Piramida-piramida di dunia (Piramida Sains, Piramida Arkeologi, dan Piramida Khayalan) – 1


lokasi piramida di dunia

Piramid, atau piramida atau dalam bahasa Inggris disebut “Pyramid” mirip dengan benua. Mestinya pernah baca kisah tentang jenis-jenis benua disini kan ? sampai ditulisan empat seri looh

:( “Iya Pakdhe, masih ingat aku dongengan ini  Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan

Dibawah ini cerita yang mirip tetapi untuk piramida-piramida di dunia.

Cerita dibawah ini diambil dari tulisan yang ada di wesbitenya museum Smithsonian. Sebuah museum terkenal yang berisi segala jenis ilmu pengetahuan. Ingat ilmu pengetahuan tidak hanya sains, termasuk ilmu agama, klenik, vodoo, dan perdukunan juga ilmu. Atau Ngelmu yang dalam bahasa jawa artinya “aNgel keteMu“, susah ditemukan. Perlu juga diketahui bahwa tidak semua yang dipelajari dalam sekolah itu disbut scholar. Namun tidak selalu ilmu sains.

:( “Wah kok susah gitu Pakdhe. Schoolar itu misalnya apa ?”

:D “Ilmu agama itu schoolar, tetapi tidak dikaji seperti sains. Agama diawali dengan keyakinan. Sains diawali keraguan”.

:( “Lah kalau klenik, Pakdhe ?”

Saqqara, Mesir: Piramida Djoser

Sumber : Smithsonian.comAda lebih dari 100 piramida di Mesir, tapi ini baru yang te;ah diketemukan hingga saat ini. Awalnya piramid dibangun pada masa pemerintahan Firaun Djoser (2630 SM hingga 2611 SM) sebagai kuburan megah untuk dirinya sendiri. Makam firaun sebelumnya hanya berupa gundukan datar  yang sebagian besar terbuat dari lumpur, tapi kepala arsitek Djoser, bernama Imhotep, datang dengan ide yang lebih bagus dan diyakini akan bertahan lebih lama dan menarik: Sebuah desain “tangga piramida”  (STEP PYRAMIDS), yang terdiri atas enam lapisan berturut-turut keatas menjadi lebih kecil, tersusun dari batu kapur diukir dengan ketinggian sekitar 200 kaki (70 meter). Imhotep, juga seorang penyembuh (dokter jaman dulu) yang terkenal, kemudian disembah sebagai dewa kedokteran di Yunani-Romawi budaya.

:( “Wah, ada Imhotep, jadi ingat filem the Mummy Pakdhe”

Giza, Mesir: Piramida Besar Khufu

Bila mendengar kata “piramida”, maka kebanyakan orang akan ingat gambar  trio piramid yang terkenal menjulang secara dramatis di atas gurun pasir tidak jauh di luar Kairo, Mesir. Bagian paling utara dari tiga bangunan ini, dibangun sekitar tahun 2551 BC untuk Firaun Khufu, dikenal sebagai Piramida Besar (Great Pyramids) – Bangunan ini tersusun lebih dari 2 juta blok batu membentuk piramida geometris berukuran 480 kaki (150 meter). Meskipun bukan sebuah struktur buatan manusia terbesar di dunia saat ini, tetapi dahulu selama lebih dari tiga ribu tahun tahun merupakan sebuah bangunan yang terbesar dari semua piramida kuno. tetapi masih merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, dan itu adalah satu-satunya dari tujuh yang bertahan sampai sekarang.

Giza, Mesir: Piramida Khafre

Piramida ditengah dari  trio piramid yang terkenal Giza dibangun sekitar tahun 2520 BC untuk Firaun Khafre. Dengan ketinggian 471 kaki, makam Khafre tidak cukup setinggi Piramida Besar ayahnya, Firaun Khufu — tapi dia cerdik membuatnya tampak lebih tinggi dengan memilih tempat terdekat dengan elevasi yang lebih tinggi. Di sebelah timur bangunan mirip candi yang rumit dan kompleks ini terdapat patung batu kapur monolitik dengan tubuh singa dalam posisi duduk, wajahnya mirip manusia (meskipun hidungnya telah patah), dan hiasan kepala dari Firaun. Tokoh misterius ini dikenal sebagai The Sphinx.

Bangunan-bangunan berbentuk mirip piramid berikutnya ini bukan berasal dari Mesir, tetapi berasal dari negeri-negeri lain.

Chavin de Huantar, Peru: Chavin Kompleks Candi

Kompleks bangunan yang besar ini didirikan selama beberapa abad  jaman pre-Columbian Chavin, yang bertempat tinggal di dataran tinggi yang sekarang menjadi negara Peru. Dibuat sekitar tahun 900-200 SM. Monumen yang mencakup sebuah “kuil tua” dan “candi baru ini terbuat dari balok batu persegi panjang dan berbentuk seperti piramida beratap datar. Dalam bangunan ini juga ukiran rumit seperti oranmen, lorong-lorong dan saluran air. Bangunan ini mungkin pernah digunakan untuk upacara ritual keagamaan. Meskipun kini sebagian besar berupa reruntuhan, kompleks bangunan ini dikenali seorang penjelajah Spanyol yang menemukannya pada abad ke-16, Saat itu diyakini itu dibangun oleh ras raksasa kuno.

:( “Wah mentang-mentang ukurannya raksasa, trus dianggap dibangun oleh bangsa raksasa gitu ya Pakdhe ?”

Teotihuacan, Meksiko: Piramida Matahari

Tidak banyak yang diketahui tentang kemampuan orang-orang yang mendiami kota Meksiko di Teotihuacan pada beberapa abad pertama masehi, tapi mereka dipastikan memiliki keterampilan arsitektur. Rencana tatakota yang mereka buat mencakup lebih dari tujuh mil persegi dan termasuk beberapa piramida, ya piramida. Dan yang paling mengesankan adalah adanya piramida yang disebut Piramida Matahari (Sun Pyramid). Sisi-sisi dasar berbentuk persegi yang ukuran lebarnya sekitar 730 kaki, dan lapisan lima undakan dengan sekali naik undakan (step) hingga ketinggian lebih dari 200 kaki. Piramida ini terletak di samping jalan menuju pusat kota, Avenue of the Dead, yang berada di selatan dari Piramida Bulan (Moon Pyramid) ke arah bangunan kompleks candi yang lebih besar.

Tentunya ini merupakan bangunan piramid kebanggaan Meksiko.

Meroe, Sudan: Piramida Nubia

Ada ratusan makam piramida di wilayah pusat Sudan yang dulu dikenal sebagai Nubia. Bangunan piramid ini dibangun sebagian besar dari batu pasir kemerahan. Sekitar 40 dari piramid ini terletak di Meroe, sebuah kota besar di kerajaan Kushite yang ada pada sekitar 300 SM sampai 300 M. Piramida Nubia lebih kecil dari piramida Mesir, dan lebih sempit bentuknya. Sayang sekali piramida-piramida ini telah mengalami penjarahan dan perusakan selama bertahun-tahun – seorang penjelajah Italia telah menghancurkan puncak dari banyak dari mereka pada abad 19, tampaknya mencari harta karun – Namun saat ini bangunan ini tetap merupakan pemandangan yang luar biasa. Lihat gambar diatas ini.

:( “Wah ternyata bentuknya macam-macam ya Pakdhe”

:D “Iya Thole, dan yang harus diperhatikan adalah juga perlu dijaga dari penjarah-penjarah peninggalan budaya yang tak ternilai harganya”

Puebla, Meksiko: Piramida Besar Cholula

Tidak terlihat jelas bangunan piramida ini. Apa yang tampak seperti sebuah bukit berumput di negara bagian Meksiko Puebla modern, namun sebenarnya adalah salah satu monumen kuno terbesar di dunia. Bangunan ini berupa sebuah kompleks piramida yang memiliki ukuran hampir 45 hektar dan meningkat 177 meter tingginya. Nama resmi bangunan ini adalah Tlachihualtepetl, tetapi banyak orang menyebutnya sebagai Piramida Besar Cholula (the Great Pyramid of Cholula). Bangunan piramida ini dibangun secara bertahap oleh orang-orang pre-Columbian dan pernah digunakan oleh suku Aztec sebagai kuil untuk dewa mereka Quetzalcoatl. Setelah penaklukan kota oleh penjajah Spanyol pada abad 16, sebuah gereja Katolik didirikan di puncak piramida rumput yang tertutup. Mungkin pembanguanan gereja diatas ini sebagai bentuk penguasaan baru oleh penjajahan Spanyol.

Ur, Irak: Ziggurat Ur

Asal kata ziggurat dari bahasa Babilonia untuk “tinggi atau mulia” digunakan untuk menggambarkan kuil berjenjang seperti ini di Mesopotamia. Walaupun tidak berbentuk seperti Piramida pada umumnya desain lapisan berturut-turut mengecil keatas ini juga bisa disebut tangga piramida (Step Pyramids). Ziggurat, dibangun untuk raja Sumeria Ur-Nammu di pertengahan abad ke-21 SM. Ada tiga jenjang dari batu bata bertingkat yang dihubungkan dengan tangga dan tertutup dengan tempat suci persembahan untuk dewa bulan. Bangunan ini telah terkikis dari waktu ke waktu dan telah direnovasi ulang oleh raja Babel Nebukadnezar II pada abad 6 SM, juga kembali dilakukan oleh arkeolog pada abad ke-20. Didekat bangunan ini sekarang terdapat Pangkalan Udara Tallil (Tallil Airbase).

:( “Lah ini bentuknya kok sama sekali ngga seperti piramida yang lain Pakde”

:D “Ya memang betuk piramida bisa macam-macam Thole. Ada yang bener-bener piramid, ada yang seperti menara, dan ada yang seperti tanggal berjenjang saja”

Peten, Guatemala: Piramida Maya Tikal

Tikal merupakan pusat kota dan seremonial penting bagi Bangsa Maya dari sekitar tahun 300 sampai 900 Masehi. Bangsa Maya ini telah membangun banyak monumen di sini, termasuk lima candi berbentuk piramida. Piramida  tertinggi, Piramida IV, diatapi oleh Kuil Ular Berkepala Dua, memiliki ketinggian 213 meter. Setelah Maya meninggalkan situs ini, piramida ini terbengkalai dan dilupakan di hutan ropis selama hampir 800 tahun. Penjelajah Eropa kembali menemukan bangunan ini, tentusaja dengan kegembiraan besar di tahun 1850-an, yang mengairahkan beberapa ekspedisi arkeologi lain dan juga penggalian. Daerah ini sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO .

:( “Pakde, ingat bangsa Maya ini jadi ingat kiamat 2012, Pakdhe”

Roma, Italia: Piramida Cestius

Piramida ini berbentuk  curam runcing dibangun sekitar tahun 12 SM sebagai makam untuk Hakim Romawi, Gayus Cestius Epulo, sebagaimana dibuktikan dengan adanya prasasti yang diukir di sisi-sisinya. Prasasti itu juga mengidentifikasi siapa saja ahli waris Cestius, (mungkin prasasti surat wasiat). Dalam prasasti ini juga juga menyatakan bahwa untuk membangun piramida ini memerlukan waktu 330 hari. Berbeda dengan piramida lain yang berupa susunan batu, Piramida Cestius ini terbuat dari beton ditutup dengan marmer putih, dengan lukisan di dinding interior.

Pada tahun 1887, penyair Inggris Thomas Hardy menulis baris-baris puisinya setelah melihat piramida, yang dianggap kurang penting daripada kuburan dekat penyair John Keats dan Percy Bysshe Shelley: “Who, then, was Cestius, and what is he to me?… I can recall no word, Of anything he did; For me he is a man who died and was interred, To Leave a pyramid.

Walaupun yang dikuburkan bukan seorang yg terkenal, tetapi bangunan ini menjadi salah satu piramid kebanggaan, dan mungkin satu-satunya, piramid kebanggaan Italia.

:( “Wah Pakdhe, kalau di Indonesia ada Piramida juga nggak. Kan cukup membanggakan juga, kan … kan, … kan ? ?”

Kesepuluh piramida diatas merupakan piramida yang terkenal dan sering menjadi pembicaraan. Masih ada juga piramida lain seperti di China dll.

Nah kita lanjutkan nanti untuk yang lain yang ada di China dan juga yang masih terdengan sebagai HOAX atau boongan … Ingat ada piramida yang memang sudah terbukti sebagai piramida karena memang diketemukan bukti pendukungnya. Ada juga yang dikira piramid tetapi mungkin bukan piramida bikinan manusia. Dan ada juga diharapkan ada piramida yang terkubur. Seperti kisah-kisah benua-benua dibawah ini.

:( “Pakdhe, kenapa piramida-piramida yang diketemukan diatas tidak ada yang terkubur atau dikubur dan disembunyikan ?”

Sumber : Smithsonian.com

Bacaan terkait :

About these ads

20 Tanggapan

  1. […] Piramida-piramida di dunia (Piramida Sains, Piramida Arkeologi, dan Piramida Khayalan) – 1 […]

  2. Kalau ditelisik apakah pembangunan piramida ini dipengaruhi oleh kepercayaan mereka ya ?? Mungkin dalam hal agama pun ada kaitannya antara satu dengan lainnya..

  3. mengapa candi-candi di Indonesia tidak digolongkan piramida? mungkin karena fungsinya berbeda, puramida dibangun sebagai monumen makam sementara candi dibangun sebagai tempat pemujaan. bener gitu ga pakde?

  4. lha candi sukuh itu gimana pak????? kelihatan jelas loo
    nitip, xixiix

    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/22/tralis-datang-bukan-untuk-mematikan-nmp-mungkinkah/

  5. Informasi yg menarik. Apakah ada kesamaan motif dari pendirian piramida tsb?

  6. kira kira kalau borobudu bisa dikategorikan sebagai piramid nggak pak dhe?
    kalau yang di Indonesia itu gimana? betul nggak?

  7. nice info n keep share pak dhe

  8. pakdhe hebat postinganya berbobot

  9. i am not understand

  10. kenapa banyak piramid di dunia..??? karena bikinnya gampang… tinggal naro batu aja ditumpuk ke atas…. supaya gak runtuh batu yang di atas kurangin batunya jangan sampai ke pinggir… gituuu terus sampe ujung….

    coba kalo bikin kebalik… kan susyah… :D

  11. Maksud saya, apakah sudah final bahwa itu hanya sebuah mithos, sehingga tidak ada celah lain untuk membuktikannya sebagai karya peradaban kita pada masa lalu.

  12. Kemampuan teknologi pada jaman dulu ternyata hebat juga.
    Menurut Pak Dhe, bagaimana dengan kabar tentang piramida yang ada di Gunung Sadahurip, Garut itu?

  13. Informasi yang sangat menarik…

    Terimakasih

    http://www.pantonanews.com/beranda

  14. Oom Vicky, sila cek foto piramida Maya kuno, Chicen Itza, dan bandingkan dengan Candi Sukuh…. (kalau susah2 carinya di FB saya juga ada, he3)…. Sama kan? Yang beda cuma ukurannya aja….
    Siapa bilang Indonesia tidak punya piramida, selain sukuh, Borobudur bentuknya kan piramida juga, dan atap pendopo Mbah kakung saya juga piramida, he3….

    Kapan ketemu en ngborol2 lagi?

    Salam,

  15. kalau rumor piramid yang ada di Jawa Barat, bagaimana Pakdhe?

  16. “Pakdhe, kenapa piramida-piramida yang diketemukan diatas tidak ada yang terkubur atau dikubur dan disembunyikan ?”
    jawabnya :
    OPEN SOURCE

    :lol:

  17. pak dhe , kalau bosnian piramid kok ndak di masukkan juga
    ?

  18. Kenapa Borobudur dan Sukuh bukan piramid tapi punden berundak padahal mirip piramid Djoser

  19. “Pakdhe, kenapa piramida-piramida yang diketemukan diatas tidak ada yang terkubur atau dikubur dan disembunyikan ?”
    jawabnya :
    OPEN SOURCE

  20. Wah pakdhe banyak banget jenis pirmamidnya, :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.217 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: