Sumur Zam-Zam mengering Ah masak bisa sih ?


kabah21.jpgBerita di Detik.com dan JawaPos menuliskan bahwa ada kekhawatiran mengeringnya sumur Zam-Zam. Pasti berita seperti ini akan mengagetkan banyak orang, apalagi yang percaya bahwa keajaiban Zam-zam itu akan abadi dan kekal selamanya. Padahal kalau kita teliti sedikit jeli melihatnya maka kita akan tahu bahwa dari sudut pandang hidrogeologi sumur Zam-zam secara tehnis hanyalah sumur gali biasa. Bahkan kalau dilihat dari sejarah bisa ditelesik bahwa sumur ini pernah hilang, dan diketemukan kembali oleh Abdul Muthalib, kakek Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kisah sebelum diketemukan (kembali) sumur ini, masih banyak mengandung mitos serta metafora yang dipercayai oleh umat Islam sebagai sumur (mata air) yang muncul ketika Allah menolong Siti Hajar setelah beralir-lari (sa’i) diantara bukit Shofa dan Marwa. Bukan soal bener dan salah tetapi tentang kebenaran metafor ini tentunya ngga mungkin dikaji dengan dongeng geologi, kan ?

:( “Looh Pakdhe, katanya sumur ini ngga bakalan kering ?”
:D “Sumur ini tetap harus dijaga. Dan sumur inipun tidak akan melanggar sunatullah lainnya yaitu adanya keterbatasan untuk segala sesuatu yang ada di semesta ini. Manusia jugalah yang berkewajiban menjaga sumur ini selanjutnya”.

Berita tentang Zam-zam,

Sumur ini sering mengundang berita. Selain karena air sumur dipercaya ini mengandung mineral-mineral yg berguna, namun juga tidak kalah yang memberitakan bahwa air sumur ini juga berbahaya, tidak higienis dan sebagainya. Pada tahun 1982 ketika sedang ada pengerjaan bagian bawah Kabah terjadi semburan air cukup deras yang diperkirakan dari akifer Zam-zam. Raja Fahd akhirnya memerintahkan untuk meneliti secara khusus dengan melibatkan ahli-ahli geologi Dr Adnan Niazi, professor of Geo-Physics dari King Fahd University of Petroleum and Minerals Dhahran, Saudi Arabia.

Berita bahwa sumur ini mengering juga sudah beberapa kali tersebar. Dalam dasa warsa terakhir ini salah satunya terlontar akibat ditutupnya jalan menuju sumur dari tempat thawaf. Secara tehnis memang dengan penutupan jalan kebawah ini menjadikan tempat thawaf semakin lebar dan mampu membuat ibadah thawaf lebih lengang. Berita terakhir kemarin adalah larangan untuk membawa air zam-zam didalam pesawat. Larangan-larangan ini tentu saja banyak mengundang spekulasi, apa benar sumur zam-zam mengering ?

Kebetulan pagi tadi ada kawan di geologi yang juga bertanya soal ini

2008/1/18 Iwan B <pak.iwan@xxxxl.com>:
> Mas Vicky,
> – air zam-zam yang ada sekarang ini apa sama dengan yg digali zamam Nabi Muhammad SAW?

zam-zam.jpgKebetulan aku sedang membaca Buku Sejarah Arab, pinjeman dari sahabatku Mas Latif. Buku yang aku baca berjudul History of the Arabs, Revised: 10th Edition (Paperback) by Philip Hitti , Buku ini cukup banyak menggambarkan “sejarah” Arab. Tapi aku belum nyampai soal Zam-zam jaman Nabi, bukunya tuebel banget :)
Tetapi dari beberapa buku lain yang pernah aku baca menyatakan bahwa sumur yang saat ini merupakan sumur jaman Nabi Muhammad dahulu yg digali dan diketemukan kembali oleh Kakeknya Kanjeng Nabi Muhammad. Sedangkan sejarah sebelum diketemukannya kembali itu masih burem atau masih seperti “metafora” (berbau mitos dll), hanya keyakinan yang dapat dipakai, tetapi sulit (tidak mudah) membuktikan sebagai kajian “sejarah”. Nanti akalau buku yang aku baca itu menyebutkan arkeologisnya aku crita tambahannya.

> – apakah ada penelitian geologi & geofisika (seismic & geolistrik) untuk menjelaskan aquifer dan volumenya?

Kalau menurut SGS (Saudi Geological Survey) mereka melakukan studi khusus tentang sumur ini. Mereka juga melakukan studi pumping test akifer dll. Yang salah satunya akhirnya membuat sumur ini menjadi sumur moderen dengan sumersible pump. Alhamdulillah aku sudah sempat melihat dengan mata kepala sendiri konstruksinya sebelum sumur ini ditutup untuk umum.

Pernah kering dan hilang

Kalau soal hilang (pernah kering) dan terkubur pasir sebenernya sudah ada tulisan SGS yang jelas mengatakan, “According to Arab historians, the Zamzam Well, except for a few periods when it became dry or was buried under sand, has been in use for around 4000 years”. Jadi kalau tulisan ini benar, maka memang iya Sumur Zam-zam pernah hilang dan pernah kering ! Hal ini harus dimengerti dan disadari oleh siapa saja. Menurutku kita (sebagai manusia yang berfikir) tidak boleh menutup mata dan telinga tentang sifat alamiah sumur Zam-zam ini. Dan ini juga yang dilakukan oleh pemerintah Saudi.

Bahkan menurut sebuah kisah “Pada masa lalu, saat kesucian Masjidil Haram tercemari oleh kemusyrikan satu kabilah bernama Jurhum, sumur air zamzam itu pernah kering dan perlahan sumurnya tertutup. Sumur zamzam pun hilang selama beberapa abad lamanya. hingga akhirnya digali ulang oleh Kakeknya Nabi Muhammad SAW.

> – dengan catch area yang kecil, apakah memungkin sumur zam-zam menyuplai air sejak zaman Nabi Ibrahim sampai sekarang? kecuali karena keajaiban?

saudi_precipitation.jpgKalau kita hanya mengandalkan data rata-rata curah hujan yang aku lihat dibawah 100mm/tahun maka dengan cacthment area yang terbatas didaerah ini, mungkin model apapun yang dibuat untuk sumur Zamzam akan kekurangan air kalau diambil terus, dan juga tidak hanya diambil lewat sumur Zam-zam. Tentusaja sejak dahulu ada sumur2 lain di sekitar Makkah milik penduduk lokal. Mungkin saja banyak atau ada anomali-anomali curah hujan yang tidak masuk dalam kondisi rata-rata seperti yang tergambar dipeta sebelah kanan ini.

kabah_flood_1941 Kalau melihat sejarah soal hidrologi di Saudi khususnya Makkah ini maka kita akan mengerti adanya kondisi khusus dimana terjadi banjir di Makkah ! Menurut saya banjir cukup besar yang datang terakhir tahun 1941 menyebabkan ibadah haji terganggu. Mekanisme Banjir ini pula yang menurutku merupakan salah satu “cara” mensuplai air untuk sumur Zam-zam. Bisa jadi tanki utama (water storage) air Zam-zam ini bukan hanya Wadi Ibrahim saja tetapi juga fracture atau rekah-rekah di basement yang konon air ini justru mengucur lebih banyak dari celah-celah rekahannya.

Uji pumping test menjelaskannya :
Uji pompa (pumping test) telah dilakukan pada sumur ini, pada pemompaan 8000 18.5 liters/detik selama lebih dari 24 jam (note: perlu referensi angka yang lebih sahih, tapi angka 118.5 sepertinya lebih reliable) memperlihatkan permukaan air sumur dari 3.23 meters dibawah permukaan menjadi 12.72 meters dan kemudian hingga 13.39 meters. Setelah itu pemompaan dihentikan permukaan air ini kembali ke 3.9 meters dibawah permukaan sumur hanya dalam waktu 11 minut setelah pompa dihentikan. Sehingga dipercaya dengan mudah bahwa akifer yang mensuplai air ini berasal dari beberapa celah (rekahan) pada perbukitan disekitar Makkah.

cekungan-makah.jpgDari uraian pumping test diatas sepertinya banyak kontribusi justru dari rekahan yang ada dibawah (basement) bukan hanya dari Alluvium Wadi Ibrahim. Dan setahu saya yang ditakutkan atau dikhawatirkan saat ini adalah tumbuh kembangnya daerah ini menjadi hutan beton dengan gedung-gedung bertingkat. Tentusaja mereka akan menggali fondasi hingga basement. Dan kalau “wadah” atau “storage” Zam-zam ini terganggu akan mengurangi kapasitas produksinya.

FYI, jumlah jamaah haji ini sejak jaman Nabi hingga sekitar 1940-an selalu konstan pertumbuhannya. Tahun 1940-an (Pra perang dunia II) ini masih sekitar 400 000. Saat ini jamaah haji sudah lebih dari 2 juta dalam satu musim haji saja. Dan tahu kan banjir besar itu juga terjadi pada tahun 1941 …. Peningkatan jumlah jamaah haji ini justru terjadi pasca banjir. Apakah waktu itu sebenernya pertanda akan membanjirnya jamaah haji ? … “Wallah hualam”

Lantas apa donk keajaibannya ?

Keajaibannya mnurutku “tidak statis”, tetapi keajaiban itu selalu berkembang. Dahulu sesuatu yang aneh kalau di gurun ada sumur air, sehingga akan menarik peziarah. Apalagi air ini merupakan kebutuhan hidup para Saat ini manusia dapat menjelaskannya, dan keberadaannya mungkin menjadi tidak aneh dan tidak ajaib lagi. Menurutku salah satu keajaibannya saat ini justru dari muncul dari olah pikir, teknologi, serta kemauan dan semangat manusia-manusia yang berpikir untuk menjaganya. Bayangkan saja berapa ilmu pengetahuan baru yang akan muncul dengan meneliti, menyelidiki, dan mengamati sumur yang satu ini.

Dibawah sana ada berita dari ArabNews (14 Jan 2008) bahwa pemompaan Zam-zam akan dihentikan untuk diteliti. Ini menunjukkan bahwa saat ini pemerintah Saudi pun juga telah menggunakan dasar ilmiah, teknologi dan keilmuan dalam memelihara sumur ini.

Bacaan terkait :

Arab News :

Zamzam Pumping Temporarily Halted
Arab News
JEDDAH, 14 January 2008 – Pumping of water from Zamzam well inside the Grand Mosque in Makkah will be stopped for two weeks in order to conduct studies by the Saudi Geological Survey. But the measure will not affect Zamzam water supply in the two holy mosques, an official statement said.
“We have stored adequate amount of Zamzam water in huge containers to meet the needs of the two holy mosques,” said Aifan Al-Jeaid, director of the Zamzam water Distribution Department.
He said Zamzam water supply centers in Gaza and Bab Al-Fateh would be closed during the period. “We found this time suitable for the closure as most pilgrims have already left Makkah after performing Haj and water consumption will be less during winter,” he explained.

About these ads

74 Tanggapan

  1. kenapa bisa banyak kandungan mineral nya ?
    kenapa kabah dekat dengan sumur itu ?
    Kenapa Allah menakdirkan posisi kabah di situ ?
    - karena tau kalau di situ memang banyak kandungan mineral nya ,ga bakalan kering air nya \
    kenapa bisa tau di situ ga bisa kering air ? nya karena banyak penyuplai nya
    kenapa tau banyak penyuplainya ? KARENA YANG BUAT BUMI INI ALLAH ?
    dia maha tau atas ciptaan nya itulah keajaiban ya ? GOBLOK Ente

  2. […] Sumur Zam-Zam mengering Ah masak bisa sih ? (klik) […]

  3. […] Sumur Zam-Zam mengering Ah masak bisa sih ? (klik) […]

  4. Kita bukan mau percaya ato tidak percaya.
    soal sumur zam-zam itu kita kembalikan ke masing-masing orang yang mau percaya ato tidak.
    benar tidak nya kisah air zam-zam itu kita kembalikan lagi kepada si pemberi informasi dan Tuhan yang maha esa.

  5. Semoga saja sumur zam-zam tidak kering dan Allah selalu memberikan ,mukjizat utk sumur zama-zam Ammin……yarabbal alamin………

  6. info yg sangat bagus! patut disebarluaskan supaya manusia (terutama umat Islam) tidak sekedar menunggu (keajaiban) tapi juga ada upaya aktif untuk melestarikan sumber daya alam, termasuk sumber daya air :)

  7. yang penting ane percaya islam 1000%…
    pikiran manusia memang terbatas, ilmu pengetahuan bisa saja keliru tetapi Alqur’an, Islam is the right choice..

    contohnya: Dulu katanya bumi itu datar. Sedangkan alqur’an dah lama ngejelasin bumi itu bundar (kayak bola).setelah berkembangnya ilmu pengetahuan akhirnya para ilmuan menyatakan bumi itu bundar.
    u/ contoh2 lain banyak dehhhh…

    http://tonyoke.wordpress.com/2009/06/29/islam-dan-teori-bumi-bundar/

  8. artikelnya mantap sekali

  9. Baca dulu sampai tamat sejarahnya..Jgn lupa baca Qur’an dan Hadist yg shahih..baru bikin tulisan…ingat nggak semua kejadian itu harus masuk akal manusia…karena Keterbatasan dari Akal manusia itu sendiri….(jgn gegabah bikin Tulisan semua ada tanggung jawabnya)

  10. Aku juga punya sumur di belakang rumahku dekat kandang sapi,namanya sumur bom-bom, ngak pernah kering biarpun kemarau panjang,airnya punya khasiat menghilangkan hati nurani dan bisa membuat orang yang meminumnya tidak takut menjadi pelaku bom bunuh diri. mau tahu ceritanya…? Ntar lain kesempatan q ceritakan kejadiannya.

  11. mmpir gan..

  12. kalau memang berasal dari rekahan, mineralisasinya dimana terjadinya pa dhe? atau sejauh ini hal tersebut diatas hanya dugaan ilmiah belaka? thx.. kok baca sejarah arab bukan dari sumber yang bisa dipertanggung jawabkan pa dhe? :)

  13. sumur zam-zam sebuah mukzijat dari Alloh…akan kebesarannya…ga percaya liat sendiri ke Mekkah…

  14. assalamualaikum pak dhe rocky, boleh sy sebut the rock man ya, katanya orang geologi orang batu he..he. Disekitar mekah kan terlihat banyak seperti batuan beku kan pakde, kira2 apa sudah terubah, mungkin mineralisasi bagus, mohon penjelasan, maturnuwun
    wassalamualaikum

  15. Saya Sebagai Kaum Muslimin Kembalikan Kepada Alooh Swt Sbgi Pencipta Alam Semesta,Khususnya Air Zam-zam,Karena Saya Percaya Ama Aloh SWT dan Mukzizatnya Yg Tdk Bisa Dipikir Ama Akal Manusia,Alaoh Huakbar

    Hamba Alloh Swt,Waslam

  16. yang penting barakahnya… air Zamzam

  17. Bang Rovicky kapan mau neliti kandungan air zamzam?

    RDP –>Insyaallah pekan depan aku nengok ksana :)

  18. Lha Ka’bah itu konon Rumah Allah, kok bisa kebanjiran ya? Kalau suatu saat Ka’bah dibom, lalu kemana dong umat Islam berkiblat?

    –> RDP: Ayatnya sih bilangnya :”Kemanapun kamu menghadap itulah kiblat” Jadi ya ngapain bingung, Wak ?

  19. tapi, saya percaya kok sumur zam-zam akan terus membawa berkah bagi manusia.

  20. Kerajaan Arab itu banyak uangnya dan bisa menggaji siapa saja yang ahli di bidang sains dan geologi untuk hanya sekedar meneliti zam-zam.

  21. Kalau jualan minyak arab rajanya, jadi mikir, di arab sana sekarang kira2 ada yang jual air bermerk dalam kemasan gak ya (seperti aqua)?

  22. Lahan tempat pelemparan simbol syaiton sudah diperluas dan ditingkatkan. Ada kemungkinan penambahan quota haji yang sebelumnya hanya 2 juta orang mungkin bisa ditambah jadi 10 juta orang.

    Tapi bagaimana dengan persediaan air zam-zam. Berapa quota maksimum agar setiap orang mendapatkan air yang secukupnya tidak berlebihan.
    Sumur air zam-zam perlu diteliti kembali.

  23. Pak dhe…. benar kok dimana-dimana SDA ini semuanya terbatas termasuk zam-zam… ya tergantung kita aja bagaimana menjaganya jangan terlalu dieksploitasi zam-zamnya kalo mo minum tuh air kan cukup segelas kecil saja jangan seember atau sebaskom tiap orangnya… nanti ujung-ujungnya habis

  24. Air zam-zam kering …logis. Air zam-zam tidak bisa kering….logis. Ya semua logis karena Allah dan karena itu kehendaknya. Yang pasti nggak logis kalau kita melawan kodratnya.

  25. dear Pakde, salam kenal!

    Saya menemukan blog ini secara gak sengaja sewaktu sedang membuka-buka informasi mengenai peninggalan-peninggalan masa lalu dari sisi arkeologi. Dari ngutak ngatik informasi tersebut saya mendapatkan pencerahan baru kalau ternyata Arkeologi ‘bersahabat’ dengan Geologi juga. Ini bener-bener mencerahkan dan menambah pengetahuan buat saya.

    Saya bukan lulusan Arkeologi (apalagi Geologi) tapi memiliki ketertarikan & minat yg besar terhadap bidang Arkeologi. Berkat penemuan gak disengaja ini, saya juga memberikan perhatian yg sama terhadap ‘sahabat’ Arkeologi yaitu si Geologi. Dari tulisan-tulisan di blog ini, saya merasa kajian ilmu Geologi ini sangat menarik untuk dibaca, apalagi untuk saya yang awam dibidang ini.
    Untuk itu, terimakasih banyak atas adanya blog yg berisi ‘dongengan’ mengenai Geologi yang ditulis dengan bahasa yg mudah dicerna ini.

    salam,

  26. Mukjizat dari Allah, manusia terbatas ilmunya, kita hanya mengambil bagian yg sedikit dari ilmu Allah. Ingat fenomena sayap lalat yang akhirnya baru terungkap setelah ribuan tahun.

  27. Pakdhe kalo boleh tahu kandungane air ZAM2 itu apa saja…bedanya apa dengan air di sumber mata air lain di arab sana….thanks

  28. coba deh baca di http://www.harunyahya.com tentang air zam-zam

  29. emg mineral apa aj sech yg terkandung di air zam2 tuh????kok bda yh ma air di indonesia???
    *mikir..heran..mikir…heran… n akhirnya pusing sndiri*

  30. panas,,,panas,,,kita cegah dgn pola hidup yg tak teratur,,,betul gak??

  31. Dhe, dongeng yang nyangkut2 agama rame juga ya ;)

  32. Nama bengkel abang gw Zam zam,pelanggannya buaaaaanyak lo,apa kebetulan aza,padahal saat ngasih nama zam zam kita berdo’a moga selalu didatengin org seperti sumur zam zam yg diMEKKAH itu.

  33. entropi is denyeddenied

  34. omong-omong soal air..weiss
    pakdhe itu termodinamikanya diusap dulu dunk,hiks

  35. tumben jaman gini masih ada forum ilmiah gini. Alhamdulillah…

    setau saya sejak saya bekerja di warnet november kemaren, yang saya temukan kebanyakan film2 bokep karya anak bangsa (uupppssss) ya emang bener… anak2 SMA mahasiswa n mahasiswi yang harusnya mahasibuk malah pada rajin bikin film, en ujung2nya jadi banyk yang nyari BF karya indonesia hehehe.

    saya sebagai mahasiswa yang masih menghormati dan menjalankan norma2 masyarakat merasa miris dan prihatin…. Ya Allah paringono sabar….

    buat pakde, ditunggu ya file2 PDF nya…. bermutu sekali… bisa buat oleh2 buat adik2 di kampung gitu

    paling ndak udah ngamalin pembukaan UUD 45…. ikut mencerdaskan bangsa…. Merdeka!!!!!!!!!

  36. sip..tks atas ulasannya mas….bener2 lengkap banget….

  37. Terima kasih pak atas jawabannya

  38. Pak De Pernah nonton National Geographi yang ngebahas air Zam zam..???

    Pasti tidak pernah ya…. ^___^ v

  39. Meragukan kemukjizatan sumur zam-zam sah-sah saja, justru menurut saya dengan banyaknya keraguan akan semakin mendorong manusia untuk mencari kebenarannya. Al-Quran sendiri menantang mereka yang ragu untuk membuktikan keraguannya (AL Baqarah ayat 23) Semakin banyak dikaji sumur zam-zam saya yakin akan semakin terkuak tabir keajaibannya.Dan hal ini semakin membuktikan kebenaran ajaran Allah yang suci.Kalau kita ragu dengan ketelitian ciptaan ALLAH, dipersilahkan oleh Nya untuk melakukan riset, penelitian (AL Mulk ayat 3-4).

  40. huuuuu menurut aku g usah lah permasalahin masalah zam zam, terima aj kalo tuh sumur g bakal mengering, hati2 mas ntar kamu bisa jadi bahan referensi orang2 yang bilang zam zam mengering akhirnya ada gosip baru deh…

  41. Sumur menghilang dan ditemukan kembali..bukan bermksd umur kakek Nabi berabad2 tp sumur itu ditemukan kakek Nabi setelah berabad2 hilang…

    Sumur Zam2 mengering bisa aja… tapi mudah2n g mengering..klo kering wah…kayaknya pertanda rahmat mulai dihapus di muka bumi..dan awal dari kehancuran.

  42. Subhanallah..

    baru baca roughly.. Insya Allah akan dibaca secara lengkap..
    jzk..

  43. Tetapi dari beberapa buku lain yang pernah aku baca menyatakan bahwa sumur yang saat ini merupakan sumur jaman Nabi Muhammad dahulu yg digali dan diketemukan kembali oleh Kakeknya Kanjeng Nabi Muhammad. (Pakde)

    Bahkan menurut sebuah kisah “Pada masa lalu, saat kesucian Masjidil Haram tercemari oleh kemusyrikan satu kabilah bernama Jurhum, sumur air zamzam itu pernah kering dan perlahan sumurnya tertutup. Sumur zamzam pun hilang selama beberapa abad lamanya. hingga akhirnya digali ulang oleh Kakeknya Nabi Muhammad SAW”.
    pak de, apa mungkin keringnya sumur zam zam nanti karena banyaknya kemusyrikan di jaman ini???? :p
    Komentar oleh hhan — 18 Januari 2008 #

    Note:
    Pernyataan Pakde..sumur itu ada pada zaman Nabi Muhammad.

    Pernyataan haan: sumur itu menghilang selma beberapa abad dan ditemukan kembali oleh kakek Nabi Muhammad.

    Komentar: Hanya mau tau..memang pada zaman Nabi Muhammad, umru manusia ber abad – abad ya..kok kakek Nabi menemukan kembali sumur itu setelah hilang beberapa abad?

  44. Pakde Setia,

    Tidak ada keajaiban yang tidak masuk akal, saya percaya. Tetapi untuk mendapatkan “keajaiban” yang mbarokahi dan masuk akal, manusia harus berserah diri dan tawakal kepada Alloh. Kalo orang Islam dan orang Arab sudah pada kufur termasuk juga tidak mau menjaga sumur zam-zam, tidak dapat dipercaya lagi sebagai kholifah utk mengelola alam ini, pasti zam-zam akan kering.

  45. Ah… itu shi kekhawatiran yang terlalu berlebihan aja.

  46. Pak Dhe Rovicky,
    Saya jadinya baru ngeh kalau sumur Zamzam kayak sumur biasa. Dipompa 24 jam nonstop jadi berkurang ketinggian permukaannya. Tapi pulih dalam waktu 11 menit? Apa memang ini normal? Maksudnya bersumber dari rekahan di sekeliling Ka’bah di kota Mekah? Apa ini maksudnya semua air (termasuk air limbah) dari keluar dari semua gedung (rumah, sekolah, hotel, kantor, dsb) ujung2nya akan bermuara di Zamzam?
    Matur nuwun jawabannya.

  47. Mencerahkan. Jadi tahu, ternyata Mekkah pernah kebajiran. Suprise.

  48. [...] air zam-zam?, mengapa sumurnya begitu banyak?, dari manakah sumber airnya? Pak Dhe bilang, sumur Zam-zam tidak bakalan kering !?.  Air akan berlimpah. Iya deh… percaya.  Zam-zam kan berarti berlimpah. Kalaupun kering, [...]

  49. Oh.. berarti kalau suatu saat sumur zam-zam kering, itu hal yang lumrah dan masuk akal saja ya.

  50. Ungkapan Pak De bahwa Keajabanna bersifat idak statis, sangat menarik.

    Dari sudut hikmah, ditemukannya sumur air zam-zam yang sempat hilang dalam waku lama oleh Siti Hajar, merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada kedua hamba-Nya tersebut.

    Penemuan sumur tersebut pada akhirnya mengundang kabilah-kabilah unuk menetap di makkah, sehingga kedua hamba Allah tersebut tidak lagi hidup dalam kesendirian. Bahkan para kabilah memutuskan memberikan perlindungan kepada keduanya sebagai timbal balik. Inilah keajaiban (mukjizat) yang Allah berikan kepada Ibrahim dan Ismail AS.

    Ngaco ya pak? :mrgreen:

  51. belum pernah coba air zam-zam,tapi q pny impian bwt haji.
    moga2 bisa dkabulkan…

  52. wah bisa2 klo zam2 kering orang bawa oleh2 nya aqua galon merk zam zam :D

  53. OOOOOOO…….gtew tho..Eh makkah tu pernah kebanjiran tho. Wah trus ibadah hajinya gmn? Itu kan sekitar tahun 1941. Padahal thn 1940-an kan aku baru lahir

  54. Wanen,
    OK d nanti aku buat dalam pdf yang bisa didonlod. Lagi cari format yang enak.

    Auliahazza,
    Air Zamzam yang disajikan di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram itu sudah diproses sedemikian sehingga tidak merubah rasa warna bau, tetapi siap diminum atau “drinkable water”. Memang tidak perlu dimasak. Kandungan mineral-mineral didalamnya itulah yang membedakan rasa dengan air di Indonesia.

  55. air zam-zam selama ini kalau diminum tanpa dimasak. Apakah boleh, sehat ga yach ? Saya pernah minum air zam-zam beberapa kali belum sakit sih kemudian kok tekstur airnya rada kental gitu yach, tidak seperti air di Indonesia

  56. ass.wr.wb pak rovicky terima kasih buat dongengnya.. kalo boleh ada format yg bisa di-donlotnya dong.. kan mo baca2nya ga usah selalu online ke net kan..
    Blog yg sangat-sangat BERMUTU!!! PROFESSIONAL ABISS!! ;) Semoga sehat selalu..
    wass.

  57. Abeeayang, tanda2 kiamat udah banyak bermunculan, tapi yang itu bukan. Iya kan, Mas Benyamin? Makanya kalo takut dgn kiamat, tuh avatar pake hijab dong, ah! :)

  58. …mengambil air zam-zam musyrik juga ga ya? soalnya kan menganggapnya sebagai sumur suci, padahal sumur zam-zam juga dipake layaknya PAM di indo.Wah negara Arab pantas kaya raya, air sumur biasa aja dijadiin bisnis… waks

  59. Saudari Abeeayang..Keringnya Sumur Zam Zam tidak disebutkan dalam ALQUR’AN/Hadist Rasul yang menceritakan Tanda Tanda Hari Qiamat.

    Jadi Kalau kering ga papa, Kering Aja. It’s Normal ko..!!

  60. setiap hari tanda kiamat banyak koks… ga perlu nunggu sumur zam-zam kering lho

    yang pasti kiamat semakin deket, ga mungkin semakin jauh…

  61. katanyah kalok kering ituh tandanyah kiamat yaks… :roll:

  62. saya percaya kesempurnaan sunatullah yang Allah ciptakan dalam seluruh penciptaannya. sehingga tidak ada pertentangan dalam sunatullah itu.
    keterbatasan manusia dalam menggali dan membaca alam ini yang menjadikan betapa kesempurnaan itu terkuak/terbaca sedikit demi sedikit.

    saya menanti paparan yang lebih seru nech. untuk yang percaya bahwa sumur zamzam tidak akan kering, sampaikan dong dalil dari al-qur’an-nya juga kajian ilmiahnya……….. gitu juga sebaliknya yang pecaya bahwa sumur zam-zam mungkin mengering.

    saya mengimani kebenaran islam, kebenaran al-qur’an. so saya tidak pernah ketakutan akan ditemukan sesuatu kesalahan dalam al-qur’an, dalam islam. islam tidak pernah bertentangan dengan sunatullah. tidak pernah bertentangan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. perkembangan ilmu pengetahuan adalah serangkaian pembuktian kebenaran isi al-qur’an.

  63. ah,begitukah?

    *bingung*

  64. wah menarik pakde. saya jadiin blog roll ah… permisi 8)

  65. Assalamu Alaikum Wr. Wb.

    Saya sebagai muslim ikut terpanggil untuk meluruskan keyakinan mengenai air ZAM ZAM.

    Yang perlu di ingat:

    01. ZAM ZAM adalah ciptaan ALLAH, kadang ALLAH memberikan hikmah/faidah bagi peminumnya.
    02. ALLAH sebagai pencipta dan pemilik ZAM ZAM tidak pernah berjanji untuk Menjaga Agar Air/Sumur ZAM ZAM kekal/Abadi selamanya sampai hari Qiamat. Jadi Wajar saja Kalau Air ZAM ZAM mongering atau bahkan Sumurnya Di tutup, seperti yang terjadi pada qabilah Jurhum Sebelum kenabian Muhammad.
    03. Bahkan Tidak ada Nas (dalil) yang Soheh menyatakan Fadhoil ZAM ZAM Kecuali Hadist Tho’amu Thu’min…..Sebagaimana yang di fatwakan Syekh QORDHOWI (Orang Alim di timur tengah)
    04. Jadi Bagi yang meyakini ZAM ZAM ga mungkin kering DLL tidak mempunyai dasar dalam AGAMA..Hal ini merupakan pengultusan akan Ciptaan ALLAH.

    Ingat..!!di dunia ini tidak ada satupun Makhluk Ciptaan ALLAH yang di janjikan Oleh ALLAH sebagai penciptanya untuk Abadi Selamanya.

    Sehingga Kalau ZAM ZAM keringpun WAJAR SAJA..jangan sampai Risau apalagi menggoyahkan iman akan kebenaran AGAMA.

    Ingin lebih banyak tahu tentang ZAM ZAM silahkan kunjungi http://www.umroh.web.id

    Ya ALLAH tunjukkan lah bagi kami yang benar adalah benar, dan berilah kami kekuatan untuk mengikutinya, dan tunjukkan lah bagi kami yang salah itu salah dan berikanlah kekuatan kami untuk menjauhinya.

    Semoga ini bermanfaat bagi kita semua.. Amin…Ya Rob..

  66. Sumur Zam-zam “TIDAK AKAN PERNAH KERING”…sampai akhir zaman.
    Sumur Zam-zam terjadi karena kekuasaan Allah SWT, dan akal/ilmu manusia tidak akan pernah bisa “menjangkaunya”.
    Percaya,dong..

  67. ->hhan,
    “kemusyrikan” jaman dahulu mungkin masih memiliki sifat “metafora” atau perumpamaan. Kemusrykan jaman sekarang mungkin dengan tidak memanfaatkan logika yang selaras dengan keimanan juga ilmu pengetahuan yang sudah diberikan oleh YMK.
    Agama jaman sekarang tidak harus difahami dan dimengerti “mak pleg” begitu saja. Saat ini kebanyakan mausia harus memahami agama dengan berpikir lebih keras lagi. Agama dan ajarannya (termasuk tafsir) jangan langsung ditelen, dikunyah-kunyah dulu supaya tidak tersedak.

  68. “Bahkan menurut sebuah kisah “Pada masa lalu, saat kesucian Masjidil Haram tercemari oleh kemusyrikan satu kabilah bernama Jurhum, sumur air zamzam itu pernah kering dan perlahan sumurnya tertutup. Sumur zamzam pun hilang selama beberapa abad lamanya. hingga akhirnya digali ulang oleh Kakeknya Nabi Muhammad SAW”.
    pak de, apa mungkin keringnya sumur zam zam nanti karena banyaknya kemusyrikan di jaman ini???? :p

  69. Assalamualaikum…

    Pakdhe,

    Menarik apa yang disampaikan mudah2han setelah Pakde baca buku History of Arab nanti kita bisa tahu sejarah sumur tersebut…he..he..he..

    Yang jelas menurut saya dengan akal manusia dapat mengembangkan dan memanfaatkan teknologi kepercayaan kepada yang tidak semestinya…klenik dsb dapat dipatahkan

    Sumur zam-zam merupakan sumur biasa namun perlu kita (manusia) jaga karena disamping air sebagi sumber kehidupan karena juga nilai reliji dan historinya.

    Terimakasih Pakdhe

    Wassalam

  70. Yang jelas, ilmu juga bersumber dari Quran..jadi Alquran dan science tidak bertolak belakang. Bener ya Pakdhe? :D

  71. Yang jelas
    Air zam-zam telah disebut dalam alquran akan riwwayatnya

  72. Pakdhe,
    Kalau begitu banjir yang di Solo itu juga karunia ya ? Atau tanda-tanda akan adanya karunia lain nantinya.
    Amien
    Maturnuwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.369 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: