Sumbu Bumi Bergeser 14 cm Akibat Gempa Jepang 2011


Bumi berputar mirip gasing. Memiliki sumbu tetapi sumbu bumi ini tidak tetap tetapi bergoyang. Perhatikan bumi yang berputar ini, perhatikan bahwa banyak pulau di belahan Utara dibandingkan belahan Selatan. Sehingga bumi ini tidak benar-benar memiliki bentuk yang seperti bola, tapi lebih mirip sebuah gasing.

:( “Pakdhe, Jadi tidak seperti elips ya ?”

:D “Thole, belahan bumi utara lebih banyak benuanya ketimbang yang selatan, kan ?”

Bentuk bumi inilah yang menyebabkan bumi memiliki perilaku gerakan seperti gasing. Ada sumbu berputarnya, juga ada sudut yang membentuk sudut dengan garis edar revolusi dengan matahari, serta memiliki perubahan sumbunya yang dikenal dengan gerakan goyangan atau wobble.

Chandler Wobble (Goyangan Chandler)

The Chandler Wobble adalah gerakan kecil di sumbu rotasi bumi relatif terhadap permukaan bumi, yang ditemukan oleh astronom Amerika Seth Carlo Chandler pada tahun 1891. Besaran goyangan ini sekitar 20 kaki (9 meter) di permukaan bumi dan memiliki jangka waktu 433 hari. Goyangan ini menggabungkan dengan goyangan lain dengan jangka waktu satu tahun sehingga gerak kutub total bervariasi dengan jangka waktu sekitar 7 tahun. Chandler Wobble (Goyangan Chandler) adalah contoh dari jenis gerak yang dapat terjadi untuk benda berputar yang tidak berbentuk bola, ini disebut angguk kepala bebas (Free Head). Sangat mirip dengan gasing kalau. Agak membingungkan memang, arah putaran bumi sumbu relatif terhadap bintang-bintang juga bervariasi dengan periode yang berbeda, dan ini gerakan (yang disebabkan oleh daya tarik pasang surut Bulan dan Matahari) juga disebut nutations, kecuali untuk paling lambat, yang merupakan presesi equinoxes.

PErhatikan bumi yang berputar, dan lihatlah bagaimana bumi berputar tidak secara tegaklurus pada porosnya. Penggambaran ini merupakan penggambaran perputaran rotasi bumi terhadap revolusi bumi.

:( “Pakdhe rotasi itu perputaran bumi pada porosnya, sedangkan revolusi itu perputaran bumi mengelilingi matahari, kan ?”

Rotasi dan Goyangan Sumbu Bumi.

Sumbu inersianya berubah 14 cm

Menurut Earth Observation Center perkiraan pertama mereka dari megaquake Honshu, Pantai Utara Jepang, pada 05:46 UT pada gerakan polar (sumbu axial). Menurut solusi momen tensor USGS awal dan model dislokasi Dahlen’s (1973), sumbu utama inersia telah berpindah sekitar 14 cm di permukaan bumi pada arah 135 ° BT. Efekini diperkirakan lebih besar dari efek gempa Cabe (Februari 2010) dan gempa Sumatra (Desember 2004). Hal ini dapat diamati sebagai langkah dalam fungsi eksitasinya, dideduksi dari penentuan koordinat kutub tentunya dengan perhitungan geodesi ruang yang cukup rumit. Tetapi langkah perpindahan tersebut bisa tidak dilihat dari proses hidro-meteorologis umum. (ditulis oleh Christian BIZOUARD, IERS Pusat EOP).  Sumber data : Earth Orientation Center

Sumbu perputaran (Axial) dari bumi inilah yang diperkirakan telah bergeser sebesar 14 cm akibat gempa di Jepang 11 Maret 2011, kemarin. Pergeseran ini lebih besar dari pergeseran ketika gempa Aceh 2004, karena Aceh berada di Katulistiwa. Sedangkan Jepang berada dekat dengan kutub utara. Dengan demikian goyangan yang lebih kecil mampu menggeser sumbu perputaran bumi lebih besar.

Apa pengaruhnya dengan bumi ?

Titik pusat perputaran bumi di Kutub Utara telah tercatat bergerak sepanjang masa.

Perubahan titik sumbu ini sudah dipelajari sejak lama. Bahkan diketahui sumbu utara bumi ini telah berubah-ubah atau bergerak seperti diketahui disebelah ini.

Dengan demikian kita tahu bahwa bumi memang berputar secara rotasi, revolusi, juga memiliki sumbu yang miring antara revolusi dan rotasi. Namun juga sumbu perputaran bumi bergoyang-goyang mirip gasing.

Rumit ya perputaran bumi itu ? Secara teoritis gerakan ini dikenal dengan gerakan gyroscopic seperti diatas itu.

Jadi sumbu rotasi bumi memang selalu berubah-ubah, namun terjadi percepatan perubahan sumbu ini karena gempa Jepang 2011 ini sebesar 14 cm.

Tulisan lain terkait gempa Jepang 2011 :

About these ads

39 Tanggapan

  1. Tapi hukum alam secara universal cenderung untuk bereaksi agar keseimbangan kembali dicapai? gimana ya – menjelaskannya secara ilmiah tapi mudah dipahami banyak orang, tulung pak de.

  2. Jadi Hapgod belum bisa dikatakan teori ya .. apakah selama ini gak ada ilmuwan geologi yang tertarik dengan spekulasi itu dan meneliti lebih lanjut, sehingga menjadikannya sebuah teori pak? Atau spekulasi hapgod ini dianggap sampah bagi para geologiwan?

  3. Pak Dhe, pergeseran sumbu rotasi apa ada hubungannya dengan pergeseran kutub bumi yang dikenala dengan pole shift atau earth shifting crust? Dan apakah teori hapgod yang di endors Einstein ini sekarang sudah diterima di mainstream geologiwan? saya tunggu pencerahannya pak .. ^_^

    Salam buat mas M.Fauzi ^_^


    –> Kutub bumi kan ada beberapa. Kutub Magnet Bumi, Kutub (titik) Sumbu rotasi bumi. Teori Hapgod masih berbau spekulasi. Belom banyak yang mengerti karena dasar ilmiahnya terlalu lemah. Mestiya membuat berdasar data-data ilmiah yg lengkap sebelum dikatakan sebagai sebuah teori.

  4. pantesan lebarannya jadi susah di tentuin

  5. akibat pergeseran tersebut dampak yang paling nyata buat kita apa pak dhe ??

    –> Secara detil memang “tidak terasa” dampaknya. Karena dia mempengaruhi perhitungan waktu (jam) bumi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ini masih sebagai catatan sains.

  6. Mohon diizinkan share Pa …

  7. Terimakasih pak, penjelasannya. berarti antara Geoid dan batas kerak2 bumi juga tdk ada hubungan kausal ya? sebab setahu saya, geoid ini hanya dibentuk oleh gravitasi. makanya ESA meluncurkan satelit GOCE utk memetakannya

  8. pak dhe, yg bergeser itu sumbu utara dari geography bumi atau sumbu utara magnetic bumi?. kita tau sumbu utara magnetic dan sumbu geographynya kan tidak berimpit (deklanasi), yang besarnya sekitar beberapa derajat.

  9. Pak Rovicky, apakah gempa dapat mempengaruhi distribusi gravitasi bumi atau gavitasi bumilah yg mempengaruhi gempa? tolong sekali-kali dijelaskan… terima kasih ^_^

    Secara umum, daerah yg menjadi kumpulan pusat-pusat gempa merupakan zona pertemuan atau batas kerak bumi (suture), batas satuan batuan, batas yg berupa patahan dsb. Disitu memang merupakan zona perubahan gravitasi antara satu sisi dengan sisi lainnya. Penyebaran/distribusi gravitasinya ini akibat perbedaan densitas masing-masing kerak atau masing-masing sisi bidan patahan (suture). Jadi bukan berarti gempa menyebabkan perubahan/distribusi gravitasi. Ini merupakan contoh bagus sebagai adanya hubungan korelasional antara pusat gempa dan distribusi gravity, tetapi bukan hubungan kausal (bukan sebab akibat)

  10. Trus.. Selain gempa faktor apa lg yg bisa nggeserin sumbu bumi pa dhe?..

  11. Waduh, njuk piye ? Medtheni je :)

  12. yah, pasti semuanya berubah.

  13. [...] Sumber: http://rovicky.wordpress.com/2011/03/13/sumbu-bumi-bergeser-akibat-gempa-jepang-2011/ [...]

  14. Pakde, bergesernya sumbu bumi ini mengakibatkan perubahan kecepatan rotasi ya? Kalo gitu terjadi perubahan kecepatan waktu donk…

  15. Pakdhe,
    waktu gempa/tsunami Aceh, poros bumi bergeser juga kah ?

  16. Wow.bagus infonya pak de.efek yg mungkin, airlaut naik kedarat nich….

  17. mungkin dunia mo kiamat

  18. pengaruhnya terhadap bumi itu sendiri apa pak ?
    seperti terjadi perubahan iklim yg ekstrem atau bagaimana ?

  19. sebagai umat islam seharusnya kita mempercayai apa yg sudah diceritakan sejarah lalu dan akan datang akan kejadian2 rahasia illahi seperti yg tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’anul karim dan prediksi pakar hanyalah sdikit ilmu dr Al’Qur’an yg akan menjawab semua bencana di dunia agar kembali dan sadar bahwa kiamat pasti ada dan Alloh lah yg Maha tau segala rahasiaNya…

  20. Dongeng bermutu drpd cerita sinetron tipi yg g mendidik!!!! .. Lanjutkan Pak de… MANTAB

  21. wow keren… salam buat semuanya

  22. sumbu bumi terus berubah hingga tiba saatnya utara jadi selatan dan selatan jadi utara sehingga matahari terbit dari barat… dan barangkali proses itu adalah dekatnya kehancuran alam raya atau kiamat seperti yang telah diperingatkan dalam Kitab Al-Quran.

  23. ngeri juga kalo keseringan bergeser yah

  24. Amazing! Your post has a lot viewers. How did you get all of these people to see your article I’m jealous! I’m still learning all about posting articles on the net. I’m going to look around on your blog to get a better idea how to achieve success. Thank you!

  25. keren oiii…
    salam kenal

  26. Sub haa nal Looh . . .

  27. INFO YANG BAGUS. SALAM KENAL

  28. jadi Jam perlu dikalibrasi ya om?

  29. mengenai matahari terbit dari barat, sepengetahuan saya bukan matahari yang setiap hari kita lihat menurut filsafat Islam artinya orang-orang barat akan banyak memeluk agama Islam sehingga cahayanya seolah-olah seperti menerima dunia.

  30. Salah satu tanda kiamat dan menurut prediksi saya, Matahari akan terbit dari Barat sesuai prediksi dalam Al Quran, jika poros bumi berbalik 180 derajat. Contoh jika Kutub Utara berpindah ke Selatan dan Kutub Selatan berpindah ke Utara dengan arah putaran rotasi yang melambat. Maka sangat dimungkinkan Matahari akan terbit dari arah barat, menurut Al Quran sebelum Matahari terbit dari Barat akan terjadi malam yang panjang selama 3 hari berturut-turut

  31. Wah pakde makasih banyak dongeng sumbu buminya…..
    Pergeserannya bersifat sementara atau tetap ya?
    jika sementara, apa gaya restore nya? Kalo tetap, apakah kemiringan bumi 23.5derajatnya yg jadi berubah?

  32. manteb pak dhe :D
    memperjelas yg selama ini samar (bagi saya)

  33. mengingatkan saya dengan pelajaran ilmu alam di smp tahun 1963 yang lalu..salam pak de…

  34. salam kenal pakdhe,
    saya tertarik dengan peristiwa ini, apakah dengan bergesernya sumbu perputaran ini membawa dampak perubahan iklim dan semakin cepat cairnya kutub es ya pakdhe? Terus apa saja yang menjadi dampak pergeseran sumbu bumi ini? Sehingga kami orang awam bisa menjadi lebih tahu dampak yang signifikan. Maturnuwun pakdhe..

  35. pusing ane memahaminya

  36. Waa geser lg ya pak de pdhl pas gempa chile itu porosnya udah geser lho…
    Kalo liat gambar yg diatas itu brati posisi kutub bs makin ke tengah donk pak de.
    Lha kl ngadepnya makin ke tengah apa artinya sehari udah ndak 24jam lagi?
    Trs kira2 itu ada dampaknya ndak ke musim2 didunia pakde?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.157 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: