Gempa Meulaboh 7.4M (9 Mei 2010)


Gempa kuat telah terjadi hari Minggu 9 Mei 2010, pukul 12:59 WIB. Menurut BMKG, lokasi gempa berpusat di 3.61 Lintang Utara dan 95.84 Bujur Timur atau 66 kilometer barat daya Meulaboh, 110 kilometer barat daya Blang Pidie, 126 kilometer barat laut Labuhan Haji, dan 138 kilometer barat laut Sinabang.  Sedangkan menurut USGS lokasi gempa di 3.728°N, 96.081°E, dengan kekuatan 7.2 dengan kedalaman 61.4 Km.

Di Meulaboh goyangan gempa ini diperkirakan akan dirasakan sebesar VII skala MMI. Sdikit lebih rendah dari dengan goyangan di gempa Padang, 30 September 2009.

Tsunami50 cm.

“Tsunami di Meulaboh 50 cm,” ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, berdasarkan informasi dari Pusdalops Banda Aceh, Minggu (9/5/2010).

Gempa ini diperkirakan masih berkisar pada gempa-gempa akibat tumbukan lempeng tektonik Australia yang menunjam dibawah lempengan tektonik Asia. Gangguan komunikasi sempat terhenti di Aceh, tetapi diperkirakan karena penuhnya saluran, namun beroperasi normal kembali dalam waktu singkat.

Saat ini beberapa penyelenggara telepon selular sedang menjajagi kemungkinan pemasangan BTS dengan tenaga matahari. Sehingga apabila terjadi putusnya sambungan listrik, masih dapat beroperasi.

Seismic Gap

Sebenarnya gempa “yang ditunggu-tunggu” ada di sebelah barat Kota Padang. Daerah ini merupakan daerah jalur gempa, atau daerah yang banyak terjadi gempa. Namun dalam 30 tahun terakhir tidak terjadi gempa di daerah ini. Artinya terjadi penumpukan tenaga (stress) di daerah ini yang sekali waktu akan dilepaskan.

Seismic Gap

Konon menurut penelitian ahli gempa. Didaerah ini sudah terkumpul tenaga sebesar 8SR. Berdoa saja supaya dilepaskan dikit-dikit. Atau berupa slow quake. Apa itu Slow Quake ? Tunggu nanti dijelaskan di dongeng selanjutnya.

Terpicunya gempa dan gempa susulan bisa dibaca disini :

Bacaan terkait :

7 Tanggapan

  1. lam kenal gan …
    numpang info ya ..
    =====================
    Buat tmen-tmen blogger.. saya lagi butuh duit neh
    saya mau jual PC saya pribadi dengan harga yang MURAH BANGET (sayang sih sebenernya, tapi lagi butuh duit). info lengkapnya di
    http://chepypoenya.wordpress.com/2010/05/10/jual-pc-murah-butuh-uang-neh/

  2. titip ya gan ….ini baragn kali penting
    http://abasalma..wordpress.com/2010/05/10/mengenal-dana-bos-untuk-sekolah-madrasah-setingkat-sd-_smp/

  3. Assalamu ‘alaikum pakdhe,
    Saya sangat appreciate atas artikel2 mitigasinya. Dalam tulisan ‘Seismic gap’ di sekitar Padang,… apakah tidak bisa diantisipasi munculnya gempa besar? Dalam artian energy yang kemungkinan menumpuk tadi disalurkan,… misalnya di ‘ledakkan’ atau barangkali di’bor’/ di ‘gali’ -artinya lebih terkontrol- pada bagian yang kritis. Tentunya tahap awal harus bisa dipetakan dan diukur untuk mencari tahu daerah2 kritis tersebut….

  4. syukur alhamdulillah ga smpai terjadi tsunami ya mas..
    tapi aku yakin masyarakat aceh , khususnya meulaboh sudah sangat cemas tu…

    salam.

  5. My dear friends in Meulaboh

    I learned by the press that you have suffer another strong earthquake on 7.4 yeasterday 9 mai 2010.

    It is very sad, and I feel so sorry for you all.
    I have been planning a trip back to Meulaboh and Simeulu, but I dont know how bad the town and the area are hit this time.

    Can you tell me what happend with the old Hotel Mustika. Is the owner Hattah Chiba and his wife Chut (the names may not be correct spelled) still alive ?

    I was living in Meulaboh in the period 1975- 77 . Stayed most of my time at Mustika Hotel – and was engaged in the rattan-business.

    I will be wery gratefull, if you can tell me how bad the situation are after the new earthquake.

    Best regards to all of you

    Arne Jørgensen
    Kertemindevejen 48, 5290 Marslev
    Denmark

  6. salam kenal. blogwalking

  7. Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

Tinggalkan komentar