Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan -1


Rekonstruksi Benua lampau Pangea

Ada banyak benua yang dikenal hingga saat ini juga ada beberapa tipe atau jenis benua yang sudah dikenal.

Ada benua yang memang saat ini ada dan bener-bener ada, dan ada yang adanya dimasa lalu karena proses pergerakan kerak-kerak benua ini, juga ada yang saat ini hanya tinggal sebagai sejarah. Termasuk juga benua-benua mitos dan ada dalam khalayan saja. Diataranya …. benua ATLANTIS !

Sangat menarik mengetahui benua-benua ini, baik untuk pelajaran geografi, sejarah, bahkan untuk dongengan

Benua-benua di dunia

Model benua, ada 4 hingga 7 benua.

Benua atau continent adalah daratan yang sangat luas. Seringkali satu daratan luas disebut sebagai benua karena memiliki ciri khusus. Karena perbedaan ciri-ciri ini baik secara geografi dan geologi, maka pembagian benua di dunia ini ada yang menyebutkan 4 benua ada yang menyebutkan 7 benua.

:( “Pakdhe, Maksudnya benua itu jumlahnya tergantung bungkusannya ya?

:D “Ya Tohle, secara geologi sering dengan menggunakan kesamaan kerak tektonik, sedangkan secara geografis karena kesamaan sosial penghuninya.”

Benua-benua yang ada saat inipun jumlahnya bisa berbeda-beda tergantung mana-mana saja yang dikelompokkan.

Sumber Wiki

Benua geologi

Pangea BenuaSuper yg ada 225 tahun yang lalu.

Pangea

Superbenua Pangea merupakan benua tua yang ada pada 225 juta tahun lalu. Benua Pangea ini merupakan hasil rekonstruksi benua-benua yang ada saat ini yang dikembalikan menjadi satu superbenua yang terdiri atas kerak-kerak benua.

Pangaea atau Pangea (pan berarti keseluruhan, seluruh dan gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250-225 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi.

Banyak teori yang menjelaskan “berkumpulnya” kembali benua-benua ini setelah sebelumnya terapung-apung. Teori lempeng tektonik ini juga mengenal  semacam siklus pergerakan benua-benua ini yang terpisah-berkumpul-terpisah … yang terjadi berulang-ulang.

Supercontinent Pangea ini akhirnya terpecah menjadi dua menjadi Gondwana dan Laurasia.

Gondwana dan Laurasia

Gondwana dan Laurasia

Benua dalam geologi yang paling sering dikenal adalah Gondwana dan Lurasia. Gondwana Supercontinent mulai terpecah pecah pada masa Jura (Jurassic) (sekitar 160 juta tahun yang lampau), diawali dengan benua Afrika terpisah menuju arah utara secara perlahan.

Kemudian blok daratan besar, yang saat ini dikenal sebagai anak benua India, memisahkan diri dari supercontinent pada masa Kapur (Cretaceous) awal sekitar 125 juta tahun yang lampau. Daratan berikut yang memisahkan diri adalah yang dikenal sekarang sebagai Selandia Baru, pada masa sekitar 80 juta tahun yang lampau; diikuti daratan benua Australia dan pulau Irian bergerak menuju arah utara sekitar 55 juta tahun yang lampau.

Selain benua-benua diatas dalam ilmu geologi juga dikenal benua benua lain seperti

Benua-benua geologi diatas merupakan benua-benua yang direkonstruksi berdasarkan ilmu tektonik. Kerak-kerak benua ini dikembalikan ke asalnya sebelum mulai “mengembara” pada kala berikutnya. Lihat rekonstruksi benua-benua ini di gambar paling atas.

:( “Wah Pakdhe, kalau gitu selama benua-benua ini bergerak terjadi gempa dan tsunami berkali-kali doonk! Nah TRus tipe benua yang lain gimana Pakdhe ?”

:D “Dilanjutkan nanti ya Thole “

Selanjutnya tunggu saja kisah benua sejarah dan juga benua mitos termasuk Atlantis. Bagi yang belom baca ttg kebenaran Atlantis silahkan baca disini

Bacaan terkait :

Sumber gambarhttp://www.scotese.com/.

About these ads

12 Tanggapan

  1. simple tips, on 11 Maret 2012 at 3:27 pm said:

    Ada yang bilang saat terjadi pergeseran benua menjadi seperti saat ini, arab tidak bergerak dan tetap pada posisinya. Apakah ini benar ya Pak, mohon dibahas pula tentang ini, sepertinya sangat menarik..
    terima kasih Pak atas share ilmunya
    salam kenal
    —————————————————————————————–
    Jika memang benua bergerak dan terus bergerak tiap hari maka otomatis arab juga bergerak dong, iya betul gak pak dhe? mohon pencerahannya pak dhe.

    –> Kalau menengok perkembangan Plate Tectonic Global. Semua plate ini bergerak sejak awal terbentuknya 2-3 milyar tahun lalu. Bahkan poros bumi sendiri bergoyang-goyang (wobble) Perhatikan gambar animasi paling atas. Lihat, kira-kira dimana lokasi yang anda cari itu. http://rovicky.wordpress.com/2011/03/13/sumbu-bumi-bergeser-akibat-gempa-jepang-2011/

  2. Ada yang bila saat terjadi pergeseran benua menjadi seperti saat ini, arab tidak bergerak dan tetap pada posisinya. Apakah ini benar ya Pak, mohon dibahas pula tentang ini, sepertinya sangat menarik..
    terima kasih Pak atas share ilmunya
    salam kenal

  3. [...] : Dongeng Geologi, Energi, Kebencanaan, Lingkungan Tags: Geologi, [...]

  4. ada pertanyaan kemungkinan besar flora dan fauna pada saat benua pecah dan sampai saat ini pasti ada yang sama ?

  5. menurut koran, banyak harta karun terpendam di lautan indonesia yang belum diambil.

  6. [...] Benua Geologi, Benua Sejarah, dan Benua Khayalan [HOT] [...]

  7. Penggemar ilmu geologi secara umum.
    Dikatakan hobby dan tidak memiliki latar belakang pendidikan geologu tetapi membaca buku dan mengikuti klas atau kursus geologi.
    Apakah bisa saya kirim informasinya ke alamat email sehingga tak mengganggu pembaca disini.
    Salam
    Tiur

  8. Selamat malam,
    Saya mencari cari informasi mengenai geology di jakarta. Dan saya menemukan situs ini. Menarik sekali.
    Saya menemukan musium geology di bandung. Tapi belum menemukan kelompok orang orang yang hobby untuk melihat batu batu atau mendengar seorang geologist menerangka nsatu topik.
    Apakah bapak bisa memberi informasi jika ada kelompok ini?
    Atau mungkin bapak bersedia menjadi pembicara pro bono mengenai satu topik bagi sekelompok orang yang besar raga ingin tahunya ?
    Oh ya, orang orang ini tak memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang geology (tetapi mereka memiliki minat untuk tahu dna pernah membaca buku atau ikut kursus kursus singkat mengenai geology)
    Mohon pencerahan. Terima kasih
    Salam
    Tiur

    –> Coba saja minta IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) untuk mengirimkan wakilnya mengisi acara “pengenalan geologi”. Btw, saya pingin tahu, komunitas ini komunitas apa ? Penggemar batu akik (batu mulia) atau penggemar ilmu geoogi secara umum ? Diskusinya IAGI ada disini : http://www.mail-archive.com/iagi-net@iagi.or.id/

  9. Science dan fiksi berusaha di gabungkan….seperti pertanyaan adakah kerajaan Nyi Roro kidul.di selatan P. Jawa…melogiskan sesuatu yang tidak logis…nampaknya tetep gak nyambung memaksakan fakta ilmiah untuk sesuatu yang fiksi…othak athik gathuk..

  10. kalo dari bahasan tersebut… suatu saat bisa gabung lagi gak… pak de..

    –> silahkan baca dongengan yang lebih baru disini : http://rovicky.wordpress.com/2009/11/29/wajah-bumi-250-juta-tahun-lagi/

  11. Pak Dhe. Kalimantan katanya bebas gempa, tapi beberapa minggu lalu terjadi gempa 4 SR di Kab Pasir,sumbernya kira-kira dari mana ini pak dhe

    –> Ada sesar atau patahan Adang (Adang Fault), sebuah patahan “tua” yang merupakan patahan regional membelah Kalimantan bagian selatan.

  12. Indonesia…
    Negeri yang aneh
    Mutan berkeliaran
    Jin gentayangan di peradaban

    Kenapa bisa begini?
    Apa yang sedang terjadi?
    Siapa yang paling bertanggung jawab di balik “permainan”?
    Bisakah kita melakukan perbaikan?

    http://antimain.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.173 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: