cukup, dengan batubara saja tidak lengkap, dengan PLTN juga ngga memenuhi. Semua perlu dan saling menambah. Jangan dikontraskan dan diadu, tetapi dijalankan pada arah yang sama untuk saling mendukung !

Jadi kalau panasbumi tipe yang tidak berhubungan langsung dengan vulkanik ini juga dieksplorasi tentunya jumlah sumberdaya dan cadangannya akan terus bertambah. Dan pasti akan membuat Indonesia terang benderang !

About these ads

9 Tanggapan

  1. makasih pak dhe udah share ttg panasbumi. sangat menarik. saya sendiri jarang mendengar pembahasan tentang sistem hidrotermal non-vulkanik. padahal kalau tidak salah ada banyak daerah dengan sistem ini, mis. kalimantan, sulawesi & maluku bagian selatan, dan irian bagian barat. saya setuju “Indonesia itu termasuk negara yang malas dalam melakukan kegiatan eksplorasi sumberdayanya”, karena memang banyak target produksi panasbumi masih jauh dari harapan.

  2. untuk hidden geothermal system (tidak ada manifestasi) bagaimana pakde? sudahkah ada teknologi untuk memberikan hasil yang benar2 baik dan akurat?

  3. Pakde, inti bumi itu mengapa sangat panas? Apakah akibat tekanan yang sangat besar, gesekan akibat rotasi bumi, atau akibat radiasi bahan radioaktif yang karena beratnya terkonsentrasi di dalam inti bumi?

  4. Apapun perusahaannya asalkan berkepentingan rakyat g jadi masalah, jangan cuma di koruspi saja

  5. Apapun upaya-nya, yang penting semuanya untuk kepentingan rakyat, bukan untuk memperkaya segelintir orang dan pejabat.

  6. VOTE ROVICKY! Menteri ESDM 2014-2019!!!! Wuhuuu…. baca liputan Kompas Minggu hari ini, super duper ultra kereeennn….

  7. Pak Dhe, setahu saya prioritas utama dalam eksplorasi geothermal adalah yang mengandung entalpi tinggi. Jadi prosentasi potensi geothermal pun jadi lebih rendah. Kemudian investor pun banyak yang kurang berminat untuk investasi di geothermal karena faktor “balik modal” yang cukup lama. cmiw

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.428 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: