Matahari kembar : Fenomena optis atmosfer bumi


Berita menghebohkan di munculnya matahari kembar banyak dibicarakan. Fenomena ini bukan pertanda bencana atau pertanda buruk lainnya. Tapi ini fenomena alam yang tentusaja harus dijelaskan dengan sains.

Salah satu fenomena optis atmosfer yang sering kita lihat adalah PeLANgI, ya pelangi merupakan salah satu fenomena optis atmosfer yang paling umum terjadi di Indonesia.

Bagaimana dengan matahari kembar ?

Ini di North Dakota, US

Mirip seperti pelangi yang terjadi akibat titik-titik air hujan, munculnya kembaran matahari ini disebut SunDog (Anjing penjaga matahari). Gejala  ini terjadi akibat adanya titik-titik es di atmosfer yang  membiaskan cahaya matahari dan kemudian karena proses pelengkungan terjadi seperti pengumpulan (focusing).

Gejala SunDog ini juga disebut Halo Matahari. Mirip seperti Halo dari Bulan.

Sundog ini akan terlihat ketika posisi matahari berada sekitar 2 derajat dari si pengamat. Jadi kalau di Indonesia semestinya akan terlihat pada saat matahari terbit atau matahari tenggelam. Namun sayangnya saat itu seringkali lebih banyak tertutup oleh awan atau embun.

Fase terbentuknya SunDog

Tahap demi tahap dari munculnya SunDog ini dapat dilihat disebelah kiri ini. Pada awalnya seberkas cahaya yang agak pudar terlihat dibagian atas ketika matahari berada pada sudut tinggi.

Kemudian ketika matahari berada pada sudut rendah seberkas cahaya tadi semakin terfocus dan menjadi lebih terang cahayanya.

Dan akhirnya cahaya ini terlihat mirip seperti kembaran si matahari yang berada di kiri kanan matahari ketika posisi matahari berada 2 derajat diatas horizon.

Cahaya matahari yang terbias oleh kristal es

Dari Wiki dijelaskan bahwa  Halo adalah cincin cahaya yang berada disekitar bulan atau matahari. Cincin ini kan terbentuk mengitari bulan atau matahari. Halo (ἅλως; disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole) adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar Matahari dan Bulan, dan terkadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan. Ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km diatas troposfer. Bentuk dan lokasi kristal es menentukan tipe halo apa yang akan terlihat. Cahaya yang dipantulkan pada kristal es dapat terpecah menjadi lebih dari satu warna, sama seperi pada pelangi.

Ketika matahari sudah lebih 22 derajat hanya gejala halo yg terlihat

Gambar disebelah memperlihatkan bagaimana sinar matahari dibiaskan oleh titik=titik kristal es di atmosfer. Anjing Penjaga Matahari (Sundog) ini terlihat dua disebelah kiri dan kanan dari matahari yang asli. Namun tentusaja sebenarnya mataharinya ya tetep saja satu. Hanya karena biasan dari cahaya halo ini terkumpul di dua titik yang menyebabkan dua titik yang sangat terang mirip seperti cahaya matahari aslinya.

Fenomena-fenomena optis atmosfer cukup banyak selain Pelangi, Halo dan Sun dog. Masih ada juga glories, Aurora, corona dll.

Dibawah ini beberapa kenampakan halo dan Sun Dog.

:( “Oooh, jadi ngga ada mistiknya Pakdhe ? Wah ngga seru doonk !”

:D “Ya kalau ini dianggap keajaiban Illahi ya boleh deh. Tapi segalanya menjadi wajar ketika sains menjelaskan, Thole”

Dikumpulkan dari berbagai sumber. Wiki, http://www.atoptics.co.uk/, dll.

Tulisan yang mungkin terkait :

About these ads

18 Tanggapan

  1. indonesiaaaaaaaaaaaaaaa anjinggggggggggggggggg

  2. ya allah…………
    ternxta ada jg yg spt i2,,
    wah…aq terkejuttt,hehe……….

  3. Subhanallah….semua itu ada penjelasannya….tapi pasti Allah tdk akan menampilkan segala sesuatu tanpa ada tujuannnya….semoga kita menjadi lebih peka akan peringatannya…

  4. teriksih Pak ats pencerahaanya…
    slm

  5. oh…..gitu yah, baru ni saya tahu sekarang.tadinya saya takut bulan depan kiamat. ternyata ilmu saya masih kecil sekali.subhanallah…..semoga saya ditambahkan keimanan lagi.dan pandai bersyukur. amin

  6. Memang semua itu ada ilmunya tergantung manusia bagaimana berfikir dalam menafsirkan nya, tapi yang jelas pasti ada yang benar , termasuk cerita bapak , dan yang haq itu milik allah

  7. manstab pakdhe

  8. mantap tulisannya dibahas secara science itu perlu biar manusia tidak selalu mengkaitkan pada yang mistik he he he

  9. hati-hati ! Jangan2 ini bener-benar efek yang ditimbulkan karena “GLOBAL WARMING” coba cari tahu jalan keluarnya. http://www.GLOBALWARMING.com or http://www.pemanasanglobal.net

  10. Pates ya, kemaren2 sore liat sinar matahari ada 2 tapi agak tertutup awan.. Tadi siang liat matahari dikelilingi pelangi sama kyk gmbr diatas.. Subhanallah, ilmu Allah itu maha luas.. Tapi manusia saja yg bodoh mengartikannya yg macam2..

  11. Dear Pak RDP, tulisan-tulisan bapak dengan bahasa populer mudah dimengerti oleh org awam, saya sangat anthusias membaca kajian sains atas terjadinya suatu fenomena, sehingga segalanya menjadi wajar ketika sains menjelaskan. Salam

  12. apa bnar smua itu

    –> Paling tidak inilah penjelasan ilmiah yang bisa dijelaskan “saat ini”. Kebenaran ilmiah terbatas pada data, dan pengamatan yang ada.

  13. smua itu apa benar knapa gk d tyang kan d Tv

    –> TV itu mungkin hanya mencari sensasinya supaya ratingnya naik. Kalau sudah dijelaskan menjadi hal wajar kan tidak menarik ditonton.

  14. ooo, gitu tho

  15. Syukron Pak Dhe atas penjelasannya,,, saya jadi lebih paham nich :)

    Salam semangat selalu

  16. mantap bener dongengan yang satu ini, semakin mencerahkan apa yg selama ini jadi pembicaraan orang2.

    makasih ya pak atas dongengnya.

  17. wah saya terbantu nih denagn artikel ini…..
    saya sekarang mengerti terjadinya fenomena sun dog…..
    fenomena 4 matahari heboh ya pak…..

  18. sip…hujan kodok dan hujan darahnya belum dibahas pakdhe.padahal lg hot tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.608 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: