Sungai-sungai rawan banjir lahar dingin Merapi [interaktif GoogleMap]


http://rovicky.files.wordpress.com/2006/11/peta.gif?w=173&h=218&h=148Tentunya sudah mengerti adanya sungai-sungai yang memiliki hulu di puncak Merapi. Sungai-sungai ini berpotensi terjadi banjir lahar dingin.

Peta rawan banjir lahar dingin dari BNPB dan dari UGM disini memperlihatkan sungai-sungai itu.

Dibawah ini peta googleMap yang secara interaktif dapat dilihat dengan GoogleMap maupun GoogleEarth. Secara interaktif anda dapat melihat daerah masing-masing.

:( Wah kalau begitu aku bisa lihat kampungku donk, Pakdhe”

:D “Silahkan gunakan kursor di mouse utk mengatur petanya”

Gunakan mouse button (klik) kiri untuk menggeser, dan gunakan menu kiri tombol (+) memperbesar dan (-) memperkecil. Pilih menu (klik) [Earth] Bila memiliki GoogleEarth. Atau instal dulu disini.

Kalau kurang besar pilih menu di kiri bawah peta ini.

Peta ini akan dicoba untuk selalu diupdate dan diperbaharui bila ada data baru. Dibawah ini memperlihatkan kawah baru yang menghadap keselatan. Gambar dari Detik.com ini dilihat dari Balerante (Klaten) .

Lubang kawah semakin lebar dengan diameter lebih dari 400 meter terlihat dari Dusun Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah hari ini, Kamis (11/11/2010).

Jadi kalau dilihat dari peta diatas ini menujukkan bahwa Sungai Gendol merupakan lokasi yang akan menjadi penting untuk diperhatikan. Namun tidak kalah pentingnya memperhatikan Kali Boyong-Code, karena sungai inilah yang paling banyak melewati tengah kota Jogja.

Kenyataan bahwa terjadi perubahan morfologi dari kawah serta penuhnya lembah-lembah yang lama oleh material hasil erupsi, maka sungai-sungai utama yang mengalir ke selatan arah Jogja-Prambanan menjadi sangat rawan banjir lahar dingin.

Salam waspada

Dongeng terkait :

About these ads

6 Tanggapan

  1. wah, bahaya nih..

  2. hi.hi..hi…hi….hi…..
    ok dah!

  3. Kali putih banyak yg luput dari perhatian tuh.
    Padahal langsung dr merapi.
    Kemarin lht secara lgsg banjir lahar dingin lewat kali putih sangat mengerikan.
    Batu2 besar bertabrakan mengeluarkan suara keras gludak gluduk..
    airnya deras bgt seperti ombak berwarna coklat!
    Sekarang udah gak begitu deras alirannya.
    Dimanfaatkan u mnambang pasir

  4. Pakde, kemaren saya baca di KR katanya jalur awan panas sekarang nggak cuma lewat sungai karena sudah terpenuhi material vulkanik. Apa bener ya? kalo’ bener apa memang tidak bisa diprediksi jalur awan panasnya? seperti penjelasan Pakde pas Mbah Maridjan tersapu awan panas itu, jalurnya kan berubah. Perubahan-perubahan itu bisa dideteksi lalu dibuat forecast tidak ya?

    terimakasih Pakde. ngapunten kalo’ kebanyakan tanya.

    –> Betul sekali. Saya juga dilapori kawan bahwa Huku sungai sudah berubah, morfologi di puncak sudah berubah sehungga ketiga sungai yang mengalir ke selatan menjadi sama-sama berbahaya. Dan ini seperti yang saya tuliskan tentang perubahan jalur awanpanas disini : http://rovicky.wordpress.com/2010/10/28/rumah-mbah-maridjan-pun-terkena-awan-panas/
    Sayangnya belum ada peta morfologi yang baru, karena ini masih akan terus berubah-rubah. sampai aktifitas erupsi berhenti
    .

  5. Looh kan ada peta googlemap nya ? Bisa digeser-geser sesukanya. Perlu googleearth plugin ya ?

  6. kirian ada daftar sungai dan petanya heheh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.374 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: