Waduk Sermo (SERM-o) yang menyimpan misteri


Waduk SYEREM- O

Tentunya belum banyak yang mengenal Waduk SERMo.kan ? Dua orang kerabat saya Wak Mufti berhasil memotret sebuah mistri dari waduk ini, juga Pak MahaGuru atau Pak Dosen Agus Hendratmo bercerita soal waduk ini.

Wak Mufti naek pesawat dari Jakarta ke Jogja. Trus main-main dengan kameranya ketika berada diatas Purworejo. Pas diatas Waduk sermo beliau menemukan tubuh air alias waduk dan langsung jepret ! Dan muncul penampaan seperti disebelah ini.

Coba tengok apa gambarnya ?

Dari gambaran yang aneh ini Wak Mufti langsung mereka-reka bentuk waduk yang mirip … hiiy … Beliau langsung nyeletuk .. “Kok mirip Situ Gintung ya ?”

Waduk Sermo dilihat dari atas (Wak Mufti)

Kenapa waduk ini berbentuk aneh ? Adakah misteri didalamnya ?

Sebelum melihat misterinya kita kenali dulu Waduk SERMo ini yang didongengkan Pak Dosen Agus dari Geologi UGM.

Waduk SERMo terletak di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Diresmikan Presiden Soeharto, 20 November 1996. Saat kini debit air yang mengisi waduk sudah hampir sampai batas maksimum. Banyak orang datang, selain untuk rekreasi juga memancing ikan.

Sedangkan mereka yang berasal dari Perguruan Tinggi ingin belajar tentang bangunan fisik waduk (terutama kawan-kawan mhs teknik sipil ft.ugm banyak yang skripsi di sana).

Konon menurut Pak Dosen Geologi ini, Mahasiswa teknik geologi ugm, biasanya mengadakan fieldtrip, karena sandaran dinding kiri dan kanan waduk tsb sering dijadikan obyek diskusi geologi tentang fasies vulkanik, dan karakter sediment hyperconcentreted gravity flow. Selain itu juga sering kami jadikan obyek diskusi tentang evaluasi geologi teknik dan kerentanan gerakan tanah di sekitar waduk tsb (terutama pada sandaran dinding bendungan sebelah barat / kanan). Ada jalan aspal melingkar memudahkan orang untuk menikmati pemandangan di sekitar waduk dari berbagai sudut pandang. Mereka yang senang olahraga dayung juga dapat berwisata sambil berlatih di waduk ini. Untuk mencapai waduk ini cukup mudah.

:( “Pakdhe, Jadi misterinya apa ?”

Bagaimana cara menuju Waduk Sermo ini ?

Lokasi Waduk Sermo

Dari kota Wates hanya berjarak kurang lebih delapan kilometer. Tersedia kendaraan umum yang rutenya melalui Waduk Sermo. Kalau pancal sendiri, dari stasium kereta api Wates, ke utara dikit (ada alun-alun Wates) lalu ke barat ketemu RSU Wates dan kemudian ikuti jalan utama tsb sampai Waduk Sermo. Kalau dari Candi Borobudur untuk ke waduk itu dapat melalui jalan pintas yang aspalnya sudah hotmix melalui perbukitan Menoreh (selatan Candi Mendut ke Timur). Jarak dari Borobudur kurang lebih 60 kilometer. Sebelum menuju ke Waduk Sermo, di pebukitan Menoreh ada tempat wisata seperti puncak Suroloyo (tempat tetirah yang paling mujarab bagi penggiat tetirah atau yang suka ke “puncak-puncak kesunyian”, juga ada Sendangsono dan makam pahlawan Nyi Ageng Serang. Dari puncak Suroloyo, kita bisa melihat borobudur suatu landsekap bunga teratai di kawasan “danau purba borobudur”, jauh di belakangnya adalah Puncak Merapi (kalau tidak berkabut…) nampak eksotik.

Waduk Sermo yang berada di Desa Hargowilis ini dibuat dengan membendung Kali Ngrancah. Dasar dari waduk sermo itu adalah Formasi Nanggulan (banyak batupasir kuarsa, dan juga batulempung yang Moluska-nya melimpah). Dinding waduknya sebagian besar adalah Formasi Andesit Tua. Bendung tipe urugan tsb diurug dari batuan andesit yang quarry nya juga dari Formasi Andesit Tua di sekitar waduk. Meluncur ke arah hilir dari Waduk ke arah Kokap atau Wates, kita akan menemukan jejak-jejak penambangan bijih Mn yang pernah top di tahun 1970-1980.di Kliiripan itu, yang secara stratigrafi endapan nodul-nodul pirolusit tsb berada pada transisi batas endapan vulkanik ke endapan karbonat miosen bawah.

Bentuknya menyeramkan kalau dilihat dari udara

Topografi/morfologi seputar Waduk Sermo

Bendungan yang menghubungkan dua bukit ini berukuran lebar atas delapan meter, lebar bawah 250 meter, panjang 190 meter dan tinggi bendungan 56 meter. Waduk ini dapat menampung air 25 juta meter kubik dengan genangan seluas 157 hektar. Biaya pembangunannya Rp 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan (1 Maret 1994 hingga Oktober 1996). Untuk pembangunan waduk ini, Pemda Kulonprogo memindahkan 107 KK bertransmigrasi — 100 KK ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan tujuh kepala keluarga ditransmigrasikan ke PIR kelapa sawit Riau alias “bedol deso”…

Misteri Waduk Sermo

Kalau dilihat dari pesawat Waduk sermo ternyata memang menyimpan sebuah gambaran aneh penuh misteri. Bentuknya mirip manusia kalau dilihat dari utara. Kepalanya di Timur dan kakinya disebelah barat. Bentuknya memang aneh dan waduk ini juga aneh.

Pada hari Minggu (16/11/2008) . Dua bocah tewas tenggelam di waduk Semo ini. Anak ini tidak dapat berenang tetapi tiba-tiba menggunakan perahu getek menuju ketengah dan terbalik.

Misteri lain adalah munculnya ikan setan merah yang sangat mendominasi waduk.

http://asasino.files.wordpress.com/2009/03/reddevilflash.jpg

Ikan ini berasal dari Amazon. Sebenernya bagus untuk akuarium tetapi menjadi predator di waduk.

Ikan setan Merah atau dikenal dengan nama Red Devil ini memiliki daya reproduksi yang sangat cepat. Namun karen akegemarannya juga menyerang ikan-ikan lain termasuk nila dan tawes, nila, mujair, gurami dsb. Hal ini menjadikan produksi perikanan sangat jauh menurun. Meningkatnya jumlah ikan yang bersifat predator ini menghebohkan pada bulan Mei 2009.

Kelau ikan setan merah ini tidak dikontrol dikhawatirkan wisata pemancingan serta penghasilan nelayan waduk ini akan terancam.

Lah kenapa kok kebetulan ikan ini disebut ikan setan merah dan kenapa bentuk waduk yang mirip setan menjadi cocok untuk pertumbuhan ikan pemakan daging ini ?

Sumber gambar :

About these ads

57 Tanggapan

  1. Sepulang sekolah saya sering mandi di Kedhung Dondong yang cukup dalam, letaknya tak jauh dari sekolah saya,hanya 500 Meter, berhubung musim ketigo maka air kali gehde tidak deras konon kabarnya di dalam lubuk / kedhung ada jembangan yang sangat besar, alkisah ada anak baru mandi kemudian diajak oleh kawannya masuk ke dalam jembangan / tempayan dan tak bisa keluar, dan setelah 3 hari baru muncul,ada yang masih hidup dan ada yang sudah meninggal.Maka gambar Waduk mirip dengan anak yang sedang teriak minta tolong di dalam jembangan karena tidak bisa keluar.

  2. geolog atau ahli kebumian juga manusia biasa..mgkn Eyang sedang ingin menempatkan alur cerita yg tdk terlalu fokus ke kajian full ilmiah…

  3. boleh juga artikelnya bro,
    emg sermo waduk yg indah pnuh misteri,
    ak tiap minggu ke sermo n slalu nikmati betapa indahnya waduk itu
    pokoke gakda bosen2nya

  4. badalah…………. ono-ono wae………. biar punya postingan, mencari sisi yang belum digali. Biar dibaca orang.

    Menjadi menarik karena orang Indonesia khususnya wong jowo suka hal-hal yang berbau misteri. Wong Jowo juga mengenal KEROTO BOSO (Utak atik kata) untuk dijadikan istilah yang bahkan menjadi bisa diterima khalayak. Kegemaran “nggathuk-nggathukke” (menghubung-hubungkan) kata, kalimat, hingga cerita sampai visual kadang menyenangkan tapi kadang juga menyebalkan.

    Untuk postingan ini, saya hanya berpesan, jangan terlalu diambil hati. Mengenai teknis bangunan Waduk Sermo, saya salut karena cukup informatif (mungkin juga copy paste ……….hehe maaf). Tapi tentang misterinya (maaf) masih ecek-ecek………..

    Salam Binangun
    saya Asli Hargotirto – tinggal di Solo

  5. ok siip.bangun kulon progo

  6. Ikan yang ada di waduk Sermo seperti ikan piranha ya, semoga saja tidak menyerang manusia dan pertumbuhannya bisa dikendalikan agar tidak merusak ekosistem yang ada di waduk Sermo

  7. jalanya enak tuh,… tuk gowes kawan,…

  8. dompetku ketinggalan je ng kana
    nebus 150 kudune.hahaha

  9. aku susah tenan dah ndak bisa mancing di sermo.IKANNYA ABISSSSS

  10. tempat tinggal yg selalu dingin, tp hangat,,,, bisa represhing tiap hari…

  11. di atas waduk sermo ada jg hutan wisata kalibiru.., di sekeliling waduk srmo telah ada jg jalan lingkar yang mengelilingi waduk.. bagi yang mau berwisata d sermo n btuh guide.. hub @Abgan_al siap jadi guide waduk sermo .. salam..

  12. terimaksih telah share tentang waduk sermo.. sbgai salah seorang warga sekitar waduk sermo, mrsa bangga karana sermo sdh banayk di kenal.. yang blm pernah berknjung mari2 berkunjung, yg sdh pernah mari berknjung lagi.. slamt berwisata..

  13. aku pernah kesurupan waktu kemah disana :'(

  14. aku pernah kesurupan waktu kemah disana

  15. pengen mulih nang wates…

  16. wah jd kanen pengen pulang ni

  17. waduk sermo bagus ko pemandangannya…kaloo cerita misteri di desa2 banyakk
    yg jelas mie ayamnya enak ,,,jadi kangen pingin pulang n mampir sana

  18. makasih udah menambah wawasan

  19. Pak saya juga sedang meneliti optimasi waduk menjer di wonosobo jawa tengah. Tapi saya kekurangan referensi, seperti : perhitungan detail dalam format excel, tahapan2nya. apakah bapak bisa membantu saya memberikan referensi / link/ pustaka terkait dengan thesis saya? terima kasih atas bantuannya.
    Nasyiin Faqih email ; faqihn@yahoo.co.id

  20. Bulan Maret saya mengadakan penelitian percobaan pemasangan jaring insang yang terdiri dari ukuran 1-4inci. Total panjang 1 set jaring insang kurang lebih 100 m. Total yang dipasang adalah 2 set alias 200 m. Dapatnya ikan banyak sekali (tidak terhitung), ribuan, tapi ikan lainnya hanya 2 ekor ikan nila yg kecil-kecil, sisanya adalah red devil. Bsk mo coba nangkap lagi, tp feeling mengatakan kayanya betul waduk ini sudah dipenuhi oleh ikan buas yaitu red devil. Betul2 memprihatinkan.

  21. dulu waktu masih banyak ikan nilanya,hampir tiap hari saya mancing pakai lumut.Sekarang memang tinggal red devil semua,tp bukan seperti yg di gambar,itu terlalu cakep.Ikannnya sama seperti nila cuma lebih gepeng.

  22. kata cpa low sermo serem ……………
    nyatanya yiap saya ngapel dari gunungkidul rus kemah di waduk malem2 juga gax da keanehan !!!!
    jangan mengada2 deh …………..
    sermo kawasan yang sangat berpotensi untuk berwisata; apa lagi di pagi hari bsa lihat sunrise atau kebalikan nya ………….

  23. menarik untuk di kunjungi sepertinya

  24. sekarang ketika ku tanya sama warga sekitar……..
    suara gamelan yang sering kedengar dari kejaugan di malam-malam tertenu sekarang dahgak kedengaran lagi……….
    Suara gemericik lampor yang naik menyusuri sungai kearah plawangan di musim hujan udah gak……..
    Api kemamang yang naik cepat di lereng watu tawing dah gak ada lagi…………
    Gundul pringis yang nglundung nglawan arus di kali lurung dah gak ada lagi………………….. Kemana mereka semua pergi.
    Mereka mempersilahkan kita untuk memanfaatkan alam sermo.
    Punthuk sebagai tempat paling mistis di tegalreja sebentar lagi berubah………….menjadi tepat yang paling menyenagkan keluarga berwisata di situ…….. 3 thn lagi

  25. makasih udah bahas waduksermo!!!!!
    tapi itu memang kenyatanya k’…..
    dlu memang banyak bekas mkam yg di bongkar!!!!!
    ckrang za jdi waduk sermo!!!!

    jngan pernah kewaduk sermo di mlam hri tnpa pengawasan orang sekitar!!!

    klou siang hri boleh!!!!!!!

    walau pun aq orng wates q pun gk brani ke sermo pda mlam hri…..

    d sna bnyak pnampakan dan udah banyak korbannya!!!!

  26. wah bentuknya aneh
    mirip monster yang sudah mati
    tapi mirip juga dengan pesawat jet F-16

  27. nice info sob
    bentuknya aneh kayak monster tewas tak berdaya

  28. wah, gambarnya kayak monster.hihihi…
    kemaren katanya bu Ani Yudoyono ke waduk sermo…peresmian apa gtu…

  29. ass.wr.wb semoga dengan musim yang tidak menentu ini perubahan cuaca drastis juga berakibat bagi tubuh kita terutama anak-anak semoga kesehatannya selalu terawasi kalian kan pemerhati bagi bagi anak-anak terutama anak kalian yang kamu utamakan dan juga kalian semua senantiasa terjaga dari sakit dan sehat yang ada dan kalian menulis bahasa gambar disertai kiasan lagi kalian begitu pintar mengilustrasikannya bahasa gambar terutama waduk yang diperluhkan bukan gambar tapi fungsi air sebab dan akibatnya apabila waduk itu sampai meluap melahap rumah penduduk dan dinding-dinding waduk apabila dimakan umur dan tergeras air lama-kelamaan kan bisa rusak atau retak apalagi kalau ada pergerakan bumi atau gempa mudah-mudah tidak akan perna terjadi dan yang kita fikirkan selain pengairan dan bisa digunakan penggerak tubine untuk aliran masyarakat setempat walaupun tidak seberapa besar kapasitasnya kan bisa membantu listrik yang telah ada kalau gambar bisa direkayasa kalau melihat dengan kepala sendiri kemungkinan bisa menilai karena air yang paling rendah dulu yang dihampirinya tanah juga bisa terkikis tentunya air bisa menggambar ada bentu empat persegi dan juga seperti doraemon dan kalian menampil ikan hias red devil tidak mengapa kalian sindir apapun kalau bisa mengentas hal yang ………tentu nanti pahala yang menunggu kalian tidak jadi soal kalian menggantikan saya tapi jangan marah bro saya ngomong begini maaf jangan di masukkan di hati dan saya juga tidak terlalu menggebu dan semoga waduk bisa di manfaatkan oleh masyarakat setempat untuk pertanian tentunya kalau lancar juga hasil padi juga bisa melimpa ruah tentunya kesejahteraan masyarakat akan tercapai dengan sendirinya tapi tentunya juga peran KUD juga bisa beri bimbingan tata cara pengendalikan apa saja di tubuh KUD karena sandang pangan ini sangat penting perannya semoga peran waduk ini bisa membawa kesejahteraan secara menyeluruh terutama bagi pertanian dan tambak sekian saja apabila ada kata saya yang menyakitkan hati kalian dari lubuk hati saya yang paling dalam yang terucap hanya maaf dan terima kasih saya yang tak terhingga kepada kalian semua atas lahan yang kalian berikan kepada saya akhirul kalam ass.wr.wb. titik wassallam

  30. saya baru kemarin live in di sana. katanya ada kunjungan ke waduk sermo, tapi nggak jadi karena bahaya. katanya di sana sudah makan 35 jiwa loh.

  31. kok saya lihat gbrnya malah kek pesawat F-16

    tipical negara tropis, orang2nya pade demen kalo bicara soal mistis

    malu2in akademisi dan almamater ajah

  32. bwahahahaha…

    aku penduduk asli kulonprogo!!!
    dahulu ada legendanya…

    dahulu ada germo yang bernama Sir Onemogata keturunan Amaterasu dari Jepang (biasa dipanggil sir mogata). Dia terkenal akan bisnisnya.. dan sangat meresahkan penduduk sekitar.

    Suatu hari.. Datang pemuda yang biasa dipanggil penduduk sekitar dengan nama Raden Linega. Beliau datang entah darimana tidak tahu negrinya. Dia ingin menghabisi germo itu karena, konon Sir Onemogata bisa berubah menjadi raksasa.

    Singkat cerita Raden Linega dapat mengalahkan sang raksasa dan dikubur di tempat itu. Entah kenapa kuburan itu ambles dan terbentuk kubangan. Konon terbentuklah sebuah danau itu. Dan tiba2 juga muncul ikan setan merah yg konon itu berasal dari antek2 si germo itu yg dikutuk oleh Raden Linega.

    maka waduk itu diberinama Waduk Sermo (dari kata germo) dan daerah situ sebenarnya bernama Sremo dari kata Sir Onemogata (maklum lidah jawa jadi sremo)

  33. alam menyimpan banyak misteri….

  34. wah berarti kal banyak ikan nya,,mendingan buka ikan bakar segar tu,,,,,,,,

  35. Tahun 2000 saya melakukan penelitian optimasi Waduk Sermo untuk menyelesaikan s2 saya di UGM, tapi saya malah tidak mengamati bentuknya yang ternyata he…he… aneh juga ya… Kapan-kapan saya pengin ngelanjutin penelitian untuk data yang lebih panjang, . . . . insyaAllah…. trimakasih buat yang sudah memberikan banyak info ttg Sermo…

  36. ????? mzok cma itu misterinya…. msih bnyak towwww????// au gag mudeng jew…

  37. Jadi maksudnya waduk sermo akan jebol kayak st gintung ya pakde?

  38. Pak Dhe,
    akhir akhir ini kan di media ditayangkan tentang sungai di dasar laut di Conote Angelita-Mexico, bisa dikasih pencerahannya tentang fenomena ini nggak ya ? matur suwun.

  39. dulu saya pernah mancing di waduk sermo. rasa ikannya enak euy….

    beda dengan ikan di pemancingan :)

  40. wah mas bagus nih artikel ttg waduk sermo, btw mas punya artikel atau referensi mengenai garis pantai wilayah Gunung Kidul pada kurun waktu 8000 – 3000 tahun lalu? Makasih.

  41. we pernah ke sana tuh…sekitar tahun 2001-an…ada makam di tengah-nya belum dipindahin…

  42. mas agus. . . kalo 6,7 T. . . . bisa buat kampanye n perut gendut boz, , , , tapi sayang saya tidak ”TAU MENAHU”. . . ck ck

  43. wah mantap neh artikelnya, sains bgt geosnya, hehe…
    thx pak numpang baca-bca neh bgs bgt …

  44. … lebar atas delapan meter, lebar bawah 250 meter…

    Ini maksudnya apa ya, mungkin dapat digambarkan penampang 3D-nya. Ketinggian dasar waduk dibanding kawasan sekitarnya.

    Predator alami Red Devil apa ya. Predator dari predatornya red devil tadi apa ya. Dstnya….Wah mencoba membuat komunitas baru jadinya. Sussyyah….

    Karena keberadaan ikan di sana tidak alami maka kita akhiri juga dengan tidak alami. Tetapi karena keberadaannya cukup lama, 10 tahun, akan membutuhkan waktu juga. Cost Benefit analysis deh. Ikan biasanya sensitif dengan keadaan kimia air dan tekanan. Yah, pelajari habitat Red Devil, kita utak atik di situ deh.

  45. pakdhe baru ndhagel…. kok kadingaren alur artikelnya kok rada tidak fokus ke satu tujuan. MIsterinya kan “cuma” kebetulan mirip dengan bentuk situgintung? So what?

  46. pakde, maksudnya apa nih?saya tinggal di wates j

  47. kayak ikan louhan yak… jangan2 emang louhan itu….

  48. Mbok di bahas mengenai waduk Mrican, Banjarnegara Pak Dhe..

  49. wah-wah …, misterinya perlu diungkap scr ilmiah..

  50. Coba lihat ulang bentuk situ gintung di peta.. Konon ada yang melihat seperti bentuk badan manusia dengan kedua kaki dan badan. Tetapi tanpa lengan dan kepala.. Sedangkan daerah tanggul yg jebol membentuk leher dan kepala..

  51. misterinya yang mana ya pakdhe?
    kok ga ada perbandingan gambar situgintung-nya sih…

  52. Dulu waktu sma (mache) pernah kemah d daerah bawahnya. waktu jelajah alam juga menjelajahi sungai d bawahnya. dult dari kakak angkatan pernah cerita bahwa pernah kemah di tempat yg sama dan pernah kebanjiran sungai yg sumbernya dari tempat keluar waduk sermo itu.

    salam hangat selalu
    Prasaja Blog
    maen ke rumahku ya

  53. owh, saya baru tau lho.. koq ya bentuknya aneh gitu ya?

  54. Mas emang bentuk waduk sermo mirip situ gintung ya?

  55. Gambar waduk sermo kaya gambar ikan sapu-sapu yaa.. Ajaeeeeeebb…. Kalo ikan setan merah ga kaya Manchester United, tapi malah kaya iwak pepes asam pedas.. Halah, mangan wae sing dipikir…..

  56. 11Miliar bisa bangun satu waduk yang bisa mengari 157 hektar sawah….
    Kalau 6.7 trilyun bisa bangun berapa waduk tuh??? ck ck ck…

  57. kok dongengnya berakhir dengan pertanyaan pak dhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.608 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: