Bagaimana Uranium Terbentuk dan Bersembunyi ?


logo-mgeiCerita tentang deposit Uranium di Indonesia tentunya sangat menarik. Namun sebelum melihat depositnya kita lihat dulu bagaimana kisah deposit ini di saentero dunia. Pak Sukmandaru ketua  MGEI (Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) yang merupakan organisasi dibawah IAGI melantunkan ceritanya dibawah ini.

:( “Whadduh Pakdhe, lah nanti ada radiasi keluar dari lokasi-lokasi terdapatnya tambang Uranium ini juga ya ?”

:D “Thole alam itu juga mengeluarkan radiasi juga yang secara alami sudah akan dikompensasi oleh alam itu sendiri. Pemanfaatannya yang perlu diketahui caranya secara benar. Makanya belajar, jangan sampai kamu takut karena tidak tahu. Tapi perlu waspada karena mengerti potensi bahayanya !!”

Menurut Pak Sukmandaru ahli pertambangan di Indonesia ini melantunkan, bahwa sampai kini, ada belasan model keterdapatan U (Burrows, 2010 – meringkaskannya ada 13 tipe deposit) dimana sebagian sudah ditambang secara komersial (di luar Indonesia tentunya). Sebagian deposit tersebut bukan merupakan tambang/ daerah prospek “single commodity” U, tetapi yang biasanya merupakan gabungan dengan komoditi lainnya (seperti Olympic Dam di South Australia yang mengandung Cu, Au dan U….. walaupun U-nya belum diproduksi secara komersial). Kadar U dari berbagai tipe deposit tersebut bervariasi dari 0.03 sd 25.0%.

 Fig. 1 . Distribusi sumberdaya U berdasar Negara (Red Book, 2007 – dari IAGI-MGEI Luncheon Talk, 2010)

:( “Wah, Ustrali paling banyak uraniumnya ? Ini yang membuat orang asli aborigin itu item-item, gosong ya, Pakdhe ?”

:D “Hust, ga ada hubungannya !”

Dari kompilasi Burrows (2010), U yg terkandung dalam sedimentary phosporite (disebut sbg tipe Phosphorite) menyumbang jumlah sumberdaya global (tingkat dunia) terbanyak (6,5 juta ton U). Tetapi kadar U pada tipe deposit ini relative rendah yakni 50 – 500ppm. Seluruh tipe deposit ini dideliniasi dari cekungan tua (Phanerozoic) di USA, Maroko dan Yordania, walau sampai saat ini belum ada yg berproduksi.

Penyumbang terbesar kedua dari cadangan global adalah dari type deposit “black shale” yakni 4,4 juta ton dengan kadar rendah 50 – 400ppm (seperti halnya type phosphorite, belum ada produksi tercatat dari type deposit ini). Lagi-lagi deposit ini berasal dari cekungan sedimen tua berumur Cambrian (spt Alum Shale-Ranstad di Swedia).

Terbesar ketiga adalah “Sandstone hosted” yakni sebesar 1,5 juta ton U. Menariknya, type deposit ini punya kisaran umur panjang dari Phanerozic sampai Tertiary. Kadar rata-rata adalah 50 – 500ppm, dan sampai 2007 sudah diproduksi sekitar 10,000 ton U yg merupakan 30% produksi dunia (yakni dari Kazakhstan, Australia, Gabon, Nigeria dan Argentina). Uranium pada deposit ini diendapkan sbg uranitite atau coffinite, diendapkan dari air formasi (basinal brines) yang berinteraksi dengan reductant spt carbonaceous material, hydrocarbon dan mineral sulfida. Deposit ini umum terendapkan dalam bentuk (1) tabular sejajar dengan lapisan batupasir, (2) roll-front deposit membentuk tubuh deposit melengkung, atau (3) deposit pengisian sepanjang patahan/ struktur. Beberapa deposit baru tipe ini diketemukan di Kazakhstan pada sedimen (batupasir) Paleocene-Eocene (spt Inkai, Moinkum dll) yang berdampingan dengan cekungan minyak . Mungkinkah type spt ini ada di Indonesia?

Deposit dengan kadar relative tinggi adalah “unconformity related”, kadar rata-rata 1.0 – 25% U. Tipe ini menyumbang sekitar 650,000 ton global resources. Beberapa penemuan baru di Kanada (Athabasca basin) dan Australia (Ranger basin) berasal dari type ini. Sekitar 20% produksi U dunia berasal dari tipe ini. Type ini diendapkan pada basin tua (basal zone) yang menumpang diatas basement (biasanya metamorphic) dengan kandungan U.

Type deposit lain yang berhubungan dengan magmatisme (intrusive/ plutonic related) adalah:

  • a. IOCG (Iron Oxide Copper Gold) – global resource sebesar 900,000 ton, dengan contoh Olympic Dam (Australia)
  • b. Intrusive – pegmatite hosted – global resource sekitar 290,000 ton, contoh di Greenland, South Africa, dan penemuan baru di Rossing (Namibia).
  • c. Volcanic – caldera associated – 210,000 ton, spt di Dornot (Mongolia), Xiangshan (China), McDermit (USA)

Bagaimana dengan Indonesia? Sampai kini belum ada laporan ttg keterdapatan (occurrences) U yg berasosiasi dengan batu sedimen. Namun, dari setting geologinya, type deposit yg berhubungan dengan magmatisme kemungkinan sekali bisa terjadi, baik sbg “intrusive/ plutonic related” maupun “volcanic hosted”.

Untuk tipe IOCG, kemungkinan keterdapatannya di Indonesia kecil, karena sejauh ini IOCG terjadi di lingkungan magmatisme alkaline tua (Proterozoic) – walaupun di diskusi MGEI, bbrp kawan membantahnya bahwa IOCG bisa saja terjadi di lingkungan magmatisme muda spt yg terjadi di Andes. Beberapa model keterdapatan U diilustrasikan pada diagram di bawah ini.

 Fig. 2. Diagram menunjukkan model deposit U (Burrows, 2010)

Note ” Coba bandingkan gambar diatas dengan gambar penampang tektonik yang sering digambarkan di dongengan ini”gempa-aceh.jpg

Tentunya mudah melihat kemiripan penampang tektonik sederhana tentang terbentuknya gempa bumi dengan pola tektonik terdapatnya Uranium. Ya memang keduanya dibangun dari pemikiran yang mirip tentang proses utama di bumi ini. Tektonik memang sangat komoleks terbentunya namun juga sangat banyak sumberdaya yang dibentuknya.

:( “Assyik, aku belajar tektonik saja lah !”

Tidak semua Uranium berasosiasi dengan gunung api. Namun juga batuan sedimen dapat menjadi sumber terendapkannya mineral mengandung uranium. Endapan-endapan hasil erosi gunung batuan beku yang awalnya mengandung uranium malah akan tersaring secara alamiah.

Fig. 4. Model deposit U di lingkungan sedimen (Burrows, 2010)

 Dan tentusaja dalam lingkungan vulkanik active seperti yang terbanyak di Indonesia juga memiliki kemungkinan terdapatnya jebakan Uranium ini.

 Fig 4. Model deposit U di lingkungan kaldera

Indonesia sebagai negara yang memiliki kondisi tektonik yang sangat kompleks tentusaja akan memiliki potensi terdapatnya uranium ini. Dan BATAN sebagai satu-satunya otoritas pengelola mineral radioaktif telah mengeluarkan peta sumberdaya spt yg ada di bawah ini.

 Fig. 5. Radioactive Mineral Resources Map (BATAN, 2010 – dari LT IAGI-MGEI, 2010)

Demikian sekelumit cerita terdapatnya Uranium di dunia dan kemungkinan adanya di Indonesia. Semoga seteguk dahaga keingin tahuan tentang uranium bisa mengurangi kehausan ilmu :D.

:( “Looh Pakdhe, yang di Indonesia dimana saja detilnya dan jumlahnya ? “

:D “pssst Thole, ini kalau ketahuan negeri asing bahwa Indonesia banyak mengandung uranium nanti malah pada dateng kesini. Wong kita mau bikin PLTN memanfaatkan uranium saja banyak yang nolak. Pssst diem dulu aja ya !”

(Sumber : Sukmandaru, Ketua MGEI)

About these ads

25 Tanggapan

  1. Numpang ni bahwa memang benar di PT free port juga menanmbang uranium saya memiliki data input ya :konsultasi ke imel saya :temmbagapura77@gmail thx

  2. d maluukuu jgaa ad uraniumm tp harga.a kok cumaa 60 puluh ribu rupiah perkilo gram. tetapii d blangg tembega..

  3. […] Bagaimana Uranium Terbentuk dan Bersembunyi ?. […]

  4. uranium terdapat didaerah endapan, misalnya wilayah yang dikelilingi laut (endapan dipengaruhi uranium) sehingga berbentuk cenkungan letter “U” jadi indonesia jelas miliki uranium, apalagi daerah yang memiliki teluk yang luas, maka endapan uranium menghasilkan zat yang biasanya disenangi planton, itciri-cirinya, terutama bagang siapi-api umumnya dikenal dengan daerah penghasil ikan laut, tebak aja dimana…namun kebijakan ini tetap aangan mineralkan dikelolah oleh tenaga asing, karena SDM indonesia belum memadai, apalagi kuliah pertambangan mineral mahal, mana dijangkau anak orang miskin yang cerdas, sadar atau tidak uranium kita depositnya luar biasa kecuali laut indonesia sudah kering baru uranium kita habis.

  5. wahhh…, klo begitu Indonesia bisa menciptakan energi yang besar. Mengembangkan uranium menjadi PLTN kalau perlu bisa buat Reactor Arc…hehehhehe. Bagus om artikelnya…

  6. kalau masalah pertambangan uranium ada di temukan pertambangan misterius milik francis di pedalaman kalimantan barat,tepatnya di kabupaten saya,,kabupaten melawi Kandungan uranium di Kalimantan mencapai 24 ribu
    ton itupun yang di ketahui yang setara dengan kebutuhan listrik 9.000
    megawatt selama 125 tahun. Lokasinya di Desa Kalan,
    Kecamatan Ella Hilir, Melawai, Kalimantan Barat.
    Kabarnya, uranium di kawasan itu sudah ditambang
    secara misterius oleh pihak asing, yang disebut-sebut dari Prancis. (ari/jpnn) >berita terkait…
    >Kalimantan Barat siap pasok uranium untuk PLTN
    >23 Jan 2010 >ANTARA >PONTIANAK Badan
    Perencanaan Pembangunan
    Daerah (Bappeda) Kalbar menyatakan cadangan
    uranium di provinsi itu bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir selama ISO tahun.
    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
    (Bapedda) Kalimantan Barat Fathan A. Rasyid
    menyatakan Kalbar setidaknya memiliki 25.000 ton
    uranium yang tersebar di Kabupaten Melawi. >Dia
    mengatakan PLTN merupakan solusi dalam mengatasi kekurangan energi listrik di Kalbar dan
    Kalimantan pada umumnya. “Baru-baru ini Bapedda
    se-Kalimantan telah menyepakati akan
    mengembangkan PLTN di pulau itu dalam mengatasi
    kekurangan energi listrik,” kata Fathan belum lama
    ini. >Kalbar setidaknya memiliki PLTN berkapasitas 1.000
    MW untuk mengatasi krisis listrik di provinsi itu.
    Nah gmana pak de,,apakah kami generasi muda hanya diam melihat kekayaan alam kami di kuras habis-habisan…???

  7. Apa benar papua terkandung uranium,mending nggak terlalu ngiler dg manfaat nuklir,ada nagasaki dan hirosima pelajaran berharganya.apa benar tanah papua terkandung uranium,jika iya,agaknya MUI,perlu mengeluarkan fatwa sebagai berikut,bahwa barang siapa memperpanjang kontrak karya antara PT freeport dan Indonesia adalah melanggar undang undang dasar diciptakannya manusia sebagai pelindung bumi,kalifah,pemimpin,dg kewajiban menjaga keselamatan anak buahnya,bumi,dari ancaman kehancuran oleh perang nuklir,presiden adalah atas nama seluruh rakyatnya,termasuk aku,dan aku tidak mau disebut sebagai salah satu diantaranya atas nama perizinan ekplorasi uranium.nuklir tidak bisa ada tanpa uranium,jadi jangan biarkan uranium papua bergeser dari posisi diamnya meski hanya satu milipun.penanda tangan perizinan ekplorasi uranium menurutku tidak cukup oleh satu presiden,tapi semua presiden di bumi ini.lebih pasnya oleh united nation,atau PBB,tapi,apakah semua negara termasuk anggota PBB?jika ada satu saja negara bukan anggota PBB,uranium haram ditambang.sepertinya kelak akan ada pengadilan perihal kasus hancurnya bumi oleh nuklir,dg terdakwa manusia yg hidup diatas tanah yg terkandung uranium.Indonesia masuk diantaranya,negara ini punya tanggungjawab berat.menjaga uranium tersebut dari penyalahgunaan fihak asing,khususnya amerika/freeport.

  8. Ilustrasi yang menarik pak..
    Indonesia kaya dg Uranium..

  9. Berapa banyak ya kandungan uranium di bumi indonesia , kalau di telusuri indonesia itu banyak kandungan alamnya cuman terkadang org kita sendiri yang tidak terlalu perduli, Malah org luar yang mengambilnya dan kita hanya di kasih upah sebagai imbalan sewa kerja lapangan , memprihatinkan

  10. belum pernah liat wujud dari uranium

  11. Manfaat Uranium apakah kedepan juga akan digunakan untuk Kendaraan yah?

    Mkin ada semacam Mini Uranium sehingga kita tidak perlu selalu buru-buru untuk mengisi BBM ke POM hehe..

  12. wauu uranium manfaat uranium ap saja pa Dhe?

  13. Menarik sekali pak..

    Tahunya dulu waktu sekolah (jadul)
    Uranium cuma iNti Atom.. :)

  14. Bagus banget tuh,,,
    mantap…

  15. harus lempeng disini gak ada uranum dibahas pelajaran sd pun belum kayaknya

  16. siap, ditunggu kuliah online pakde RDP di kaskus
    mantap gan
    hehe

  17. Iya. Ayo mensosialisasikan geologi di KasKus. Forum kaskus kayaknya pas juga utk sharing dan berbagi ilmu. Ayoo dimulai lagi aja.

  18. makasih pakdhe udh gabung di trit geoscience kaskus, maap lama g buka wordpress pakdhe. jd g bantu bikinin ID kaskus. hehe
    ntr pasti pakdhe bisa sendiri di kaskus kok hehe
    welcome to kaskus

  19. sekiranya pakdhe mau untuk berbagi pada kami ttg geoscience di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9725753
    hehe
    makasih pakdhe


    Gimana caranya Gan ?
    Ane masih gemetaran dengan KasKus. Help dwonk !

  20. Bener gk usah di umumkan dulu …

  21. sst jangan rame-rame. hehe
    Kalau nanti ada tambang uranium apa juga dari Batan pak dhe?

  22. Pakde, Papua harusnya sama isinya dengan Australia karena satu lempeng, jadi harus kaya uranium, mohon pencerahan

  23. untuk nuklir bagus tuh om hehe

  24. Dari peta di atas Uranium di Indonesia ikut bersama penambangan Timah (Sn), Pak Dhe? Sudah ada penelitian berapa ppm kadar U di P Bangkan dan P Belitung?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.211 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: