Berita-berita seputar gempa Jawa Barat bagian selatan


slidingGempa yang terjadi tanggal 2 September 2009 ini memakan korban puluhan dipemukiman dan perkotaan selatan Jawa Barat. Longsoran juga dilaporkan telah terjadi dan memakan korban. Mekanismenya seperti yang terjadi pada gempa di Jogja yang dapat dibaca disini Longsoran dan Danau, Akibat Gempa dan Patahan; Longsoran dan Gempa;

Gempa susulan kecil mungkin masih akan terjadi hingga sepekan. Namun karena pusat gempa cukup dalam (30-50 Km) mungkin tidak terasa kuat dipermukaan. Bandingkan dengan gempa Jogja yang pusatnya terjadi pada kedalaman 10 Km.

Menurut VSI telah tercatat lebih dari 20 kali kejadian gempabumi susulan di pos – pos pengamatan gunungapi di Jawa Barat dengan magnituda yang semakin mengecil. Kejadian gempabumi susulan kemungkinan masih berlangsung, karena patahan penyebab gempabumi sedang menuju proses keseimbangan baru.

Berikut berita-berita media seputar gempa itu :

earthquake.jpgPuluhan Meninggal [republika]

September 03, 2009

Ribuan warga masih mengungsi.JAKARTA — Gempa berkekuatan 7,3 pada skala Richter (SR) yang berpusat di 142 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, tak hanya menimbulkan kepanikan warga,Read more


Kena Gempa, Dua Rumah Rusak [suaramerdeka:pantura]

September 02, 2009

BREBES – Getaran gempa tektonik berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda wilayah Tasikmalaya, kemarin dirasakan hingga wilayah Kabupaten Brebes. Getaran dirasakan sekitar pukul 15.00, sehingga membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, dua rumah milik warga Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Brebes, dilapRead more


Gempa Merata di Jawa [suaramerdeka:utama]

September 02, 2009

  • Kecil, Kemungkinan Tsunami : Puluhan Warga Tewas

TAKSIKMALAYA- Gempa hebat mengguncang Jawa bagian selatan dan getarannya merata hampir di semua kota hingga ke Denpasar Bali. Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (RS) terjadi Rabu (2/2), pukul 14.55. Pusat gempa berada pada koordinat 7,77 LS dan 107,32 BT, kedalaman 49 km dan berjarak sekitar 142 km dari Barat daya Tasikmalaya. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),Read more


18 Rumah Roboh, 169 Rusak [suaramerdeka:utama]

September 02, 2009

CILACAP- Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di 142 km barat daya Kota Tasikmalaya, Rabu (2/9) pukul 14.55, mengguncang Kota Cilacap. Guncangan itu membuat warga berhamburan ke luar rumah. Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Cilacap Drs H Yayan Rusyawan Efendi MM mengatakan, sampai pukul 18.30 dari 24 kecamatan di wilayah kerjanya yang sudah melaporkan kondisi wilayahnya akRead more


Permintaan Air Bersih Bertambah [suaramerdeka:kedu]

September 02, 2009

TEMANGGUNG- Permintaan air bersih dari dusun-dusun di Kabupaten Temanggung bertambah, seiring dengan berjalannya musim kemarau saat ini. Jika sebelumnya, telah ada 39 dusun di 20 desa dan 11 kecamatan yang mengajukan usulan permohonan air bersih, maka kini telah bertambah 1 dusun lagi, sehingga menjadi 40 dusun di 20 desa, yang minta didrop air bersih.  Kasi Perlindungan Masyarakat, KRead more


Tiga Jalur Utama Mudik Rawan Bencana [pikiran-rakyat:aktual]

September 02, 2009

BANDUNG, (PRLM).- Para pemudik mesti berhati-hati saat melintasi tiga jalur mudik utama di Jabar. Ketiga jalur utama yaitu jalur pantura, jalur tengah dan jalur selatan memiliki potensi kejadian bencana alam yang beresiko mengganggu arus lalu lintas. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi …Read more


Kota Lama Rawan Terbakar [suaramerdeka:semarang]

September 02, 2009

SEMARANG TENGAH- Sedikitnya lima orang dimintai keterangan intensif oleh jajaran Satreskrim Polresta Semarang Timur, terkait kebakaran yang menimpa bangunan kuno di Kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di Jl Kepodang nomor 36, Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah. Mereka adalah penyewa dan pemilik gedung, karyawan, dan sejumlah saksi yang berada di sekitar tempat kejadian perkara (Read more


Warga Kota Tegal Ikut Rasakan Gempa Tasikmalaya [suaramerdeka:pantura]

September 02, 2009

TEGAL – Gempa yang terjadi di wilayah  Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (2/9) turut dirasakan oleh warga Kota Tegal dan sekitarnya. Gempa dirasakan sekitar pukul 15.00 dan hanya berlangsung sesaat. Hadi, salah satu karyawan di perkantoran yang terletak di Jl Randugunting mengatakan terkejut dengan kejadian itu. ’’Rasanya goyang-goyang. Seperti mau jatuh,’’ sebutnya.Read more


Karyawan Perkantoran Pusat Kota Bandung Berhamburan Keluar [pikiran-rakyat:aktual]

September 02, 2009

BANDUNG, (PRLM).- Gempa bumi yang dirasakan sampai di pusat Kota Bandung membuat hampir seluruh karyawan perkantoran di sepanjang Jl Asia Afrika Bandung berhamburan keluar. Sejumlah pengendara di jalan Asia Afrika Kota Bandung, juga sempat menghentikan kendaraan mereka. Dari pantauan PRLM, terli …Read more


Gempat Membuat Panik Warga [pikiran-rakyat:aktual]

September 02, 2009

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat Bandung sempat panik akibat gempa yang tejadi sekitar pukul 14.55 WIB. Gempa berlangsung sekitar 1 menit dan membuat panik masyarakat. Salah satunya, Hartati warga Ciwastra mengatakan, goncangan gempa sangat terasa sehingga membuat dia dan orang tuanya harus ke luar dari …Read more


Rumah di Asrama Lapas Sukamiskin Terbakar [pikiran-rakyat:aktual]

September 02, 2009

BANDUNG, (PRLM).-  Lima rumah dilingkungan asrama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat Selasa (2/9) dilalap sijago merah. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB yang diduga karena arus pendek listrik. Berdasarkan keterangan saksi mata juga sebagai korban, …Read more


Akibat Gempa, 3 Warga Karangnunggal Tertimpa Genteng [pikiran-rakyat:aktual]

September 02, 2009

TASIKMALAYA, (PRLM).- Tiga orang warga Desa Karangnunggal Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, dua wanita dan seorang pria dilaporkan terluka akibat tertimpa genting yang berjatuhan akibat gempa bumi berkekuatan 7.3 skala richter. Menurut Kepala Desa Karangnunggal Drs Tatanng Bachtiar, sejauh …Read more

Casualities

Korban dan keruskan hingga tadi malam pukul 22:00 disepakati oleh SATKORLAK adalah:

  • Tasikmalaya: Korban Jiwa (J) 8 orang, Rumah Rusak Berat (RB) 818 unit, Rusak Ringan (RR) 343, Pesantren 1 unit, Masjid 5 unit.
  • Garut: J 3 orang, Luka Ringan (LR) 23 orang. Rumah Rusak 578 unit, Rumah Ibadah 1 unit, Sekolah 2 unit
  • Kab. Bandung: J 8 orang, Luka 5 orang, RB 453 unit, RR 348 unit, Sekolah 5 unit, Ibadah 1 unit
  • Bandung Barat: J 1 orang, RB 49, RR 7 unit, Hancur 10 unit
  • Sukabumi: J 1 orang
  • Cianjur: J 10 orang, RB 12 unit, 40 orang hilang tertimbun longsor
  • Kuningan: RB 106 unit, Masjid 1 unit (dari Bupati Kuningan)
  • Ciamis: J 1 orang, RB 180 unit
  • Bogor: J 2 orang, Luka Berat 1, RB 295 unit

Innalilahiwainna illaihi rojiuun

About these ads

55 Tanggapan

  1. mat sore, saya turut berbela sungkawa atas kejadian tersebut, semoga Tuhan YME senantiasa memberi kita semua pengampunan atas segala dosa kita dan bisa memberikan kehidupan seperti semula kepada kita semua. amin

  2. Salam kenal bro, info gempa yg cepat dimana bro?

  3. bagus kok lagi ndk konek ni…

  4. moga yang dapat musibah diberikan ketabahan oleh Allah SWT.Aminnnn…….

  5. mo comment apa yah…?

  6. semua itu teguran dri allah swt,kita harus pasrah ama yg kuasa allah tidak akan memberi cobaan d luar kmampuan kita,karna semua itu udah ada tulisanya kita hidup seperti sinetron,mungkin setelah kejadian ini allah akan memberikan yg trbaik,maka dri itu kita sbagai umat islam harus brsukur atas nikmat dri allah,semua kejadian ini adalah ksalahan kta smua,

  7. Pak Dhe.. saia mau tanya, kemarin setelah Gempa di Sumbar, salah satu TV swasta mengumumkan bahwa di Jabar tepatnya di Bandung dimungkinkan berpotensi Gempa 8,9 SR..
    darimana tv tersebut medapatkan info?? lalu bilamana terjadinya gempa vulkanik???? makasih banyak..

  8. gempa d’tasik jngn mpe t’jadi lg,,,takut…

  9. saat pertama saya ngerasakan gempa tersebut yang kebetulan saya tinggal di pangalengan,bener2 sangat mencekam dan menakkutkan ,batin saya bicara sampai kapan kejadian ini saya alami, ketika pertama saya dengar gemuruh dari dalam tanah,brurrr kemudian kami semua bergerak seperti orang mabok sambil lihat sekeliling gelap oleh debu dan riuhrendah suara orang mencari kselamatan sambil berteriak allahuakbar,subhanallah berulang2 ada yang teriak cari perlindungan di bawah gedung atau lainnya lagi,tapi yang saya lakukan saat itu,ya allah semua kuasa-Nya saya teriakin anak2 saya yang waktu itu memang lagi main dan untungnya didepan mata saya “cepat keluaaar jgn ada yang di dalam gedung waktu itu memang lagi main diteras masjid,dan waktu itu bingungapa yang harus saya perbuat pikir saya anak2 pokokya jgn sampai jauh dari saya. Selanjutnya saya bersama anak2 saya disuruh lari ke lapang sambil gendong yang kecil sama selendang, 2 orang lagi anak saya saya bilangin pokoknya kalian jgn lepaskan ibu apapun yang terjadi.Sesampainya di lapangan tepatnya di kebon tetengga yang agak luas kami bertemu dengan para tetangga dan kerabat yang senasib,kami saling bertangisan sekaligus takut. Yang jelas saat ini saya manusia gak ada harganya di hadapan ALLAH Yang Maha penentu segalanya kami begitu rendah dan kami begitu kecil.

  10. [...] September 2009 at 9:00 am | In Bencana Alam, gempa | 44 Comments Tags: gempa, gempa jawa barat [...]

  11. aduh saya ga terasa euy….lg bobo am sehhh…..tiba-tiba di bangunin….oiyyyy….kluar—kluar…lindu…-lindu…..

  12. Q TURUT BERDUKA CITA,,,,,,MOGA KELUARGA YG D TINGGALKAN TABAH N SEMOGA KEJADIAN SEPERTI INI G TERJADI LAGI D INDONESIA……AMIEN

  13. unutk lebih waspada lagi wilayah bagian barat sumatra untuk hari ini saya rasakan ada suatu energi yang akan di lepaskan sya berharap tidak banyak korban tapi gempa pasti terjadi hari sabtu ini tansah eling lan was pada………

  14. Jangan menghibur diri dg mengatakan bhw itu adalah ujian. Tetapi lihatlah itu sebagai teguran.
    Subhanalloh…indah sekali kata kata itu. akan saya ingat mutiara kata itu. akan aku jadikan cermin buat diriku.
    Terima kasih artikelislami…terima kasih

  15. Teguran Allah memang alamiah. Kaum nabi Nuh dg banjir besar. Qorun dg longsor yg menelan rumah, harta dan dirinya. Semua itu alamiah, tetapi siapa yg menjadikan itu semua? Allah. Untuk apa? Jangan menghibur diri dg mengatakan bhw itu adalah ujian. Tetapi lihatlah itu sebagai teguran. Di lain sisi, itulah cara Allah menghapus dosa bg mereka yg kurang ibadahnya menurut Allah.

  16. Buat temen temen yang ingin mengikuti berita gempa, aku kasih link download software info gempa online, http://yoyoxcomputer.wordpress.com/2009/09/09/sofware-info-gempa-online-bisa-mengetahui-lokasi-dan-waktu-gempa-secara-akurat/ artikle selengkapnya silahkan dibaca ya.. dan di silahkan di download, Terima kasih..!!!

  17. Lebaran Tahun ini sepertinya beda dengan tahun2 kemarin.. tetanga dekat tertimpa musibah di cianjur sini! Semoga keluarga yang di tinggalkan dikuatkan dan ditabahkan hatinya menghadapi semua ini..

  18. Salam Ramadhan dari…

    http://jutawancom?a_aid=KUPRET !

  19. sedih deh baca ini semua..
    semoga pemulihannya dimudahkan
    amien.
    saya di bandung juga turut merasakan gempa ini..

  20. lengkap…
    _______________________________________________________
    http://WWW.KENALANMUNYUK.COM <== facebook buatan INDONESIAA ASLIIII!!! AYOOO GABUNG!!!!

  21. O,ya. aku baru ngeh nih…kalau gak salah wownosari tu kan berkapur ya? apa dari “BLUNG” ya? Pakdhe…gimana nie? bisa di identifikasi gak penyebab yang di wonosari? apakah mungkin itu dari “BLUNG” yang atap nya kena “Goyangan” 2 september kemarin?

  22. Lagi, Pak Dhe, 263 km tenggara Wonosari pusat gempa yg baru saja terjadi.
    Rasanya rakyat dan pemerintah perlu belajar dari Jepang untuk penanganan gempa yg lebih komprehensif.

  23. To Mas Gerboy, tawakal aja mas, lakukan yang terbaik.
    berdoa jangan putus, Insya Alloh….SElamat
    Semoga hanya itu saja ya…Amin.
    TUrut prihatin Mas.

  24. waktu setelah gempa, kenapa situs bmg sulit seklai diakses sih? malah usgs lebih cepat. masih trauma gempa 27 mei nih, baru mau tidur udah disuruh bangun oleh mbah surip, eh gempa tadi

  25. terima kasih informasi yang terarah tepat dan berguna ini,salam kenal dari imbank di http://formulaanda.wordpress.com

  26. Gempa terkini wilayah jogja, jam 23.15 , terjadi dua kali,,demikian info dari saya..
    6.8 Richter, kedalaman 35 km, tenggara wonosari Jogjakarta,
    Subhanallah, baru kemarin comment di atas , ternyata merembet juga ya, Allah maha besar…

  27. Gempa terkini wilayah jogja, jam 23.15 , terjadi dua kali,,demikian info dari saya..

  28. Turut prihatin atas gempa Tasikmalaya…….

  29. Semoga Allah SWT. Memberikan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Amin ya Robbalalamin.

  30. kita selama ini merasa aman dari gempa karena sibuk utk WASPADA terhadap pulau sumatra,

  31. betul sekali mas gerboy, harusnya kita tenang dalam segala hal akan tetapi tetap waspada boss, jogja dilalui oleh pita/jalur gempa. Tawakal aja mas, saudara saya di jogja pun seperti begitu. Pasrahkan diri pada takdir sambil terus berusaha yang terbaik.
    Insya Alloh…DIA akan terus menyelamatkan kita.
    Amin.

  32. Pada bahas apa sih…
    Saya aja yg tinggal di Jogja yg kota rawan bencana(merapi, jalur gempa, ancaman tsunami di selatan) aja cool2 aja kok, biasa aja lah..
    Dah tawakal aja ama takdir yang Kuasa,
    manusia hnya bisa berdoa dan berusaha…
    Tuhan lah yg mengatur alam semesta…

  33. ya emang media seperti itu Mbak, kalo gak begitu ya kan jadinya ga rame, walau itu malah bikin gejolak sosial,bodo amat yang penting rame.
    Contohnya aja berita gempa di TV yang menayangkan KOTA TASIKMALAYA, diberitakan bahwa kota Tasikmalaya lumpuh, mendengar itu masyarakat juga kan akhirnya bilang “Kok seenaknya aja baca narasi berita”. Justru harusnya “SANG MEDIA” menjadi alat penenang masyarakat, dengan narasi berita yang tidak mengandung unsur menakut nakuti, berikanlah EARLY WARNING dengan cara yang bijaksana dan mudah dimengerti oleh MASSA. Coba anda bayangkan,jika kampung halaman anda dikabarkan mengalami musibah yang menggemparkan, padahal pada kenyataannya massa di kampung halaman anda tidak apa apa. Pasti anda akan panik, kemudian karena mendengar berita tersebut anda langsung tancap gas karena ingat kedua orang tua anda,karena ngebut bisa saja anda mengalami kecelakaan.Nah…kecelakaan itu akibat apa coba?
    Harusnya media massa menenangkan masyarakat,memberikan keterangan yang menyejukkan,mudah dimengerti dan akurat. Waktu kejadian saya melihat siaran sebuah stasiun TV yang memberikan penjelasan dengan detail dan menyejukkan serta memberikan EARLLY WARNING dengan bahasa yang santun. (saya tidak akan sebutkan stasiunnya takut dibilang promosi) Nah harusnya dicontoh narasi yang seperti itu. Masyarakat pun setelah mendengar keterangan dari stasiun TV tersebut,akhirnya lega dan saran untuk membentuk siskamling gempa pun kami laksanakan. Salut buat TV itu.

  34. pak, yg kadang bikin saya kesel. prediksi gempa susulan dg kkeuatan lbh besar selalu dipublish bahakn terkesan didramatisir smapai mayarakat ketakutan, akhirnya muncuk gekolak sosial.
    harusnya lebih baik memberikn early warning system kepad amasyarakat, agar siap dengan sgala kemungkinan dan kondisi teruruk.
    sepertinya itu lebih baik

  35. Attacking to Saudara Melki,
    Sebelumnya terima kasih atas tanggapan anda, namun saya tidak setolol yang anda kira. saya kemarin hanya mengulas Berita yang ada di media dan MENYEBUTKAN bahwa KOTA TASIKMALAYA LUMPUH itu adalah bohong, karena pasca gempa pun masyarakat tasik melakukan aktivitasnya seperti biasa lagi. Tidak mungkin kan kita harus terus berdiam dan mengharapkan sesuatu tanpa ada ikhtiar. Ingat ya saya hanya mengulas KOTA, KOTANYA SAJA dan bukan daerah lain. Jika anda memang butuh foto pada waktu kejadian, silahkan anda minta ke saya lewat E-mail di opanbule@ymail.com
    foto itu diambil setengah jam setelah gempa.
    Maaf ya,saya juga betul betul mengagumi kekuatan alam itu. Dari ketika BUMI ini dibuatpun Alloh SWT telah menetapkan takdir bumi seperti begitu,bahwa pada jam segitu dan detik segitu pengerutan bumi terjadi dan terjadilah gempa,tapi SEBAIKNYA KITA BUKAN MALAH MERASA BANGGA DENGAN BANYAKNYA KERUSAKAN,HANYA KARENA INGIN MEMPERLIHATKAN BAHWA DAERAH ANDAPUN TERKENA, perbuatan ini hanya MUBADZIR,lebih baik anda melakukan tindakan yang terbaik bagi para korban dan TANPA PAMRIH, SERTA tidak ada unsur INGIN TERLIHAT DAN DILIHAT. Berilah sumbangan dan bantuan yang anda bisa lakukan dengan IKHLAS.Ingat HAdits Nabi: Tangan diatas (memberi) SELALU LEBIH BAIK dari tangan dibawah.
    Untuk yang Mau ngomentarin lagi, silahkan baca lagi tulisan sedari awalnya,dengan memperhatikan titik dan koma serta intonasi.
    Untuk mas Rovicky maaf ya mas,tempatnya jadi penuh.

  36. turut prihatin – Alhamdulillah tdk terjadi tsunami seperti di sumatra

  37. [...] Gempa yang terjadi tanggal 2 September 2009 ini memakan korban puluhan dipemukiman dan perkotaan selatan Jawa Barat. Longsoran juga dilaporkan telah terjadi dan memakan korban. Mekanismenya seperti yang terjadi pada gempa di Jogja yang dapat dibaca [...] Go to Source [...]

  38. ntu.. nyang bilang gempa biase2 aj, tolol kali ye !!!!

  39. kira kira ada gempa susulan gak ea…?

  40. Gempa Jawa Barat bagian selatan memang membuat hati mengkerut…betapa kecilnya kita dibanding kekuasaanNya. Semoga para korban diberikan ketabahan, aminn

  41. Numpang ngomentari Pakdhe, Buat mas gerboy…Rembetan gempa sangat mungkin terjadi mengingat hasil pergeseran itu menyebabkan ketidak setimbangan, nah jadi wilayah yang lainpun akan mengikuti kesetimbangan tersebut.Namun jarak itu biasanya tidak begitu jauh, mungkin saja gempa yang terjadi tadi pagi di ujung kulon pun merupakan pencarian kesetimbangan oleh alam. Maka tak ada salahnya jika anda lebih banyak baca lagi soal gempa disini deh,,,biar tahu sifat sifat gempa yang unik dan bagaimana terbentuknya gempa tersebut. Anda tidak salah mas gerboy, ada juga istilah gempa yang terpicu oleh gempa yang lain…ya itu tadi,kesetimbangan tempat yang menjadi unsur utamanya.
    yo kayak kita duduk di kursi panjang yang reyot,trus datang orang numpang duduk,ketika kursi bergoyang,maka kitapun secara otomatis mencari kesetimbangan agar tidak jatuh. kayaknya gitu deh. (mudah-mudahan ga salah)

  42. Apakah gempa jogja yg menelan korban nyawa ribuan bsa trjadi lg stlh gempa tasik, merembet gtu…
    Oh ya dab menurut ilmu kegunung apian apakah merapi bsa menjdi supervolcano letusanya, coz rumah deket nech…suwun dab..

  43. mantap sekali blog dan beritanya :D

  44. maaf mas rovicky, disini saya akan meluruskan hal yang kemarin saya ulas. Untuk Kang Tia, maaf ya…saya bicara tentang tasik yang diberitakan hancur. jadi saya hanya mengulas tasik dan bukan daerah yang lain,kenapa saya hanya mengulas tasik? karena di tv lebih banyak daerah tasik yang di bahas. jadi saya mengulas hal diatas adalah dengan harapan mudah-mudahan ada pembaca blog ini yang mempunyai saudara di Tasik merasa tenang dan tidak panik. kenapa saya katakan seperti itu? karena tepat setelah terjadi gempa seluruh sistem komunikasi di Tasikmalaya terhenti. Jadi,maaf saya bukan orang tolol yang asal mangap ya Kang Tia. Akang sebagai orang sunda harusnya berfikir lebih dalam makna dari semua ini…dan bukan saling menyalahkan, bukan saling merasa bangga dengan kerusakan yang ada. MAKSUD SAYA HANYA MEMBERITAKAN SAJA BAHWA TASIK TIDAK LUMPUH, BAHWA TASIK MASIH DALAM KEADAAN TERKENDALI AGAR PARA PEMBACA BLOG INI YANG MEMPUNYAI SAUDARA DI TASIK TIDAK GUGUP,PANIK,BERPRASANGKA BURUK. Demikian Kang Tia, dengan komentar saya ini berarti permasalahan telah diluruskan. sekali lagi,saya tidak mengupas daerah lain selain daerah Tasik kota, karena yang nampak dalam pemberitaan itu adalah daerah Tasik kota.
    Terima kasih atas tanggapannya Kang Tia.
    Semoga kita semua dilindungi Nya, diberikan keselamatan, kesehatan,dan kepekaan hati untuk menangkap semua makna yang terjadi dibalik gempa kemarin.
    Sekali lagi terima kasih atas tanggapannya.

  45. Memang dengan gempa semua orang ketakutan, meski hanya 3 menit

  46. Bagi yang terkena musibah gempa di jawa barat semoga diberi ketabahan, kasih Tuhan tetap utk selama-lamanya koq, jadi ambil hikmah dri kejadian ini,kita hidup didunia ini jauh lebih arif kalau menjaga kelestarian alam, menghargai budaya leluhur dan toleran dgn sesama tanpa memandang perbedaan. Yang terpenting sekarang mari kita bersatu padu membantu meringankan penderitaan sdr/i kita yang terkena musibah.

  47. Pak Dhe kira-kira bisa memprediksi gak, gempa susulannya besar apa enggak? dilihat dari segi kecepatan dan arah pergerakan lempengnya, episentrumnya masih di daerah selatan jawa atau pindah..
    Makasih banyak loh pakdhe….

    –> Silahkan baca disini : http://rovicky.wordpress.com/2006/06/01/gempa-susulan-selalu-lebih-kecil-dari-gempa-utama/
    http://rovicky.wordpress.com/2007/09/25/gempa-susulan-dan-yang-terpicu-gempa/

  48. ngeri banget deh kemaren pas gempa.. :(

  49. Bagi yg ngerasa gempa tsbt adlh gempa biasa,bg saya itu orang yg tolol saja.lihat dong kmpung saya!! Satu Rw saja sudah ada 8rumah yg ambruk tak bisa dihuni lg. Bukan cobaan dari tuhan,melainlan peringatan dari tuhan saja.jangan anggap bencana hal yg gk ada apa2. Kita introspeksi diri kita dong. Kalau mau lihat,datangi dong kmpung saya!! Bukan tasik,tp bandung!! Tepatnya di Desa Sukapura kec.Kertasari. Lihat kerurakan akibat peringatan dari Tuhan!! Bukan rumah tua,tp rumah baru yg rusak parah!!!

  50. w turut prihatin atas bencana di jawa barat dan sekitarnya
    tetapi kita harus lebih memikrikan kenapa gempa bisa terjadi …..?
    gempa terjadi bukan hanya kehendak dari tuhan YME tetapi kita manusia sebagai pemelihara alam ini salah satu peran penting utk menjga alam ini . bencana gempa terjadi karena pengaruh tenaga endogen yang mengakibatkan dasar laut bergeser itu di sebabkan karena ulah manusia yang selalu menciptakan budaya :
    * buang smpah sembarang
    * polusi yang mengakibatkan global warming
    * dll.,

    kesimpulan : sebelum bertindak lebih baiknya kita memikirkan dampak yang kita perbuat untuk menolong diri sendiri dan orang lain

    “terima kasih “

  51. Memang betul gempa itu membuat seluruh masyarakat panik, bumi terasa berguncang hebat, gelas di meja pun mampu jatuh, lemari dinding juga jatuh. namun saya cuma mau bilang, bahwa apa yang diberitakan media yang menyebutkan kota Tasik lumpuh itu sama sekali bohong, tidak terlalu banyak rumah yang roboh, di kota tasikmalaya saja (untuk wilayah kota) hanya ada 5 unit rumah yang rusak, itupun tidak semuanya hancur akan tetapi hanya tembok bagian atasnya saja dan rumah itu pun merupakan rumah tua saja. (foto foto ada di saya, dan foto itu diambil sekitar setengah jam setelah gempa, waktu itu saya langsung inspeksi perangkat milik perusahaan saya PT APLIKANUSA LINTASARTA sambil mengambil foto untuk data ke kantor pusat)
    Jadi saya cuma mau bilang (dan bukan nantang Alloh Ya) bahwa tidak banyak rumah yang roboh, yang meninggalpun itu adalah orang yang mempunyai penyakit jantung.
    Demikian Mas Rovicky.
    Keterangan langsung saya dari Tasikmalaya, kota yang saya cintai.
    Terima kasih.

  52. Sebagian tanda-tanda kebesaran Allah telah di perlihatkan kepada makhluknya yang masih ingkar untuk segera bertaubat dan mohon ampunan NYA, dan bagi orang orang yang beriman agar dapat bertambah keimanannya dan ketakwaannya kepada Sang Pencipta Alam Tuhan YME Allah SWT.khususnya diri ini yang masih banyak khilaf dan dosa.

  53. di tasik ada anak kecil 9th yang sedang main kelereng meninggal tertimpa genteng,

    perkiraan jumlah korban juga akan bertambah, terutama di cianjur,
    ada tanah longsor yang memutus jalur, longsoran memiliki lebar hampir 100m dan menimbun rumah warga, di perkirakan warga yang tertimbun antara 30-50 warga.,,.

    yang lain masih byk berita tp blm ada kepastian padhe…

  54. [...] Berita-berita seputar gempa Jawa Barat bagian selatan Gempa yang terjadi tanggal 2 September 2009 ini memakan korban puluhan dipemukiman dan perkotaan selatan Jawa Barat. Longsoran juga dilaporkan telah terjadi dan memakan korban. Mekanismenya seperti yang terjadi pada gempa di Jogja yang dapat dibaca disini Longsoran dan Danau, Akibat Gempa dan Patahan; Longsoran dan Gempa; Gempa susulan kecil mungkin masih akan terjadi hingga sepekan. Namun karena [...] [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.474 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: